Error Kredivo : Maaf, Kamu Belum Bisa Transaksi Dulu

Jika saat bertransaksi dengan Kredivo mendapatkan pesan error yang seperti ini : “Maaf, kamu belum bisa transaksi dulu. Untuk sementara waktu kamu tidak dapat melakukan transaksi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan transaksi akun kamu.”, maka kamu harus berhati-hati karena ini bisa jadi permulaan dari sesuatu yang lebih buruk.

Arti Belum Bisa Transaksi Dulu

error kamu belum bisa transaksi dulu di kredivo

Apa maksud dari, “Kamu belum bisa transaksi dulu”?. Pesan tersebut muncul karena sistem keamanan Kredivo mendeteksi transaksi yang mencurigakan. Ada pola yang tidak biasa dari transaksimu. Sistem keamanan memiliki parameter tersendiri untuk menilai apakah sebuah transaksi itu normal atau High Risk.

Sistem keamanan yang alarm bahayanya ke trigger, maka transaksi akan secara otomatis dibatalkan. Ini seperti sebuah mesin yang langsung berhenti beroperasi begitu tombol Emergency ditekan. Karena mengandung resiko yang mungkin merugikan, transaksimu tidak bisa dilanjutkan.

Arti Menjaga Keamanan Transaksi Akun

error menjaga keamanan transaksi akun kredivo

Lalu apa artinya “Untuk menjaga keamanan transaksi akun?” Menjaga kok transaksi tidak bisa dilakukan. Sistem keamanan yang dimiliki Kredivo didesain untuk mempelajari kebiasaan transaksi penggunanya. Pola apa, kapan dan dimana bisa dikenali dari kebiasaan pengguna yang secara terus menerus dicatat. Setiap pengguna memiliki pola uniknya sendiri-sendiri.

Saat sistem mendeteksi pola pengguna tidak sama dengan biasanya, ia akan curiga. Sebagai langkah pencegahan sistem akan melakukan pembatalan transaksi. Berjaga-jaga akunmu sedang disalahgunakan oleh pengguna asing, blok sepihak dilakukan. Inilah yang dimaksud pengamanan akun.

Kamu Belum Bisa Transaksi Dulu, Mengganggu?

Pesan kamu belum bisa transaksi dulu semacam ini secara umum bagus karena akunmu terlindungi jika beneran sedang ada yang menyalahgunakannya. Begitu terdeteksi, kamu bisa langsung mengganti PIN dan akun akan kembali aman. Namun akan menjadi menyebalkan jika pesan tersebut muncul disaat yang salah. Yaitu saat kamu sendiri yang menggunakannya.

Sejauh pengalaman Krediblog, pesan error “Kamu belum bisa transaksi dulu” akan keluar pada kondisi semacam ini :

  • Transaksi di Device (Hp atau laptop) berbeda dari biasanya
  • Transaksi pada merchant yang baru pertama kali digunakan
  • Permintaan OTP yang terus menerus tanpa jeda
  • Transaksi dalam nominal besar secara mendadak
  • Transaksi berulang kali dalam waktu singkat
  • Pola “aneh” lainnya yang membuat sistem keamanan curiga

Meski benar kamu yang melakukann sebuah transaksi, jika polanya semacam diatas maka sistem akan tetap mencurigainya. Pikir mereka, “Perasaan Gue gak enak. Gue Hold dulu aja, kalo ini beneran Elo gampang diulang lagi nanti”.

Resiko Pesan Error Berulang

resiko blokir kamu belum bisa transaksi dulu

Sayangnya ada efek buruk jika pesan error ini terus-terusan muncul. Dari fakta yang Krediblog temukan, jika kamu mendapatkan kode error, “Maaf, kamu belum bisa transaksi dulu” sebanyak 3x maka pada kali ketiganya akun Kredivo mu akan langsung diblokir.

Misalnya kamu mendapat pesan error pertama pada bulan Mei dan akun kembali normal setelahnya. Pesan error yang sama kembali muncul 3 bulan kemudian sehingga kamu sudah 2x kali kena peringatan. Maka jika satu lagi kamu mendapatkan pesan error akan langsung diikuti dengan pemblokiran akun (baca : akun Kredivo terblokir sementara). Dan sialnya jenis blokir yang dikenakan untuk jenis ini adalah blokir permanen. Salah satu hal yang paling menjengkelkan dari Kredivo adalah pemblokiran sepihak ini. Sekali diblokir permanen diberikan maka akun tidak bisa lagi digunakan.

Catatan

Terkait isu keamanan transaksi Kredivo ini apakah itu berarti sistem keamanannya buruk? Mungkin buruk bukan kata yang tepat untuk menggambarkan, Krediblog lebih senang menyebutnya “over sensitif”. Paylater Kredivo mencatat ribuan transaksi setiap harinya. Dengan transaksi sebanyak itu mereka membutuhkan sebuah sistem pengaman yang bisa bekerja secara otomatis dan mandiri. Sistem “Baper” inilah yang pengguna dapatkan sekarang.

Tidak ada cara aman menggunakan Kredivo selain berhati-hati saat bertransaksi (dan sedikit keberuntungan, mungkin). Sayang sekali error “Kamu belum bisa transaksi dulu” ini sangat mengganggu kenyamanan dalam menggunakan Kredivo.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
19 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Raul andre

Cara biar aktif kembali gimana ?

Ron

Saya sudah lakukan langsung di aplikasi tp tetap saja selalu muncul pesan ituh, solusinya bagaimana ya min

Karsin

Cara transaksi langsung itu seperti apa

Muh rahim

Pada saat mau transaksi di kredivo tiba tiba mincul maaf transaksi kamu belom bisa di gunakan sememtara waktu solusinya bagaimana agar bisa di gunakan kembali

ref

ada solusi bang? punyabgue gitu juga

endank

gua dah kena yang kedua kalinya kemaren dan keduanya ini terjadi ketika gua mau bayar tagihan bulanan internet, dan ketika gua tanya cs nya mereka cuma bilang untuk suruh tunggu dan mencoba lagi setelah beberapa saat tanpa memberi tahu penyebab di tahannya transaksi, kalo gini sebagai customer jadi kesel kan, dan lagi udah kedua kalinya berasa kena kartu kuning yang artinya jika kena lagi langsung out/berhenti (jika memang benar kalo 3 kali kena langsung blokir permanent) keknya sudah saatnya berhenti nggunain paylater

dewisari

untuk ini tetap tdk bisa digunakan? atau tunggu lunas pdahal limit banyk

pabss

punya saya sudah saya jeda sampe 2 mingguan tetep gabisa, gimna ya?

Dimas

Kalo masalah isu keamanan itu bagaimana cara mengatasinya

Yani

Saya jg sama pak ini gmn saya limit ada setoran jg sudah lunas gara” lupa pin pas mau transaksi malah GK bisa transaksi demi kaamanan kty trs itu gmn jd nya yah bisa balik normal LG gak yah kan saya gda mslh