AdaKami

Sebagai catatan, Krediblog beberapa kali membatalkan niat untuk menulis review AdaKami karena banyak sekali berita miring tentangnya. Jika akhirnya tulisan ini muncul adalah upaya untuk membuktikan sendiri seperti apa sebenarnya mereka. Krediblog beneran mendaftar di AdaKami dan sudah 4x melakukan pinjaman.

Review Adakami

Adakami Adalah

apa itu adakami

AdaKami adalah platform pinjaman uang tunai yang bisa diajukan secara online. Melalui Ada Kami kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 10.000.000 dengan pilihan tenor cicilan hingga 12 bulan. Ada Kami merupakan satu dari sekian banyak aplikasi pinjol yang ada di tanah air. Artinya jika kebetulan kamu sedang mencari aplikasi pinjol, Ada Kami hanya satu nama dari puluhan nama lainnya.

Ada Kami memberikan pinjaman baik untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif. Untuk saat ini mereka hanya menerima pendanaan dari institusi saja atau dari Lender dengan status Super Lender. Salah satu nama yang baru-baru ini diketahui memberikan pendanaan ke mereka adalah Bank Jago. Ada Kami juga menjalin kerjasama dengan mitra digital untuk menyalurkan kreditnya. Salah satu yang sudah resmi terjalin adalah dengan Jd.id dan direncanakan akan ada lebih banyak lagi kolaborasi dengan platform digital lain.

Profil PT Pembiayaan Digital Indonesia

AdaKami dioperasikan oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia yang berkantor di Kuningan Timur Jakarta Selatan. Tak banyak profil yang bisa diceritakan tentang perusahaan ini selain berdiri sejak 2018 dan pemegang saham tertingginya adalah FinVolution yang merupakan pemain lending besar di Tiongkok dengan lebih dari 13 tahun jam terbang.

Alamat kantor AdaKami :
PT Pembiayaan Digital Indonesia
Jl.H.R. Rasuna Sahid Blok X-5 No. 13
Kuningan Timur, Jakarta Selatan

Apakah AdaKami Legal?

adakami legal berizin ojk

Ya, mereka legal dengan status Berizin OJK. Bahkan tidak saja legal, Ada Kami termasuk kelompok Fintech generasi awal yang mendapatkan izin resmi dan menjanlankan bisnis Lending-nya. Dengan kata lain mereka termasuk pemain senior yang lebih dulu menjajaki pasar. Mendapatkan izin resmi pada 2019 tidak lama setelah perusahaannya berdiri. AdaKami terdaftar sebagai perusahaan Fintech Lending di OJK dengan nomor surat KEP -128/D.05/2019.

Seperti perusahaan Fintech lain dengan status Berizin, Ada Kami juga sudah tersertifikasi ISO 27001:2013. Sertifikat tersebut menunjukkan bahwa pengolahan data yang diterapkan sudah memenuhi standar internasional. Atau dalam bahasa lain keamanan data pengguna dijaga dengan baik. AdaKami juga terdaftar sebagai anggota AFPI, yaitu asosiasi penaung yang bertindak sebagai pengawas seluruh penyelenggara Fintech lending di Indonesia.

Produk Pinjaman Adakami

AdaKami membagi produk pinjamannya menjadi 2 tipe, yaitu pinjaman harian dan cicilan. Berikut detailnya:

Pinjaman Harian

Disebut harian karena tenor pembayarannya hanya dalam hitungan hari, yaitu 14, 21 atau 28 hari. Untuk tipe ini plafon pinjaman yang disediakan adalah hingga Rp 3.000.000. Jenis pinjaman inilah yang kebanyakan akan terlebih dahulu pengguna dapatkan saat pertama kali mendaftar sebelum mendapatkan kenaikan limit.

Pinjaman Cicilan

Seperti namanya, kamu bisa membayar secara mencicil di pinjaman jenis ini. Pilihan tenor cicilan yang tersedia 2, 3, 6 dan 12 bulan dengan plafon pinjaman yang bisa didapatkan adalah hingga Rp 10.000.000. Kecuali hasil credit scoring-mu sangat bagus, kamu tidak akan mendapatkan pinjaman jenis ini sampai AdaKami menaikan limitmu setelah histori kreditmu tercatat baik.

Dari sini bisa diketahui untuk plafon pinjaman 10 juta yang dijanjikan tidak bisa langsung kamu dapatkan. Dana yang bisa kamu pinjam pada awal pengajuan adalah sejumlah yang ditetapkan berdasar proses analisis dan credit scoring yang dilakukan. Adapun nominal 10 juta tersebut akan bisa kamu dapatkan dalam bentuk kenaikan limit. Jika histori kreditmu bagus, kamu akan mendapatkan kenaikan limit saldo secara berkala hingga maksimal 10 juta tadi.

Area Layanan dan Syarat Adakami

Layanan Ada Kami menjangkau seluruh provinsi di Indonesia. Dimana saja kamu berada, jika bisa memenuhi syarat yang ditentukan maka bisa mengajukan pinjaman disini. Adapun untuk persyaratannya adalah sebagai berikut.

Syarat dan dan ketentuan meminjam di AdaKami:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Berusia 21 s.d 50 tahun
  3. Memiliki penghasilan tetap
  4. Memiliki eKTP
  5. Mempunya rekening Bank atas nama sendiri
  6. Memiliki ponsel berbasis Android atau iOS

Download Aplikasi Adakami

Salah satu ciri aplikasi yang serius dari sisi ekspansi adalah bisa digunakan di semua platform sitem operasi, dan Ada Kami salah satunya. Baik kamu pengguna iOS maupun Android, sama-sama bisa menginstal aplikasi dan mengajukan pinjaman karena tersedia untuk masing-masing platform.

Jika kamu berniat mendaftar AdaKami melalui jalur referensi, kamu bisa mendaftar dari link berikut :

Link akses : Daftar Express

AdaKami Apk
download adakami android apk

Jika kamu pengguna Android, kamu bisa mendownload aplikasi Ada Kami melalui Google Play Store atau dari link berikut : Download Android.

Size16 MB
Requires Android5.0 and up
DeveloperPT Pembiayaan Digital Indonesia
PermissionsLokasi, Kamera, Mikrofon, Informasi sambungan Wi-Fi
AdaKami iOS
download ada kami ios

Untuk pengguna iOS, kamu bisa mendownloadnya langsung dari App Store atau menggunakan link berikut : Download iOS.

Size59.8 MB
Requires iOS10.0 or later
DeveloperPEMBIAYAAN DIGITAL INDONESIA, PT
Data UsedContact Info, Identifiers, Location

Kelebihan Adakami

AdaKami bisa menjadi pilihan pinjol yang tepat jika kamu membutuhkan aplikasi yang “luwes”. Meski skor kreditmu kecil, kamu masih bisa meminjam disini meski dengan limit saldo minim.

Kelebihan AdaKami :

  • Proses pengajuan online
  • Tanpa agunan atau jaminan
  • Sistem mapan dan teruji
  • Menerima pengguna dengan skor kredit pas-pasan

Kekurangan Adakami

Jika yang kamu butuhkan adalah aplikasi pinjol yang sepenuhnya percaya dengan kemampuanmu membayar, AdaKami bukan tempatnya. Metode Collection yang diterapkan (belakangan ini), membuat penggunanya serasa dikeja-kejar.

Kekurangan AdaKami:

  • Tim DC yang buruk
  • Biaya admin tinggi

Catatan Krediblog

review adakami oleh krediblog

Secara data statistik AdaKami bisa dibilang mentereng. Rating di Google Play Store dan App Store bintang 4 keatas. Sampai November 2021 sudah menyalurkan pinjaman hingga Rp 8 triliun atau masuk ke dalam jajaran pinjol elit dengan penyaluran lebih dari 2 triliun. Per Februari 2021 sudah mencatatkan pengguna terdaftar hingga 5 juta lebih pengguna, jumlah yang besar untuk sebuah aplikasi pinjol murni. Jika ada kabar kurang sedap yang menerpa perusahaan dengan reputasi sebaik itu, sah untuk mempertanyakan beritanya yang Misleading ataukah mereka yang menurun kualitas layanannya?

Selain cara mereka melakukan Collection yang bisa kamu baca pada sub pembahasan, AdaKami adalah aplikasi yang bisa diandalkan untuk kebutuhan pinjaman tunai. Bersama 12 anggota pinjol elit lainnya, Ada Kami menguasai pasar pinjaman uang tunai online di tanah air. Kita bisa sepakat untuk menyebut bahwa Ada Kami pernah sangat baik dulu. Dan harusnya mereka bisa meningkatkan kembali kualitas layanannya jika yang sekarang dirasa banyak dikeluhkan.

Dari 4 kali pengalaman meminjam, Krediblog mendapatkan 3 kali kenaikan limit. Pinjaman pertama sejumlah limit saldo awal Rp 1.400.000 lunas dalam 14 hari. Limit saldo naik menjadi Rp 1.600.000 dan kembali mengajukan pinjaman kedua sebesar Rp 1.400.000 untuk tenor 28 hari. Setelah lunas mendapatkan kenaikan limit lagi menjadi Rp 1.900.000 namun hanya meminjam lagi Rp 1.200.000 untuk tenor 28 hari. Setelah pelunasan untuk pinjaman ketiga ini mendapatkan kenaikan limit yang signifikan. Limit saldo total menjadi Rp Rp 2.900.000 dan muncul tenor cicilan untuk 2 dan 3 bulan. Krediblog kembali mengajukan pinjaman sebesar Rp 1.000.000 dengan tenor 28 hari dan masih berjalan sampai saat tulisan ini ditulis.

Jika kamu bertanya apakah AdaKami bisa dipercaya, Krediblog menyaksikan sendiri mereka bisa. Namun jika kamu bertanya apakah Ada Kami adalah aplikasi pinjol yang bagus (dalam artian nyaman digunakan), itu sulit menjawabnya karena akan tergantung pengalaman yang dialami. Krediblog baik-baik saja dengan AdaKami, tetapi itu tidak langsung menafikan pengalaman buruk yang dialami pengguna lain.

Review ini sifatnya hanya pemaparan data. Kamu bisa menilai dari pengalaman Krediblog tanpa perlu basah menceburkan diri. Jika bisa menahan sisi buruk yang mungkin timbul silahkan mendaftar. Namun jika jalan aman yang ingin kamu tempuh maka tersedia di luaran sana aplikasi pinjol yang tidak saja bagus, tetapi juga diakui nyaman oleh sebagian besar penggunanya.

FAQ Adakami

Apakah AdaKami legal?

Ya. Mereka legal dengan status Berizin OJK.

Berapa lama prosesnya sampai dana cair?

1-2 hari kerja.

Apakah AdaKami bisa dicicil?

Bisa. Terdapat produk pinjaman dengan tenor yang bisa dicicil per bulan.

Apakah harus memiliki rekening Bank?

Ya. Kamu harus memiliki rekening bank atas namamu.

Apakah pengajuan pasti di acc?

Belum tentu karena ada proses analisis dan credit skoring.

Apakah bisa meminjam lebih dari 1 kali?

Bisa jika masih ada limit saldo tersedia.

Lanjut Cara Daftar

Review Adakami
logo aplikasi adakami

Nama: AdaKami

Deskripsi: Pinjaman online tanpa jaminan dengan plafon hingga 10 juta dan pilihan tenor hingga 12 bulan.

Besar pinjaman: 10.000.000

Tenor: 12 bulan

Platform: Android, iOS

Kategori Aplikasi: Keuangan

Nilai
4.2
  • Proses pendaftaran
  • Nominal pinjaman
  • Pilihan tenor
  • Bunga pinjaman
  • Biaya admin
  • Waktu proses

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram