Review Kredivo: Cicilan Tanpa Kartu Kredit dan Pinjaman Tunai

Review Kredivo – Nama Kredivo setahun belakangan mulai ramai disebut-sebut. Perusahaan yang berdiri April 2016 ini perlahan namun pasti memiliki jumlah pengguna yang terus meningkat. Dengan menggunakan Kredivo, kamu bisa membeli barang di berbagai e-commerce dan membayarnya 30 hari kemudian atau dicicil selama 3, 6 atau 12 bulan. Bekerja sama dengan ratusan Merchant, memungkinkan kamu berbelanja ‘tanpa duit’ di toko online terkemuka di Indonesia.

review kredivo

Siapakah (atau apa) Kredivo itu? Bagamana sistem kerjanya? Berapa besar bunga yang dikenakan? Bisakah Kredivo menjadi alternatif yang baik pengganti kartu kredit konvesional?. Pertanyaan tersebut dan sejumlah pertanyaan sejenis akan kamu temukan jawabannya pada review Kredivo kali ini.

Siapa Kredivo?

Kredivo adalah perusahaan pembiayaan. Mereka melunasi produk yang kita beli untuk kemudian kita membayar secara mencicil kepada mereka berikut bunganya. Sekilas menyerupai Adira, Home Credit, Columbia atau perusahaan Multifinance lainnya, yang membedakan adalah Kredivo bergerak di ranah online dan juga offline. Melampaui nama-nama sebelumnya yang hanya bergerak di wilayah offline.

Sebagai perusahaan pembiayaan untuk produk online, Kredivo menjadi alat bayar layaknya transfer Bank, uang elektronik atau kartu kredit. Maka tak jarang Kredivo sering juga disebut kartu kredit online atau kartu kredit virtual. Sebuah sistem yang memiliki fungsi kartu kredit namun tanpa bentuk fisik.

Profil Perusahaan

Adalah PT FinAccel Teknologi Indonesia, perusahaan pendiri Kredivo. StarUp yag bermarkas di Singapura ini mampu dengan baik memanfaatkan perkembangan e-commerce di Indonesia. Jika perusahaan lain berlomba menggelar lapak dan mem-Branding toko onlinenya masing-masing, FinAccel menempuh jalur berbeda. Mereka melalui Kredivo membangun sistem pembayaran untuk transaksi e-commerce. Sebuah ceruk pasar yang belum dikerjakan perusahaan manapun sebelumnya, atau melakukannya dengan format yang benar-benar baru.

Sejatinya PT FinAccel Teknologi adalah perusahaan berbasis teknologi yang tidak bergerak langsung dibidang keuangan. Namun melalui produknya Kredivo, mereka menawarkan alternatif pembayaran e-commerce yang tidak saja dibutuhkan, tetapi sangat menarik. Hal tersebut menjadi mungkin karena mereka menjalin kerjasama dengan perusahaan Multifinance tenama, BFI Finance, sebuah perusahaan pembiayaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dan diawasi oleh OJK.

Skemanya BFI akan membayar kepada Kredivo untuk setiap pengguna yang lolos penilaian. Kredivo kemudian membayarkan ke e-commerce dimana pengguna melakukan transaksi. Dan selanjutnya pengguna membayar secara mencicil kepada Kredivo.

Kontak

Kantor pusat Kredivo berada di Singapura, namun mereka juga memiliki markas di Indonesia. Untuk menghubungi mereka, bisa melalui telpon atau cara yang lebih mudah kamu bisa menanyakan setiap masalahmu melalui akun Twitter.

Alamat kantor Kredivo:

PT FinAccel Teknologi
Rukan Permata Senayan E52-55
Jl. Tentara Pelajar No. 21 Grogol Utara
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

Alamat kantor pusat:

FinAccel Pte Ltd
10 Anson Road,
International Plaza
Singapore 079903
Email: hello@finaccel.co

Telpon Customer Service: 0807-1-573348
Email Support: support@kredivo.com

Facebook: https://www.facebook.com/kredivo
Twitter: https://www.twitter.com/kredivo
Instagram: https://www.instagram.com/kredivo

Produk Kredivo

Kredivo memiliki 2 produk utama, yaitu Cicilan atau Kredit dan Pinjaman Tunai atau Personal Loan. Seperti namanya, Cicilan memungkinkanmu membali barang dengan metode cicil sedangkan Pinjaman Tunai adalah pinjaman berupa uang tunai.

Cicilan atau Kredit

Pernah pengen beli barang seharga Rp 4.500.00 di toko online tetapi belum ada duit? Mau bayar nyicil tapi tidak ada yang menjembatani? Sekarang tidak lagi! Dengan Kredivo kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan dengan cara mencicil. Tenor yang tersedia 30 hari, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Untuk tenor 30 hari atau sering disebut ‘Bayar dalam 30 Hari’, kamu tidak akan dikenakan bunga sepeser pun. Kamu hanya akan dikenakan biaya layanan sebesar 1%. Namun untuk pembayaran tempo 30 hari ini maksimal nominal yang bisa di Cover adalah Rp 1.000.000. Jumlah tersebut lumayan cukup untuk kamu beli Speaker Bluetooth di Tokopedia, Casing Hp di Lazada, jaket Bomber si Shopee, tiket kereta di Tiket.com, atau pulsa dan kuota internet di Sepulsa.

Sedangkan untuk tenor 3, 6 dan 12 bulan atau sering disebut “Cicilan”, kamu akan dikenakan bunga sebesar 2.95% per bulannya. Limit yang diberikan untuk kamu belanjakan bisa sampai Rp 30.000.000! dengan pembagian Rp 20.000.000 diberikan di awal dan Rp 10.000.000 sisanya akan diberikan secara berkala saat kamu mengajukan kenaikan limit.

Coba katakan, apa yang akan kamu beli jika kamu memiliki uang Rp 20 juta? Serius, kamu boleh membeli apa saja di hampir di semua toko online besar di Indonesia. Jika kamu berfikir Kredivo keren, kamu salah. Karena kalau menurut Krediblog, “Kredivo keren parah!”.

Pinjaman Tunai

Pertama kali diluncurkan pada akhir 2018, Pinjaman Tunai menjadi penyempurna dari layanan Kredivo. Tengok aplikasi pinjaman online lainnya, kebanyakan hanya berfokus pada satu segmen saja. Jika tidak kredit online saja, maka pinjaman tunai saja. Maka jika kamu menemukan keduanya pada Kredivo, artinya kamu tidak membutuhkan aplikasi pinjaman lainnya.

Pinjaman Tunai di Kredivo dibagi dalam 2 kategori : Pinjaman Mini dan Pinjaman Jumbo. Pinjaman Mini maksimal pinjam adalah Rp 1.000.000 dengan waktu pengembalian atau tenor 30 hari. Sedang dengan Pinjaman Jumbo kamu bisa meminjam sampai Rp 5.000.000 atau sejumlah limit 6 bulan kamu dengan pilihan tenor 3 bulan atau 6 bulan.

Jadi jika kamu tidak memiliki kebutuhan untuk membeli barang dan disaat bersamaan membutuhkan uang tunai untuk keperluan lainnya, kamu bisa meminjamnya di Kredivo.

Daftar Merchant Kredivo

review kredivo daftar merchant

Sistem pembayaran Kredivo sudah terintegrasi dengan ratusan Merchant. Krediblog menghitung total 324 Merchant yang bekerjasama dengan Kredivo, baik Online Store maupun Offline Store. Hampir semua toko online besar menjalin kerjasama dengan Kredivo. Dari toko online ternama semacam Tokopedia hingga nama yang jarang kamu dengar seperti MesinLaundry.com, dari Offline Store yang sering kamu kunjungi seperti Gramedia hingga yang jarang kamu lihat semisal Kaizen 10-Minute.

Berikut daftar Merchant yang bekerjasama dengan Kredivo. Ini hanya sebagian saja, karena jumlahnya yang lumayan banyak, Krediblog membuat halaman khusus Merchant Krediblog untuk daftar yang lebih detail dan lengkap.

[ninja_tables id=”605″]

Cara Daftar di Kredivo

Kredivo membagi penggunanya dengan 2 tipe akun, yaitu akun Basic dan akun Premium. Akun Basic hanya bisa mencicil dengan tempo 30 hari dan limit maksimal hingga Rp 3.000.000 sedangkan akun Premium bisa mencicil hingga 12 bulan dan limit maksimal hingga Rp 30.000.000.

Mendaftar di akun Basic lebih mudah diterima dibanding akun Premium. Karena akun Premium memberikan lebih banyak limit, Kredivo sangat selektif dalam proses seleksinya. Maka akan kamu jumpai lebih banyak pengguna akun Basic dibanding Premium, karena pengguna Premium sudah pasti Basic sedang pengguna Basic belum tentu Premium.

Akun Basic

Persyaratan mendaftar akun Basic :

  • Memiliki KTP
  • Penghasilan minimal Rp 3.000.000/bulan
  • Tinggal di Indonesia

Fasilitas yang diperoleh :

  • Tenor 30 hari
  • Limit hingga Rp 3.000.000
  • Pinjaman Mini

Cara mendaftar di akun Basic :

  1. Buka aplikasi Kredivo
  2. Pilih “BASIC”
  3. Foto KTP sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo
  4. Lanjut dengan ambil foto diri (Selfie)
  5. Hubungkan akun digital yang telah mempunyai riwayat transaksi
  6. Kirim! Pendaftaran selesai
  7. Tunggu konfirmasi selanjutnya dari Kredivo

Akun Premium

Persyaratan mendaftar akun Premium :

  • Memiliki KTP
  • Penghasilan minimal Rp 3.000.000/bulan
  • Tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon

Fasilitas yang diperoleh :

  • Pilihan tenor 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan
  • Limit hingga Rp 30.000.000
  • Pinjaman Jumbo

Cara mendaftar di akun Premium :

  1. Buka aplikasi Kredivo
  2. Pilih “PREMIUM”
  3. Foto KTP sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo
  4. Lanjut dengan ambil foto diri (Selfie)
  5. Hubungkan akun digital yang telah mempunyai riwayat transaksi
  6. Sambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan
  7. Kirim! Pendaftaran selesai
  8. Tunggu konfirmasi selanjutnya dari Kredivo

Cara Belanja dengan Kredivo

Untuk cara belanja menggunakan Kredivo tidak ada bedanya dengan berbelanja pada umumnya. Lihat produk, pilih, tambahkan ke keranjang, kemudian bayar. Yang membedakan pada proses pembayaran kita pilih pembayaran dengan Kredivo. Berikut langkah-langkah berbelanja dengan Kredivo:

review kredivo cara belanja

Online Store

  1. Pilih produk yang ingin di beli di salah satu merchant partner Kredivo
  2. Saat pembayaran, pilih Kredivo lalu pilih tenor pembayaran yang kamu inginkan. Jika memilih cicilan, simulasi pembayarannya akan tertera.
  3. Selanjutnya login menggunakan nomor handphone dan PIN kamu. Masukkan juga kode diskon jika ada. Lalu klik “Login”
  4. Kamu akan menerima kode OTP yang dikirim ke nomor handphone yang terdaftar di Kredivo
  5. Masukkan kode OTP tersebut dan klik “Konfirmasi OTP”
  6. Transaksi selesai, silahkan tunggu pesananmu diantar.

Offline Store

  1. Kunjungi Merchant offline yang bekerjasama dengan Kredivo
  2. Pilih barang yang ingin kamu beli dan bawa ke Kasir
  3. Sampaikan kamu akan membayar dengan Kredivo
  4. Buka aplikasi Kredivo dan klik tombol ‘Bayar dengan QR”
  5. Scan QR Code yang akan diberikan oleh Kasir
  6. Cek detail order dan jumlah transaksi
  7. Pilih tenor pembayaran, masukkan PIN lalu klik “Bayar”
  8. Masukkan kode OTP lalu klik “Verifikasi Transaksi”
  9. Transaksi selesai!

Simulasi Cicilan

Kredivo mengenakan bunga yang sedikit lebih ringan dibanding perusahaan Multifinance lain dan sangat kecil dibanding perusahaan Fintech sejenis, yaitu sebesar 2,95% per bulan untuk pembelian dengan cicilan 3, 6, dan 12 bulan. Sedang untuk pembelian dengan pembayaran 30 hari tidak dikenakan bunga sama sekali. Untuk melihat simulasi cicilannya, kamu bisa melakukan percobaan pembelian dan sesaat sebelum Check out akan tertera besaran cicilan dan bunga untuk barang yang akan kamu beli.

Untuk mempermudah kamu, Krediblog sertakan kalkulator cicilan untuk menghitung besar cicilan per bulan dan bunga yang dikenakan untuk pembiayaan kredit di Kredivo. Perhitungan ini berlaku untuk barang yang kamu beli dengan sistem Cicilan dan produk Pinjaman Jumbo :

[ninja_tables id=”579″]

Pembayaran Cicilan dan Denda

Jatuh tempo cicilan pertama di Kredivo berselang tepat 30 hari dari tanggal terjadinya transaksi. Misal jika kamu transaksi pada tanggal 3 April 2019, maka cicilan pertamamu akan jatuh tempo pada 3 Mei 2019, demikian seterusnya untuk cicilan berikutnya.

Untuk Channel pembayaran cicilan yang disediakan Kredivo diantaranya:  Transfer Bank melalui Virtual Account (BCA, Mandiri, Permata, BRI, BNI), Indomaret, Alfamat, Tokopedia dan Bukalapak.

Jika kamu telat membayar cicilan dari tanggal yang sudah ditentukan, kamu akan dikenakan bunga keterlambatan 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo. Misal total cicilan yang harus kamu bayar Rp 300.000, karena satu dan lain hal kamu terlat membayar cicilan hingga 8 hari. Maka pada saat kamu membayar cicilan akan dikenakan bunga keterlambatan sebesar Rp 12.000 (4% dari Rp 300.000) dan biaya keterlambatan Rp 18.000 (6% dari Rp 300.000). Sehingga total cicilan yang harus kamu bayar berikut dendanya menjadi Rp 330.000.

Dari Krediblog untuk Review Kredivo

Krediblog menulis review Kredivo ini dengan antusiasme yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, Krediblog masih tidak percaya ada aplikasi ‘sebaik’ Kredivo. Awal-awal menjadi pengguna Kredivo, banyak sekali produk-produk yang dibeli secara kredit menggunakan Kredivo. Dan hebatnya semua berjalan dengan sangat baik. Baik itu integrasi merchant, sistem pembayaran, sistem notifikasi, hingga kehandalan tim Support. Semua kelebihan itu berimbas pada satu hal: Great user experience! Ya, Krediblog sangat puas dengan aplikasi Kredivo.

Jika kamu membaca review Kredivo ini sebelum mendaftar menjadi penggunanya, segeralah mendaftar dan semoga sukses dengan pengajuanmu. Dan jika kamu membaca review Kredivo ini setelah menjadi bagian dari Kredivo, percayalah kamu memiliki aplikasi hebat dalam genggamanmu. Yang harus kamu lakukan adalah saling menghormati. Hormati Kredivo sebagai perusahaan yang membutuhkan profit, maka Kredivo akan menghargaimu dengan memberikan kepercayaan. Semoga review Kredivo ini bermanfaat.

Kesimpulan Review Kredivo

Review Kredivo
logo aplikasi pinjaman online kredivo play store

Name: Kredivo - Cicilan Tanpa Kartu Kredit dan Pinjaman

Description: Kredivo adalah aplikasi cicilan online dan pinjaman tunai. Dengan Kredivo kamu bisa berbelanja dengan sistem cicilan di berbagai toko online dan offline ternama di Indonesia. Dengan Kredivo kamu juga bisa meminjam pinjaman tunai yang cair dalam 1 hari kerja. Kredivo bekerja layaknya kartu kredit konvensional namun tanpa bentuk fisik. Maka Kredivo dikenal juga sebagai kartu kredit online atau kartu kredit virtual. Memiliki kemampuan kartu kredit konvensional dengan kemudahan kartu kredit modern.

Overall
4.8
  • Proses pengajuan
  • Limit saldo
  • Bunga pinjaman
  • Integrasi Merchant
  • Channel pembayaran
  • Customer Support

Kesimpulan

Yap! Kredivo adalah pengganti yang sempurna untuk kartu kredit. Kamu tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit jika ingin belanja secara cicilan, dengan Kredivo kamu bisa belanja di toko online maupun toko offline secara cicilan dengan tenor 3, 6 dan 12 bulan. Hebatnya lagi, dengan kartu kredit virtual ini bunga yang dikenakan sangat ringan dengan proses pengajuan yang jauh lebih mudah dibanding kartu kredit konvensional.

Pros

  • Limit saldo besar
  • Bisa online dan offline
  • Merchant lengkap
  • Pilihan tenor beragam
  • Bisa pinjaman tunai

Cons

  • Seleksi pengajuan ketat
  • Syarat sedikit rumit