Pinjaman FIF Tanpa Jaminan. Bisa Pinjam Uang Disini

Pinjaman FIF tanpa jaminan – Kamu mungkin sudah mengenal perusahaan FIF grup, namun kebanyakan orang pasti banyak yang mengira bahwa perusahaan yang satu ini merupakan perusahaan multifinance yang melakukan pinjaman atau pembiayaan pada pembelian kendaraan bermotor saja. Namun tahukah kamu bahwa ternyata pinjaman FIF tanpa jaminan bisa kamu lakukan loh karena perusahaan FIF pinjaman uang bisa dilakukan.

Pinjaman FIF tanpa agunan sering dicari karena pada keadaan mendesak jika kamu tidak memiliki barang berharga yang akan digunakan sebagai jaminan atau agunan, kamu tetap bisa mengajukan pinjaman. Namun hal ini tentunya kamu harus menuruti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat dan Ketentuan Pinjaman FIF Tanpa Jaminan

syarat ketentuan pinjaman fif tanpa jaminan

Walaupun terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku tetap saja pinjaman FIF tanpa jaminan ini menguntungkan sekali untukmu. Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang diberlakukan :

Syarat dokumen yang perlu dilengkapi

Karena kamu akan melakukan pinjaman FIF tanpa jaminan maka dokumen yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan tidak merepotkanmu. Dokumen yang perlu kamu bawa hanyalah KTP dan KK saja sebagai data informasi debitur apakah seorang WNI, dan sudah memasuki usia 21 tahun atau belum. Karena syarat untuk mengajukan pinjaman adalah seorang WNI dan berusia 21 tahun, jadi walaupun kamu akan mengajukan pinjaman FIF tanpa jaminan kamu tetap harus memenuhi syarat tersebut dan tidak ada dokumen lain yang akan diperlukan.

Jumlah pinjaman yang kamu ajukan

Syarat selanjutnya yaitu kamu juga perlu mengetahui batasan jumlah pinjaman yang bisa kamu ajukan jika akan meminjam tanpa jaminan. Karena ketentuan ini sudah ditentukan oleh perusahaan FIF itu sendiri jadi kamu harus mematuhinya jika berniat akan meminjam kredit yang satu ini. Jumlah pinjaman yang bisa kamu ajukan hanya berkisar dari 3 juta sampai 5 juta saja.

Hal tersebut karena pihak perusahaan tidak ingin memiliki resiko yang tinggi namun tetap bisa memuaskan nasabah dengan adanya layanan ini. Karena lembaga non pemerintah memang lebih banyak diminati kebanyakan orang, oleh karena itu FIF termasuk perusahaan yang berusaha memiliki layanan terbaik untuk para nasabahnya. Selain alasan tersebut, nasabah juga bisa melakukan cicilan yang ringan jika mengajukan pinjaman yang tidak terlalu banyak.

Lama waktu kamu meminjam

Pinjaman FIF tanpa jaminan juga mensyaratkan lama waktu pinjaman yang bisa kamu ajukan yaitu hanya bisa dilakukan selama 1 sampai 3 bulan saja. Hal tersebut karena pinjaman yang diajukan juga dalam jumlah yang sedikit sehingga pengangsurannya dilakukan dalam waktu maksimal 3 bulan saja. Lalu selama pengangsuran tersebut debitur harus membayar tepat waktu dengan bunga yang telah disepakati.

Karena jika tidak tepat waktu, maka terdapat denda atau penalti yang harus dibayarkan sesuai dengan keterlambatan yang telah dilakukan. Jadi sangat disayangkan sekali jika kamu telat dalam pembayaran cicilan karena ditakutkan cukup besar denda yang diberikan sehingga kamu bisa mengalami rugi. Jangan sampai pinjaman yang sangat membantu kamu ini justru membuat kamu rugi karena denda yang harus kamu bayarkan.

Bunga pinjaman yang ditentukan

Nah selanjutnya jumlah bunga yang perlu kamu ketahui yaitu sebesar 1% untuk per harinya. Jadi jika kamu menyetujui untuk membayar selama 1 bulan maka artinya bunga yang harus kamu bayarkan sebesar 30%. Mungkin terlihat sangat besar, namun kelebihannya kamu sangat dimudahkan dengan adanya pinjaman yang tanpa jaminan ini dan prosesnya juga sangat cepat.

Jadi contohnya jika kamu meminjam uang sebesar Rp 4.000.000 maka bunga yang akan kamu bayarkan sebesar 30% x 4.000.000 = 1.200.000. Perhitungan ini berlaku untuk menghitung bunga pada semua jumlah uang yang dipinjam. Jadi jika benar-benar terdesak dan kamu membutuhkan pinjaman ini maka kamu perlu menghitung baik-baik jumlah bunga dan uang yang akan kamu pinjam.

Karena jika kamu salah memperhitungkannya justru bunga yang kamu pinjam menjadi lebih besar dibanding uang yang telah kamu pinjam. Dan disarankan juga jangan sampai mengalami keterlambatan dalam pembayaran cicilan seperti yang disebutkan tadi. Karena denda yang harus kamu bayarkan senilai 1% juga sesuai bunga yang ditentukan.

Keunggulan dan Kekurangan Pinjaman Tanpa Jaminan di FIF

kelebihan kekurangan pinjaman fif tanpa jaminan

Berdasarkan penjelasan di atas kamu juga bisa menyimpulkan bahwa pinjaman di FIF ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

Keunggulan

  • Tidak memerlukan jaminan.
    Seperti yang diketahui keunggulan utama dari produk kredit yang satu ini adalah tidak adanya jaminan yang diperlukan. Kalau kamu tidak mempunyai barang apapun untuk diagunkan tidak perlu bingung mencari kesana kemari jaminan apa yang harus diberikan ke pihak perusahaan.
  • Proses cepat.
    Keunggulan selanjutnya adalah proses pencairan dan peminjaman yang diajukan sangatlah cepat. Hal tersebut Bisa dilihat dari jumlah dokumen yang disyaratkan, karena hanya dibutuhkan KTP dan KK saja sehingga tidak diperlukan pengecekan dokumen lainnya.

Kekurangan Pinjaman FIF Tanpa Jaminan

  • Pinjaman yang diajukan terbatas.
    Namun kekurangan yang dimiliki pinjaman FIF tanpa jaminan adalah jumlah dana pinjaman yang kamu ajukan sangatlah terbatas. Kamu tidak bisa mengajukan jumlah pinjam hingga puluhan juta rupiah. Jadi kamu tidak bebas menentukan jumlah yang kamu inginkan karena maksimal dana yang bisa dipinjamkan adalah sebesar 5 juta saja.
  • Bunga yang ditawarkan cukup besar.
    Kekurangan lainnya yang sangat dipertimbangkan adalah pada bunga yang ditawarkan. Karena bunga yang cukup tinggi hal ini yang membuat terkadang seseorang cukup ragu untuk mengajukan pinjaman ini.

Alternatif Pinjaman Dana Tunai FIF Tanpa Jaminan

alternatif pinjaman fif tanpa jaminan

Mungkin pinjaman FIF adalah pilihan yang ideal di masa-masa dulu, tetapi tidak sekarang. Terlebih dengan penetrasi teknologi di bidang keuangan lewat lahirnya perusahaan Fintech Lending. Karena apa yang ditawarkan para Fintech ini melalui layanan pinjaman online mengungguli pinjaman FIF di hampir semua aspeknya. Mereka memberikan plafon pinjaman lebih dari 5 juta, bunga pinjaman maksimal 6% per bulan, pengajuan 100% online dan pencairan dana yang instan.

Satu-satunya pilihan yang bisa FIF tempuh agar tidak kehilangan pangsa pasar adalah dengan juga melibatkan teknologi dalam layanannya. Karena semua orang menyukai layanan yang mudah dan praktis. Sampai saat tulisan ini ditulis, Krediblog tidak menemukan aplikasi FIF untuk pinjaman online. Yang ada adalah FIF untuk kredit online. Namun jika kamu butuh pinjaman alternatif pengganti FIF, nama-nama berikut bisa kamu coba :

JULO

Nama JULO terus menjadi rekomendasi karena ia bisa diandalkan. Melalui pinjaman online JULO kamu bisa meminjam hingga 15 juta dengan bunga 6% per bulan. Krediblog sudah pernah menulis review lengkapnya termasuk cara daftar Julo.

Kredivo

Kredivo bahkan menawarkan bunga pinjaman hanya 2,6% per bulan. Tapi sayangnya plafon yang disediakan terbatas karena hanya sejumlah limit saldo 6 bulan yaitu masih dibawah 10 juta.

Shopee Pinjam

Shopee juga menawarkan layanan pinjaman tunai yang menarik. Bunganya mulai dari 1,95% per bulan. Namun untuk pengguna baru bunga dimulai dari 5%. Kamu bisa lihat step by step tutorialnya di cara pinjam uang di Shopee.

Pinjaman FIF tanpa jaminan tidak sepenuhnya kalah telak memang. Mereka masih memiliki keunggulan di kepercayaan karena pengguna sudah mengenal FIF sebagai perusahaan multifinance yang bagus track record-nya. Namun jika mudah dan praktis menjadi prioritas, ketiga aplikasi pinjaman diatas bisa kamu coba.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar