Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah? 5 Aplikasi ini Hanya Foto Selfie

Pinjol tanpa verifikasi wajah – Teknologi verifikasi wajah adalah solusi terbaru untuk menghadapi ancaman di dunia digital. Teknologi ini bekerja dengan cara memastikan kebenaran identitas seseorang saat melakukan transaksi. Teknologi seperti ini sangat tepat digunakan untuk keperluan transaksi yang dilakukan secara online, pinjaman online salah satunya.

Verifikasi wajah bisa menunjukkan siapa pemilik dari aplikasi keuangan tertentu dan secara bersamaan menghalangi pengguna lain yang mencoba masuk. Pada pinjol, verifikasi wajah digunakan untuk mengenali pemilik yang mengajukan pinjaman. Yang ketika ia berniat melakukan pinjaman harus melewati proses verifikasi wajah terlebih dahulu untuk memastikan identitasnya.

Verifikasi Wajah Mungkin Bukan Saat Ini

Teknologi verifikasi wajah (facial verification) berbeda dengan teknologi pengenalan wajah (facial recognition). Seperti namanya verifikasi wajah melakukan proses verifikasi yang melibatkan unsur pendukung lain sebagai penguat. Sedangkan pengenalan wajah hanya sebatas mengenali. Dilihat dari akurasinya, verifikasi wajah masih lebih aman dari sekedar pengenalan wajah.

Sejauh pengalaman Krediblog, belum ada aplikasi pinjaman online yang menggunakan teknologi verifikasi wajah pada proses pendaftarannya. Pinjol tanpa verifikasi wajah mungkin masih bisa kamu temui 2-3 tahun ke depan. Adapun yang sekarang ini digunakan oleh beberapa aplikasi pinjol adalah teknologi pengenalan wajah. Salah satu pinjol yang menggunakan itu dan pernah Krediblog coba adalah Kredito. Sayangnya pengenalan wajah ini cenderung Buggy dan masih sangat beresiko jika dijadikan akses utama untuk login. Setidaknya itu yang Krediblog rasakan. Sistem pengenalan wajah alikasi Kredito beberapa kali meloloskan pengguna yang bukan pemiliknya. Kode OTP dan PIN menurut Krediblog masih lebih baik dan aman.

Daftar Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah

daftar pinjaman online tanpa verifikasi wajah

Terlepas dari definisi verifikasi wajah yang benar itu seperti apa, terdapat pinjol tanpa verifikasi wajah. Yang mereka gunakan adalah perekaman gambar diri berupa foto selfie. Metode ini umum digunakan oleh hampir semua perusahaan Fintech Lending di tanah air. Berikut beberapa nama pinjol tanpa verifikasi wajah yang Krediblog rekomendasikan :

1. Kredivo

Nama Kredivo pertama direkomendasikan karena dari segi kualitas mereka yang paling baik. Pada proses pendaftarannya kamu akan diminta untuk mengupload KTP dan melakukan foto selfie dengan memegang KTP.

ItemDetail
AksesFoto KTP dan Selfie
LayananPinjol dan kredit
Limit saldoHingga 30 Juta
UlasanReview Kredivo
ReferensiKode referal Kredivo

2. JULO

pinjol tanpa verifikasi wajah julo

JULO salah satu aplikasi pinjol yang terus naik grafik perkembangannya. Mereka terus menghadirkan fitur dan layanan baru guna mengambil hati calon penggunanya. JULO pilihan yang tepat baik sebagai aplikasi utama maupun alternatif.

ItemDetail
AksesFoto KTP dan Selfie
LayananPinjol dan kredit
Limit saldoHingga 15 Juta
UlasanReview JULO
ReferensiKode referral JULO

3. Akulaku

Aplikasi Bank Digital milik Akulaku yaitu Neo Bank sudah mulai menggunakan pengenalan wajah di aplikasinya. Namun pendaftaran Akulaku masih menggunakan cara biasa. Akulaku adalah Backup yang baik jika kamu butuh alternatif.

ItemDetail
AksesFoto KTP dan Selfie
LayananPinjol dan kredit
Limit saldoHingga 25 Juta
UlasanReview Akulaku
ReferensiKode referral Akulaku

4. AdaKami

AdaKami adalah pilihan yang tepat jika kamu membutuhkan aplikasi yang moderat. Yaitu yang sederhana prosesnya dan tidak susah syaratnya. Meminjam di AdaKami mudah dan pengajuanmu bisa di acc meski hasil credit skoring-mu biasa saja.

ItemDetail
AksesFoto KTP dan Selfie
LayananPinjol
Limit saldoHingga 10 Juta
UlasanReview AdaKami
ReferensiKode referral AdaKami

5. Tunaiku

pinjol tanpa verifikasi wajah tunaiku

Diantara 4 nama sebelumnya, hanya Tunaiku yang masuk klasifikasi produk pinjaman perbankan. Tunaiku adalah layanan pinjaman tunai dari Bank Amar. Termasuk pemain lama dan senior, lebih dulu hadir sebelum era aplikasi pinjol mulai bermunculan.

ItemDetail
AksesFoto KTP dan Selfie
LayananPinjol
Limit saldoHingga 20 Juta
UlasanReview Tunaiku
ReferensiKode referral Tunaiku

Catatan

Jika pinjol tanpa verifikasi wajah yang kamu maksud adalah tidak ada pengambilan gambar wajah maupun foto selfi, maka jenis pinjol seperti itu tidak ada apalagi yang legal. Transaksi pinjaman membutuhkan kejelasan data pengguna yang mencakup nomor identitas, nama, alamat hingga foto diri. Terlebih transaksi pinjol yang prosesnya 100% online maka satu-satunya pegangan mereka adalah kelengkapan data tersebut.

Verifikasi wajah atau sekurang-kurangnya pengenalan wajah adalah teknologi keamanan yang akan diadopsi cepat atau lambat. Bahkan pembukaan rekening Bank yang diajukan secara online sekarang sudah mulai menerapkan sistem ini. Jika kamu menemukan aplikasi pinjol tanpa verifikasi wajah sama sekali, justru kamu harus mempertanyakan tingkat keamanannya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar