Kredivo

Review Kredivo ini ditulis oleh pengguna yang sudah menggunakan aplikasi Kredivo selama 6 tahun. Sudah merasakan pengalaman menyenangkan maupun pahitnya. Pernah sangat dekat dengan Kredivo, pernah juga dicampakkan olehnya. Kemungkinan besarnya, tidak ada tulisan diluaran sana yang akan sekomprehensif ulasan ini.

Review Kredivo

Daftar topik yang disajikan sudah dipilih untuk hanya membahas materi yang penting saja. Namun jika karena keterbatasan waktu kamu tidak bisa membaca dari awal sampai akhir, kamu bebas memilih sub pembahasan mana yang ingin kamu nikmati.

Apa Itu Kredivo?

apa itu kredivo

Kredivo adalah aplikasi keuangan dengan layanan utama kredit online dan pinjaman tunai. Menggunakan Kredivo kamu bisa berbelanja secara cicilan di merchant online dan offline dan meminjam uang tunai yang bisa cair dalam 5 menit.

2 hal yang sangat membedakan Kredivo dengan aplikasi sejenis adalah jumlah merchant yang bekerjasama dan dukungan teknologi. Hampir semua marketplace dan toko online populer di Indonesia sudah bekerjasama dengan Kredivo. Jadi kamu bisa menggunakannya dimana saja. Kredivo juga jauh dari malsistem karena teknologinya terintegrasi dengan sangat baik.

Profil PT FinAccel Finance Indonesia

Kredivo merupakan produk karya FinAccel Pte Ltd, sebuah perusahaan teknologi asal Singapura. FinAccel ini adalah StartUp yang memiliki spesialisasi di bidang credit scoring. Ini menjelaskan mengapa proses credit scoring di Kredivo bisa sangat cepat dengan akurasi yang tinggi.

Di Indonesia Kredivo pertama kali lahir pada pertengahan tahun 2016. Kala itu di bawah naungan PT FinAccel Digital Indonesia. Pada tahun awal kehadirannya Kredivo hanya melayani kredit online, namun seiring waktu layanan dan fiturnya terus bertambah. Pada akhir 2020 untuk alasan fokus pengembangan di area pasar yang berbeda, Kredivo memisahkan layanan kredit dan pinjaman tunai. PT FinAccel Digital Indonesia membuat platform baru bernama KrediFazz khusus untuk pinjaman tunai, dan Kredivo fokus pada multifinance di bawah bendera baru PT FinAccel Finance Indonesia.

Jadi ada 4 entitas dalam keluarga besar Kredivo. FinAccel Pte Ltd sebagai perusahaan induk, PT FinAccel Finance Indonesia adalah Kredivo sendiri, PT FinAccel Digital Indonesia untuk KrediFazz dan satu lagi PT FinAccel Teknologi Indonesia sebagai representasi FinAccel versi Indonesia. Tidak perlu bingung karena pemisahan tersebut hanya untuk kebutuhan manajemen dan regulasi. Yang perlu kamu tahu cukup satu : Kredivo.

Apakah Kredivo Terdaftar di OJK?

Kredivo sudah terdaftar di OJK sejak 20 Maret 2018 saat masih berupa perusahaan Peer to Peer Lending. Sekarang saat sudah resmi menjadi perusahaan pembiayaan, mereka juga sudah memiliki izin resmi dengan nomor izin KEP-205/KM.10/2012.

apakah kredivo terdaftar di ojk
Kredivo Legal atau Ilegal?

Sebagai pinjol Kredivo juga legal karena per tanggal 24 Agustus 2021 melalui KrediFazz mereka resmi bertatus Berizin OJK sebagai Fintech Lending dengan nomor surat KEP-81/D.05/2021.

Apakah Kredivo Aman?

Secara umum Kredivo aman untuk digunakan. Tagline mereka memberi keamanan dan kerahasiaan data setingkat bank dibuktikan dengan standar prosedur yang ketat. Beberapa kebijakan keamanan yang diterapkan diantaranya autentikasi dua langkah, enkripsi, penyimpanan data dan cadangan di tempat aman, perlindungan data dari serangan Cyber hingga kontrol akses internal yang ketat. Namun jangan salah, keamanan selain tugas penyedia layanan juga kewajiban kita sebagai pengguna untuk selalu berhati-hati.

Layanan Kredivo

pilihan layanan

Menggunakan Kredivo, kamu akan bisa mengakses beberapa produk dan layanan berikut :

1. Cicilan atau Kredit Online

Merupakan produk utama dari Kredivo yang memungkinkanmu membeli barang dengan cara mencicil. Kamu bisa membelinya baik secara online di marketplace maupun offline di gerai atau toko favoritmu.

Layanan ini dibahas khusus pada sub topik : Paylater.

2. Pinjaman Tunai

Produk pinjaman dalam bentuk uang untuk penguna yang lebih membutuhkan dana tunai daripada barang. Ini adalah bentuk layanan penyempurna.

Layanan ini juga dibahas khusus pada sub topik : Pinjaman.

3. KrediMall

Kredivo memiliki Mall mereka sendiri yang menyediakan ratusan item untuk dibeli. Dari mulai Handphone, laptop, peralatan rumah tangga hingga kebutuhan fashion. Kelebihan yang ditawarkan KrediMall adalah beragam promo dan diskon yang disiapkan jika mau belanja disini.

4. Flexi Card

Untuk kebutuhan belanja secara offline, Kredivo memberikan akses mudah dengan Flexi Card. Kartu dalam bentuk fisik. Yang harus kamu lakukan hanya menggesek Flexi Card di mesin EDC dan setelah itu sistem pembayaran Kredivo yang akan mengambil alih.

5. Infinite Card

Infinite Card adalah kartu kredit virtual yang bisa kamu gunakan untuk bertransaksi di semua e-commerce dan platform online dalam jaringan MasterCard. Ini adalah perluasan dari layanan utama Kredivo.

Download Aplikasi Kredivo

Untuk bisa menggunakan Kredivo kamu terlebih dahulu harus mendownload dan menginstal aplikasinya. Kredivo tersedia untuk platform Android maupun iOS.

Kredivo Apk
kredivo apk

Jika kamu pengguna Android, kamu bisa mendownload aplikasi Kredivo melalui Google Play Store atau dari link berikut : Download Android.

Size29 MB
Requires Android5.0 dan yang lebih tinggi
DeveloperPT FinAccel Finance Indonesia
PermissionsLokasi, Ponsel, Kamera, ID Perangkat
Kredivo iOS
kredivo ios

Untuk pengguna iOS, kamu bisa mendownload aplikasi Kredivo langsung dari App Store atau menggunakan link berikut : Download iOS.

Size127 MB
Requires iOS11.0 or later
DeveloperFinAccel Pte. Ltd.
Data UsedUsage Data, Financial Info, Contact info, Identifiers, Location, User Content

Limit Kredivo

Kredivo menyiapkan limit saldo maksimum hingga 30 juta. Mereka memiliki sistem pembagian limit saldo yang unik. Limit saldo akan dibagi ke dalam 4 pilihan tenor, diantaranya saldo 30 hari, 3, 6 dan 12 bulan. Pada saat melakukan transaksi limit saldomu akan berkurang sesuai tenor cicilan yang kamu pilih. Misal kamu membeli sepatu dengan cicilan 3 bulan maka limit saldo 3 bulanmu akan berkurang. Begitu juga jika kamu membeli pulsa dan membayarnya bulan depan, maka limit saldo 30 harimu yang akan berkurang. Demikian seterusnya.

limit saldo kredivo

Namun karena menerapkan sistem limit saldo integral, limitmu yang lain akan ikut berkurang dalam jumlah tertentu meski tidak digunakan secara langsung. Tapi yang akan berkurang drastis adalah limit pada tenor yang dipilih.

Limit Awal

Limit awal yang akan pengguna dapatkan akan tergantung hasil analisa dan credit scoring. Pada akun Basic kisarannya antara Rp 500.000 sampai 3.000.000. Sedang pada akun Premium mulai Rp 3.000.000 hingga 10.000.000. Kamu tidak akan langsung mendapatkan limit 30 juta melainkan kenaikannya akan bertahap menyesuaikan reputasi kreditmu selama menggunakan aplikasi.

Cara Melihat Limit

Sisa limit saldo yang masih bisa kamu gunakan akan tertera di Dasbor aplikasi. Jika ingin melihat limit total untuk setiap tenornya kamu bisa mengklik icon tanda seru kecil di pojok kotak limit. Atau jika ingin melihat limit keseluruhan yang kamu dapat dari Kredivo, kamu bisa ke menu Akun dan klik bagian atas pada tombol bertuliskan “Naikkan Limit”. Setelah mengklik tombol tersebut akan tertera seluruh limit saldomu.

Cara Menaikkan Limit

Limit saldo sebesar 30 juta hanya bisa dicapai dengan kenaikan limit. Kredivo menyediakan menu kenaikan limit yang bisa diajukan kapan saja. Tidak semua pengajuan akan disetujui, melainkan akan terlebih dahulu dilakukan pengecekan untuk menyesuaiakan dengan profil keuanganmu.

2 cara terbaik agar limitmu bisa naik adalah dengan rutin melakukan transaksi dan membayar tagihan tepat waktu. Jika 2 hal tersebut rutin kamu lakukan pengajuan kenaikan limitmu akan dengan mudah disetujui terlebih jika kamu bisa menunjukkan bukti kenaikan penghasilan.

Kelebihan Kredivo

Rating yang tinggi di Play Store maupun App Store menunjukkan aplikasi Kredivo berfungsi dengan baik. Teknologinya berjalan lancar dan layanannya tersampaikan. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, akan lebih banyak lagi pengguna yang menggunakan layanannya.

Kelebihan Kredivo diantaranya :

  • Layanan mutifungsi, bisa kredit dan pinjam tunai
  • Sistem pendaftaran dan credit scoring cepat
  • Jumlah merchant yang bekerjasama sangat banyak (ribuan)
  • Teknologi pendukung handal
  • Bisa digunakan online dan offline
  • CS responsif

Kekurangan atau Kerugian Menggunakan Kredivo

Tidak ada produk atau layanan yang tanpa cela, termasuk Kredivo. Akan selalu ada pengguna yang tidak puas atau sekurangnya gagal menggunakan fungsinya.

Kekurangan Kredivo dan kerugian menggunakannya :

  • Menjadi lebih konsumtif
  • Resiko tagihan menumpuk
  • Pemblokiran akun secara sepihak

Catatan Krediblog

catatan oleh krediblog

Ada banyak yang Krediblog alami selama kurang lebih 6 tahun menggunakan Kredivo. Inilah aplikasi pertama yang membantu Krediblog membeli barang secara kredit. Waktu itu yang dibeli adalah Redmi Note 4. Tidak saja senang karena hal tersebut bisa terjadi juga karena untuk melakukannya sangat mudah. Kagum sekaligus heran memikirkan, “Kok ada aplikasi sepintar ini”.

Tapi tidak semua pengalaman menyenangkan. Yang terasa paling menyebalkan adalah sistem pemblokiran akun yang diberlakukan. Sepihak, otoriter dan tidak ada tinjauan ulang untuk pengguna yang tidak bersalah membela diri. Kamu akan dengan mudah menyukai Kredivo. Namun caranya memperlakukanmu (memblokir akun) akan segera membuatmu membencinya ratusan kali.

Jika kamu ingin menggunakan layanan kredit atau cicilan, Kredivo nama pertama dalam daftar rekomendasi. Semua hal baik yang kamu harapkan dari sebuah aplikasi kredit, ada padanya. Pendaftaran cepat, proses kredit mudah, merchant banyak, limit besar, bunga murah hingga Customer Service yang siap membantu. Ada banyak aplikasi serupa diluaran sana. Tapi jika berbicara kualitas level Kredivo itu premium.

Kredivo adalah contoh nyata bahwa teknologi bisa sangat membantu. Teknologi dalam bidang keuangan (Fintech) bisa membuat proses pendaftaran yang mengharuskan setumpuk kertas selesai dalam beberapa kali klik. Yang ribet bisa disederhanakan dan yang memakan waktu selesai dalam hitungan menit. Tidak dipungkiri, Kita semua menyukai kemudahan itu dan Kredivo yang menghadirkannya ke hadapan kita.

Lanjut Cara Daftar

FAQ Kredivo

Bank apa saja yg bekerja sama dengan Kredivo?

Kredivo tercatat bekerjasama dengan Bank Permata, DBS, Sampoerna hingga BNI.

Apakah Kredivo bisa dipakai di toko emas?

Untuk saat ini transaksi Kredivo tidak berlaku untuk produk emas.

Apakah Kredivo bisa top up GoPay?

Kredivo tidak bisa digunakan untuk top up di e Wallet.

Apakah Kredivo bisa belanja di Alfamart?

Bisa. Alfamart salah satu merchant offline yang bekerjasama.

Apakah 1 HP bisa 2 akun Kredivo?

Tidak. 1 Hp hanya bisa untuk 1 akun.

Review Kredivo
logo kredivo

Nama: Kredivo

Deskripsi: Aplikasi teknologi finansial dengan layanan utama kredit online dan pinjaman dana tunai

Besar pinjaman: 30.000.000

Tenor: 12 bulan

Platform: Android, iOS

Kategori Aplikasi: Keuangan

Nilai
4.7
  • Proses pendaftaran
  • Nominal pinjaman
  • Pilihan tenor
  • Bunga pinjaman
  • Biaya admin
  • Waktu proses

Summary

Kredivo adalah contoh nyata bahwa teknologi bisa sangat berguna di bidang keuangan. Dengan sistem yang dimilikinya, Kredivo memungkinkan proses pembelian secara kredit semudah membayar tunai. Itu belum berbicara proses pengajuan dana tunai yang bisa cair dalam hitungan menit. Kredivo berhasil  menghilangkan 2 hal yang paling menyebalkan dari sebuah proses pinjaman. Yaitu syarat yang tidak praktis dan proses yang bertele-tele. Ketika keduanya tak lagi ada proses jadi secepat menekan 3 kali tap pada layar Smartphone. Teknologi keuangan berkembang sangat pesat belakangan ini. Dan salah satu yang berpartisipasi aktif di dalamnya adalah Kredivo.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram