Indodana

Indodana Dana Tunai

Dana Tunai adalah nama layanan pinjaman tunai dari Indodana. Layanan ini khusus untuk pengguna yang membutuhkan uang cash. Melalui pinjol Dana Tunai kamu bisa meminjam hingga Rp 8.000.000 dengan pilihan tenor 1 sampai 6 bulan.

Produk pinjaman tunai ini lebih dulu hadir dibanding layanan kredit. Bahkan inilah layanan utama Indo dana 2 tahun lalu saat masih berstatus Terdaftar di OJK. Layanan kreditnya baru muncul pada tahun ketiga saat mereka sudah mendapatkan izin resminya atau berubah status menjadi Fintech Berizin.

Bisa dibilang, layanan Dana Tunai ini kurang mendapatkan Blow up baik dari media maupun penggunanya sendiri. Terbukti dari belum banyaknya jumlah pengguna dan baru menyalurkan pinjaman yang “hanya” Rp 100.000.000.000 dalam 3 tahun atau kalah jauh dari kompetitor di pasar yang sama. Namun kini namanya mulai banyak dikenal berkat layanan kreditnya. Bahkan Krediblog lebih dulu mengenal Indo dana sebagai penyedia kredit.

Limit Pinjaman Dana tunai

limit indodana dana tunai

Limit saldo Dana Tunai menjadi satu kesatuan dengan limit kredit. Limit total yang kamu dapatkan setelah pendaftaranmu di acc, bisa digunakan baik untuk membeli barang maupun pinjaman tunai. Nantinya limit tersebut akan berkurang sesuai nominal pemakaiannya. Khusus untuk pinjaman tunai, nominalnya sudah dikelompokkan dalam besaran tertentu.

Tabel pinjaman Indo dana Danatunai :

NominalTenor
Rp 1.000.0003 bulan
Rp 2.000.0003 bulan
Rp 3.000.0003 bulan
Rp 4.000.0003 bulan
Rp 5.000.0003 bulan
Rp 6.000.0003, 4, 5, 6 bulan
Rp 7.000.0003, 4, 5, 6 bulan
Rp 8.000.0003, 4, 5, 6 bulan

Format tersebut memang kaku dan sedikit merepotkan. Akan lebih nyaman seandainya pengguna diberi kebebasan untuk menentukan sendiri nominal pinjaman dan tenornya. Jadi pengguna bisa dengan mudah mengajukan pinjaman senilai Rp 2.500.000 dengan tenor 4 bulan misalnya. Jumlah pinjaman dan pilihan tenor tetap dibatasi, namun pengguna lebih fleksibel dalam menentukan pilihannya.

Cara Mendaftar Dana tunai

Jika kamu sudah mendaftar untuk layanan kreditnya, pengajuan DanaTunai tinggal memilih produk pinjamannya saja. Syaratnya adalah tidak sedang memiliki tagihan yang belum dibayar, karena jika masih ada tagihan kamu tidak akan bisa mengajukan pinjaman tunai. Namun jika kamu belum memiliki akun Indo dana sama sekali, kamu bisa mendaftar langsung dari jalur Danatunai.

Tutorial cara mendaftar di Indodana Dana Tunai :

  1. Download aplikasi

    Download aplikasi Indo dana melalui link berikut : unduh.

  2. Daftar nomor Hp

    Buka aplikasinya dan masukkan nomor Hp. Lanjut dengan verifikasi.

  3. Pilih produk pinjaman

    Klik menu Dana Tunai dan tentukan nominal pinjaman yang ingin kamu ajukan dan klik “AJUKAN PINJAMAN” (Screenshot Pilih Dana Tunai).cara daftar indodana dana tunai

  4. Isi data

    Lengkapi semua form yang diminta dan syarat yang diperlukan (Screenshot Isi Data).

  5. Kirim pengajuan

    Jika yakin semua sudah lengkap, klik “AJUKAN” untuk mengirim data (Screenshot Ajukan).

  6. Tunggu verifikasi

    Kamu akan mendapatkan hasil dari pengajuanmu kurang dari 30 menit atau paling lama 1×24 jam hari kerja.

Lama Pencairan Dana Pinjaman

Pengajuanmu akan diproses paling lama 1×24 jam namun bisa juga lebih cepat dari itu. Jika pengajuan pinjamanmu di acc, kamu akan langsung menerima dananya. Tidak ada lagi konfirmasi alias dana akan langsung masuk ke rekeningmu sejumlah yang telah dihitung pada halaman simulasi.

Yang terkadang membuat pengguna kesal adalah ketika pinjaman di acc namun untuk nominal berbeda. Misal pada pengajuan awal kamu memilih pinjaman sebesar Rp 6.000.000 dengan tenor 6 bulan. Namun setelah dilakukan proses Credit Scoring, datamu belum mencukupi untuk produk tersebut. Maka pinjaman yang akan kamu terima adalah nominal yang sudah disesuaikan, yaitu Rp 2.000.000 dengan tenor 3 bulan misalnya. Prosedur tersebut cukup banyak mengejutkan pengguna. Kebanyakan Shock karena dana tiba-tiba masuk dengan status pinjaman aktif, tanpa ada konfirmasi terakhir apakah jadi meminjam atau tidak.

Catatan Dana Tunai

indodana dana tunai krediblog

Selain keamanan seperti lazimnya pinjol berizin, sejauh ini tidak ada keunggulan berarti dari Dana Tunai. Untuk kecepatan, aplikasi pinjol lain juga menyediakan waktu proses yang sama cepatnya. Bahkan untuk plafon pinjaman ada banyak yang menawarkan lebih dari 8 juta. Satu-satunya keunggulan Danatunai adalah ia satu paket dengan layanan kreditnya. Jadi jika kamu sudah memiliki akun, layanan pinjaman tunai ini tinggal klik saja.

Karena biayanya yang tinggi, Krediblog pribadi tidak merekomendasikan Dana Tunai. Jika kamu membutuhkan pinjaman tunai, lebih baik mencari penyedia lain dengan biaya yang lebih murah. Biaya ini bisa jadi menjadi penyebab mengapa Danatunai “sepi” peminat dibanding layanan sejenis. Dan sampai mereka menurunkan besarannya, besar kemungkinan pinjol Dana Tunai akan selalu di Skip oleh para penggunanya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram