Pinjaman Online Tanpa Jaminan dengan Proses Cepat

Pinjaman online menjadi jalan keluar yang paling mudah dilakukan jika ada kebutuhan uang dalam waktu yang mendesak. Biaya rumah sakit, biaya sekolah, kebutuhan rumah tangga hingga modal usaha. Pinjaman online juga merupakan alternatif paling baik jika meminjam secara offline (pinjam saudara, teman, tetangga) sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil.

pinjaman online melalui smartphone

Pengajuan pinjaman online sangat mudah. Tanpa beranjak dari tempat duduk kamu bisa mendapatkan pinjaman yang dibutuhkan. Namun dibalik kemudahan dan kecepatannya, meminjam secara online memiliki resiko tersendiri. Tidak memperhitungkan terlebih mengabaikan resiko ini akan berdambak pada masalah baru yang mungkin timbul. Jangan sampai selesai masalah keuangan malah muncul masalah lainnya.

Tulisan berikut membahas pilihan pinjaman online yang tersedia. Usahakan kamu mendapatkan pemahaman yang utuh sebelum menjatukan pilihan untuk meminjam pada aplikasi pinjaman online yang mana. Karena materi pembahasannya yang detail, artikel ini lumayan panjang. Kamu bisa menggunakan daftar isi untuk melompat atau pergi langsung ke topik yang diminati.

Mengapa Pinjaman Online?

Hal paling utama mengapa pinjaman online lebih unggul dari pinjaman konvensional atau pinjaman offline adalah kemudahan prosesnya. Seperti namanya, semua proses pinjaman online dilakukan secara online. Dari mulai pendaftaran, kelengkapan persyaratan hingga pencairan dana pinjaman. Tidak perlu menyediakan kelengkapan berkas bertumpuk, survei dan interview berkali-kali dan tanpa perlu melewati masa tunggu hingga berhari-hari. Satu kata yang bisa mewakili : praktis!

Segala kemudahan diatas menjadi mungkin karena adanya Fintech. Fintech atau Financial Technology adalah penggunaan teknologi dalam sistem keuangan atau sering disebut perusahaan finansial berbasis teknologi. Penggunaan teknologi ini mampu meniadakan proses administrasi berkepanjangan yang biasa terjadi pada saat pengajuan pinjaman baik di Bank maupun lembaga keuangan konvensional lainnya.

Yang mereka butuhkan adalah data calon nasabahnya. Dengan data tersebut ditambah dengan sumber daya khusus yang mereka miliki (Artificial Intelligence, Machine Learning atau Big Data), para Fintech tersebut mampu mengevaluasi dan menentukan kelayakan calon nasabahnya nyaris Real Time. Peminjam bisa langsung mengetahui apakah pengajuannya diterima atau ditolak tanpa perlu berharap-harap cemas selama berhari-hari. Metode semacam ini 10x lebih cepat dari cara konvensional dan tentu saja ini sangat membantu karena menghemat banyak waktu.

Kelebihan Pinjaman Online

  1. Pengajuan mudah dan praktis
  2. Proses verifikasi dan persetujuan cepat
  3. Waktu pengajuan fleksibel
  4. Akses hingga ke pelosok daerah (lintas lokasi)
  5. Banyak pilihan Fintech

Kekurangan Pinjaman Online

  1. Bergantung pada data digital, sehingga hanya menerima mereka yang Digital Record-nya bagus
  2. Dikenakan biaya layanan atau administrasi
  3. Tidak semua perusahaan terbuka perihal besaran bunga dan denda
  4. Rawan penyalahgunaan data
  5. Terdapat banyak sekali Fintech abal-abal

Aplikasi Pinjaman Online

Berikut adalah aplikasi pinjaman online yang sudah Krediblog coba. Sumber tulisan ini adalah 90% pengalaman pribadi, 5% informasi dari website dan akun sosial media resmi milik masing-masing Fintech, dan 5% sisanya didapat dari hasil tanya jawab via email dan chat melalui Tim Support.

Kredit Pintar

profil kredit pintar terdaftar AFPI
Profil Kredit Pintar di AFPI

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman uang online dan tanpa jaminan milik PT Kredit Pintar Indonesia pimpinan bos muda Wisely Reinharda Wijaya. Berdiri sejak April 2017 dengan mengusung misi memajukan perekonomian Indonesia dengan menjadikan Kredit Pintar sebagai solusi keuangan infklusif di Indonesia.

Kredit Pintar bisa memberikan pinjaman dalam hitungan jam. Proses verifikasinya terhitung cepat, bisa selesai dalam 1 jam dan maksimal proses hingga 24 jam. Teknologi AI (kecerdasan buatan) milik Kredit Pintar mampu menganalisis kelayakan calon nasabah dalam hitungan menit. Jika pengajuanmu disetujui dana akan langsung ditransfer  ke rekening Bank milikmu. Karena prosesnya yang nyaris instant, Kredit Pintar sangat cocok untuk kamu yang sedang dalam keadaan darurat dan membutuhkan pinjaman online cepat.

Kredit Pintar memiliki beberapa pilihan produk pinjaman, diantaranya :

  • Rp 600.000 tenor 28 hari
  • Rp 1.200.000 tenor 28 hari
  • Rp 2.300.000 tenor 3 bulan
  • Rp 5.000.000 tenor 6 bulan

Silahkan mengajukan satu, beberapa atau bahkan semua pilihan nominal diatas, karena nantinya hanya satu yang akan disetujui. Jika kamu mengajukan pinjaman lebih dari satu pilihan misalnya  Rp 1.200.000 dan Rp 2.300.000, tim Kredit Pintar akan melihat nominal mana yang paling sesuai dengan hasil analisis data kamu dan nominal itulah yang akan diberikan.

Cara dan Syarat Pendaftaran

Tidak ada hal khusus dan sulit untuk mendaftar di Kredit Pintar. Kamu yang terbiasa menggunakan Smartphone akan mendapati proses pendaftarannya kurang lebih semudah mendaftar Facebook atau akun digital lainnya.

Berikut langkah-langkah atau cara mendaftar di Kredit Pintar :

  1. Install aplikasi (baru tersedia untuk Android)
  2. Masukkan nomor telpon dan verifikasi
  3. Lanjut dengan ajukan pinjaman
  4. Lengkapi setiap form yang diminta
  5. Upload berkas yang dibutuhkan
  6. Pilih produk pinjaman yang ingin kamu ajukan
  7. Cek! Jika sudah benar, kirim!
  8. Tunggu proses verifikasi

screenshot cara daftar di kredit pintar

Seperti disebutkan sebelumnya, proses verifikasi Kredit Pintar tergolong cepat. Jika disetujui, uang pinjaman yang kamu ajukan akan berada di rekeningmu dalam 1 jam atau kurang. Namun jika belum, maksimal waktu tunggu kamu adalah 1×24 jam.

Proses pendaftaran pada saat kamu mendaftar mungkin akan berbeda baik urutan maupun kebutuhan datanya. Lengkapi saja jika memang kamu bisa melengkapinya. Adapun untuk kelengkapan berkas yang diminta diantaranya :

  1. Rekening Bank
  2. Kartu BPJS
  3. Kartu Kredit
  4. Ijazah
  5. Slip Gaji
  6. Kontrak Kerja

Kecuali rekening Bank, kamu tidak harus menyerahkan semua dokumen diatas, pilih saja salah satu atau beberapa sesuai syarat minimalnya. Semua dokumen persyaratan yang diminta diupload dengan cara difoto sesuai petunjuk yang disediakan. Karena nantinya uang pinjaman kamu akan ditrasfer, maka rekening Bank sifatnya wajib dan harus milik atau atas nama kamu sendiri. Tidak memiliki rekening Bank atau menggunakan rekening Bank orang lain hampir dipastikan pengajuan pinjamanmu akan ditolak.

Saldo, Bunga dan Denda

Saldo atau limit yang kamu dapatkan jika pengajuanmu diterima ditentukan langsung oleh tim Kredit Pintar berdasar hasil analisis data (Tingkat Kredit). Varian jumlahnya antara Rp 600.000, Rp 1.200.000, Rp 2.300.000 atau Rp 5.000.000. Kamu bisa melihat jumlah limit yang kamu miliki di halaman Home pada aplikasi. Besar limit ini berbeda untuk tiap pengguna tergantung saldo yang diberikan dan pinjaman yang diajukan. Misal jika kamu mendapatkan limit Rp 2.300.000 namun hanya mengajukan pinjaman Rp 600.000 pada saat pendaftaran maka sisa limitnya Rp 1.700.000.

Yang sering terjadi adalah limit kamu langsung “Rp 0” setelah pengajuanmu diterima. Hal tersebut terjadi karena kamu mengajukan pinjaman sebesar limit yang kamu dapatkan. Mengajukan pinjaman Rp 2.300.000 dan dapat limit kreditnya Rp 2.3000.000, ya habis saldo. Tapi tenang, semua saldo atau limit yang pengguna miliki akan kembali setiap kali selesai membayar cicilan tertanggung.

Bunga pinjaman di Kredit Pintar tergolong besar, yaitu 0,5% hingga 1% per hari tergantung besar pinjaman dan tenor yang dipilih. Jika kamu meminjam Rp 2.300.000 dengan tenor 3 bulan, maka total yang harus kamu bayar adalah Rp 2.645.100 atau total bunga Rp 345.000. Itu belum termasuk biaya layanan atau administrasi yang harus kamu tanggung juga dengan besaran 5% – 20% dari besar pinjaman.

Berikut produk pinjaman lainnya dari Kredit Pintar yang ditawarkan untuk pengguna yang sudah terdaftar dengan detail bunga dan biaya layanan :

Jumlah PinjamanTenor
Rp 2.300.000

Pencairan nett
Biaya layanan
Cicilan /bulan
Total bunga

3 bulan

Rp 1.955.000
Rp 345.000
Rp 881.700
Rp 345.100

Rp 2.000.000

Pencairan nett
Biaya layanan
Total bayar
Total bunga

28 hari

Rp 1.900.000
Rp 100.000
Rp 2.325.600
Rp 325.600

Rp 1.800.000

Pencairan nett
Biaya layanan
Total bayar
Total bunga

28 hari

Rp 1.710.000
Rp 90.000
Rp 2.093.000
Rp 293.000

Rp 1.500.000

Pencairan nett
Biaya layanan
Total bayar
Total bunga

28 hari

Rp 1.425.000
Rp 60.000
Rp 1.744.200
Rp 244.200

Rp 1.200.000

Pencairan nett
Biaya layanan
Total bayar
Total bunga

28 hari

Rp 1.140.000
Rp 60.000
Rp 1.395.300
Rp 195.300

Pilihan pinjaman produk diatas khusus untuk limit Rp 2.300.000. Jika kamu memiliki limit yang lebih besar atau malah lebih kecil, pilihan produk pinjamannya akan berbeda menyesuaikan dengan besaran limit yang kamu punya.

Untuk keterlambatan pembayaran cicilan, Kredit Pintar mengenakan denda sebesar 1,35% per hari. Informasi mengenai denda ini akan diupdate nanti saat Krediblog mendapatkan kejelasan dari tim Support Kredit Pintar.

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Pintar

Keunggulan utama Kredit Pintar dibanding Fintech Peer to Peer Lending lainnya adalah kecepatan proses analisisnya. Dalam hitungan jam kamu bisa mengetahui status pengajuan pinjamanmu. Jika di-acc, dalam hitungan jam pula uang pinjamanmu akan mendarat di rekening Bank milikmu. Kepastian semacam ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan dana cepat dalam kondisi yang sangat mendesak. Semisal biaya rumah sakit, bayar sewa rumah, kos, atau kios, bayar sekolah hingga bayar tagihan yang sudah jatuh tempo.

Kelebihan Kredit Pintar :

  • Syarat pengajuan mudah
  • Proses analisis data sangat cepat
  • Uang pinjaman langsung ditransfer jika pengajuan diterima

Kekurangan Kredit Pintar :

  • Bunga pinjaman tinggi
  • Biaya layanan besar
  • Pilihan tenor singkat

Ringkasan

ItemDetail
Nama AplikasiKredit Pintar – Pinjaman Uang Tunai Dana Rupiah
Screenshotscreenshot aplikasi pinjaman milik kredit pintar
PerusahaanPT Kredit Pintar Indonesia
Alamat KantorDistrict 8 Treasury Tower lt 53, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52-54 Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
KontakTelpon : (021) 50598882 – Email : [email protected]
Jenis PinjamanPinjaman tunai
Produk PinjamanRp 600.000 tenor 28 hari
Rp 1.200.000 tenor 28 hari
Rp 2.300.000 tenor 3 bulan
Rp 5.000.000 tenor 6 bulan
Bunga Pinjaman0,5% hingga 1% per hari
Biaya Layanan5 – 20% dari besar pinjaman
Proses Pengajuan1 – 2 jam. Maksimal 1 x 24 jam
Channel Pembayaran CicilanBCA, Mandiri, BNI, BRI dan Alfamart
Denda Terlambat Bayar1,35% per hari
Status OJKBerizin dengan nomor registrasi S-258/NB.213.2018
Link DownloadGoogle Play
Informasi & SupportWebsite 1   Website 2   Twitter   Instagram

Profil Kredit Pintar bisa kamu pelajari selengkapnya disini: Review Kredit Pintar

Kredivo

profil kredivo terdaftar AFPI
Profil Kredivo di AFPI

Kredivo adalah aplikasi pinjaman online milik PT FinAccel Digital Indonesia yang berinduk pada FinAccel Pte Ltd, perusahaan Financial Technology yang bermarkas di Singapore. Kredivo Lauching pada April 2016 dan sejak itu banyak sekali inovasi yang dihadirkan. Pada awal kemunculannya, Kredivo adalah perusahaan pembiayaan untuk transaksi e-commerce atau biasa yang disebut kartu kredit online. Yang dengannya pengguna bisa berbelanja di toko online tanpa uang, untuk kemudian dibayar secara mencicil dibulan berikutnya. Ya, seperti moto mereka, Buy Now Pay Later (beli sekarang bayar nanti).

Seiring berjalannya waktu dan dengan kepercayaan pengguna yang semakin meningkat pada September 2018 Kredivo meluncurkan produk Pinjaman Tunai, yaitu pinjaman online tanpa jaminan berupa uang tunai. Jika sebelumnya hanya menjadi alat bayar, kini memberikan pinjaman langsung kepada penggunanya. Ini menjadi lompatan besar karena reputasi Kredivo sebagai penyedia kartu kredit online sudah sangat dipercaya dengan bekerjasama dengan  lebih dari 200 e-commerce di Indonesia, dan dengan tambahan produk Pinjaman Tunai kian sempurna sudah layanannya.

Cara dan Syarat Pendaftaran

Kredivo membedakan 2 tipe pengajuan, yaitu Basic dan Premium. Tipe Basic hanya bisa digunakan untuk transaksi digital, sedang tipe Premium selain bisa digunakan untuk transaksi digital seperti pada tipe Basic, saldo yang ada juga bisa dicairkan untuk digunakan sebagai pinjaman tunai. Jika yang kamu butuhkan adalah pinjaman uang maka daftarlah tipe Premium.

Mendaftar di Kredivo bukan hal yang sulit, sebagian besar dari kamu pasti bisa melakukannya bahkan jika tanpa tutorial sekalipun. Berikut langkah-langkah atau cara mendaftar di Kredivo untuk tipe Premium :

    1. Install aplikasi (tersedia untuk Android dan iOs)
    2. Buka aplikasi dan ‘DAFTAR'
    3. Pilih tipe ‘PREMIUM'
    4. Upload KTP, foto selfie, dan hubungkan akun toko online yang sering melakukan transkasi
    5. Hubungkan akun Internet Banking
    6. Cek! Jika sudah benar, kirim!
    7. Tunggu proses verifikasi

screenshot cara daftar di kredivo

Kredivo membutuhkan verifikasi 1-2 hari. Jika data yang kamu ajukan baik dan valid maka pengajuanmu akan diterima dan mendapatkan limit sesuai hasil analisa sistem Kredivo. Besarannya bervariasi tergantung skor data kamu, kisarannya antara Rp 20.000.000 – Rp 30.000.000. Silahkan login ke aplikasi  dan  lihat besar limit yang kamu dapatkan pada menu Dasbor.

Saldo, Bunga dan Denda

Kredivo membagi saldo atau limit ke dalam 4 kategori, yaitu limit 30 hari, limit 3 bulan, limit 6 bulan dan limit 12 bulan. Jadi misalkan kamu mendapatkan limit Rp 20.000.000, limit 30 hari kamu akan sebesar Rp 1.000.000, limit 3 bulan sebesar Rp 3.500.000, limit 6 bulan sebesar Rp 4.500.000 dan limit 12 bulan sebesar Rp 12.000.000 (nominal pembagian tiap akun bisa jadi berbeda). Semua kategori limit tersebut bisa digunakan untuk transaksi digital, namun untuk pinjaman tunai yang digunakan adalah limit 30 hari dan limit 6 bulan.

Ada 2 jenis pinjaman tunai Kredivo, yaitu Pinjaman Mini dan Pinjaman Jumbo. Pinjaman Mini memberikan pinjaman sebesar limit 30 hari dengan tenor 30 hari. Sedangkan Pinjaman Jumbo memberikan pinjaman sebesar limit 6 bulan dengan pilihan tenor 3 bulan atau 6 bulan. Perhatikan tabel!

Pinjaman MiniPinjaman Jumbo
Minimal PinjamanRp 500.000Rp 1.000.000
Maksimal PinjamanHingga 3.000.000Hingga 9.500.000
Tenor30 hari3 atau bulan
Bunga2.95%2.95% per bulan
Biaya Administrasi6% dari pinjaman6% dari pinjaman

Dana pinjaman yang kamu ajukan akan ditransfer dihari yang sama dengan maksimal waktu proses satu hari kerja.

Untuk denda keterlambatan bayar, Kredivo mengenakan denda sebesar 3% dari jumlah yang belum terbayar untuk periode pembayaran tersebut. Contoh: apabila cicilan kamu di bulan Maret adalah Rp 500.000 dan kamu sudah membayar sebesar Rp 300.000, kamu akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 3% dari Rp 200.000 yaitu sebesar Rp 6.000. Denda ini terbilang ringan dibanding aplikasi pinjaman online yang lain, tapi Kredivo sangat tegas terkait pelanggaran transaksi. Status akunmu akan langsung tertera ‘Terblokir Sementara' begitu kamu terlambat bayar meski baru sehari, namun akan kembali aktif setelah kamu melunasi pembayaran. Blokir juga akan diberlakukan jika Kredivo menilai transaksi yang kamu lakukan mencurigakan atau membahayakan.

Kelebihan dan Kekurangan Kredivo

Secara keseluruhan Kredivo adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan belanja dan pinjaman tunai. Jika kebutuhanmu tidak mendesak atau tidak sedang buru-buru, lebih baik jadikan Kredivo sebagai pilihan pertama sebelum mencoba aplikasi pinjaman online lainnya.

Kelebihan Kredivo :

  • Multiguna, bisa pinjam tunai dan transaksi digital
  • Saldo atau limit yang diberikan paling tinggi diantara aplikasi kredit uang online lainnya
  • Bunga pinjaman rendah

Kekurangan Kredivo :

  • Persyaratan dan kualikasi pengajuan kredit ketat, sehingga
  • Tidak mudah untuk di-acc
  • Sangat disayangkan untuk pinjaman tunai tidak tersedia tenor 12 bulan

Ringkasan

ItemDetail
Nama AplikasiKredivo – Cicilan Tanpa Kartu Kredit dan Pinjaman
Screenshotscreenshot aplikasi pinjaman milik kredivo
PerusahaanPT FinAccel Digital Indonesia
Alamat KantorDipo Tower Level M, Jalan Jenderal Gatot Subroto No. Kav. 51-52, RW.7, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10260
KontakTelpon : (021) 22055677 – Email : [email protected]
Jenis PinjamanTransaksi digital dan pinjaman tunai
Produk PinjamanRp 500.000 – 3.000.000 tenor 30 hari
Rp 1.000.000 – 5.000.000 tenor 3 atau 6 bulan
Limit SaldoHingga 30 juta
Bunga Pinjaman2,95% per bulan
Biaya Administrasi6% dari besar pinjaman
Tenor Cicilan30 hari, 3 dan 6 bulan (pinjaman tunai). 30 hari, 3, 6 dan 12 bulan (transaksi digital)
Proses Pengajuan1 – 2 hari
Channel Pembayaran CicilanBCA, Mandiri, Permata & Bank Lainnya, Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bukalapak
Denda Terlambat BayarBunga keterlambatan 4% dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari
Status OJKTerdaftar dengan nomor registrasi S-236/NB.213/2018
Link DownloadGoogle Play   App Store
Informasi & SupportWebsite   Twitter   Instagram

Profil Kredivo bisa kamu pelajari selengkapnya disini: Review Kredivo

Akulaku

Krediblog menggunakan Akulaku sejak 2018 dan belum pernah mendapatkan masalah yang tidak menyenangkan. Namun merujuk pada publikasi yang dirilis OJK tentang Fintech berizin dan terdaftar per 19 Februari 2020, Krediblog tidak menemukan Akulaku diantara 127 perusahaan dan Platform disana. Yang ada hanya Asetku yang merupakan Sister Comapny dari Akulaku. Bingung? sabar, sedang dicari tahu. Informasi ini akan diupdate kembali jika ada kabar terbaru.

Akulaku adalah aplikasi pinjaman KTA online, kredit online dan kartu kredit online. KTA online karena Akulaku memberikan Kredit Tanpa Agunan alias pinjaman tunai,  kredit online karena di Akulaku kamu bisa membeli berbagai barang dengan cara dicicil dan kartu kredit online karena Akulaku juga membiayai pembelian di merchant e-commerce yang bekerja sama.

Artinya Akulaku memiliki 3 layanan utama, yaitu Peer to Peer Lending atas nama PT. Pintar Inovasi Digital,  e-commerce atas nama PT. Akulaku Silvrr Indonesia (Market Place Ecommerce) dan PT. Akugrosir Indonesia (B2B Ecommerce) serta layanan Multifinance atas nama PT. Akulaku Finance Indonesia. Akulaku merupakan perusahaan aplikasi kredit virtual finansial online terbesar di pasar Asia Tenggara; Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Cara dan Syarat Pendaftaran

Hampir sama dengan aplikasi pinjaman online lainnya, mendaftar Akulaku selesai dalam 3 langkah, daftar, lengkapi dan tunggu. Hanya saja pada Akulaku perlu dilakukan Aktivasi sebelum limit bisa digunakan.

  1. Install aplikasi (tersedia untuk Android dan iOs)
  2. Buka aplikasi dan klik menu ‘Credit'
  3. Pilih menu ‘Ajukan sekarang'
  4. Masukkan nomor Hp lalu verifikasi
  5. Lengkapi data yang dibutuhkan
  6. Pendaftaran pengajuan limit selesai. Lanjutkan dengan aktivasi
  7. Upload KTP, foto selfie dan data lain yang diminta
  8. Hubungkan akun Internet Banking
  9. Cek! Jika sudah benar, kirim!
  10. Tunggu proses verifikasi

screenshot cara daftar di akulaku.

Tim Akulaku membutuhkan waktu 2-3 hari untuk memproses pengajuan kamu. Jika berhasil, kamu akan mendapat notifikasi. Silahkan login ke aplikasi untuk melihat limit kredit yang kamu dapat.

Saldo, Bunga dan Denda

Di Akulaku terdapat 2 tipe saldo atau limit. Yang pertama adalah limit kredit, yaitu limit khusus untuk transaksi digital. Besar limit kredit ditentukan pada saat kamu melengkapi pengajuan pada sesi yang pertama. Besaran limit yang diberikan bisa berbeda untuk tiap pengguna tergantung penilaian dari tim Akulaku. Kisarannya mulai Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 4.000.000. Limit yang kedua adalah limit pinjaman, pengguna akan mendapatkan limit sebesar Rp 3.000.000. Limit inilah yang nanti akan digunakan jika kamu butuh pinjaman tunai.

Sebenarnya Akulaku memiliki 2 jenis pinjaman tunai. Yang pertama ‘KTA Kilat' dengan pilihan pinjaman Rp 600.000 dan Rp 900.000 (ada juga yang sampai Rp 2.000.000) dengan tenor masing-masing 2 bulan. Yang kedua ‘Dana Cicil' dengan pilihan pinjaman hingga Rp 12.000.000 dan tenor hingga 12 bulan (lihat tabel!). Namun jenis pinjaman ‘Dana Cicil' baru baru bisa digunakan jika kamu memiliki Skor Kredit yang baik. Jadi untuk pengguna baru, jenis pinjaman ini akan terkunci dan belum bisa digunakan.

KTA KilatDana Cicil
Minimal PinjamanRp 500.000Rp 500.000
Maksimal PinjamanRp 500.000Hingga Rp 12.000.000
Tenor12 hari dan 22 hari2, 3, 6, 9 dan 12 bulan
Bunga3-5% per periode1-3% per periode
Biaya Administrasi9-13% per periode1% dari pinjaman

Untuk denda keterlambatan bayar, Akulaku memiliki perhitungan yang akumulatif. Jadi semakin lama terlambatnya akan semakin besar dendanya. Untuk tagihan yang lewat jatuh tempo 5 hari dikenakan denda sebesar Rp 50.000, lewat 30 hari Rp 125.000, lewat 60 hari Rp 275.000 dan lewat 90 hari sebesar Rp 450.000. Jika kamu serius ingin meminjam uang di Akulaku, kamu bisa membaca cara pinjam uang di Akulaku untuk panduan Step by Step-nya.

Kelebihan dan Kekurangan Akulaku

Akulaku memiliki cakupan layanan yang mirip dengan Kredivo, maka ia bisa menjadi alternatif yang baik jika pengajuan Kredivo-mu ditolak.

Kelebihan Akulaku :

  • Multiguna, bisa pinjam tunai dan transaksi digital
  • Pengajuan mudah
  • Bunga pinjaman rendah

Kekurangan Akulaku :

  • Terdapat banyak layanan dan metode baru yang cepat berubah, sehingga sulit dipahami alurnya.
  • Tim Support kurang responsif

Ringkasan

ItemDetail
Nama AplikasiAkulaku – Kredit, Cicil, Pinjam, Belanja
Screenshotscreenshot aplikasi pinjaman milik akulaku
PerusahaanPT Akulaku Finance Indonesia
Alamat KantorSahid Sudirman Center Lantai 11 Jl. Jendral Sudirman No.86 RT/RW 10/11 Karet Tengsin Tanah Abang Jakarta Selatan 10250
KontakTelpon : (021) 1500920 – Email : [email protected]
Jenis PinjamanTransaksi digital dan pinjaman tunai
Produk PinjamanRp 600.000 – 2.000.000 tenor 2 bulan
Rp 500.000 – 12.000.000 tenor 2 – 12 bulan
Limit SaldoHingga 20 juta
Bunga Pinjaman6% per periode
Biaya Administrasi9-13% per periode (KTA Kilat)
1% dari pinjaman (Dana Cicil)
Tenor Cicilan2 hingga 12 bulan (pinjaman tunai). 30 hari, 3, 6 dan 12 bulan (transaksi digital)
Proses Pengajuan2 – 3 hari
Channel Pembayaran CicilanBCA, Mandiri, Permata & Bank Lainnya, Indomaret dan Alfamart
Denda Terlambat BayarRp 50.000 sampai Rp 450.000
Status OJKTerdaftar?
Link DownloadGoogle Play   App Store
Informasi & SupportWebsite   Twitter   Instagram

Profil Akulaku bisa kamu pelajari selengkapnya disini: Review Akulaku

Pinjaman Online, Siapa Terbaik?

rating aplikasi pinjaman online di google play
Rating aplikasi pinjol di Goggle Play per 26 September 2019

Kredit Pintar, Kredivo dan Akulaku adalah apilikasi pinjaman online yang Krediblog saksikan bisa dipercaya. Mereka bisa dipercaya karena :

  1. Memiliki izin resmi dari OJK
  2. Identitas perusahaan dan alamat kantor jelas
  3. Memiliki layanan pengaduan konsumen
  4. Memberikan produk yang ditawarkan dan bonus (diskon) yang dijanjikan
  5. Memiliki Social Proof. Rating mereka di Google Play Store diatas bintang 4, membuktikan kepuasan sebagaian besar penggunanya.

Jika harus memilih satu diantara diatas, siapakah pinjaman online terbaik? Yang terbaik adalah yang paling mampu memenuhi kebutuhanmu. Jika kamu butuh uang tunai mulai dengan Kredit Pintar karena layanan utamanya adalah pinjaman uang tunai. Jika kamu memiliki barang yang ingin dibeli dan bermaksud ingin membayarnya dengan cara mencicicil silahkan daftar di Kredivo atau Akulaku.

Oh ya, ini bukan berarti aplikasi pinjaman online lainnya buruk dan tidak bisa dipercaya, ya? Untuk sekarang baru tiga ini yang Krediblog coba, jadi baru mereka yang bisa dinilai. Namun sebelum menentukan pilihan, Krediblog terlebih dahulu melakukan cek dan riset. Mempelajari produk yang ditawarkan, menimbang kelebihan dan kekurangannya, membaca Review pengguna serta membandingkan mana yang bunganya tidak terlalu besar. Jadi bisa dibilang ini yang terbaik dari hasil riset. Aplikasi pinjaman online lainnya akan ditambahkan secara berkala setelah ‘lulus' uji coba.

Penutup

Tulisan ini tidak bermaksud merekomendasikan kamu untuk meminjam atau berhutang. Jika kamu mampu, hiduplah mulia dengan menabur investasi bukan hutang. Sabda, “Hutang adalah kemalangan dimalam hari dan kehinaan di siang hari”, menunjukkan betapa berat beban orang yang berhutang.

Namun jika kamu tidak bisa menghindari pinjaman atau hutang, jangan berkecil hati. Meminjam bukan hal yang buruk, ia menjadi buruk ketika kamu tidak bertanggungjawab atas apa yang kamu pinjam. Kuncinya adalah pahami kadarnya. Hindari meminjam diluar kemampuan bayarmu, dan silahkan pinjam jika itu berguna untuk hidupmu.

Artikel ini akan terus di-update mengikuti perkembangan. Silahkan cek berkala untuk mendapatkan tambahan informasi terbaru tentang pinjaman online.

error: Content is protected !!