Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking. Jelas

Cara mudah untuk menjelaskan perbedaan internet banking dan mobile banking adalah dengan melihat gadget yang digunakan. Internet banking biasannya diakses melalui komputer atau laptop, sedang mobile banking menggunakan Hp. Perbedaan itu sudah cukup menjelaskan, kecuali kamu menginginkan penjelasan lain yang lebih mendetail.

Internet banking lebih dulu hadir dibanding m banking. Kala itu internet banking adalah lompatan besar dalam dunia perbankan. Beragam transaksi keuangan bisa dilakukan dari rumah tanpa perlu ke kantor cabang bank. Perkembangan teknologi yang kian mutakhir kemudian melahirkan mobile banking. Layanan perbankan yang tidak saja lebih mempermudah namun juga mengungguli pendahulunya tersebut.

Internet dan m banking memang memiliki banyak kesamaan, tetapi fakta menariknya sebenarnya mereka berdua berbeda.

Daftar Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

daftar perbedaan internet banking dan mobile banking

Kesamaan internet dan mobile banking adalah sama-sama digunakan untuk melakukan transaksi perbankan dan menggunakan jaringan internet untuk pertukaran informasinya. Sedang untuk perbedaan internet banking dan mobile banking secara spesifik diantaranya :

1. Pendaftaran

Pendaftaran internet banking bisa dilakukan secara mandiri tanpa melibatkan petugas bank. Sesaat setelah rekening dan kartu ATM mu jadi, kamu bisa langsung mengaktifkan internet banking. Proses pendaftarannya mudah dan cepat karena dilakukan di mesin ATM dan bisa dilakukan sendiri.

Pendaftaran mobile banking mengharuskanmu mendatangi kantor cabang bank. Kamu mungkin bisa langsung menggunakan menu mobile banking, tapi untuk aktifasi satu-satunya cara adalah dengan mendatangi Teller dan mendaftarkan nomor Hp yang ingin kamu gunakan.

2. Antar muka

Saat menggunakan internet banking antar muka yang kamu gunakan adalah website. Kamu mengetikkan alamat website di address bar kemudian login dengan username dan PIN (password).

Mobile banking menggunakan antar muka aplikasi. Kamu harus terlebih dahulu menginstal aplikasinya baru kemudian login dengan username dan PIN.

3. Media akses

media akses

Untuk mengakses internet banking kamu bisa menggunakan media atau gadget apa saja yang memiliki fitur browser. Kamu bisa menggunakan komputer rumah, komputer kantor, laptop, tablet hingga Hp. Kamu bisa berpindah dengan mudah dari gadget satu ke gadget lainnya.

Mobile banking hanya bisa diakses dari Hp atau Smartphone (bisa juga di tablet yang memiliki slot SIM). Karena sistem verifikasi dan perbedaan sistem operasi pada Smartphone, kamu tidak bisa berpindah dengan mudah dari Hp satu dengan Hp lainnya. Satu akun mobile banking hanya bisa digunakan di satu Hp.

4. Otentifikasi

Internet banking menggunakan otentifikasi via key token. Otentifikasi adalah proses identifikasi pengguna. Transaksi yang kamu lakukan melalui internet banking baru akan diproses oleh pihak bank setelah melalui proses otentifikasi via token tadi.

Otentifikasi mobile banking menggunakan jaringan seluler. Saat bertransaksi menggunakan m banking, sistem back end aplikasi akan melakukan otentifikasi untuk memverifkasi apa benar permintaan datang dari pengguna dengan nomor Hp yang sesuai. Karena alasan inilah mobile banking mengharuskan penggunaan kartu SIM.

5. Upgrade sistem

upgrade sistem

Karena menggunakan website, upgrade sistem pada internet banking bisa dilakukan langsung oleh pihak IT bank tanpa melibatkan kita sebagai pengguna. Jadi jika saat menggunakan internet banking namun tampilan sudah berubah dan fitur bertambah, berarti sudah dilakukan upgrade sistem oleh mereka.

Upgrade sistem pada mobile banking juga dilakukan sepihak oleh IT bank. Namun karena bentuknya adalah aplikasi, untuk bisa diterapkan maka mengharuskan kita untuk melakukan update aplikasi. Pengguna harus ikut merespon upgrade sistem untuk bisa terus menggunakan mobile banking.

Rekap perbedaan

Untuk mempermudahmu, berikut rekap perbedaan internet banking dan mobile banking dalam bentuk tabel.

ItemInternet BankingMobile Banking
PendaftaranMandiriTeller Bank
Antar mukaWebsiteAplikasi
Media aksesKomputer, laptop, tablet, SmartphoneSmartphone
OtentifikasiKey TokenJaringan seluler
Upgrade sistemOtomatisHarus update

Perbedaan Mobile dan Internet Banking Secara khusus

Tidak ada perbedaan secara khusus. Secara umum keduanya sama baiknya untuk melakukan beragam transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer dana, beli dan bayar tagihan atau beragam transaksi keuangan lainnya. Penggunaan internet atau mobile banking hanya masalah preferensi saja.

Namun sejak era ponsel pintar penggunaan mobile banking lebih dominan. Selain karena tersedianya aplikasi mobile banking yang spesifik (Android dan iOS), juga karena mobile banking menawarkan kepraktisan dan kecepatan. Praktis karena bisa langsung mengases mobile banking dalam beberapa klik dan cepat karena verifikasi hanya menggunakan PIN tanpa perlu repot membawa Key token.

Catatan Beda Internet dan Mobile Banking

catatan beda internet banking dan mobile banking

Perhatikan perbedaan pada bagian media akses. Internet banking bisa diakses dari komputer, laptop, tablet dan Smartphone sedang m banking hanya bisa diakses melalui Smartphone. Ini berarti media atau gadget terbaik yang sebaiknya kamu gunakan adalah Smartphone. Karena ia bisa digunakan untuk internet banking sekaligus mobile banking.

Seiring perkembangan Smartphone yang kian canggih, pihak bank lebih memilih untuk mengembangkan mobile banking dibanding versi internet banking. Ada banyak sekali fitur dan layanan yang terus ditambahkan sejak awal kemuculannya. Aplikasi mobile banking diproyeksikan sebagai cara terbaik untuk mengeksekusi beragam transaksi perbankan kini dan nanti di masa depan.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar