Review Jenius BTPN

Sebelum menulis review Jenius BTPN ini, Krediblog terlebih dahulu mendaftar di Jenius. Terdaftar untuk akun personal dan sudah 2 bulan mempelajari sebagian besar fitur-fitur yang dimiliki. Itu artinya review ini adalah Real dari pengguna Jenius.

Jenius Adalah

apa itu jenius btpn

Apa itu Jenius? Jenius BTPN adalah aplikasi perbankan yang dengannya kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi keuangan. Transaksi yang bisa kamu lakukan melalui Jenius diantaranya menabung, investasi, menerima kiriman dana, melakukan pembayaran, mengajukan pinjaman hingga mengelola keuangan secara umum.

Meski Jenius BPTN bisa memproses dengan baik semua transaksi perbankan, mereka enggan menyebut dirinya sebagai mobile banking. Aplikasi mobile banking adalah perpanjangan tangan dari bank dimana kamu baru bisa menggunakannya setelah memiliki rekening di bank tersebut. Di Jenius, kamu bahkan bisa membuat rekening langsung melalui aplikasi. Jenius juga bukan e-Wallet yang kemampuannya terbatas hanya untuk melakukan pembelian atau pembayaran, melainkan lebih dari itu atau dalam istilah mereka Banking Reinvented. Yaitu sebuah aplikasi yang memiliki fungsi perbankan dengan keluasan akses bagi penggunanya.

Jenius Bank Apa?

jenius btpn bank apa

Seperti tertera pada namanya, Jenius BTPN merupakan produk atau layanan dari Bank BTPN. Jika kamu baru mendengar nama itu, BTPN adalah kepanjangan dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional. Sebuah bank yang dulu dikenal sebagai bank pensiunan para militer. Jangan salah, meski namanya tidak semenggema BCA, BRI atau Mandiri, sejak tahun 2021 lalui BTPN sudah termasuk anggota bank BUKU IV. Yaitu bank dengan modal inti minimal 30 triliun. Itu artinya BTPN adalah salah satu bank besar dari beberapa bank besar yang ada di tanah air.

Sekilas tentang profil BTPN. Pertama kali didirikan di Bandung Jawa Barat dari pemikiran 7 orang pegawai pensiunan militer dengan nama PT Bank Pegawai Pensiunan Militer (Bapemil). Pada 1986 berubah nama menjadi PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Lanjut pada 1993 status bank berubah dari Bank Tabungan menjadi Bank Umum. Dan puncaknya pada 2019 BTPN resmi beroperasi sebagai bank baru hasil penggabungan usaha (merger) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia. Sejak merger inilah BTPN tercatat bertumbuh dengan sangat pesat hingga mampu mencatatakan diri sebagai anggota baru bank BUKU IV.

Kode Bank BTPN Jenius

Kode bank BTPN Jenius adalah 213. Kode tersebut digunakan untuk keperluan transfer maupun isi saldo ke rekening Jenius BTPN. Kode bank tersebut harus kamu masukkan jika kamu mentrasfer misalnya dari BCA, Mandiri, BRI maupun bank lain menuju bank BTPN. Biasanya format yang digunakan adalah kode bank + nomor rekening. Misalnya 21390200123456.

Namun kode bank tersebut hanya diminta jika kamu melakukan transfer melalui ATM sedang jika melalui internet dan mobile banking sudah disertakan nama bank nya.

Jenius BTPN OJK

Apakah Jenius Terdaftar dan Berizin OJK? Bagaimana status legalitasnya?. Jenius BTPN sudah mendapatkan izin layanan perbankan digital dari OJK. Tidak saja Berizin, mereka bahkan tercatat sebagai Bank Digital pertama yang ada di tanah air. Jenius BTPN lahir pada tahun 2016, 4 tahun lebih dulu dibanding Bank Digital lain yang menyusul belakangan.

Selain Berizin resmi dari OJK, sebagai bank umum BTPN secara otomatis merupakan anggota dari LPS. Itu artinya dana yang kamu simpan di Jenius BTPN dijamin oleh LPS selama memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Fitur Jenius

fitur aplikasi jenius btpn

Apa saja kemampuan Jenius BTPN sehingga harus dipilih dibanding aplikasi bank digital lain? Berikut detail fitur yang ada pada aplikasi Jenius BTPN :

  • Bayar tagihan.
    Satu tempat untuk membayar semua tagihan. Kamu bisa membayar kartu kredit, telepon, pulsa, paket data, listrik, air, televisi, internet, transportasi hingga bayar zakat atau sedekah.
  • Jenius Pay.
    Membayar untuk transaksi online di merchant yang bekerjasama.
  • Jenius QR.
    Pembayaran di jutaan merchant QRIS tanpa perlu bersentuhan.
  • Tagih uang.
    Menagih uang ke teman atau banyak orang dengan lebih mudah.
  • Split Bill.
    Membagi tagihan atau bayar secara patungan pada saat transaksi.
  • Kirim uang.
    Kirim uang ke teman atau grup. Sekali kirim maupun berulang sesuai jadwal.
  • Top up e-wallet.
    e-Wallet Center untuk Top up berbagai jenis e-Wallet atau dompet digital.
  • Split Pay.
    Merubah transaksi yang sudah terjadi ke metode cicilan.
  • Moneytory.
    Insights dari buku harian keuangan berisi rincian pemasukan dan pengeluaran.
  • E-statement.
    Histori transaksi bulanan yang bisa di download.
  • Tabungan.
    Beragam jenis tabungan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan tujuan.
  • Flexi Cash.
    Pinjaman uang tunai hingga 200 juta.
  • Jenius Keyboard.
    Keyboard praktis untuk memudahkan transaksi tanpa berpindah aplikasi.

Sebagian besar fitur yang ada mungkin tidak terlalu berbeda dengan aplikasi bank digital lain, tapi Jenius BTPN memiliki fitur ekslusif yang hanya mereka saja yang punya. Itulah kekuatan mereka.

Jenius Personal dan Bisnis

Ada 2 tipe akun di Jenius BTPN, ia adalah Personal dan Bisnis. Tidak ada perbedaan diantara keduanya selain hanya untuk memisahkan antara uang pribadi dengan uang hasil usaha atau bisnis. Dengan pemisahan seperti ini akan lebih mudah mengatur keuangan perusahaan sehingga tidak tercampur penggunaannya dengan kebutuhan pribadi.

Untuk membuat akun Bisnis terlebih dahulu harus mendaftar akun Personal untuk kemudian mengaktifkannya. Itu artinya setiap yang memiliki akun Bisnis sudah pasti memiliki akun Personal, namun yang Personal belum tentu mengaktifkan akun Bisnis nya.

Download Aplikasi Jenius

Jenius BTPN tersedia untuk platform Android maupun iOS. Rating di Google Play Store pada saat artikel ini ditulis adalah 4.0 dari 166.731 Rater. Bukan rating yang buruk tetapi tidak juga istimewa. Rating buruk datang dari pengguna yang kecewa, kebanyakan karena hal-hal yang bersifat teknis seperti tidak menerima email konfirmasi, gagal login, akun terkunci hingga gangguan koneksi pada saat transaksi. Sedang yang memberikan bintang lima datang dari pengguna yang merasakan fitur yang disediakan sangat membantu. Di App Store nasib Jenius sedikit lebih baik. Mendapatkan rating 4,3 dengan sebagian besar pengguna puas dengan fitur dan pelayanan yang ada.

Jenius Apk
download aplikasi jenius android

Jika kamu pengguna Android, kamu bisa mendownload aplikasi Jenius melalui Google Play Store atau dari link berikut : Download Android.

Size61 MB
Requires Android5.0 dan yang lebih tinggi
DeveloperBTPN
PermissionsKamera, Kontak, Lokasi, Mikrofon, Ponsel, Penyimpanan
Jenius iOS
download aplikasi jenius ios

Untuk pengguna iOS, kamu bisa mendownloadnya langsung dari App Store atau menggunakan link berikut : Download iOS.

Size118.1 MB
Requires iOSiOS 11.0 or later
DeveloperPT Bank BTPN Tbk.
Data UsedLocation, Contacts, Identifiers, Contact Info, User Content

Kelebihan Jenius

Sebagai pelopor bank digital sudah barang tentu mereka memiliki banyak sekali pengalaman. Jam terbang mereka sudah teruji dengan beragam inovasi yang sudah berulang kali diciptakan maupun kekeliruan yang pernah diperbuat. Lazimnya manusia dewasa, Jenius BTPN terlihat matang.

Kelebihan Jenius BTPN :

  • Pendaftaran bisa online dan offline
  • Fitur aplikasi sangat lengkap
  • Customer Service responsif
  • Metode pengamanan berlapis
  • Manajemen yang berpengalaman

Kekurangan Jenius

Kekurangan Jenius lebih banyak bersifat teknis yaitu hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi dan turunannya.

Kekurangan Jenius BTPN :

  • Aplikasi agak berat (tidak Smooth)
  • Akun rawan terkunci
  • Promosi yang masih jarang

Catatan Krediblog

catatan krediblog tentang jenius btpn

Jenius BTPN adalah pelopor bank digital di tanah air. Jika riuh digitalisasi bank mulai ramai 2 tahun belakangan, Jenius sudah memulainya lebih dulu. Apakah itu berarti manajemen BTPN sangat revolusioner? Bisa jadi. Namun sedari awal Jenius BTPN tidak diniatkan sebagai bank digital, melainkan untuk mempermudah aktivitas perbankan. Dan jika setelah 5 tahun berjalan mereka masih ada bahkan jumlah penggunanya kian bertambah, itu menunjukkan apa yang mereka lakukan sangat efektif.

Jenius BTPN menetapkan langkah berbeda dibanding bank lain yang sedari awal dibangun untuk menjadi digital. Metode promosinya cenderung tenang dengan lebih menonjolkan fitur kemudahan transaksi alih-alih keuntungan finansial. Tentu saja kamu juga bisa menabung di Jenius dan mendapatkan keuntungan, tetapi itu tidak dijadikan fitur jualan. Mereka fokus memberikan pengalaman baru di dunia perbankan. Sementara bank digital yang lahir belakangan kebanyakan (meski tidak semua) sangat Money oriented yaitu mengiming-imingi calon nasabahnya dengan keuntungan materi berlipat. Meski itu tidak salah, jelas berbeda yang menjual fitur dengan yang mengandalkan Gimmick.

Saking tenangnya Jenius, Krediblog mengenal mereka bukan dari promosinya melainkan dari tempat lain. Saat hendak membayar di Tokopedia tidak sengaja melihat Jenius Pay di Daftar Pembayaran yang tersedia. Dari situ penggalian informasi dimulai. 5 tahun berdiri dan baru tahu, itupun di tempat orang. Jenius BTPN tipikal aplikasi yang akan kamu temukan saat kamu membutuhkan. Berbeda jauh dari bank digital lain yang jor-joran dalam promosi dan membuatmu penasaran untuk menginstalnya.

Haruskan mendaftar Jenius BTPN? jawabannya ya dan tidak. Ya, jika fitur-fitur yang dimiliki sesuai atau akan membantu kebutuhanmu. Dan tidak jika Jenius BTPN hanya akan menjadi aplikasi bank digital berikutnya yang kamu instal. Untuk siapa Jenius BTPN? untuk kamu yang membutuhkan aplikasi keuangan yang aman untuk menabung, terhubung dengan banyak ekosistem sehingga bisa melakukan banyak hal sekaligus yang memiliki fungsi pengatur keuangan. Jenius BTPN sepertinya memiliki misi rahasia untuk membuat nasabah merasa jenius saat menggunakannya.

Lanjut Cara Daftar

FAQ Jenius BTPN

Apakah ada biaya admin di Jenius?

Ada. Mereka menyebutnya Feesible dengan besaran Rp 10.000 per bulan. Itu adalah biaya berlangganan untuk penggunaan semua fitur di Jenius.

Apakah ada limit untuk penarikan tunai?

Untuk penarikan tunai dibatasi maksimal 15 juta dalam sehari.

Jenius itu Mobile Banking atau e-Wallet?

Mobile banking mengharuskan ke bank untuk membuatnya, sedang e-wallet hanya bisa untuk transaksi pembayaran. Jenius lebih dari 2 hal tersebut.

Apakah harus memiliki rekening di BTPN?

Tidak. Kamu bisa mendaftar baik sudah memiliki rekening maupun belum.

Apakah harus memiliki NPWP?

Tidak harus karena kamu bisa menggunakan NPWP milik orang tua, suami/istri.

Bagaimana cara menutup akun Jenius?

Untuk penutupan akun Jenius, silahkan menghubungi nomor 1500 365.

Review Jenius BTPN
logo aplikasi jenius

Nama: Jenius

Deskripsi: Pelopor aplikasi digital Banking dari Bank BTPN. Menabung, bertransaksi, hingga memulai kehidupan yang lebih baik bisa dilakukan dengan Jenius.

Platform: Android, iOS

Kategori Aplikasi: Keuangan

Nilai
4.6
  • Proses pendaftaran
  • User Interface
  • Fitur
  • Fungsi
  • Customer Support

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram