LinkAja, Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi Link Aja

aplikasi linkaja

Setahun belakangan, nama Link Aja atau LinkAja kuat sekali gemanya. Kamu pasti sering melihatnya di banyak tempat: pom bensin, gerbang tol, stasiun kereta, gerai ritel hingga pedagang kaki lima di pinggir-pinggi jalan. Link Aja menjadi alat pembayaran baru mendampingi eWallet yang lebih dulu ada GoPay dan OVO. Lalu siapa atau apa Link Aja itu? apa bedanya dengan nama-nama yang sudah lebih dulu kamu kenal seperti GoPay, OVO, Dana, iSaku, Sakuku hingga Doku?

Apa Itu Link Aja?

LinkAja adalah layanan keuangan elektronik dan sistem pembayaran yang dikeluarkan oleh empat perusahaan BUMN yaitu Telkomsel, Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Secara bentuk dan fungsi, LinkAja tidak jauh beda dengan GoPay, OVO, Dana, iSaku, Sakuku dan Doku, namun karena dimiliki oleh BUMN potensi ekspansinya bisa sangat besar. Terbukti dengan sudah terintegrasinya LinkAja dengan sistem transportasi publik semacam KRL, LRT, MRT, Busway dan fasilitas umum lainnya yang siap menyusul. Dengan makin banyaknya produk dan layanan yang terintegrasi, nantinya LinkAja akan menjadi platform digital yang super lengkap. Mereka menyebutnya Super App.

Link Aja pertama kali diluncurkan pada April 2019. Sebenarnya LinkAja merupakan transformasi dari layanan keuangan elektronik milik Telkomsel yaitu T-Cash. T-Cash sebagai platform utama yang didalamnya tergabung platform dari Himbara diantaranya E-Cassh Bank Mandiri, T-bank BRI dan Yap! BNI. Kini sistem pembayaran digital di Indonesia cukup menggunakan satu pintu, dia adalah LinkAJa.

Kelebihan dan Kekurangan LinkAja

Kita sudah mengenal GoPay sejak 2009 dan akrab dengan OVO sejak 2017. Secara silih berganti kita menggunakan keduanya sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi dan sudah nyaman dengannya. Mengapa harus repot-repot memikirkan LinkAja? Kalau fungsinya sama saja, “Oke Fix, gue cukup Gopay dan OVO aja!”.

Krediblog pribadi berpendapat LinkAJa memang tidak ada bedanya dengan dompet digital dan aplikasi PPOB lainnya. Kamu bisa kirim uang, bayar listrik, telepon, BPJS, PDAM, beli pulsa dan data sama persis pada kebanyakan aplikasi PPOB yang telah lebih dulu ada. Satu-satunya pembeda kuat LinkAja dengan aplikasi sejenis adalah “bekingan kuat” dibelakangnya. Dimiliki oleh BUMN, LinkAja memiliki akses luas ke sarana publik dan layanan umum yang pada penerapannya akan mampu untuk mendorong, mengarahkan hingga memaksa berbagai kebijakan yang diterapkan.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan LinkAja secara umum:

Kelebihan LinkAja :

  • Memiliki produk dan layanan yang holistik atau semua ada.
  • Terintegrasi dengan transportasi dan sarana publik.
  • Bisa transfer ke Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN tanpa biaya administrasi sepeserpun.
  • Berpotensi terus berkembang baik fitur, produk maupun layanannya.
  • Calon kuat Payment Sistem/Portal untuk semua transaksi non tunai di Indonesia.

Kekurangan LinkAja :

  • Pada beberapa produk, harga di LinkAja sedikit lebih mahal dibanding pesaing.
  • Karena produk BUMN, rawan terganggu atau putus ditengah jalan jika terjadi konflik politik.
NamaLinkAja
Izin UsahaPenerbit uang elektronik
Download iOSLink iOS
Download AndroidLink Android
WebsiteLink website
FacebookLink Facebook
TwitterLink Twitter
InstagramLink Instagram

Cara Daftar LinkAja

Tidak ada proses ribet untuk mendaftar di Link Aja. Tinggal instal, lengkapi dan submit. Kamu bisa mendaftar LinkAja langsung dari Smartphone mu. Link Aja tersedia untuk platform Android dan iOS.

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

Cara daftar LinkAJa:

  1. Instal aplikasi LinkAja

    Download dan instal aplikasi LinkAja sesuai jenis Smartphone mu.

  2. Masukkan nomor Hp

    Pada halaman depan, masukkan nomor Hp mu. LinkAja akan mengirimkan verifikasi melalui SMS. Verifikasikan dengan kode tersebut.

  3. Registrasi

    Lengkapi form kelengkapan data yang diminta, diantaranya: data pribadi, nama, foto, dan alamat email.

  4. Verifikasi

    Setelah kamu mengirim form registrasi, LinkAja akan kembali mengirimkan SMS verifikasi. Verifikasikan dan klik lanjut.

  5. Daftar LinkAja berhasil

    Kamu akan menerima SMS yang memberitahukan pendaftaranmu berhasil.

Jenis Akun

Ada 2 jenis akun di Link Aja, yaitu Basic Service dan Full Service. Pada akun Basic beberapa transaksimu akan dibatasi, sedangkan pada akun Full kamu akan memiliki akses yang lebih luas. Untuk pendaftaran awal, jenis akunmu adalah Basic Service. Jenis akun ini sudah bisa menggunakan hampir semua fitur di LinkAja. Kamu juga sudah bisa langsung melakukan transaksi. Namun jika kamu menghendaki full akses, silahkan melakukan upgrade ke akun Full Service kapan saja.

Berikut perbedaan Basic Service dan Full Service pada akun LinkAja:

perbedaan akun basic service dan full service linkaja

Upgrade Akun ke Full Service

Kamu bisa langsung upgrade ke akun Full Service begitu pendaftaranmu selesai. Upgrade ini juga bisa dilakukan kapan saja kamu menghendaki. Perlu dicatat bahwa untuk Basic Service sudah bisa digunakan untuk kebanyakan transaksi, kamu hanya dibatasi pada kirim uang atau transfer, tarik saldo dan saldo maksimum yang tidak boleh lebih dari 2 juta. Jika kebetulan kamu belum ada keperluan untuk kirim uang, akun Basic sudah lebih dari cukup.

Meski begitu kamu tidak dilarang untuk melakukan upgrade. Berikut cara upgrade ke akun Full Service di Link Aja:

  1. Buka aplikasi Link Aja
  2. Klik menu Akun lalu pilih Tipe Akun. Lanjut dengan memilih “Upgrade Full-Service”.
  3. Lengkapi data diri nama ibu kandung dan NIK e-KTP.
  4. Lanjut dengan perekaman gambar sesuai perintah yang tertera. Kirim!
  5. Pengajuanmu akan diproses maksimal 1×24 jam.

Cara Menggunakan LinkAja

Sebelum bisa menggunakan Link Aja, kamu harus memastikan saldonya tersedia. Jika belum ada kamu bisa melakukan isi saldo atau Topup.

Isi Saldo LinkAja

LinkAja menyediakan banyak cara untuk melakukan topup atau isi saldo. Diantaranya:

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)

Kamu bisa melakukan isi ulang LinkAja melalui Bank milik negara: Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Jika kamu memiliki sumber dana di salah satu Bank tersebut, kamu bisa mengisi saldo Link Aja minimal Rp 10.000 baik melalui ATM, Mobile Banking ataupun Internet Banking. Keuntungan mengisi saldo melalui jaringan Himbara adalah kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi sepeserpun.

Transfer dari Bank

Kamu juga bisa isi saldo menggunakan Bank non Himbara. Bank yang bisa digunakan untuk topu di Link Aja diantaranya: BCA, Bukopin, Jenius, CIMB Niaga, Digibank, Maybank dan melalui ATM Bersama. Untuk proses pengisiannya bisa melalui ATM, M-Banking juga SMS Banking. Akan ada biaya admin yang dikenakan dan nominalnya berbeda untuk setiap Bank.

Bank Syariah

Tidak memiliki rekening di salah satu Bank yang sudah disebutkan diatas? Tenang, kamu juga bisa melakukan topup melalui Bank Syariah Mandiri, BRISyariah dan BNI Syariah.

Kartu Debit

Berikutnya topup menggunakan kartu Debit. Yang bisa digunakan adalah kartu debit berlogo Visa dan Mastercard. Kamu bisa melakukan topup langsung di aplikasi LinkAJa dengan pilihan nominal yang tersedia: Rp 50.000 s/d Rp 250.000.

Merchant dan Mitra Link Aja

Jika pegang uang tunai, kamu bisa isi saldo melalui merchant dan mitra Link Aja. Kamu hanya harus menunjukkan token ke kasir atau operator merchant terkait. Adapun merchant dan mitra LinkAja yang bisa kamu kunjungi diantaranya: Alfamart, Alfamidi, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, Indomaret, Kantor Pos, Sentra Ponsel, Suzuya dan mitra lainnya.

GraPARI

Terakhir, kamu juga bisa mengisi saldo melalui Graha Pari Sraya atau GraPARI yang merupakan pusat layanan pelanggan Telkomsel. Kamu cukup memberikan nomor telepon LinkAja kepada customer service GraPARI.

Produk dan Layanan Link Aja

cara menggunakan link aja

Setelah saldo terisi saatnya melakukan transaksi. Untuk bisa menggunakan aplikasi Link Aja, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kemampuannya. Secara umum, Link Aja bisa digunakan untuk bayar merchant, beli pulsa atau paket data, produk digital, belanja online, kirim uang dan tarik saldo. Berikut masing-masing detailnya:

Bayar Merchant

Kamu bisa menggunakan LinkAja untuk membayar di merchant mana saja yang bekerjasama. Ada banyak sekali merchant yang sudah bekerjasama dan itu akan terus bertambah seiring makin dikenalnya platform LinkAja. Jika kamu melihat logo LinkAja di lokasi, berarti merchant tersebut menerima pembayaran LinkAja. Beberapa merchant terkenal yang bisa disebut diantaranya: Commuter Line, Busway, Tol, Parkir, McDonald’s, CVG Cinemas, Chatime, J.CO, Nasi Goreng Suri, KFC, Starbuck, Alfamart, Alfamidi, Bakmi GM, Baskin Robbins, Berrybenka, Coffe Bean, Hijabenka, Indomaret, Martabak Boss, Mister Donut, WOW Crab, Warung Leko dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun untuk cara pembayarannya adalah dengan cara melakukan Scan QR dan QR Code. Untuk Scan QR Kamu menscan langsung kode QR milik merchant, baik dari mesin EDC atau Static QR. Lanjut dengan memasukkan nominal pembayaran dan kirim. Sedang untuk QR Code kamu terlebih dahulu harus membuatnya di aplikasi.

Beli dan Bayar Tagihan

Malas keluar rumah untuk beli pulsa dan repot bayar listrik? tidak lagi. Kamu bisa membeli dan membayarnya langsung di LinkAja. Kamu bisa membeli pulsa dan paket data serta membayar tagihan untuk berbagai layanan, diantaranya: telpon, listrik, PDAM, TV kabel, Internet, Gas, Pendidikan hingga produk properti.

Untuk proses pembelian dan pembayarannya dilakukan langsung di aplikasi LinkAja dengan memotong dana dari saldo. Pastikan saldomu mencukupi sebelum melakukan transaksi beli dan bayar.

Produk Digital

Produk digital ini maksudnya selain termasuk juga layanan pembayaran tagihan bulanan seperti telpon, listrik, PDAM, TV kabel, Internet, BPJS dan Gas, LinkAja juga menjembatani berbagai kebutuhan yang bisa diakses secara online, diantaranya: beli dan bayar tiket bus, pesawat, Streaming, Voucher Games, bayar multifinance, Asuransi, Event dan Atraksi, Reksadana, Retribusi, E-Samsat, pajak hingga kebutuhan dana pinjaman.

Belanja Online

LinkAja juga bisa dijadikan Payment Gateway atau alat bayar untuk belanja online. Jika biasanya kamu membayar dengan menggunakan transfer bank, sekarang kamu bisa membayarnya dengan saldo LinkAja. Adapun untuk penggunaannya tidak jauh berbeda dengan metode pembayaran lainnya. Setelah kamu memilih metode pembayaran dengan LinkAja, kamu akan diarahkan ke halaman login untuk melakukan finalisasi pembayaran.

Ada banyak sekali merchant online yang mendukung pembayaran menggunakan LinkAja. Jumlah tersebut tentunya akan terus bertambah seiring makin dikenalnya Link Aja. Beberapa nama yang bisa disebut diantaranya: Blanja.com, Hijabenka, Blibli, Bukalapak, Dinomarket, Tiket.com dan Tokopedia.

Transfer atau Kirim Uang

Kamu bisa kirim uang kemanapun menggunakan LinkAJa. Baik kirim uang ke sesama pengguna Link Aja maupun ke rekening bank mana saja. Untuk kebutuhan kirim uang, sekarang terdapat pilihan lain selain transfer ke rekening bank. Kamu bisa mengirim uang ke siapa saja tanpa perlu rekening bank. Yang dibutuhkan hanya akun LinkAja dan kamu bisa mengirim dana ke nomor tersebut. Nantinya penerima bisa mengambil uangnya di ATM Mandiri, BNI, BRI, BTN, Merchant & Mitra LinkAja atau di GraPARI. Tidak perlu membutuhkan kartu ATM karena hanya perlu menunjukkan Kode Penarikan.

Namun jika kamu menghendaki transfer ke rekening bank, Link Aja juga bisa melakukannya. Kamu bisa transfer uang ke rekening bank mana saja. Khusus untuk pengiriman ke bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi. Sedang untuk transfer ke bank lainnya akan dikenakan biaya admin seperti transfer biasa.

Tarik Saldo

Jika kamu memiliki saldo lebih di aplikasi Link Aja baik hasil kiriman uang atau kelebihan dana, kamu bisa menarik atau mencairkannya. Hebatnya untuk melakukan hal tersebut tidak dibutuhkan kartu ATM karena yang digunakan adalah Kode Penarikan. Kamu bisa menarik saldo LinkAja melalui ATM Mandiri, BNI, BRI, BTN, Merchant & Mitra LinkAja atau di GraPARI.

Catatan Tentang LinkAJa

Sebagai sebuah e-Wallet, LinkAja tidak lebih baik dari GoPay dan OVO sebagai dompet digital dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Untuk aplikasi PPOB (Payment Point Online Bank), Link Aja tidak menawarkan perbedaan berarti dan kebanyakan kita sudah lebih dulu nyaman dengan nama-nama populer seperti Payfazz, Bebas Bayar atau Paytren. LinkAja mulai terasa manfaatnya saat kamu memiliki kebutuhan transfer atau kirim uang, khususnya ke bank-bank jaringan Himbara seperti Mandiri, BNI, BRI dan BTN.

aplikasi link aja

Namun sebagai sebuat sistem pembayaran digital, LinkAJa berpotensi untuk mengalahkan semua pesaingnya. Dan memang inilah rencana jangka panjang dari LinkAJa, yaitu menyasar daily needs dan tranportasi massal. Kedepannya, jika semua sarana umum terintegrasi dengan Link Aja, maka mau tidak mau dan secara perlahan kita akan digiring untuk minimal memiliki akun Link Aja. Dan bukan tidak mungkin, Link Aja akan menjadi portal pembayaran nasional tempat pemerintah menyalurkan bantuan tunai. Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) di Indonesia kian nyata, dan LinkAja akan mengambil peran besar di dalamnya.

Krediblog sendiri lebih banyak menggunakan Link Aja untuk keperluan transfer uang ke BRI. Lumayan, bisa hemat hingga Rp 6.500 per transaksi jika transfer dari BCA. Sedang untuk transaksi bayar dan beli, masih menggunakan aplikasi yang sudah lebih dulu ada. Apakah perlu menginstal Link Aja? tentu saja itu sangat tergantung kebutuhanmu. Untuk saat ini belum ada urgensinya untuk menginstal Link Aja, namun tidak ada salahnya untuk mulai mendekat dan mengenal. Karena jika nanti Link AJa menjadi keniscayaan, kamu sudah siap.

FAQ LinkAJa

Apa itu LinkAja?

Aplikasi e-Wallet, dompet digital dan payment sistem milik BUMN.

Apa perbedaan Link Aja dengan GoPay, OVO dan AYo Pop?

Kurang lebih sama. Perbedaannya adalah Link Aja dikeluarkan dan dimiliki oleh BUMN.

Apa saja syarat mendaftar Link Aja?

Tidak ada syarat khusus. Semua yang memiliki Hp Android dan iOS bisa mendaftar.

Apakah ada biaya untuk registrasi di Link Aja?

Tidak ada. Namun untuk bisa menggunakan Link Aja terlebih dahulu kamu harus memasukkan sejumlah saldo.

Apa keuntungan menggunakan Link Aja?

Karena merupakan produk BUMN, keuntungannya akan selaras dengan kebijakan pemerintah yang mendukungnya.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
4 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Shiro

Gan, bahas juga LinkAja Syariah dong, ane udah terlajur aktivasi ke LinkAja Syariah tanpa baca” S&K nya wkwk

Hendrikus saku

Maaf admin
Apakah bisa jika saya mendaftar beberapa akun pada aplikasi linkaja dengan nomor yang berbeda??