Bayar Cicilan Kredivo Lebih Awal. Benarkah Beresiko?

Bayar cicilan Kredivo lebih awal atau lebih cepat dari tanggal jatuh tempo, dicurigai menjadi penyebab dari beberapa kejadian tidak biasa seperti tidak bisa lagi melakukan pinjaman, limit saldo tidak bisa lagi digunakan hingga akun yang tiba-tiba ditangguhkan. Pada tulisan akun Kredivo terblokir sementara sudah disebutkan beberapa sebab mengapa sebuah akun bisa diblokir, dan pembayaran lebih cepat bukan salah satunya. Lalu mengapa banyak pengguna yang meyakini sebab penangguhan akun mereka adalah karena pelunasan yang lebih cepat?

Bayar Kredivo Lebih Cepat Tidak Masalah

Berbeda dengan keyakinan pengguna lain, Krediblog salah satu yang berpendapat bahwa bayar cicilan Kredivo lebih awal tidak menimbulkan efek negatif. Meski mereka yang meyakini adalah para pengguna yang mengalaminya langsung, jangan lupakan bahwa Krediblog pun mengalami (sama-sama pengguna Kredivo). Pengalaman satu pihak baru 50% benar jika ada pengalaman berbeda dari pihak lain.

Krediblog terdaftar di Kredivo sejak tahun 2017 saat pendaftaran masih menggunakan verifikasi via telpon. Jika ada pengguna yang memperhatikan sangat banyak “kebiasaan” Kredivo, mungkin Krediblog salah satunya. Menjadi saksi lahirnya banyak hal baru seperti verifikasi instan, update aplikasi yang tidak lagi bisa di screenshot, pemisahan Basic dan Premium, belanja 100% gratis dengan diskon referal, layanan baru pinjaman tunai hingga hadirnya Kartu Kredivo (sekarang Flexi Card). Satu lagi, Krediblog adalah saksi hidup yang menyaksikan sendiri aplikasi Kredivo pernah meminta akses ke Kontak pengguna (sekarang tidak lagi karena sudah dilarang OJK).

4 Alasan Bayar Cicilan Kredivo Lebih Awal Itu Bagus

Berangkat dari itu Krediblog memiliki sejumlah analisa yang memperkuat pendapat bahwa bayar cicilan Kredivo lebih awal tidak masalah bahkan malah bagus. Berikut diantaranya :

Tidak Logis

Membayar lebih cepat kemudian mendapat hukuman adalah skema yang tidak logis. Itu tidak bisa diterapkan pada aplikasi atau sistem manapun. Andaipun dilakukan harus dengan perjanjian yang diketahui bersama oleh pengguna dan penyedia layanan.

Menyalahi Sistem Skor Kredit

Setiap pengguna dinilai reputasinya melalui skor kredit Kredivo. Yang rutin melakukan transaksi dengan pembayaran yang baik maka akan mendapatkan kenaikan limit kredit hingga maksimal 30 juta. Ini sistem baku yang dibangun Kredivo untuk menilai kualitas para penggunanya. Jika membayar cicilan lebih awal malah kena blokir jelas itu bertentangan dengan sistem mereka sendiri.

Kredivo Pro Bayar Lebih Cepat

bayar cicilan kredivo lebih awal dapat hadiah

Tahukah kamu hingga tahun 2022 ini Kredivo sudah melakukan 5 kali undian atau bagi-bagi hadiah kepada penggunanya? Berikut ini detailnya :

  • 7 Juli 2017 dengan hadiah terbaik Samsung S8
  • 9 Februari 2018 dengan hadiah terbaik Samsung Galaxy S8+
  • 12 Juni 2019 dengan hadiah terbaik Samsung S10 128 GB
  • 8 Juni 2020 dengan hadiah terbaik iPhone 11 Pro Max
  • 18 Mei 2021 dengan total hadiah 150 juta

Kelima undian diatas aturannya sama : yaitu bayar tagihan Kredivo bulan ini dan bulan depannya atau bayar lebih cepat 1 bulan. Tidak ada perusahaan seloyal Kredivo yang memberikan apresiasi kepada pengguna setiap tahunnya. Dan seperti yang kamu lihat, mereka sangat Pro terhadap konsep bayar cicilan Kredivo lebih awal.

Konfirmasi dari Pihak Terkait

Jika kamu masih bersikeras ketiga argumen diatas masih belum kuat, oke sekarang saatnya kita bertanya langsung dengan pihak yang bersangkutan. Perhatikan screenshot berikut!

pelunasan cicilan kredivo lebih awal akun aman

Itu adalah Chat konfirmasi dari pihak Kredivo bahwa mereka tidak menilai buruk pengguna yang membayar cicilannya lebih awal. Chat dilakukan sebanyak dua kali dengan CS yang berbeda. Dan keduanya menjawab dengan jawaban yang sama.

Pengalaman Pribadi

Krediblog sudah menggunakan Kredivo sebanyak 3 akun. Pada ketiga akun tersebut sering sekali melakukan pembayaran diawal. Dan tidak pernah sekalipun mendapatkan efek negatif karena melakukannya. Error dan pembatasan tentu saja pernah tetapi penyebabnya bukan karena bayar cicilan Kredivo lebih awal tersebut.

Mengapa Kredivo Harus Tidak Suka?

bunga kredivo bukan floating rate

Mengapa bayar cicilan Kredivo lebih awal kerap dicurigai sebagai sebab akun terblokir? Karena biasanya penaguhan dan pemblokiran terjadi tidak lama setelah pengguna melakukan pembayaran. Meski kelima alasan diatas sudah sangat jelas membantahnya, kecurigaan terhadap pembayaran lebih awal tetap tidak terelakkan. Penyebab sebenarnya adalah hal lain (seringnya bersifat teknis), namun karena kita tidak bisa mengidentifikasikannya maka yang terdekat yang akan menjadi kambing hitam.

Mengapa Kredivo harus tidak suka kepada pelunasan yang lebih cepat? bunga yang diterapkan adalah Flat, artinya kamu bayar sekarang atau nanti saat jatuh tempo keuntungan yang didapat tetap sama. Justru membayar cepat lebih menguntungkan karena laba lebih cepat masuk ke kas perusahaan. Membayar awal menjadi sebuah kerugian pada transaksi kredit yang menerapkan bunga mengambang (Floating Rate). Dimana penyedia kehilangan potensi untung lebih besar dimasa depan saat BI Rate naik jika pengguna melunasinya lebih awal. Ini biasanya diterapkan pada kredit KPR.

Satu jam sebelum menulis ini, Krediblog baru saja melakukan pelunasan lebih awal cicilan Hp yang masih 3 bulan. Limit saldo kembali dan ya, akun baik-baik saja. Namun sekuat apapun Krediblog meyakini fakta ini, Krediblog tetap bukan bagian dari Kredivo yang tahu pasti apa yang sebenarnya terjadi. Meski begitu berpegang pada data dan pengalaman, itu argumen logis untuk diyakini.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar