Kredito – Review, Cara Daftar, Bunga, Denda dan Simulasi

Sebelum menulis review Kredito ini, Krediblog beneran mendaftar di Kredito dan sudah mengajukan satu kali pinjaman. Ulasan ini berdasar pengalaman yang beneran terjadi termasuk pembahasan bagaimana Krediblog bisa “mengelabuhi” sistem mereka dan di acc pendaftarannya padahal menggunakan foto orang lain.

Review Kredito

review kredito

Buat kamu yang lagi dalam mode buru-buru, gunakan daftar isi dibawah ini untuk mempercepat pencarian. Kamu bisa langsung menuju ke sub topik yang kamu kehendaki.

Profil Kredito

Kredito adalah aplikasi pinjam meminjam berbasis teknologi atau yang biasa dikenal sebagai aplikasi pinjaman online atau pinjol. Melalui aplikasi ini kamu bisa meminjam uang tunai baik untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dari mulai Rp 400.000 hingga maksimal Rp 2.000.000.000. Tenor cicilan yang tersedia mulai 28 hari hingga yang terlama 12 bulan. Selain pinjaman dalam bentuk uang tunai, Kredito juga menyediakan limit belanja hingga 10 juta yang bisa kamu gunakan khusus untuk membeli pulsa, paket data, bayar listrik maupun pembayaran tagihan lainnya.

Kredito merupakan aplikasi keuangan milik PT Fintek Digital Indonesia. Tidak banyak informasi yang ditemukan di internet terkait perusahaan ini selain bahwa mereka berkantor di RDTX Tower Kuningan Jakarta Selatan dan jajaran manajemennya diisi oleh orang lokal. Secara spesifik Kredito menargetkan penyalurannya kepada masyarakat pekerja, mahasiswa dan sektok produktif. Sedang untuk sumber dananya mereka hanya menerima pendanaan dari Lender yang berbentuk badan usaha.

Status OJK

Apakah Kredito sudah terdaftar di OJK? Mereka tidak saja Terdaftar melainkan sudah berstatus Berizin resmi. Mereka mendapatkan izin menjalankan bisnis Peer to Peer Lending tepatnya pada 2 Juni 2021 lalu dengan nomor surat KEP-47/D.05/2021. Karena sudah Berizin, semua produk, layanan, kebijakan hingga penerapannya berada dalam pengawasan OJK. Secara administratif Kredito aman untuk digunakan.

Kredito juga merupakan anggota AFPI. Artinya segala komplain dan permasalahan yang timbul dalam penggunaan aplikasi akan ditengahi oleh AFPI selaku asosiasi penaung perusahaan Fintech di Indonesia. Para member AFPI ini terikat oleh Code of conduct yang diberlakukan diantaranya penetapan bunga pinjaman tidak boleh lebih dari 0,4% per hari dan penagihan yang harus mematuhi SOP.

Produk Pinjaman

produk pinjaman

Pada halaman website disebutkan bahwa mereka memiliki 3 jenis pinjaman. Diantaranya pinjaman karyawan, mahasiswa dan usaha. Berikut detailnya:

Pinjaman Angsuran Karyawan

Produk yang dikhususkan untuk pengguna dengan status karyawan. Plafon pinjaman yang diberikan hingga Rp 7.000.000 dengan pilihan tenor 7 hari hingga 180 hari atau 6 bulan. Jika kamu mendaftar dan menyebutkan statusmu adalah seorang karyawan, maka jenis produk ini yang akan kamu dapatkan.

Pinjaman Angsuran Mahasiswa

Tidak banyak produk pinjaman yang menyasar khusus mahasiswa. Dari yang tidak banyak itu Kredito salah satunya. Kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 7.000.000 yang bisa dicicil hingga 6 bulan. Jika kamu bisa membuktikan bahwa kamu seorang mahasiswa, kamu bisa mengajukan pinjaman jenis ini.

Pinjaman Angsuran Usaha

Jenis pinjaman yang menawarkan plafon paling tinggi yaitu mulai Rp 5.000.000 hingga 2 milyar dengan pilihan tenor cicilan 3, 6 dan 12 bulan. Karena merupakan pinjaman produktif, kamu harus bisa menunjukkan bukti kepemilikan usaha jika ingin mengajukan pinjaman jenis ini.

Pada penerapannya tidak ada kategorisasi seperti diatas. Setelah pendaftaranmu di acc kamu akan mendapatkan limit saldo sesuai dengan kualitas data yang diajukan. Limit saldo itulah jumlah yang bisa kamu ajukan untuk pinjaman.

Download Aplikasi Kredito

Aplikasi Kredito tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu jika ingin mengajukan pinjaman.

Jika kamu berniat mendaftar Kredito melalui jalur referensi, kamu bisa mendaftar dari link berikut :

Link akses : Daftar Express

Kredito Apk

Reputasi aplikasi Kredito terbilang positif di Google Play Store. Pada saat artikel ini ditulis mendapatkan rating 4,4 dari 276.120 voter. Bintang 5 rata-rata berasal dari pengguna yang puas karena layanannya mudah dan cepat. Sedang rating buruk kebanyakan berasal dari pengguna yang mengalami kendala. Baik itu pendaftarannya ditolak, pinjaman berikutnya tidak di acc hingga kesulitan dalam melakukan pembayaran.

Jika kamu pengguna Android, kamu bisa mendownload melalui Google Play Store atau dari link berikut : Download Android.

download kredito apk
Size15 MB
Requires Android4.4 and up
DeveloperPT FINTEK DIGITAL INDONESIA
PermissionsKamera, Informasi sambungan Wi-Fi, Lokasi
Kredito iOS

Reputasi Kredito di App Store malah lebih baik, rating 4,6 dari 14.600 voter. Rating positif berasal dari pengguna yang merasa terbantu dan dipermudah dengan kepraktisan prosesnya.

Untuk pengguna iOS, kamu bisa mendownloadnya langsung dari App Store atau menggunakan link berikut : Download iOS.

download kredito ios
Size58.7 MB
Requires iOS9.0 or later
DeveloperPT. Fintek Digital Indonesia
Data UsedUsage Data

Cara Daftar Kredito

Karena merupakan layanan pinjaman berbasis online, pengajuan dilakukan 100% online. Dari mulai pendaftaran, pengajuan pinjaman hingga proses lainnya dilakukan online melalui antarmuka aplikasi.

Syarat dan Prosedur pendaftaran

Layanan Kredito mencakup semua kota di Indonesia. Jadi dimana saja kamu berada bisa mengajukan pinjaman di Kredito jika memenuhi persyaratannya.

Syarat Meminjam di Kredito

  • Status sebagai WNI
  • Berusia 18 – 55 tahun
  • Memiliki E-KTP berlaku. (KTP lama dan resi KTP tidak berlaku)
  • Berdomilisi di Indonesia
  • Memiliki kartu tanda mahasiswa (Mahasiswa) atau kartu karyawan (Karyawan)
  • Berstatus sebagai mahasiswa aktif atau karyawan yang masih bekerja
  • Memiliki rekening Bank yang aktif sesuai nama di KTP

Prosedur Pengajuan

Ada 2 tahapan di Kredito. Tahapan pertama kamu melengkapi form pendaftaran untuk kemudian dilakukan analisa oleh tim verificator . Dari analisa tersebut kamu akan mendapatkan limit saldo pinjaman. Besarannya tidak sama antara satu pengguna dengan pengguna lain karena tergantung kualitas profil atau Credit Scoring.

Tahapan kedua adalah kamu mengajukan pinjaman dari limit saldo yang sudah didapat. Setelah melalui proses verifikasi dana yang kamu ajukan akan ditransfer ke rekening bank yang kamu tentukan.

Step by Step Cara Daftar Kredito

Tutorial cara daftar Kredito berikut merupakan dokumentasi Krediblog pada saat mendaftar. Karena teknologi cepat berubah mungkin akan ada perbedaan saat kamu mencobanya di kemudian hari. Tetapi secara garis besar langkah-langkahnya akan sama. Ini adalah step by step cara pendaftaran sampai pengajuan pinjaman.

Waktu yang dibutuhkan: 15 menit.

Cara daftar Kredito :

  1. Instal aplikasi Kredito

    Download dari sini dan jalankan aplikasinya.step 1 cara daftar kredito download

  2. Masuk aplikasi

    Masukkan nomor Hp dan klik “MASUK/DAFTAR”. Minta OTP dan buat kata sandi. Masukkan kode OTP yang dikirimkan dan lanjut dengan mengklik “MASUK”.step 2 cara daftar kredito login

  3. Mulai pendaftaran

    Klik tombol “DAPATKAN SEKARANG”.step 3 cara daftar kredito daftar

  4. Isi data diri

    Lengkapi formulir untuk Informasi Pribadi, Informasi Kerja, Informasi Kontak dan Informasi Foto. Lanjut dengan mengklik “AJUKAN”.

  5. Kirim pengajuan

    Pengajuanmu terkirim dan tunggu proses analisa.step 5 cara daftar pengajuan

  6. Pendaftaran di acc

    Jika di acc, kamu akan mendapatkan Limit saldo.step 6 cara daftar acc

  7. Ajukan pinjaman

    Pada menu “Pinjaman” klik tombol “MEMINJAM”. Tentukan nominal, tenor dan tujuan pinjaman. Lanjut dengan mengklik “SEGERA PINJAM”.step 7 cara daftar pinjaman

  8. Lewati pengamanan

    Kredito akan meminta Security Code dan mendeteksi wajah.step 8 cara daftar kredito kata sandi

  9. Pengajuan berhasil

    Pengajuanmu terkirim. Tunggu proses evaluasi dan tinjauan.step 9 cara daftar kredito pengajuan berhasil

  10. Dana diterima

    Jika pengajuanmu di acc, dana akan kamu terima dalam 1-2 hari kerja.step 10 cara daftar kredito dana diterima

Bunga dan Denda Kredito

bunga denda kredito

Kredito termasuk pinjol yang patuh terhadap aturan OJK dan rekomendasi AFPI, terbukti dari besaran bunga yang diberlakukan.

Berapa Bunga Kredito?

Kredito mengenakan bunga 0,2% per hari baik untuk pinjaman jangka pendek (tenor 28 hari) maupun pinjaman bulanan (dicicil per bulan). Nilai 0,2% per hari berarti kamu dikenakan 6% sebulan. Ini berbeda dengan yang mereka tulis di halaman deskripsi Google Play Store dimana mereka menyebut bunga per bulan adalah 2,4%.

Apakah itu berarti Kredito berbohong terkait bunga pinjaman? Mungkin lebih tepatnya misleading karena tidak sesuai dengan penerapannya. Meski begitu bunga 0,2% per hari sudah sesuai dengan rekomendasi AFPI dimana bunga maksimal yang diperbolehkan adalah 0,4% per hari.

Berapa Biaya Admin Kredito?

Kredito mengenakan biaya admin 2,8% per transaksi untuk pinjaman jangka pendek (tenor 28 hari) dan 3,2% untuk pinjaman bulanan. Biaya admin tersebut harusnya murah karena masih dibawah 5%, sayangnya terdapat biaya lain dengan besaran yang sama. Ia adalah biaya proses. Jadi untuk setiap kali pengajuan total biaya yang harus kamu keluarkan adalah 5,6% untuk pinjaman jangka pendek dan 6,4% untuk pinjaman bulanan.

Total biaya inilah yang menjadikan Kredito pinjaman online yang mahal khususnya untuk pinjaman bulanan. Jika kamu meminjam untuk tenor 3 bulan, total biaya yang harus kamu bayar berarti 6,4% dikali 3 bulan yang mana itu hampir 20% dari nominal pinjaman.

Simulasi Cicilan atau Tabel Pinjaman

Untuk memberi gambaran perhitungannya, berikut Krediblog sertakan simulasi cicilan atau tabel pinjaman Kredito.

Tabel pinjaman jangka pendek Kredito tenor 28 hari :

NominalBungaTotal BiayaPengembalian
500.00028.00028.000556.000
1.000.00056.00056.0001.112.000
2.000.000112.000112.0002.224.000
3.000.000168.000168.0003.336.000
3.500.000196.000196.0003.892.000

Tabel pinjaman bulanan Kredito tenor 3 bulan :

NominalBungaTotal BiayaPengembalian
500.00092.80093.000685.800
1.000.000185.800186.0001.371.800
2.000.000372.000372.0002.744.000
3.000.000558.000564.0004.122.000
3.500.000651.000658.0004.809.000

Untuk tabel pinjaman bulanan tenor lainnya akan ditambahkan nanti saat aplikasi Kredito sudah terbuka (aplikasi terkunci saat sedang ada pinjaman berjalan).

Berapa Denda Kredito?

Kredito mengenakan denda keterlambatan sebesar 0,8% per hari dari nominal tunggakan. Denda ini berlaku baik untuk pinjaman jangka pendek maupun pinjaman bulanan. Denda yang dihitung per hari jelas akan cepat menggunung. Itu artinya kamu akan dikenakan denda sebesar 24% dalam sebulan atau nyaris seperempatnya dari nominal denda.

Besaran denda diatas memang bukan yang paling besar karena sejauh pengamatan Krediblog terdapat pinjol lain yang menerapkan denda dengan nominal lebih besar. Tetapi pemberlakuan denda yang dihitung per hari tetap menyebalkan.

Simulasi Denda

Jika kamu ingin mengetahui gambaran perhitungan untuk denda di Kredito, berikut tabelnya :

NominalTelatDenda
500.0001 hari4.000
7 hari28.000
14 hari56.000
30 hari120.000
1.000.0001 hari8.000
7 hari56.000
14 hari112.000
30 hari240.000
2.000.0001 hari16.000
7 hari112.000
14 hari224.000
30 hari480.000
3.000.0001 hari24.000
7 hari168.000
14 hari336.000
30 hari720.000
3.500.0001 hari28.000
7 hari196.000
14 hari392.000
30 hari840.000

Penagihan dan Pembayaran

penagihan debt collector kredito

Pada saat menulis ini, Krediblog masih ada pinjaman berjalan dan belum jatuh tempo. Jadi terdapat beberapa hal yang belum bisa diceritakan karena belum terjadi.

Tanggal Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo adalah bagian pertama yang tidak menarik dari Kredito. Dimana mereka menentukan tanggal jatuh tempo murni berdasar perhitungan mereka atau tidak selalu 30 hari atau sekian hari dari tanggal pengajuan seperti pinjol kebanyakan. Kamu bisa melihat tanggal jatuh tempo pembayaranmu pada bagian simulasi di awal pengajuan.

Akibatnya adalah tanggal jatuh tempomu bisa berdekatan dengan tanggal pengajuan. Krediblog mengajukan pinjaman bulanan dengan tenor 3 bulan pada 12 April dan sudah harus membayar cicilan pertama pada tanggal 26 nya. Dari sisi User Experience ini jelas tidak menyenangkan karena ada kesan terburu-buru.

Penagihan

Bagian penagihan ini akan dilengkapi saat Krediblog sudah ditagih oleh Kredito.

Gagal Bayar Kredito

Karena Kredito adalah lembaga keuangan formal, semua transaksinya tercatat di Pusdafil dan SLIK. Itu artinya jika terjadi tunggakan tagihan maupun gagal bayar maka akan tembus sampai ke SLIK (dulu BI Checking). Pengguna yang tercatat memiliki kolektibilitas buruk dampaknya akan kesulitan mengajukan pinjaman atau kredit di seluruh lembaga keuangan formal yang ada.

Apakah DC Kredito Datang ke Rumah?

Pada Surat Perjanjian Pinjam Meminjam, Kredito tidak menyinggung adanya kunjungan ke rumah atau tempat lain jika terjadi keterlambatan pembayaran. Meski begitu kunjungan Debt Collector ke rumah untuk tujuan penagihan maupun menanyakan kejelasan pembayaran adalah hal yang umum dilakukan perusahaan Peer to Peer Lending.

Adapun yang disebut secara spesifik adalah bahwa jika terjadi sengketa diantara kedua belah pihak maka akan diselesaikan secara musyawarah melalui forum khusus. Yang jika setelah 30 hari sejak dilakukan musyawarah tidak ditemukan kesepakatan, maka permasalahan akan dibawa ke pengadilan Jakarta Selatan.

Pembayaran Kredito

Kredito menyediakan pembayaran melalui Virtual Account. Bank tujuan pembayaran diantaranya BCA, BRI, BNI dan Mandiri. Mereka cukup asyik dengan memberikan keringanan biaya bagi pengguna yang melakukan pelunasan lebih awal.

Call Center Kredito

call center kredito

Seperti aplikasi keuangan kebanyakan, Customer Service adalah area yang paling sering dieksploitasi oleh para oknum penipu. Modusnya selalu dengan mengaku-ngaku sebagai CS resmi padahal abal-abal. Maka penting bagimu untuk mengetahui CS resmi dari aplikasi keuangan yang kamu gunakan.

Alamat Kantor dan No Telpon

Alamat kantor Kredito
PT Fintek Digital Indonesia
RDTX Tower Lt. 12
Jl. Prof. Dr. Satrio. Kav. E IV No. 6
Mega Kuningan, Kelurahan Karet Kuningan, Setia Budi
Jakarta Selatan 12950

Nomor Telpon Kredito
(021) 8060 0999

Jam Kerja
Senin – Jumat pukul 09.00 – 20.00 WIB
Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 18.00 WIB

Akun Sosial Media

Facebook

Instagram

Catatan Krediblog

catatan kredito oleh krediblog

Dari sekitar 10 lebih pinjol yang pernah Krediblog coba, tidak ada yang semenjengkelkan Kredito. Krediblog mengalami banyak sekali masalah terkait Bug pada aplikasi dan kendala teknis lainnya. Yang paling parah adalah pengajuan di acc padahal menggunakan foto orang lain. Kredito tidak meminta foto selfie, sebagai gantinya mereka meminta foto ditempat kerja yang menunjukkan nama perusahaan atau foto kartu karyawan (Name tag). Pengajuan pertama Krediblog ditolak saat menggunakan foto sendiri. Dan percobaan kedua malah di acc padahal foto teman yang diberikan. Luar biasa bukan, sistem mereka?

Sejauh ini nama Kredito tidak seterkenal Akulaku, Kredivo atau Indodana. Mereka jauh dari istimewa hingga nyaris tidak terdeteksi keberadaannya jika tidak ada yang secara khusus mereferensikan. Ini diperparah dengan sistem dan dukungan teknologi yang sepertinya belum benar-benar siap. Mereka bukan pilihan yang buruk tetapi juga tidak baik-baik amat untuk dipilih. Ya, “B” aja.

Jika ada kelebihan dari Kredito, itu adalah produk pinjaman jangka pendek yang sangat menarik. Jenis pinjaman ini terbilang murah dengan bunga 0,2% per harinya. Kamu bisa meminjam dalam tempo 28 hari dengan pengembalian paling kecil dibanding layanan pinjaman sejenis dari provider lain. Dari sisi transparasi mereka juga cukup Fair. Semua perhitungan biaya blak-blakan dibuka tanpa sungkan meski ada resiko pengguna batal meminjam karena mahalnya. Dengan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, kamu bisa menilai sendiri apakah Kredito pas untukmu atau tidak.

FAQ Kredito

Apakah Kredito legal?

Ya. Mereka legal dengan status Berizin OJK.

Aplikasi Kredito apakah aman?

Karena sudah Berizin OJK, secara administratif mereka aman.

Berapa lama pencairan pinjaman Kredito?

1-2 hari kerja sejak pengajuan dikirimkan.

Apakah harus memiliki rekening Bank?

Ya. Kamu harus memiliki rekening bank atas namamu.

Mengapa pendaftaran saya ditolak?

Karena tidak memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan.

Kapan saya bisa mendaftar lagi setelah ditolak?

3 bulan kemudian atau sesuai keterangan tanggal pada aplikasi.

Review Kredito
logo kredito

Nama: Kredito

Deskripsi: Pinjaman online berbasis teknologi untuk karyawan, mahasiswa dan pengusaha.

Besar pinjaman: 10.000.000

Tenor: 12 bulan

Platform: Android, iOS

Kategori Aplikasi: Keuangan

Nilai
4
  • Proses pendaftaran
  • Nominal pinjaman
  • Pilihan tenor
  • Bunga pinjaman
  • Biaya admin
  • Waktu proses