KREDIBLOG » FINTECH OJK » AKULAKU

Akulaku: Aplikasi Kredit dan Pinjaman Uang Sejuta Umat

Akulaku merupakan salah satu aplikasi yang populer di Indonesia. Kepopulerannya tak lepas dari gencarnya promosi yang dilakukan oleh tim marketing Akulaku dan juga tentu saja hasil cerita dari mulut ke mulut oleh penggunanya. Disebut sejuta umat karena kemudahannya dalam mendaftar. Hal tersebut terbukti dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai jutaan pengguna.

Siapa dan Apa Akulaku

Akulaku adalah aplikasi kredit, cicilan online dan pinjaman tunai. Akulaku memungkinkanmu untuk membeli barang secara kredit di marketplace Akulaku, membeli barang dengan metode cicilan di toko online lain yang bekerjasama dan meminjam uang tunai yang langsung cair dalam hitungan menit.

Akulaku pertama kali hadir di Indonesia pada pertengahan 2016. Didirikan oleh 2 orang asal Cina, William Li dan Gordon Hu. Hingga awal 2019 lalu, Akulaku tercatat sudah memiliki pengguna aktif hingga 10 juta orang yang tersebar di Jawa, Medan, Palembang, dan Padang. Merupakan Fintech generasi awal yang hadir di Indonesia dan layanannya sudah tersebar hingga 4 negara: Indonesia, Vietnam, Philippines dan Malaysia. Akulaku merupakan perusahaan aplikasi kredit virtual dan finansial online terbesar di pasar Asia Tenggara.

Kantor

kantor akulaku

Di Indonesia, Akulaku bernaung dibawah PT Akulaku Silvrr Indonesia yang berkantor di Sahid Sudirman Centre. Akulaku juga memiliki Sister Company yang mengurusi divisi lain dalam tubuh aplikasi Akulaku.

PT Akulaku Silvrr Indonesia bertanggungjawab untuk mengurusi divisi Marketplace ecommerce, Peer to Peer Lending oleh PT Pintar Inovasi Digital serta layanan finansial oleh PT Akulaku Finance Indonesia. Benar sekali, Akulaku “diurusi” oleh 3 perusahaan, mungkin karena sebab inilah manajemen Akulaku kerap membingungkan.

Alamat kantor Akulaku
PT Akulaku Silvrr Indonesia, PT Akulaku Finance Indonesia
Sahid Sudirman Center Lantai 18 Unit A-H
Jl. Jendral Sudirman No.86, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250, Indonesia

PT Pintar Inovasi Digital
Sahid Sudirman Center Lt. 50C

Call Center

Call Center adalah bagian dari Akulaku yang paling sering disalahgunakan. Semua penipuan yang mengatasnamakan Akulaku bermula dari oknum yang mengaku CS Akulaku. Akulaku memang termasuk aplikasi yang rentan penipuan, tercatat ada banyak sekali kasus penipuan dan percobaan penipuan.

Coba kamu perhatikan pada Goggle Bisnis Akulaku atau hasil pencarian melalui Google Maps. Kantor Akulaku dibanjiri oleh foto-foto yang menyertakan nomor telpon Call Center dan WhatsApp. Krediblog pastikan itu Spam, karena Akulaku mengkonfirmasi bahwa mereka tidak memiliki akun pengaduan melalui kontak WhatsApp.

Jika kamu membutuhkan bantuan Akulaku, pastikan hanya menghubungi kontak yang ada di website mereka.

Telpon Customer Service1500920
Jam kerjaSenin – Jumat, jam 9:00 s/d 18.00
Emailcs.id@akulaku.com
WebsiteWebsite
FacebookFacebook
TwitterTwitter
InstagramInstagram

Detail diatas diambil langsung dari website Akulaku. Akulaku tidak memiliki kontak lain selain data di atas. Jika kamu menjumpai kontak yang mengaku dari Akulaku dimananpun dan pada platform apapun, seberapapun meyakinkannya ia, curigalah selama bukan dari sumber diatas.

Download

Aplikasi Akulaku tersedia untuk platform Android dan iOS. Untuk bisa menggunakannya kamu bisa download di Google Play dan App Store. Pada saat artikel ini ditulis, di Google Play Akulaku mendapatkan rating 4,2 dari pengguna. Rata-rata yang memberikan rating buruk adalah mereka yang kecewa dari sisi pelayanan. Baik yang gagal transaksi, pengajuan ditolak hingga transaksi tak dikenal atau penipuan.

Di App Store rating Akulaku lebih buruk lagi, yaitu mendapat 2,5 dari 40 penilai. Kebanyakan mengeluhkan aplikasi tidak berjalan baik di iOS (buggy, crash dan semacamnya).

Vendor

Vendor Akulaku adalah toko partner yang bekerja sama dengan Akulaku. Mereka adalah penjual yang membuka lapak dagangannya di Marketplace Akulaku. Masih ingat bahwa kamu bisa membeli barang secara kredit di Akulaku? nah barang tersebut diambil dan dibeli dari vendor-vendor ini.

Vendor Akulaku terbuka untuk umum baik perusahaan atau perorangan, baik toko biasa maupun Official Store pemegang merk. Kamu bisa mendaftar sebagai vendor Akulaku dan menjual barang daganganmu disana. Jangan khawatir, meski mengakomodir pembelian dengan cicilan, kamu sebagai vendor akan tetap dibayar penuh dan tunai oleh Akulaku jika ada dari barang daganganmu yang laku terjual. Pembiayaan kredit sepenuhnya ditanggung oleh Akulaku.

Banyak vendor-vendor besar yang sudah bergabung di marketplace Akulaku. Untuk Handphone ada Samsung, Oppo, Vivo, Infinix, Mi hingga Realme. Elektronik rumah tangga sudah bergabung Sharp, Changhong, Coocaa, TCL, Polytron, Daikin, Philips, Cosmos, Hingga LG. Dan juga vendor besar lain dari kategori produk berbeda. Nama-nama yang tadi disebut adalah vendor dari kategori pemegang merk atau Official Store.

daftar vendor besar

Jika kamu tertarik untuk menjadi vendor di Akulaku, kamu bisa menanyakan pertanyaanmu ataupun mengajukan penawaran ke email: merchant.id@akulaku.com. Adapun untuk link pendaftaran, bisa kamu akses di: Daftar Vendor

Merchant

Merchant Akulaku kerap kali rancu dengan Vendor Akulaku. Kadang orang menyebut vendor padahal yang dimaksud merchant, begitu sebaliknya. Namun yang dimaksud merchant Akulaku atau Partner Akulaku sebenarnya adalah mitra kerjasama Akulaku yang menerima pembayaran Akulaku.

Merchant Akulaku terdiri dari e-Commerce dan Marketplace. Untuk Marketplace ada Bukalapak dan Shopee. e-Commerce atau toko online ada Blibli, JDid, Alfacart, TokoPDA hingga Perkakasku. Tiket perjalanan ada Tiket.com dan Instan Ticket. Dan merchant lainnya baik yang sudah maupun yang baru akan melakukan kerjasama.

merchant akulaku

Pada merchant-merchant inilah kamu bisa melakukan transaksi pembelian untuk kemudian bayar menggunakan Akulaku. Baik bayar dengan tempo 30 hari maupun menggunakan sistem cicilan.

Status di OJK

Jangan khawatir, aplikasi Aku laku sudah terdaftar di OJK. Mereka terdaftar per tanggal 21 Desember 2018 atas nama salah satu perusahaannya, PT Pintar Inovasi Digital dengan surat tanda terdaftar S-1110/NB.213/2018.

Namun jika menilik dari struktur organisasinya, harusnya ada satu perusahaan lagi yang terdaftar OJK. Dia adalah PT Akulaku Finance Indonesia yang membawahi urusan multi finance. PT Akulaku Finance Indonesia inilah yang membiayai setiap pembelian di merchant Akulaku. Dan berdasarkan definisi OJK, aktifitas tersebut tergolong produk Fintech yang berarti harus berizin atau mendaftarkan diri di otoritas jasa keuangan.

Produk dan Layanan Akulaku

Jika kamu masih bingung dalam memahami Akulaku, mungkin akan terbantu setelah memahami lini produknya. Akulaku memiliki 2 produk atau layanan utama: Kredit online dan pinjaman uang. Berikut detailnya:

Kredit Online

Layanan kredit ini memungkinkanmu untuk membeli barang secara kredit baik di marketplace Akulaku (Akucicil) maupun di toko online lainnya yang bekerjasama (Akulaku Pay). Akulaku Pay juga bisa digunakan di merchant offline seperti Alfamart dan Indomart. Akulaku Pay inilah fitur dari Akulaku yang bisa disebut kredit online atau cicilan online. Kamu bisa membeli barang dimana saja dan membayarnya dengan Akulaku. Kamu bisa memilih apakah bayar dalam 30 hari atau dicicil selama 3, 6, 9 atau 12 bulan.

Karena bahasannya yang sangat luas, Krediblog membuatkan artikel terpisah yang khusus membahas kredit Akulaku. Silahkan baca di: Cicilan Akulaku.

Pinjaman Uang

Seperti namanya, layanan pinjaman uang memberikan pinjaman berupa uang tunai. Besar pinjaman yang mungkin kamu dapatkan adalah hingga Rp 15.000.000 dengan pilihan tenor hingga 15 bulan. Layanan pinjaman uang ini sepenuhnya ditangani oleh PT Pintar Inovasi Digital atau yang biasa dikenal dengan platform Asetku.

Pinjaman uang ini juga memiliki bahasan yang luas sehingga perlu diurai secara mendalam. Kamu bisa membacanya di: Pinjaman Tunai Akulaku.

Bunga

Agak sulit untuk mencari informasi tertulis yang menyebut dengan pasti besar bunga di Akulaku. Mereka tidak menyebut dengan gamblang berapa % bunga yang dikenakan untuk setiap transaksinya.

Merujuk pada deskripsi yang tertera di Play Store, mereka menyebut bunga untuk pinjaman uang adalah 1,5% per bulannya. Namun ketika Krediblog melakukan pinjaman uang pada Oktober 2019, bunga yang dikenakan adalah 3.08% per bulannya. Dan untuk bunga kredit online, transaksi terakhir Krediblog pada September 2020 dikenakan bunga sebesar 3,5% per bulannya.

Channel Pembayaran Akulaku

Akulaku menyediakan cukup banyak pilihan channel pembayaran. Kamu bisa membayarkan transaksi maupun tagihan yang jatuh tempo melalui Virtual Account BCA, Madiri, BRI, BNI hingga Permata Bank. Kamu juga bisa membayar melalui merchant offline di Afamart atau Indomart.

channel pembayaran akulaku

Yang perlu diperhatikan adalah pada pembayaran Virtual Account, Akulaku menerapkan nomor virtual account yang dinamis atau berubah-ubah untuk setiap pembayarannya. Nomor virtual account yang di-generate untuk pembayaran tagihan bulan lalu akan berbeda dengan bulan ini, begitu seterusnya. Untuk itu pastikan kamu membayar dengan nomor virtual account terbaru yang baru saja di-generate.

Pendaftaran Akulaku

Kamu boleh melewatkan bagian ini karena untuk mendaftar sangat mudah sehingga kamu pasti bisa meski tanpa tutorial. Namun tutorial ini tetap Krediblog tulis sebagai referensi.

Syarat Pendaftaran

Syarat utama pendaftaran adalah KTP, dimana jika kamu tidak memilikinya maka pendaftaranmu tidak bisa dilanjutkan. Adapun syarat-syarat lainnya bersifat opsional atau sebagai data penguat.

Berikut syarat pendaftaran Akulaku:

  1. Memiliki KTP
  2. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Jawa barat, Jawa tengah, Jawa timur, Medan, Padang, dan Palembang.
  3. Memiliki penghasilan tetap
  4. Memiliki salah satu atau lebih akun digital berikut: Facebook, BPJSTKU, Gmail, Internet Banking (persyaratan akun digital ini kerap berubah-ubah).

Cara Daftar

Akulaku memisahkan pendaftaran menjadi 2 langkah: Pendaftaran dan aktivasi. Pada langkah pertama kamu hanya mendaftarkan nomer telpon saja sedang kelengkapan data seperti KTP, akun digital dan verifikasi suara baru diminta saat aktivasi. Untuk bisa menjadi pengguna aktif Akulaku, kamu harus melengkapi kedua langkah diatas.

Tutorial cara mendaftar di Akulaku:

  1. Download dan instal

    Download dan instal aplikasi Akulaku di Google Play atau App Store

  2. Verifikasi nomor Handphone

    Masukkan nomor Hp dan verifikasikan kode yang dikirim.

  3. Pendaftaran selesai. Lanjut dengan proses aktivasi

    Pada tab “Personal” klik pada pilihan ‘Ajukan Kredit’.

  4. Lengkapi informasi profil

    Foto fisik KTP dan foto selfi kamu memegang KTP. (screenshot: Profil)

  5. Otorisasi akun

    Hubungkan akun yang kamu miliki. (screenshot: Akun)

  6. Verifikasi suara

    Baca angka yang tertera dan rekam. (screenshot: Suara)

  7. Kirim pengajuan

    Klik pada tombol ‘Selanjutnya’. Selamat pengajuan kreditmu sudah dikirim. (screenshot: Kirim)

  8. Tunggu pengajuanmu diterima

    Akan muncul notifikasi pada aplikasi, kamu juga akan dikabari melalui SMS. (screenshot: SMS)

  9. Selesai

    Jika pengajuan kreditmu diterima, akan muncul nominal limit kredit pada tab “Kredit”. (screenshot: Aktif)

cara daftar di akulaku

Limit Kredit

Diterima tidaknya pengajuanmu dan besar Limit kredit yang diberikan untuk setiap akun akan berbeda tergantung hasil kredit skoring. Kredit skoring (credit score) adalah metode yang digunakan untuk menilai layak tidaknya pengajuan suatu pinjaman.

Bagaimana cara kredit skoring bekerja? ia bekerja dengan cara memetakan data yang masuk dengan parameter-paremeter yang sudah ditentukan sebelumnya. Kamu ingat pada langkah ke lima diatas (otorisasi akun)? Data yang kamu input inilah yang diolah untuk kemudian didapat kreding skoring. Semakin baik dan lengkap data yang diinput akan semakin mudah dan baik kredit skoring yang didapat.

Karena alasan itu, kamu yang ingin pengajuan kreditnya diterima dan mendapatkan nominal limit yang besar, isilah data yang diminta dengan selengkap-lengkapnya. Pada contoh pendaftaran diatas, Krediblog hanya menghubungkan akun Facebook karena tidak memiliki akun BPJSTKU. Dan limit kredit yang didapat hanya sebesar Rp 7.200.000 dari yang ditawarkan Rp 25.000.000. Adapun untuk lama pengajuan hingga pemberitahuan diterima kurang lebih 15 menit.

Jatuh Tempo Cicilan

Jatuh tempo cicilan di Akulaku memiliki perhitungan yang unik dan berbeda dibanding aplikasi fintek sejenis. Dimana mereka menerapkan sistem tutup buku dan tanggal pembayaran.

Untuk mempermudah memahaminya, kita gunakan akun Krediblog sebagai contoh. Krediblog memiliki tanggal tutup buku pada tanggal 10 setiap bulannya dan jatuh tempo cicilan pada tanggal 25. Jika transaksi terjadi sebelum tanggal 10 maka ia akan masuk tunggakan bulan ini, namun jika transaksi terjadi diatas tanggal 10 tagihannya akan masuk ke tunggakan bulan berikutnya.

Contoh: Anggap ini bulan September 2020. Jika Krediblog melakukan transaksi menggunakan limit kredit pada tanggal 9 September, maka transaksi tersebut harus mulai dibayarkan pada 25 September 2020. Namun jika transaksi terjadi pada 12 September, maka tagihannya baru akan ditagihkan pada 25 Oktober 2020. Karena itu Krediblog lebih sering melakukan transaksi diatas tanggal 10 agar jatuh tempo tagihan bisa lebih lama (hingga 45 hari).

Fitur Aplikasi Akulaku

Dalam aplikasi Akulaku terdapat banyak sekali item dan menu yang ditawarkan. Umumnya pengguna baru akan bingung karena interface pada aplikasi sangat ‘ramai’. Krediblog sendiri yang menggunakan Akulaku sejak 2018 tidak yakin sudah paham seluruh bagian dari aplikasinya. Namun ada beberapa bagian yang Krediblog pahami dan hampir setiap bulan rutin digunakan untuk melakukan transaksi.

Marketplace

marketplace akulaku

Hal pertama yang akan kamu jumpai saat pertama kali membuka aplikasi Akulaku adalah halaman marketplace. Marketplace adalah jenis toko online dengan konsep lapak dalam suatu platform. Marketplace Akulaku tak ubahnya Tokopedia, Bukalapak atau Shopee. Kamu bisa mencari dan membeli berbagai jenis produk dari ratusan kategori disini.

Tak ada perbedaan mencolok antara berbelanja di Marketplace Akulaku dengan Tokopedia dan kawan-kawan. Pilih barang, tambahkan ke keranjang dan bayar. Yang membedakan hanya pada pembayaran cicilan yang sepenuhnya di handel oleh kredit Akulaku. Maka bisa kamu lihat ada opsi, “Bayar dengan saldo”, “Uang muka Rp” hingga perhitungan cicilan perbulan untuk setiap tenornya.

Jujur, marketplace Akulaku bukan tempat favorit Krediblog dalam berbelanja. Krediblog lebih senang membeli keperluan di Bukalapak atau Shopee. Meski menyediakan hampir semua kebutuhan, marketplace Akulaku belum bisa menghadirkan kenyamanan dan keamanan dalam berbelanja online. Sering sekali Krediblog menjumpai keluhan terkait barang yang tak kunjung sampai, pembelian cancel tapi tetap dikirim, hingga orderan fiktif. Akulaku memiliki banyak hal yang yang harus dibenahi jika ingin marketplace nya seperti Tokopedia dan kawan-kawan.

Produk Digital

produk digital

Ini adalah fitur favorit Krediblog. Asli, “penyelamat hidup” banget. Pada aplikasi Akulaku klik pada tab “Servis”, nah disinilah menu produk digital untuk kebutuhan harian kamu. Disana ada pulsa, paket data, token listrik, tagihan listrik, BPJS, Air PDAM, voucher game hingga tiket pesawat.

Layanan ini tak ubahnya aplikasi PPOB (Payment Point Online Bank) yang menjual produk digital kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa membayar secara tunai via virtual account BCA, BNI, Mandiri dan BRI. Namun hebatnya di Akulaku adalah kamu bisa membayarnya secara tempo 30 hari. Serius, tagihan listrik Krediblog sebesar Rp 357.000 bayar bulan depan menjadi Rp 365.000 atau kena bunga hanya Rp 8.000.

Layanan produk digital ini sangat membantu Krediblog setiap bulannya. Bahkan beberapa saudara juga kerap nebeng untuk dibayarkan listriknya dulu karena belum ada duit. Memudahkan dan hanya meminta sedikit bunga menjadikan fitur ini sebagai layanan terbaik dari Akulaku.

Offline Merchant

merchant offline akulaku

Selain digunakan sebagai alat bayar belanja online, Akulaku juga bisa digunakan untuk membayar di merchant offline yang mendukung pembayaran dengan QR. Merchant offline yang dipastikan bisa mendukung pembayaran jenis ini adalah Alfamart. Kamu bisa belanja kebutuhan sehari-hari di Alfamart menggunakan Akulaku. Krediblog belum pernah melakukan transaksi jenis ini, berikut panduan cara menggunakan pembayaran QR berdasar keterangan di aplikasi:

  1. Buka menu pembayaran QR Code
  2. Tunjukkan QR Code kepada kasir
  3. Kasir akan melakukan pemindaian kode pembayaran untuk menyelesaikan transaksi
  4. Konfirmasi pembayaran
  5. Transaksi selesai

Apakah aman menggunakan pembayaran dengan QR? Ya aman, karena pembayaran QR Code dibatasi oleh waktu dan setiap kode hanya berlaku untuk satu pembayaran.

Yang harus diperhatikan adalah pada semua produk dan layanan Akulaku, terikat dengan limit atau saldo yang kamu miliki. Itu berarti kamu tidak akan bisa melakukan transaksi apapun jika limit saldo yang kamu miliki kurang dari nominal transaksi yang akan dilakukan.

Pada aplikasi terdapat opsi untuk menaikkan limit kredit yang bisa kamu coba. Namun aturan umumnya, kamu akan mudah mendapatkan kenaikan limit saldo jika Record aktivitas belanja dan pembayaranmu baik. Kamu sering melakukan transaksi dan lancar dalam membayar cicilan yang jatuh tempo.

Catatan Akulaku

Kelebihan:

  • Bisa kredit barang
  • Memiliki merchant online dan offline
  • Bisa beli pulsa, kuota internet, listrik, bpjs secara tempo
  • Bisa pinjam uang tunai
  • Pilihan tenor variatif
  • Pendaftaran mudah
  • Support Andoid dan iOs

Kekurangan:

  • Customer service slow respon
  • Dampak CS tidak responsif, muncul modus penipuan
  • Produk dan layanan sering berubah baik nama maupun fiturnya

Jika digunakan sesuai kadarnya, Akulaku bisa sangat berguna. Namun jika digunakan tanpa kontrol ia bisa menjadi alat penghasil hutang yang berbahaya. Sehebat apapun fitur suatu teknologi, manfaatnya akan selaras dengan bagaimana cara kita menggunakannya. Begitu juga teknologi yang diusung fintek, apakah akan menjadi alat yang mempermudah kebutuhan atau justru menghadirkan masalah baru dalam kehidupan, kamu sebagai penggunalah yang menentukan.

Akulaku FAQ

Apa itu Akulaku?

Akulaku adalah aplikasi belanja online dan penyedia pinjaman online mudah, cepat, dan terpercaya.

Wilayah mana yang dapat dijangkau oleh Akulaku?

Saat ini telah mencakup semua wilayah di seluruh Indonesia, khususnya di Jabodetabek, Bandung, Jawa barat, Jawa tengah, Jawa timur, Medan, Padang, dan Palembang.

Apa itu Limit Kredit?

Limit kredit adalah saldo yang bisa Anda gunakan untuk membeli dengan cara bayar cicilan di Akulaku.

Apakah saya bisa belanja dengan harga melebihi limit kredit?

Bisa. Contoh jika saldo limit kredit kamu Rp 2.000.000, kamu dapat mengajukan cicilan produk sebesar Rp3.000.000 atau lebih. Tetapi sistem akan merubah penghitungan DP secara otomatis, jumlah DP bisa lebih besar.

Bagaimana cara menaikkan limit kredit?

1. Buka halaman “Tagihan” untuk menemukan halaman Tagihan, setelah masuk, kamu bisa selesaikan misi untuk meningkatkan limit kredit.
2. Sistem akan menentukan berdasar riwayat belanja dan pembayaran yang baik.

Dari mana produk di marketplace berasal?

Semua produk yang dijual di marketplace berasal dari penjual resmi yang sudah terdaftar di Indonesia maupun Internasional.

Metode apa saja yang boleh digunakan untuk pembayaran?

Go-Pay, Virtual account: BCA, BNI, Mandiri, BRI, Permata, Danamon, CIMB, Maybank, Indomaret, Alfamart.

APLIKASI FINTECH OJK LAINNYA :

kredit online aplikasi kredivo

Kredivo

Fintech dengan bunga pinjaman paling rendah dari semua perusahaan fintech di Indonesia.

Review Kredivo

logo kredit pintar

Kredit Pintar

Perusahaan fintech lending yang fokus melayani konsumen segmen underbanked & underserved.

logo julo

Julo

Fintech inovatif yang memberikan pinjaman online tanpa jaminan (KTA) kepada masyarakat di Indonesia,

logo lentera dana nusantara

Lentera Dana Nusantara

Perusahaan fintech dengan visi menjembatani kesenjangan keuangan di masyarakat melalui teknologi finansial.