KREDIBLOG » KREDIVO » KARTU KREDIVO

Kartu Kredivo, Sekarang Kamu Punya Kartu Kredit Beneran

kartu kredivo featured image

Kartu Kredivo sudah bisa kamu miliki awal tahun 2021 ini. Jika selama ini kamu mengenal Kredivo sebagai kartu kredit digital, dengan dikeluarkannya kartu ini bisa dibilang sekarang Kredivo menjadi kartu kredit beneran. Yah karena secara fungsi kamu bisa menggunakannya untuk membeli barang secara kredit dan secara fisik ada bentuk kartunya yang bisa kamu simpan di dompet. Sekaligus ini menjadi pertanda kuat bahwa Kredivo serius menggarap pasar layanan kredit.

Apa Itu Kartu Kredivo?

Kartu Kredivo adalah kartu fisik dari Kredivo untuk kebutuhan berbelanja secara offline. Jika sebelumnya kamu lebih banyak menggunakan Kredivo untuk bertransaksi secara online, dengan dikeluarkannya kartu ini sekarang kamu bisa lebih mudah melakukan transaksi di gerai offline. Kamu tidak perlu lagi melakukan pembayaran menggunakan QR karena cukup dengan menggesekkan kartu ke mesin EDC. Sama secara fungsi, namun bentuk fisik kartu jelas memberikan pengalaman tersendiri dalam berbelanja.

Kartu fisik Kredivo ini adalah kerjasama Kredivo dengan Bank Sahabat Sampoerna yang menggunakan jaringan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Itu artinya kartu yang kamu miliki bisa digunakan dimana saja pada mesin EDC yang berlogo GPN. Ada banyak sekali mesin EDC yang berlogo GPN, dengan kata lain kamu bisa membeli secara kredit atau cicilan di hampir semua tempat belanja.

Berikut keuntungan berbelanja menggunakan kartu fisik Kredivo:

  1. Bisa berbelanja offline di jutaan gerai dengan mesin EDC berlogo GPN di seluruh Indonesia.
  2. Transaksi by sistem akan langsung disinkronkan dengan limit Kredivo pada aplikasi.
  3. Bunga yang dikenakan sama dengan penggunaan online. 0% untuk 30 hari dan 2,6% untuk cicilan 3/6/12 bulan.
  4. Semua riwayat transaksi bisa dilihat di aplikasi Kredivo.

Cara Mendapatkan Kartu Kredivo

Untuk saat ini kartu fisik Kredivo baru diberikan kepada pengguna Premium yang terpilih dan berdomisili di Jakarta. Namun kedepannya, Kredivo akan membuka fitur ini untuk semua pengguna Premium. Jika kamu salah satu pengguna terpilih, akan muncul menu baru “Kartu Kredivo” pada Dasbor aplikasi Kredivo. Namun jika menu tersebut tida ada dalam aplikasimu, itu artinya kamu belum terpilih. Tidak ada yang bisa kamu lakukan selain menunggu Kredivo membuka fitur tersebut untuk semua pengguna Premium.

Tidak disebutkan kriteria pengguna yang diberikan akses awal untuk Kartu fisik Kredivo. Namun kebiasaan Kredivo selama ini adalah “menganak emaskan” pengguna yang rajin melakukan transaksi dan bagus riwayat pembayarannya. Pada kebanyakan kasus, pengguna ini mendapatkan lebih dulu layanan dan fitur apa yang pada pengguna lain belum diberikan.

Step by Step Pengajuan

Jika pada aplikasimu terdapat menu “Kartu Kredivo”, klik menu tersebut untuk melakukan pengajuan.

Berikut langkah-langkah melakukan pengajuan kartu fisik Kredivo:

  1. Pilih “Kartu Kredivo” di dasbor aplikasi Kredivo.
  2. Klik “Dapatkan Kartumu Sekarang”.
  3. Masukkan alamat pengiriman kartu, klik konfirmasi dan masukkan PIN.
  4. Pengajuan kartumu berhasil dikirim.
  5. Cek status pengiriman secara berkala.

Unboxing Kartu Kredivo

Pada 24 Februari 2021, Krediblog mendapatkan email dengan subjek, “Kamu Jadi yang Pertama Punya Kartu Kredivo Nih!”. Dan benar ketika Krediblog cek pada dasbor aplikasi Kredivo, terdapat menu “Kartu Kredivo” disana. Langsung dong Krediblog ajukan saat itu juga. Proses pengajuan tidak sampai 5 menit langsung terkirim. Setelahnya Krediblog rutin melakukan cek status pengiriman mirip nungguin paketan dari Tokopedia dateng.

Lama Pengiriman

Kartu dikirimkan oleh PT FinAccel Finance Indonesia dari Jakarta Pusat. Karena Krediblog memasukkan alamat kantor yang berlokasi Jakarta Timur, proses pengiriman hanya membutuhkan waktu 1 hari kerja. Tepat pada 25 Februari 2021 siang, kartu Kredivo yang ditunggu datang juga. Kredivo menggunakan jasa ekpedisi Si Cepat. Lama pengiriman bisa tidak sama tergantung alamat tujuan dan hari pengajuanmu.

Isi Paket Yang Kamu Dapatkan

kartu fisik kredivo

Kamu akan menerima amplop putih dengan logo Kredivo pada sebelah kiri. Saat kamu membukanya, kamu akan menemukan surat dari Kredivo, brosur syarat dan ketentuan penggunaan dan tentu saja kartu Kredivo!. Lembaran “surat cinta” dari Kredivo berisi ucapan selamat dan info penggunaan kartu. Informasi yang lebih detail dan lengkap tentang cara penggunaan dan syarat ketentuan bisa kamu baca pada brosur. Sebaiknya kamu simpan brosur tersebut untuk referensi di kemudian hari. Pada kartu fisik Kredivo kamu tidak akan menemukan tulisan atau logo Kredivo sama sekali. Yang ada hanya logo Bank Sahabat Sampoerna pada bagian depan dan belakang dan logo GPN. Secara sekilas kartu mirip dengan kartu ATM. Jika kartumu jatuh dijalan, kemungkinan besar orang tidak akan menyangka itu kartu kredit Kredivo. Pasti mereka akan berfikir itu kartu ATM dari Bank Sahabat Sampoerna.

Cara Menggunakan Kartu Kredivo

Kartu Kredivo yang kamu terima tidak bisa langsung digunakan. Terlebih dahulu kamu harus melakukan aktivasi kartu.

Aktivasi Kartu Terlebih Dahulu

Disini terasa sekali “kecanggihan” Kredivo. Untuk mengaktifkan kartu bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi. Sistem Kredivo bisa mendeteksi apakah kartu sudah diterima pengguna atau belum. Jika sudah secara otomatis aplikasi pada Kredivo akan menampilkan menu aktivasinya.

Cara mengaktifkan kartu fisik Kredivo:

  1. Masuk ke aplikasi Kredivo.
  2. Pilih menu “Kartu Kredivo” pada dasbor.
  3. Klik menu “Aktifkan Sekarang”.
  4. Verifikasi nomor kartu dan nama lengkapmu.
  5. Tentukan PIN untuk kartu Kredivo mu.
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan.
  7. Yeay! Kartu Kredivo mu sudah aktif.

Dimana Saja Bisa Digunakan?

Pembeda paling kentara antara fungsi Kredivo secara online dengan kartu fisik Kredivo untuk offline adalah pada penggunaannya. Kredivo yang digunakan secara online hanya bisa digunakan untuk pembayaran di merchant-merchant yang bekerjasama. Hingga saat artikel ini ditulis terdapat sekitar 1.000+ merchant yang bekerjasama. Itu berarti kamu bisa melakukan pembayaran di seribu lebih merchant tersebut namun tidak bisa di selainnya. Meski 1.000+ merchant merupakan jumlah yang sangat banyak, jika kebetukan kamu ingin melakukan pembayaran di merchant yang tidak bekerjasama dengan Kredivo, maka kamu harus menggunakan metode pembayaran lainnya.

Lain hal dengan kartu Kredivo. Pada kartu fisik Kredivo kamu bisa menggunakannya sebagai alat bayar pada semua jaringan mesin EDC di seluruh Indonesia. Dan berdasar estimasinya, terdapat jutaan gerai yang berlogo GPN. Kredivo online bisa digunakan di seribuan mechant sedangkan kartu Kredivo offline bisa digunakan di jutaan gerai. Bahkan karena hampir setiap gerai memiliki mesin EDC belogo GPN, bisa dibilang kartu Kredivo bisa digunakan untuk membayar dimanapun di seluruh Indonesia. Beberapa nama yang bisa disebut misalnya SPBU (Shell, Pertamina, British Petroleum), salon dan klinik kecantikan (Erha Clinic, Irwan Team, Zap), spa & reflexiology (Zen, Kokuo, Taman Sari Royal Heritage Spa), Ritel (Depo Bangunan, Ace Hardware, Informa), toko perhiasan (Tiffany & Co, Swarovski, Frank & Co), Supermarket (Ranch Market, Farmers Market, The Food Hall), Department Store (Uniqlo, Matahari, Sport Station), tempat makan (Starbucks, Bakmi GM, KFC) dan masih banyak lainnya.

daftar merchant offline

Cara Bertransaki dengan Kartu Kredivo

Untuk penggunaannya tidak jauh berbeda dengan sistem pembayaran dengan kartu ATM maupun kartu kredit, kamu hanya harus menggeseknya di mesin EDC, verifikasi nominal kemudian masukkan PIN. Namun karena teritegrasi pada aplikasi Kredivo, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut tutorialnya.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Cara menggunakan kartu Kredivo :

  1. Pilih barang

    Lakukan proses belanja atau pembelian seperti biasa.

  2. Bayar di kasir

    Berikan kartu Kredivo kepada kasir untuk di gesek di mesin EDC.

  3. Verifikasi nominal belanja

    Cek kesesuaian jumlah pembelianmu pada layar mesin EDC.tutorial cara menggunakan kartu kredivo

  4. Masukkan PIN

    Masukkan PIN kartu Kredivo mu.

  5. Terima struk

    Kamu akan menerima struk belanja dari kasir tanda pembayaranmu sukses.

  6. Cek Hp mu

    Kamu akan mendapatkan Push Notification yang menginformasikan pilihan tenor yang kamu kehendaki.

  7. Pilih tenor

    Pilih tenor mu dan klik konfirmasi.

  8. Selesai

    Kamu baru saja sukses bertransaksi menggunakan kartu Kredivo.

Catatan

Kartu Kredivo adalah bukti keseriusan Kredivo dalam menggarap pasar layanan kredit. Seakan semua hal hebat yang telah mereka lakukan di ranah online masih belum cukup sehingga masih harus “repot-repot” hadir secara offline. Seandainya kartu Kredivo hanya bisa digunakan di merchant yang bekerjasama, mungkin kehadirannya akan mubazir. Namun Kredivo cukup cerdas dengan memberikan nilai tambah. Kemampuan kartu Kredivo untuk menjadi alat bayar di semua mesin EDC berlogo GPN di seluruh Indonesia jelas sebuah lompatan besar kalau tidak mau disebut langkah hebat.

Sampai disini langkah Kredivo sudah sangat jauh untuk dikejar. Paylater yang murah, kredit online nan praktis hingga pinjaman tunai Kredivo semuanya menghadirkan layanan dengan level terbaik. Jika perusahaan pesaing tidak mulai mengejar dari sekarang, mereka akan tertinggal kian jauh.

FAQ Kartu Fisik Kredivo

Siapa yang bisa mendapatkan kartu Kredivo?

Saat ini baru tersedia untuk beberapa pengguna Premium. Namun kedepannya akan terbuka untuk semua pengguna Premium.

Berapa limit kartu fisik Kredivo?

Kartu fisik Kredivo akan memiliki limit yang sama dengan limit Kredivo-mu.

Adakah biaya untuk penggunaan kartu fisik Kredivo?

Di tahun pertama tidak dikenakan biaya apapun untuk memiliki kartu fisik Kredivo. Namun, di tahun kedua dan selanjutnya akan ada biaya administrasi sebesar Rp 60.000 yang akan otomatis dikurangi dari limit kredit 30 harimu setiap tahun.

Jika limit Kredivo-mu tidak mencukupi, kamu akan menerima notifikasi via aplikasi untuk melakukan pembayaran sebelum masa berlaku kartumu berakhir.

Berapa bunga yang dikenanakan untuk kartu fisik Kredivo?

Bunga yang dikenakan sama dengan transaksi biasanya menggunakan Kredivo yaitu 0% untuk Paylater tenor 30 hari dan 2,6% per bulan untuk cicilan tenor 3, 6, 12 bulan.

Dimana saja saya bisa menggunakan kartu fisik Kredivo?

Kamu bisa menggunakan kartu fisik Kredivo secara offline di semua jaringan mesin EDC yang berlogo GPN di seluruh Indonesia.

Kartu fisik Kredivo tidak dapat kamu gunakan untuk transaksi debit secara online, tarik tunai, transfer atau pembayaran tagihan baik secara online atau melalui ATM.

Kapan jatuh tempo tagihan dari kartu fisik Kredivo?

Jatuh tempo tagihan dapat dilihat di dalam aplikasi Kredivo.

Bagaimana jika saya lupa PIN?

Jika kamu lupa PIN kartu fisik Kredivo-mu, kamu bisa reset PIN dengan cara:
Klik “Lupa PIN lama Kartu Kredivo?” di laman Ubah PIN Kartu Kredivo.
Masukkan 6 digit PIN baru dan lakukan sekali lagi untuk konfirmasi PIN barumu.

Berapa lama masa berlaku kartu fisik Kredivo saya?

Masa berlaku dapat dilihat di kartunya langsung. Jika kamu tidak membayarkan biaya administrasi tahunan (jika ada), kartu fisik Kredivo tidak dapat kamu gunakan.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
8 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Abdul latif

Ka maaf kartu kredivo saya hilang,. Saya udah mengajukan permohonan untuk minta kartu kredivo baru,. Cuman udah 5 Hari kerja belum beres² ya ka ,. Tolong ka

Abdul latif

Saya udah email ke tim support kredivo nya kata nya masih di cek sama tim terakir,. Cuman saya udah ngajuin di Hari Senin tanggal 12 april 2021,.

Abdul latif

Maksud nya tim terkait

Abdul latif

Tapi itu ka pasti dibikinin nggk ka

Abdul latif

Waduh lama ya ka