Indodana

Indodana PayLater

Seperti namanya, PayLater adalah sebuah layanan yang memungkinkanmu membeli barang bayar nanti bahkan bisa di kredit atau dibayar secara mencicil setiap bulannya. Menjadi hebat karena sistemnya sudah terintegrasi dengan ratusan merchant yang bekerjasama. Jadi apapun yang kamu beli dan dimanapun kamu melakukannya, bayarnya bisa secara otomatis menggunakan Paylater.

Jika biasanya pada bagian pembayaran kamu diberikan pilihan untuk membayar dengan transfer, e-Wallet atau melalui Minimarket, akan ada satu pilihan lagi yaitu membayar dengan PayLater. Yang harus kamu lakukan hanya login ke akun Indo dana, memilih tenor cicilan dan selebihnya mereka yang akan mengambil alih. Proses belanjamu selesai tanpa mengeluarkan satu rupiah pun.

Indodana PayLater adalah Payment Facilitator yang menyediakan fasilitas pembayaran secara cicilan tanpa kartu kredit (kartu kredit virtual). Yang dengannya kamu bisa melakukan pembelian terlebih dahulu dan melakukan pembayaran di kemudian hari sesuai tenor yang dipilih.

Limit Saldo PayLater

limit saldo indodana paylater

Berapa limit saldo Pay Later? Kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp 25.000.000. Benarkah akan mendapatkan limit sebesar itu untuk kita belanjakan? Jawabannya iya namun tidak diberikan secara keseluruhan dimuka, melainkan bertahap. Saat pendaftaranmu di acc, kamu akan mendapatkan limit saldo pertama yang jumlahnya sesuai dengan hasil credit scoring. Nantinya secara berkala kamu bisa mengajukan kenaikan limit hingga nominal maksimal yang bisa kamu dapatkan adalah Rp 25.000.000 tadi.

Apakah pengajuan limit saldo pasti disetujui? belum tentu tapi jelas tolak ukurnya. Yang dijadikan penilaian adalah seberapa sering kamu menggunakan limit saldo tersebut dan sebaik apa histori pembayaranmu. Jika kamu rutin melakukan belanja dan membayar cicilan dengan tepat waktu, kamu akan dengan mudah mendapatkan kenaikan limit saldo.

Tenor Cicilan yang Tersedia

Nantinya saldo yang kamu terima akan dipisah berdasar tenor cicilan yang ada. Yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Namun pilihan tenor tersebut mungkin tidak sama untuk setiap akun karena terikat langsung dengan limit saldo yang dimiliki. Misal jika limit saldo yang diberikan baru Rp 6.000.000, maka pilihan tenor 12 bulan belum akan muncul.

Yang unik adalah saldo pada masing-masing tenor tersebut akan berkurang secara bersamaan saat kamu menggunakan salah satunya. Misal jika kamu membeli barang seharga Rp 100.000 dengan menggunakan tenor 1 bulan, maka saldo pada tenor lainnya masing-masing akan berkurang sebesar sekian persen dari penggunaan pada limit 1 bulan.

Cara mendaftar PayLater

Kamu bisa mendaftar di Indo dana melalui jalur PayLater. Maksudnya? Indo dana memisahkan pendaftaran untuk masing-masing layanannya. Jika kamu tertarik dengan layanan PayLater, maka daftarlah untuk produk tersebut. Begitu juga untuk layanan pinjaman tunai. Nantinya jika pendaftaranmu di acc, kamu hanya akan diterima untuk salahsatunya saja. Dengan kata lain jika kamu menghendaki kedua layanan tersebut, berarti kamu harus melakukan dua kali pendaftaran.

Tutorial cara mendaftar di Indo dana PayLater :

  1. Download aplikasi

    Download aplikasi Indo dana melalui link berikut : unduh.

  2. Daftar nomor Hp

    Buka aplikasinya dan masukkan nomor Hp. Lanjut dengan verifikasi.

  3. Pilih layanan PayLater

    Pilih “Ajukan limit PayLater” pada menu utama (screenshot Pilih Paylater).cara daftar indodana paylater

  4. Isi data

    Lengkapi semua form yang diminta dan syarat yang diperlukan (Screenshot Isi Data).

  5. Kirim pengajuan

    Jika yakin semua sudah lengkap, klik “AJUKAN” untuk mengirim data (Screenshot Ajukan).

  6. Tunggu verifikasi

    Kamu akan mendapatkan hasil dari pengajuanmu kurang dari 30 menit atau paling lama 1×24 jam hari kerja.

Kredit HP di Indo dana

Ada halaman khusus pada website Indo dana dengan tampilan listing berbagai jenis Hp berikut harganya. Halaman tersebut mirip etalase produk sama halnya pada toko online atau Marketplace. Jika kamu mengklik salah satunya, kamu akan diarahkan ke halaman detail HP berikut perhitungan cicilannya. Entah apa, namun sepertinya halaman tersebut didedikasikan sebagai halaman transaksi untuk melakukan kredit HP di Indo dana. Tapi halaman tersebut tidak lagi aktif sebagai halaman transaksi karena tombol CTA-nya (Click to Action) justru mengarah ke pendaftaran PayLater.

Mungkin dulunya PayLater menerima pembelian langsung HP dengan sistem kredit di websitenya, namun seiring sudah banyaknya toko yang bekerjasama itu tidak lagi dilakukan. Memang seharusnya mereka tidak perlu melakukan itu, karena jika kamu ingin kredit HP, kamu bisa membelinya di toko online atau marketplace yang bekerjasama untuk kemudian kamu bayar dengan layanan PayLater. Lebih mudah dan praktis.

Cara Berbelanja Menggunakan PayLater

Caranya sama persis dengan proses belanja online seperti biasa, hanya pada bagian pembayaran kamu pilih dengan PayLater :

tutorial belanja menggunakan indodana paylater
  1. Kunjungi toko online atau marketplace yang bekerjasama.
  2. Pilih barang yang ingin kamu beli.
  3. Tambahkan ke keranjang.
  4. Jika proses belanja sudah selesai, lanjut ke halaman Checkout.
  5. Pada Menu metode pembayaran pilih Indo dana (Screenshot Pilih Pembayaran).
  6. Login ke akun Indo dana (Screenshot Login Indodana).
  7. Cek kembali detail pembelian dan tenor cicilan yang dipilih.
  8. Jika semua sudah sesuai, klik “BAYAR”.
  9. Masukkan OTP yang dikirim
  10. Transaksi selesai (Screenshot Berhasil).

Catatan PayLater

Masih ingat pengguna yang memberi bintang 5 di Google Play Store dan App Store? Kebanyakan berasal dari pengguna PayLater. Mereka puas karena memang layanan ini baik dan prima. Baik karena sistemnya terintegrasi dengan mulus di halaman pembayaran setiap partner, dan prima karena semua infrastrukturnya sudah dipersiapkan agar berjalan tanpa kendala.

Jika kamu belum pernah menggunakan layanan PayLater lain sebelumnya, PayLater dari Indo dana bisa menjadi pilihan yang sempurna. Kamu bisa berbelanja di ratusan toko online dan marketplace yang bekerjasama dan membayarnya nanti 30 hari kemudian atau dicicil hingga 12 bulan. Pembayaran oleh PayLater bisa mengotomatisasi proses belanjamu.

Namun jika kamu pengguna PayLater yang berpengalaman (punya akun Kredivo, Akulaku, SPayLater atau lainnya), belum ada urgensinya untuk mendaftar Indo dana PayLater. Kecuali kamu kecewa dan tidak puas dengan layanan yang sudah ada dan bermaksud mencari alternatif yang lain. Indodana PayLater memang belum sepopuler Kredivo, namun jika mereka mau berusaha keras mengejar ketertinggalan (menambah fitur dan jumlah partner), The Next Kredivo bisa beneran terjadi.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram