Mutasi Rekening BCA. Contoh, Cara Melihat & Hapus

Informasi mutasi rekening BCA ini dibuat lengkap dalam satu tulisan, jadi kamu tidak perlu repot-repot mencarinya di tempat lain. Dari mulai definisi, contoh, cara melihat hingga cara menghapusnya. Semua yang kamu ingin tahu tentang mutasi rekening dari bank BCA ada di sini. Jika tidak ingin membaca semua pembahasan, kamu bisa langsung menuju ke sub topik yang kamu mau menggunakan menu di daftar isi.

Apa Itu Mutasi Rekening BCA?

Mutasi rekening BCA adalah data aktifitas transaksi rekening BCA selama periode tertentu. Disebut mutasi karena melalui data ini kita bisa melihat perubahan nominal saldo sebelum dan setelah terjadinya transaksi. Jenis transaksi yang dicatat diantaranya uang masuk dan uang keluar.

Pada transaksi uang masuk mutasi mencatat dari siapa kiriman dana didapatkan. Sedang pada transaksi uang keluar mutasi mencatat untuk apa saja saldo rekening dikeluarkan. Baik itu kirim dana ke rekening lain, pembayaran maupun pembelian. Semuanya tercatat lengkap dengan tanggal, nominal hingga keterangan.

Contoh Mutasi Rekening

Contoh mutasi rekening BCA bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini :

contoh mutasi rekening bca

Melalui data di atas kita bisa mendapatkan informasi transaksi yang terjadi pada tanggal 1 sampai 7 Januari 2023. Yaitu pada tanggal 1 Januari ada uang keluar sebesar Rp 200.000 melalui transfer dan pembayaran sebesar Rp 565.000. Masih ditanggal yang sama juga ada transaksi uang masuk sebesar Rp 500.000.

Manfaat Mutasi Rekening

Sebagai fitur yang disediakan oleh bank BCA, sudah barang tentu mutasi rekening memiliki manfaat atau kegunaan. Selain untuk catatan keuangan pribadi, banyak urusan lain yang mengharuskan menunjukkan mutasi rekening sebagai syaratnya.

Manfaat mutasi rekening BCA :

  • Bukti transaksi kirim dana, pembayaran atau pembelian
  • Catatan keuangan pribadi atau perusahaan
  • Syarat pengajuan visa
  • Syarat pengajuan pinjaman seperti KTA atau KPR

Cara Melihat Mutasi Rekening BCA

cara melihat mutasi rekening bca

Bank BCA menyediakan beberapa cara untuk melihat mutasi rekening. Kamu bisa melakukannya secara offline atau online. Nasabah yang lebih menyukai mendatangi langsung kantor cabang bisa melakukan pengecekan mutasi disana. Namun bagi yang menyukai metode praktis, bisa melakukannya melalui Smartphone.

Tutorial cara cek mutasi rekening BCA :

1. Teller Bank

Pengecekan melalui Teller bank merupakan metode paling konvensional. Meski repot namun kebutuhanmu bisa selesai setelah kunjungan.

Cara melihat mutasi rekening melalui Teller bank :

  1. Siapkan buku tabungan dan KTP
  2. Kunjungi kantor cabang BCA terdekat
  3. Datangi petugas Teller bank
  4. Sampaikan kamu ingin melakukan pencetakan buku tabungan
  5. Selesai

2. ATM BCA

Metode yang lebih praktis bisa kamu lakukan di ATM. Meski masih mengharuskan keluar rumah tetapi kamu bisa melakukannya di ATM BCA mana saja yang kamu temui.

Cara melihat mutasi rekening BCA di ATM :

  1. Kunjungi mesin ATM BCA terdekat
  2. Masukkan kartu ATM dan PIN
  3. Pilih menu “Transaksi Lainnya”
  4. Pilih “Mutasi Rekening”
  5. Mesin ATM akan mengeluarkan struk mutasi rekening

Karena dalam prosesnya menggunakan kertas sebagai media pencetakan, pengecekan mutasi rekening melalui ATM dibatasi maksimal 5 transaksi terakhir. Jadi ini bukan pilihan terbaik jika kamu membutuhkan data mutasi yang lebih lengkap.

3. Internet Banking

Menggunakan internet banking sudah jauh lebih praktis dibanding dua metode sebelumnya. Tidak perlu repot keluar rumah karena yang kamu butuhkan adalah komputer atau laptop dan akses internet.

Cara melihat mutasi rekening BCA lewat internet banking :

  1. Kunjungi website Klik BCA Personal di ibank.klikbca.com
  2. Login dengan User ID dan PIN
  3. Pilih menu “Informasi Rekening”
  4. Selanjutnya pilih sub menu “Mutasi Rekening”
  5. Tentukan Periode Mutasi Rekening
  6. Selesai. Kamu bisa melihat dan mendownloadnya

Sebelum bisa menggunakan cara ini kamu sudah harus terdaftar di Klik BCA untuk mendapatkan User ID dan PIN.

4. BCA Mobile

cara melihat mutasi rekening bca melalui bca mobile

Mobile banking adalah metode yang paling modern karena sangat fleksibel. Kamu bisa melakukan pengecekan dimana saja dan kapan saja kamu mau. Di rumah, di kantor atau dalam perjalanan. Sambil nonton tivi, nunggu lift, antri Mixue bahkan sambil tiduran.

Cara melihat mutasi rekening melalui BCA mobile :

  1. Buka aplikasi BCA mobile
  2. Pilih m-BCA dan login dengan Kode Akses
  3. Pilih menu “m-Info”
  4. Pilih sub menu “Mutasi Rekening”
  5. Tentukan Periode Mutasi
  6. Masukkan PIN
  7. Selesai. Mutasi rekening akan tertera

Untuk bisa melakukan pengecekan melalui BCA Mobile, kamu harus memiliki akun mobile banking. Kamu bisa mendaftarnya di kantor cabang BCA terdekat.

Melihat Mutasi Lebih dari 3 Bulan

melihat mutasi rekening bca lebih dari 3 bulan

Metode pengecekan mutasi rekening di atas memiliki batasan periodenya masing-masing. ATM hanya bisa untuk 5 transaksi terakhir dan BCA mobile hanya bisa memilih sebanyak 7 hari dalam 31 hari terakhir.

Jika kamu membutuhkan data mutasi rekening yang lebih lama (lebih dari 3 bulan misalnya) maka yang bisa melakukannya adalah internet banking. Melalui Teller bank juga bisa mencetak untuk periode 3 hingga 6 bulan, namun karena outputnya dicetak pada buku tabungan atau kertas menjadi tidak praktis untuk dipindahtangankan.

Cara melihat mutasi rekening BCA lebih dari 3 bulan :

  1. Kunjungi website Klik BCA di ibank.klikbca.com
  2. Login dengan User ID dan PIN
  3. Pilih menu “e-Statement”
  4. Selanjutnya pilih jenis rekening yang ingin kamu cek
  5. Pada periode e-Statement pilih bulan pertama dan lanjut dengan mengklik tombol Download
  6. Lanjutkan dengan memilih bulan kedua dan Download lagi
  7. Pilih lagi bulan ketiga dan download
  8. Selesai. Mutasi rekening 3 bulan sudah berhasil kamu cek

Berbeda dari menu Mutasi Rekening yang hanya bisa mengecek maksimal 2 bulan, e-Statement bisa mencetak sebanyak bulan yang kamu mau. Kamu bisa mengecek sebanyak 3 bulan, 6 bulan bahkan hingga 1 tahun. Pengecekan terakhir yang Krediblog lakukan, e-Statement ini bisa melihat mutasi rekening hingga 8 tahun terakhir.

Cara Download dan Print Mutasi Rekening

download dan print mutasi

Jika kamu memiliki kebutuhan khusus untuk mendownload dan mencetak lembar mutasi untuk kebutuhan kantor misalnya, kamu bisa mendownload filenya melalui internet banking.

Cara download dan Print mutasi rekening BCA :

  1. Download file mutasi rekening dari Klik BCA
  2. Buka file tersebut di komputer atau laptop dengan PDF Reader
  3. Klik menu Print pada menu
  4. Sesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan
  5. Cetak mutasi rekening dimulai

Menghapus Mutasi Rekening BCA

menghapus mutasi rekening bca

Khusus pada sub topik ini Krediblog melakukan cukup banyak riset dan pencarian. Sebabnya adalah adanya perbedaan antara hasil yang muncul di internet dengan fakta sebenarnya. Jika kamu melakukan pencarian dengan keyword “cara menghapus rekening bca” akan muncul banyak hasil disana. Jika kamu buka salah satunya akan ditunjukkan tutorial step by step cara menghapus mutasi rekening.

Sayangnya hampir semua hasil yang ada tidak menunjukkan cara menghapus mutasi rekening melainkan menghapus daftar transfer. Baik antar rekening maupun antar bank. Itu adalah daftar nomor rekening yang pernah kamu masukkan saat akan melakukan transfer. Ini adalah misleading karena hasil tidak sesuai dengan apa yang dicari.

Apakah Bisa Menghapus Riwayat Mutasi Rekening BCA?

Menghapus mutasi rekening tidak dapat dilakukan. Dikarenakan untuk mutasi rekening tersebut merupakan riwayat atau histori transaksi dilakukan.

email balasan halo bca

Itu adalah jawaban dari Bapak Jony, Staff Email Korespondensi dari bank BCA. Krediblog bertanya melalui email di alamat halobca@bca.co.id. Sampai di sini menjadi jelas bahwa menghapus mutasi rekening itu tidak bisa dilakukan dan yang berkata sebaliknya jelas keliru.

Bagaimana dengan Tutorial Cara Menghapus Rekening?

Seperti yang kamu lihat sendiri, tutorial tersebut tidak menunjukkan cara menghapus mutasi rekening BCA melainkan daftar nomor rekening. Kekeliruan ini terbilang masif karena sifat internet yang akseleratif. Satu saja orang yang memposting, maka dalam hitungan detik sudah ratusan kali terduplikasi.

Mengapa Tidak Bisa Menghapus Mutasi Rekening?

Mutasi rekening mencatat semua lalu lintas transaksi. Selain penting untuk pemiliki rekening, mutasi juga penting bagi pihak bank. Riwayat ini menjadi bukti pemilik rekening melakukan perubahan pada rekeningnya. Sehingga jika terjadi ketidaksesuaian, pihak bank akan melakukan verifikasi menggunakan data pada mutasi tersebut.

Mutasi rekening tidak bisa kamu hapus karena itu adalah data milik bank. File data berada di server BCA dan tak ada yang bisa kamu lakukan selain melihat dan mendownload. Berbeda dengan daftar transfer yang kamu buat sendiri sehingga bisa kamu hapus sesukamu, mutasi rekening adalah catatan keuangan milik BCA.

Catatan

Baik kamu membuka rekening untuk menabung, operasional perusahaan maupun tujuan lainnya, mutasi rekening BCA berperang penting menjelaskan keluar masuk saldomu. Agar proses pengecekan bisa dilakukan secara fleksibel, memiliki internet banking dan mobile banking menjadi keharusan.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar