Kredivo vs Indodana, Mana & Siapa yang Paling Baik?

Perbandingan Kredivo vs Indodana berikut hanya akan fokus pada layanan kredit atau cicilan. Meski baik Kredivo dan Indodana sama-sama memiliki layanan pinjaman tunai, rasanya tidak perlu dibandingkan karena untuk layanan tersebut Kredivo menang telak tanpa perlu melirik pinjol Indodana yang bunga dan biaya adminnya setinggi bintang di angkasa (he..he..). Kamu bisa membaca review lengkap masing-masingnya di review Kredivo dan review Indodana.

Kurang lebih 5 tahun sejak peluncurannya, Kredivo belum menemukan pesaing serius di bisnis kredit online atau Pay Later. Semua pesaing yang ada selalu kalah baik dari sisi bunga yang dikenakan, teknologi yang men-Support hingga pelayanan para CS nya. Krediblog pernah membahas Kredivo vs Akulaku salah satu pesaing terdekatnya. Dan seperti yang kamu duga, jangankan menyamai kualitas Kredivo, Akulaku dengan sendirinya saja belum beres karena banyak keluhan dari pengguna terkait keamanan sistemnya.

Bunga Kredivo vs Indodana

bunga kredivo vs indodana

Hingga detik ini belum ada yang menyamai rendahnya bunga Kredivo. Mereka hanya mengenakan bunga pinjaman sebesar 2,6% per bulan. Tidak itu saja, Kredivo juga unggul di kejelasan sistemnya. Mereka menetapkan bunga 2,6% per bulan yang beneran segitu. Bukan Gimmick Marketing yang pandai bersilat lidah dengan menyebut, “Bunga mulai dari …”, “Bunga sekecil-kecilnya sebesar ..” atau penjelasan dengan makna abu-abu lainnya.

Bagaimana dengan Indodana? Secara mengejutkan Indodana berani menyaingi bunga seniornya tersebut. Bunga pinjaman untuk PayLater Indodana adalah sebesar 3% per bulan. Masih 0,4% lebih besar memang, tapi merekalah penyedia cicilan online yang menerapkan bunga kedua terendah setelah Kredivo. Bunga Kredivo vs Indodana hanya selisih sedikit, tidak akan terlalu terasa pada penggunaannya kecuali untuk nominal yang sangat besar.

Berikut perbandingan perhitungan bunga Kredivo vs Indodana. Pada tabel tertera nominal total yang harus kamu bayarkan untuk tenor 3 bulan. Perhitungan hanya membandingkan bunga tanpa tambahan biaya admin atau layanan.

Simulasi perhitungan bunga Kredivo vs Indodana :

NominalKredivoIndodana
1.000.0001.078.0001.090.000
2.000.0002.156.0002.180.000
3.000.0003.234.0003.270.000
4.000.0004.312.0004.360.000
5.000.0005.390.0005.450.000
10.000.00010.780.00010.900.000

Limit Saldo Kredivo vs Indodana

Secara kebijakan, Kredivo menyiapkan limit saldo hingga Rp 30.000.000 untuk User Premium. Meski Krediblog belum pernah menjumpai pengguna dengan limit sebesar itu (karena penambahannya bertahap), nominal 30 juta dari Kredivo tercatat sebagai limit saldo terbesar yang disiapkan oleh Pay Later. Dalam bahasa lain itu menjelaskan Kredivo memiliki sistem Credit Scoring yang handal sehingga berani memberikan modal besar kepada pengguna yang memang layak.

Tidak mau kalah, Indodana menyiapkan limit saldo hingga Rp 25.000.000 untuk penggunanya. Limit maksimal tersebut bisa didapatkan dengan metoda pengajuan tambah limit setiap 6 bulan sekali. Meski masih kalah dengan Kredivo dalam hal nominal, 25 juta juta yang disiapkan Indodana tercatat sebagai limit saldo terbesar kedua yang ditawarkan untuk layanan kredit online.

Pelayanan, CS, Merchant dan Lain Lain

kredivo vs indodana

Kredivo vs Indodana untuk pelayanan atau manjemen pengelolaan, Kredivo sedikit lebih baik karena lebih dulu ada sehingga kenyang pengalaman. Namun Indodana juga tidak buruk, bahkan sejauh ini tidak ada tanda-tanda Malsistem pada layanannya. Untuk Tim Support, Kredivo emang gokil, sih. Support Kredivo paling responsif dari semua aplikasi fintech sejenis. Meski Support Indodana belum sebaik Kredivo, mereka masih bisa terus belajar. Dan Indodana sedikit “diuntungkan” karena ada Role Model hebat yang bisa ditiru.

Untuk Merchant, Kredivo memiliki ribuan nama yang sudah menjalin kerjasama, sedang Indodana baru mencatatkan hingga 190-an nama. Jelas kalah jauh. Namun kerjasama merchant ini sifatnya mudah berubah, jadi jangan kaget jika besok tiba-tiba Indodana sudah memiliki separuh dari yang Kredivo miliki.

Jika kamu perhatikan Head to Head Kredivo vs Indodana diatas, hampir semua aspeknya Kredivo lebih baik dari Indodana. Apakah itu artinya Kredivo lebih baik dari Indodana? Sebetulnya ada 1 aspek yang Indodana lebih baik dari Kredivo, yaitu dalam hal perizinan. Indodana tercatat sudah berizin resmi di OJK sedang Kredivo masih berstatus terdaftar. Dengan kata lain, Indodana lebih meyakinkan dari sudut pandang legalitas.

Catatan Kredivo vs Indodana

Siapa yang lebih baik dari Kredivo vs Indodana? Tentu kamu setuju Kredivo jawabannya. Sampai saat tulisan ini ditulis, Kredivo masih lebih baik dari Indodana pada hampir di segala hal (kecuali perizinan tadi). Jika kamu harus memilih satu nama diantara 2 tersebut, pilih Kredivo.

Namun itu sama sekali tidak berarti Indodana tidak layak untuk dipilih. Bahkan jika keamanan data menjadi prioritas utamamu, memilih Indodana jauh lebih tepat. Karena Indodana sudah mengantongi sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi SNI/ISO 270001. Kehadiran Indodana penting untuk 2 alasan. Pertama penyeimbang persaingan agar Kredivo tidak lupa daratan dan terus memberikan nilai tambah pada produknya. Yang kedua sebagai aplikasi cadangan. Jika karena satu dan lain hal pengajuanmu di Kredivo di tolak, kamu masih memiliki Indodana sebagai alternatif dengan kualitas layanan yang sama baiknya.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar