Pinjaman Modal Nikah di Bank BRI. Solusi Dana Mentok

Menikah merupakan salah satu hal yang ingin dicapai setiap manusia bersama dengan orang yang dicintainya. Banyak yang menginginkan pernikahan sebagai suatu momen yang memorable untuk diri sendiri dan keluarganya. Namun, pernikahan juga membutuhkan banyak biaya untuk mewujudkan impian tersebut. Bagi kamu yang ingin menikah tetapi terkendala dengan modal yang banyak, kamu bisa menggunakan pinjaman modal nikah di Bank BRI.

Pinjaman Modal Nikah Sebagai Layanan Perbankan Bagi Nasabah BRI

Pinjaman modal nikah melalui Bank BRI merupakan sebuah program yang dicanangkan oleh Bank BRI untuk membantu masyarakat agar bisa melaksanakan pernikahan di waktu dekat dengan mudah. Program khusus ini mirip dengan KUR BRI yang merupakan pinjaman untuk modal usaha (baca: tabel angsuran KUR BRI). Untuk program nikah, kamu dapat meminjam sesuai dengan dana yang dibutuhkan oleh Kamu beserta pasangan untuk melancarkan resepsi pernikahan yang kamu idamkan.

Kamu dapat mengajukan pinjaman ini ke Bank BRI tanpa persyaratan yang sangat rumit dan banyak. Kamu juga tidak perlu membawa berbagai aset fisik yang kamu miliki, seperti BPKB mobil, BPKB motor, ataupun sertifikat rumah dan tanah apalagi gadai buku nikah di Bank BRI.

Kamu hanya perlu membawa surat keterangan (SK) bahwa kamu bekerja dan diangkat sebagai pegawai. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi bingung dalam mempersiapkan persyaratan yang diminta oleh pihak Bank BRI.

Tahapan Pengajuan Pinjaman Modal Nikah Bank BRI

tahapan pinjaman modal nikah di bank bri

Sebelum melakukan pengajuan pinjaman, penting untuk memahami tahapan dalam pengajuan pinjaman dan syarat-syaratnya. Langkah dan persyaratan melakukan pinjaman modal nikah di Bank BRI yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Mempersiapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Beberapa dokumen yang harus dibawa oleh kamu Ketika akan mengajukan pinjaman untuk modal nikah selain SK, ialah sebagai berikut:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • NPWP
  • Slip gaji terbaru
  • Pas foto terbaru
  • Fotokopi buku tabungan BRI
  • Surat rekomendasi dari atasan
  • SK asli Pensiun (bagi yang telah pensiun)

2. Mengetahui Kebutuhan Dana

Kamu harus merencanakan terlebih dahulu berapa dana yang kamu ingin pergunakan, dana yang kamu miliki, dan dana yang ingin kamu pinjam di bank. Sehingga kamu bisa mengajukan dana pinjaman modal nikah di Bank BRI dengan tepat guna dan tidak terlalu memberatkan.

3. Kunjungi Cabang Bank BRI Terdekat

Persyaratan yang telah disiapkan langsung kamu bawa ke cabang Bank BRI terdekat untuk segera di proses. Kamu hanya perlu mengunjungi customer service dan mengutarakan tujuanmu untuk melakukan peminjaman modal nikah.

CS akan mengecek berkas yang kamu bawa beserta kelengkapannya, sehingga tidak ada yang kurang ataupun tertinggal. Setelah lengkap, kamu hanya tinggal menunggu aplikasi peminjaman modal disetujui oleh pihak bank.

4. Survei

Pihak Bank BRI akan melakukan survei dan verifikasi data yang telah kamu lampirkan. Tujuannya agar tidak ada pemalsuan dan penyalahgunaan data. Pihak bank akan memverifikasi dan melakukan survei ke kediaman atau kantor tempatmu bekerja.

5. Penyetujuan Pinjaman Dana

Selesai survei, pihak bank akan segera menghubungimu apabila tidak ada masalah dan semua berkas selesai diverifikasi. Kamu akan dikabari terkait dengan waktu cairnya dana yang ingin kamu pinjam.

Tips Memilih Pinjaman untuk Modal Menikah

tips memilih pinjaman untuk modal nikah

Saat ini, banyak orang yang berpikiran bahwa melakukan pinjaman untuk modal nikah di Bank BRI merupakan hal yang kurang baik untuk dilakukan. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah, seperti berbagai kebutuhan yang lain, salah satunya ialah biaya renovasi rumah ataupun biaya untuk berobat.

Sehingga ketika waktu pernikahan sudah ditentukan dan banyak biaya yang keluar ataupun kekurangan biaya, maka melakukan pinjaman ke bank merupakan salah satu solusinya. Jadi ini sebagai bentuk upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Beberapa tips yang dapat kamu perhatikan saat melakukan pinjaman agar memudahkan dirimu:

Memilih jangka waktu yang tepat

Kamu dapat menentukan tenor atau masa pinjaman sesuai kemampuan yang kamu miliki. Hindari melakukan pinjaman dengan jangka waktu lama sehingga memberatkan kamu dalam melunasinya. Selain itu, kamu juga tetap harus memperhatikan kemampuan diri sendiri dalam membayar. Sehingga tenor yang disarankan tidak terlalu cepat ataupun terlalu lama. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan CS apabila kesulitan menentukan tenor yang tepat.

Melakukan perbandingan pinjaman

Kamu dapat meminta tolong kepada CS agar dibuatkan simulasi tenor dari satu sampai lima tahun agar kamu dapat mengetahui gambaran seberapa besar yang harus dibayarkan ke bank setiap bulannya.

Jangan melakukan gali lubang tutup lubang

Kamu sebaiknya memperhatikan dan tidak melakukan gali lubang tutup lubang , karena dengan kamu melakukan tersebut, kamu hanya akan melunasi pinjaman modal nikah di Bank BRI tetapi membuat lubang lain yang tetap harus dilunasi.

Komunikasi Bersama dengan Pasangan

Kamu sebaiknya melakukan komunikasi dengan pasangan sebelum melakukan pinjaman. Karena dengan melakukan langkah tersebut, kamu dan pasangan dapat menentukan dengan lebih baik terkait dengan peminjaman yang akan dilakukan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait dengan pinjaman modal nikah di Bank BRI. Sehingga kamu dapat merencanakan pernikahan dengan lebih baik.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar