Kredivo vs Indodana, Mana & Siapa yang Paling Baik?

Perbandingan Kredivo vs Indodana berikut hanya akan fokus pada layanan kredit atau cicilan. Meski baik Kredivo dan Indodana sama-sama memiliki layanan pinjaman tunai, rasanya tidak perlu dibandingkan karena untuk layanan tersebut Kredivo menang telak tanpa perlu melirik pinjol Indodana yang bunga dan biaya adminnya setinggi bintang di angkasa (he..he..). Kamu bisa membaca review lengkap masing-masingnya di review Kredivo dan review Indodana.

Kurang lebih 5 tahun sejak peluncurannya, Kredivo belum menemukan pesaing serius di bisnis kredit online atau Pay Later. Semua pesaing yang ada selalu kalah baik dari sisi bunga yang dikenakan, teknologi yang men-Support hingga pelayanan para CS nya. Krediblog pernah membahas Kredivo vs Akulaku salah satu pesaing terdekatnya. Dan seperti yang kamu duga, jangankan menyamai kualitas Kredivo, Akulaku dengan sendirinya saja belum beres karena banyak keluhan dari pengguna terkait keamanan sistemnya.

Bunga Kredivo vs Indodana

bunga kredivo vs indodana

Hingga detik ini belum ada yang menyamai rendahnya bunga Kredivo. Mereka hanya mengenakan bunga pinjaman sebesar 2,6% per bulan. Tidak itu saja, Kredivo juga unggul di kejelasan sistemnya. Mereka menetapkan bunga 2,6% per bulan yang beneran segitu. Bukan Gimmick Marketing yang pandai bersilat lidah dengan menyebut, “Bunga mulai dari …”, “Bunga sekecil-kecilnya sebesar ..” atau penjelasan dengan makna abu-abu lainnya.

Bagaimana dengan Indodana? Secara mengejutkan Indodana berani menyaingi bunga seniornya tersebut. Bunga pinjaman untuk PayLater Indodana adalah sebesar 3% per bulan. Masih 0,4% lebih besar memang, tapi merekalah penyedia cicilan online yang menerapkan bunga kedua terendah setelah Kredivo. Bunga Kredivo vs Indodana hanya selisih sedikit, tidak akan terlalu terasa pada penggunaannya kecuali untuk nominal yang sangat besar.

Berikut perbandingan perhitungan bunga Kredivo vs Indodana. Pada tabel tertera nominal total yang harus kamu bayarkan untuk tenor 3 bulan. Perhitungan hanya membandingkan bunga tanpa tambahan biaya admin atau layanan.

Simulasi perhitungan bunga Kredivo vs Indodana :

NominalKredivoIndodana
1.000.0001.078.0001.090.000
2.000.0002.156.0002.180.000
3.000.0003.234.0003.270.000
4.000.0004.312.0004.360.000
5.000.0005.390.0005.450.000
10.000.00010.780.00010.900.000

Limit Saldo Kredivo vs Indodana

Secara kebijakan, Kredivo menyiapkan limit saldo hingga Rp 30.000.000 untuk User Premium. Meski Krediblog belum pernah menjumpai pengguna dengan limit sebesar itu (karena penambahannya bertahap), nominal 30 juta dari Kredivo tercatat sebagai limit saldo terbesar yang disiapkan oleh Pay Later. Dalam bahasa lain itu menjelaskan Kredivo memiliki sistem Credit Scoring yang handal sehingga berani memberikan modal besar kepada pengguna yang memang layak.

Tidak mau kalah, Indodana menyiapkan limit saldo hingga Rp 25.000.000 untuk penggunanya. Limit maksimal tersebut bisa didapatkan dengan metoda pengajuan tambah limit setiap 6 bulan sekali. Meski masih kalah dengan Kredivo dalam hal nominal, 25 juta juta yang disiapkan Indodana tercatat sebagai limit saldo terbesar kedua yang ditawarkan untuk layanan kredit online.

Pelayanan, CS, Merchant dan Lain Lain

kredivo vs indodana

Kredivo vs Indodana untuk pelayanan atau manjemen pengelolaan, Kredivo sedikit lebih baik karena lebih dulu ada sehingga kenyang pengalaman. Namun Indodana juga tidak buruk, bahkan sejauh ini tidak ada tanda-tanda Malsistem pada layanannya. Untuk Tim Support, Kredivo emang gokil, sih. Support Kredivo paling responsif dari semua aplikasi fintech sejenis. Meski Support Indodana belum sebaik Kredivo, mereka masih bisa terus belajar. Dan Indodana sedikit “diuntungkan” karena ada Role Model hebat yang bisa ditiru.

Untuk Merchant, Kredivo memiliki ribuan nama yang sudah menjalin kerjasama, sedang Indodana baru mencatatkan hingga 190-an nama. Jelas kalah jauh. Namun kerjasama merchant ini sifatnya mudah berubah, jadi jangan kaget jika besok tiba-tiba Indodana sudah memiliki separuh dari yang Kredivo miliki.

Jika kamu perhatikan Head to Head Kredivo vs Indodana diatas, hampir semua aspeknya Kredivo lebih baik dari Indodana. Apakah itu artinya Kredivo lebih baik dari Indodana? Sebetulnya ada 1 aspek yang Indodana lebih baik dari Kredivo, yaitu dalam hal perizinan. Indodana tercatat sudah berizin resmi di OJK sedang Kredivo masih berstatus terdaftar. Dengan kata lain, Indodana lebih meyakinkan dari sudut pandang legalitas.

Catatan Kredivo vs Indodana

Siapa yang lebih baik dari Kredivo vs Indodana? Tentu kamu setuju Kredivo jawabannya. Sampai saat tulisan ini ditulis, Kredivo masih lebih baik dari Indodana pada hampir di segala hal (kecuali perizinan tadi). Jika kamu harus memilih satu nama diantara 2 tersebut, pilih Kredivo.

Namun itu sama sekali tidak berarti Indodana tidak layak untuk dipilih. Bahkan jika keamanan data menjadi prioritas utamamu, memilih Indodana jauh lebih tepat. Karena Indodana sudah mengantongi sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi SNI/ISO 270001. Kehadiran Indodana penting untuk 2 alasan. Pertama penyeimbang persaingan agar Kredivo tidak lupa daratan dan terus memberikan nilai tambah pada produknya. Yang kedua sebagai aplikasi cadangan. Jika karena satu dan lain hal pengajuanmu di Kredivo di tolak, kamu masih memiliki Indodana sebagai alternatif dengan kualitas layanan yang sama baiknya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
43 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
mustikaa

kak kalo di indodana harus kartu kredit ga syaratnya..

trus kl alamat KTP sama domisili berbeda bisa ngajuin gak?

Siti

Tentang akulaku

Siti

Kak gimana jika kita galbay didn’t akulaku, misalnya Taliban kita 2jt bln ini, apakah bisa kita cuma byr 500 atau separuhnya, gmn cara pengajuan keringanan

Siska

Kak.. kemaren aku coba instal aplikasi homecredit dan indodana trus aq udh kasih semua data2 aq tiba2 aq berubah pikiran karena takut berurusan dengan pinjol jd paylaternya aq batalin
Terus sekarang aplikasinya tak hapus dr hp aq..
Pertanyaannya.. kira2 indodana dan homecredit itu aman gk sih kak nyimpen data2 aq??soalnya takut banget kalo data²ku disalahgunain..

lilynonalia

bang, sebagai pengalaman abang lebih sering belanja mengunakan akulaku, indodana ,atau shopeepaylater ya? . aku pengen tahu aj bang. hehe. makasih.

lilynonalia

oia ini bang, pada aplikasi fitur aplikasi akulaku sendiri yang namanya fitur “Bayar Sekarang” pada menu tagihanku. Nah saya boleh menggunakan bayar lunasi awal walaupun bayar sebagian dari total tagihan. Mesti tagihan belum dicetakan. Apakah di perbolehkan begitu? atau ada indikasi pelanggaran dan lain-lainnya.

lilynonalia

ooh begitu. makasih sudah berbagi pengalaman dari abng serta ilmu. semoga aku lebih was2 menggunakan aplikasi akalaku ini. jika ingin bertanya lagi . bolehkan bang ? hehe

lily nonalia

Oia bang, gini misalnya aku belanja di tokopedia via indodana ada perbatasan belanja tidak . seperti minimal 1x cicilan belanja dan tidak boleh habisin limit indodana semua. Kalau di akulaku mesti belanja harus cash dulu dan bolehkan belanja minimal 1x cicilan lewat akucicil. nah apakah indodana diterapkan sama dengan sistem akulaku?. mohon bantu pencerahan y bang. makasih hehe

Last edited 2 years ago by lily nonalia
YaNti lindiani

Ka Aku mau tanya apa indodana bekerja sama dengan akulaku atau kredivo?

YaNti lindiani

oh begitu

lily nonalia

Bang krediblog, boleh tanya nih. Boleh tahu abang saat ini sering aplikasi paylater apa y bg? . jadi bisa aku pertimbangkan dan mempertahankan aplikasi paylater tersebut. makasih

lily nonalia

Kalau indodana belum rekomendasi buat belanja y bang?.

lily nonalia

ooh gitu. soalnya aku bingung pilihan di antara aplikasi akulaku, sama indodana ini. kalau akulaku ini banyak persyaratan ribet mesti ini itu dan pun di batasi limit jadi tidak bisa belanja apapun. Karena aku pengguna indodana baru-baru ini dan belum mencoba belanja. Khwatir sistem aturan malah di samain pulaq bang. hehe

lily nonalia

ya benar jg bang, sekali di acc akulaku kasih 1jt. dibanding acc di indodana kasih limit 3jt. memang parah si akulaku dan mau kredit di akulaku jadi bisa pikir 3x kasih kecil limit dan byk seller nakal.

Haji

Bang mau tanya. Mo ambil item di tokped. Trus mau pake cicilan indodana. Kalo belum punya akun indodana apa bisa di acc?

Haji

Brarti nanti kreditnya harus menyesuaikan limit sama tenor yg ada diaplikasi ya?

Haji

Wah brarti belum bisa ambil item. Oiya bang kalo dari semua segi baik pelayanan tenor mending ambil home credit atau indodana?

Ana

Bang mau tanya kalau kita pengajuan pinjaman di indo dana apakah 100% nominal bakal di acc? Contoh pengajuan 5jt, apakah pasti 5jt di accnya? Atau gimana ygdi acc dari indodananya?

yunita

bang….mau tanya. kredivo & kredifazz apakah aplikasi yg sama atau beda?
klau beda..apa boleh pengajuan di kredifaz sedangkan saya sdh pakai kredivo. terima kasih

Selvy.mv

Siang bang.saya pinjam indodana.3jt koq mahal y angsurannya setiap bulan harus bayar 1.350000 selama 3 bulan apa benar bayarnya segitu.tolong di jawab y bang.mks

Resmi

Emang mahal ya ka bunganya. Mencekik rasanya

Resmi

Maksutnya bunganya hampir selisih dikit dengan kredivo gtu ya

Bambang Nurdiansyah

Indodana pinjam 15jt baliknya 27jt.. sementara Kredivi pinjam 15jt nerima 14jt, balikinnya 18jt an.. silakan cek di platform