Indodana

Karena pembahasannya yang panjang, review Indodana dibagi dalam beberapa halaman. Bagian REVIEW ini membahas tentang profil perusahaan secara keseluruhan. Untuk produk atau layanannya, kamu bisa lihat pada PAYLATER atau DANA TUNAI, daftar merchant yang bekerjasama pada MERCHANT, perhitungan besar biaya di BUNGA, perhitungan keterlambatan di DENDA, cara bayar pada PEMBAYARAN, sistem pengingat tagihan pada PENAGIHAN dan informasi tentang Support pada CALL CENTER.

Review Indodana

review indodana

Indodana adalah sebuat platform fintech dengan layanan utama pinjaman dana tunai dan PayLater. Pada aplikasi ini kamu bisa meminjam uang tunai secara online dan berbelanja dengan konsep beli sekarang bayar nanti. Sekilas, layanan pada Indodana mirip dengan Kredivo dan Akulaku. Jika layanannya serupa, kelebihan apa yang ditawarkan? karena jika tidak ada nilai tambahnya lebih baik melanjutkan pada aplikasi yang sudah lebih dulu ada.

Profil PT. Dana Artha Teknologi

PT. Dana Artha Teknologi adalah nama dibalik platform Indodana. Perusahaan ini berdiri sejak 2017, atau setahun lebih muda dari Kredivo dan Akulaku. Sama seperti misi kebanyakan perusahaan fintech lainnya, Indodana juga berinisiatif menjembatani kebutuhan pengguna yang tidak memiliki akses ke Bank. PT Artha Dana Teknologi menghadirkan Indodana sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai produk keuangan. Mereka juga membuka layanan Pendanaan untuk kamu yang memiliki dana lebih dan ingin menginvestasikannya di jalur fintech.

Yang menarik dari PT. Dana Artha Teknologi adalah orang-orang dibelakangnya sangat kental pengalamannya di dunia keuangan. Rony Wijaya selaku direktur pernah bekerja di BOKU, sebuah startup Payment Gateway di Silicon Valley. Linda Wirawan yang menjabat komisaris merupakan mantan Head of Marketing di Bank BCA dan Head of Branding di Bank OCBC NISP. Serta ada lagi Carlo Gandasubrata yang juga bertindak sebagai komisaris, hingga kini masih menjabat sebagai Head of Partnership di web portal produk keuangan. Singkat kata, mereka adalah orang-orang yang paham betul bagaimana menjalankan sebuah bisnis keuangan.

Status Indodana di OJK

indodana ojk

Apakah Indodana sudah terdaftar di OJK? Tidak saja terdaftar, Indodana sudah mendapatkan izin permanen dari OJK. Pertama kali mendaftarkan diri di OJK pada 20 Maret 2018 dan 2 tahun kemudian tepatnya pada 19 Mei 2020 mendapatkan izin resmi dengan nomor surat KEP – 15/D.05/2020. Kamu yang ingin berurusan dengan Indodana tidak perlu khawatir, karena berizin di OJK berarti mereka tunduk patuh terhadap ketentuan yang ada.

Status berizin juga berarti mereka telah memiliki sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi SNI/ISO 270001. Yaitu sebuah standar keamanan yang menjamin kerahasian data. Apakah berarti data kita akan aman dan tidak akan disalahgunakan? tidak ada jaminan 100% tentunya, namun dengan menerapkan ISO 270001 dalam sebuah perusahaan setidaknya meminimalisasi masalah keamanan informasi yang mungkin timbul.

Cara Pendaftaran Indodana

Tidak ada langkah khusus dalam pendaftaran, hampir sama dengan pendaftaran pada umumnya aplikasi pinjol. Download, lengkapi data dan submit. Karena Indodana memiliki 2 layanan, kamu bisa mendaftar dari salah satunya. Nantinya data yang kamu kirimkan akan diverikasi langsung dan kurang dari 30 menit akan mendapatkan hasilnya.

Namun ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum mengajukan pendaftaran. Gagal memenuhinya akan berakibat pada pendaftaranmu tertolak.

Syarat pendaftaran Indodana :

  1. Warga negara Indonesia dan memiliki KTP.
  2. Berusia 20-65 tahun.
  3. Memiliki penghasilan Rp 3.500.000 per bulan.
  4. Memiliki akun bank atas nama sendiri.
  5. Memiliki akun internet banking/BPJS/dirjen pajak (opsional).

Kelangkapan dokumen yang diminta :

  • Foto KTP
  • Foto selfie dengan KTP
  • Akun internet banking/BPJS/dirjen pajak atau bisa diganti dengan foto slip gaji

Data pengajuan yang harus dilengkapi :

  1. Informasi pribadi
  2. Pekerjaan
  3. Kontak darurat
  4. Upload dokumen
  5. Validasi pendapatan

Izin akses aplikasi :

  • Kamera
  • Lokasi
  • Telepon

Untuk saat ini wilayah cakupan Indo dana belum secara nasional atau masih terbatas pada kota-kota tertentu. Jika kamu kebetulan berdomisili di luar kota yang disebutkan, silahkan hubungi tim Support untuk menanyakan apakah bisa diberikan pertimbangan.

Area layanan Indodana :

  • Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi)
  • Banten (Serang, Cilegon)
  • Jawa Barat (Bandung, Cimahi, Karawang, Cianjur, Cirebon, Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya dan Sukabumi)
  • Jawa Tengah (Yogyakarta, Semarang dan Surakarta)
  • Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Jember dan Pasuruan).
  • Bali (Denpasar, Badung)
  • Sumatera (Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Medan, Padang dan Pekanbaru).
  • Kalimantan (Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Palangka Raya dan Samarinda)
  • Sulawesi (Makassar, Manado)

Download Indodana

download indodana

Baik kamu pengguna Android maupun iOS, tersedia aplikasinya untuk masing-masing platform.

Indodana Apk

Aplikasi Indodana memiliki rating yang cukup bagus di Google Play Store, yaitu 4,5 dari total 316.616 pengguna. Rating bintang 5 diberikan oleh pengguna yang merasa puas dengan layanan dari Indodana. Kebanyakan menyebut prosesnya cepat dan mudah. Rating 5 juga datang dari mereka yang merasa terbantu oleh layanan yang diberikan dan memberikan bintang 5 sebagai bentuk terimakasih. Sebaliknya, bintang 1 rata-rata datang dari pengguna yang pendaftaran atau pengajuannya tidak di acc. Mereka menumpahkan kekesalannya dengan memberikan rating paling rendah.

Untuk kamu pengguna Android dan berniat mendownload aplikasi Indodana, bisa mendownloadnya langsung dari Google Play Store atau bisa dari link ini: unduh Android.

Indodana iOS

Tidak banyak aplikasi pinjol maupun kredit yang juga menyasar pengguna iOS, selain karena jumlah pengguna iOS tidak sebanyak Android, Development aplikasi untuk iOS cenderung lebih sulit karena sifat ekosistemnya yang tertutup. Dan dari tidak banyak tersebut Indodana salah satunya. Bukan sekedar ada, aplikasi Indodana di App Store juga memiliki reputasi yang baik dengan mendapatkan rating 4,4 dari 6.300 pengguna. Sebuah raport yang bagus karena pengguna iOS tergolong selektif.

Untuk kamu pengguna iOS dan berniat mendownload aplikasi Indodana, bisa mendownloadnya langsung dari App Store atau bisa dari link ini: unduh iOS.

Jika kamu berniat mendaftar Indodana dan ingin pengajuanmu di acc, kamu bisa mendaftar menggunakan referensi Krediblog.

Akses langsung dari link berikut : Daftar Express

Catatan Review Indodana

review indodana krediblog

Jika kamu membutuhkan aplikasi pinjol dan kredit, Indodana bisa menjadi alternatif. Bahkan untuk layanan kreditnya mereka menyajikan kualitas yang sama baiknya dengan aplikasi yang sudah lebih dulu mapan. Namun khusus untuk layanan pinjolnya, kamu harus berfikir dua kali untuk menjadikan Indo dana pilihan. Sebabnya adalah karena mereka mengenakan biaya yang sangat tinggi.

Kelebihan Indo dana adalah pada kesiapan sistemnya. Kamu tidak akan menjumpai hal-hal sepele semacam kesalahan teknis dan hal yang menganggu kenyamanan lainnya. Sebagai contoh keseriusan, merekalah satu-satunya (sejauh yang Krediblog coba) aplikasi fintech yang sudah menerapkan Autodebet untuk pembayaran tagihan. Namun jika kamu tidak menghendakinya jangan lupa dinonaktifkan pada saat pendaftaran.

Krediblog pribadi berharap dengan modal kuat yang sudah dimiliki, Indo dana bisa menjadi The Next Kredivo. Harus ada yang memberikan perlawanan sepadan agar persaingan di pasar kredit lebih kompetitif. Bagaimana dengan Akulaku? Si Merah tidak usah dihitung. Karena jika dia “gitu-gitu aja” gelombang hijrah akan segera terjadi. Indodana dengan kondisinya sekarang lebih bisa memberikan pengalaman menyenangkan daripada Akulaku.

Review Indodana
logo indodana

Nama: Indodana

Deskripsi: Platform fintech yang memberikan layanan pinjaman dan cicilan tanpa kartu kredit.

Besar pinjaman: Hingga Rp 8.000.000

Tenor: 1 - 6 bulan

Platform: Android, iOS

Nilai
4.3
  • Proses pendaftaran
  • Nominal pinjaman
  • Pilihan tenor
  • Bunga pinjaman
  • Biaya admin
  • Waktu proses

Kesimpulan Indodana

Jika kamu sedang mencari aplikasi pinjaman online atau yang bisa membantumu membeli barang dengan sistem cicilan, Indo dana bisa menjadi pilihan yang baik. Indo dana juga merupakan alternatif yang sempurna jika karena satu dan lain hal kamu kecewa dengan aplikasi lain yang serupa. Kekuatan utama Indo dana ada pada proses pendaftarannya yang mudah dan jauh dari kata ribet namun dengan fungsi aplikasi yang oke punya. Seandainya Indo dana mau menurunkan besaran biaya pinjamannya, akan banyak pengguna baik yang baru maupun pindahan aplikasi sejenis, yang berbondong-bondong menggunakan layanannya.

Kelebihan

  • Pendaftaran mudah
  • Proses cepat
  • Tenor variatif
  • Sistem rapi

Kekurangan

  • Bunga besar
  • Biaya admin tinggi

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.