Cara Menolak Teman Pinjam Uang. Tips Bebas Konflik

Pada artikel yang membahas cara menolak teman pinjam uang yang ada di internet, hampir semuanya seolah-olah menempatkan teman sebagai sosok jahat sehingga tidak layak untuk dipinjami uang. Mereka sebisa mungkin ditolak, namun dengan penolakan yang tidak menyinggung agar hubungan pertemanan tidak terganggu.

Mengapa teman yang ingin meminjam uang cenderung dihindari? Bukankah seharusnya dibantu dengan senang hati karena ia temanmu? Ada banyak kekhawatiran saat teman meminjam uang. Dari mulai pembayaran lama, rasa sungkan untuk menagih hingga resiko konflik pada saat penagihan.

Penyebab utamanya bukanlah karena ia teman melainkan karena ia mau meminjam. Sifat uang sangat sensitif. Apa yang selama ini baik-baik saja bisa dalam sekejap berubah jika melibatkan uang.

Tips Cara Menolak Pinjaman Uang

tips cara menolak pinjaman uang

Seharusnya cara menolak pinjaman uang khususnya yang datang dari teman tidaklah susah. Ia akan sesederhana mengatakan, “Tidak” saat teman menawari makanan dan kita tidak berminat. Namun untuk menghindari terciptanya drama, beberapa tips berikut bisa kamu terapkan.

Cara menolak teman pinjam uang dengan baik-baik :

1. Dengarkan ceritanya

Ia akan datang dengan cerita yang melatarbelakangi mengapa ia membutuhkan pinjaman. Biarkan ia menyelesaikan cerita dan jangan putus ditengah jalan meski kamu sudah menduga akhir dari cerita tersebut. Betul kamu akan menolaknya, tapi jika kamu keberatan memberinya uang setidaknya beri ia perhatian.

2. Berikan dukungan

Beri dukungan moril pada masalah atau kesulitan yang sedang menimpanya. Jika kamu merasa ada yang keliru dari cara pandangnya (misal dia butuh uang hanya untuk kebutuhan konsumtif), ingatkan ia baik-baik. Sebelum uang, hal pertama yang harus seorang teman beri adalah kepedulian.

3. Tolak dengan alasan

Jika kamu tidak bisa atau tidak ingin meminjaminya uang, berikan alasan yang bisa diterima. Semakin masuk akal alasanmu akan semakin mudah baginya untuk memahami. Ini adalah momen penting dimana hubungan pertemananmu dipertaruhkan. Berikut beberapa alasan yang bisa diterima secara umum :

  • Tidak ada uang
  • Ada namun sedang ada kebutuhan
  • Ada namun harus izin orang tua, suami/istri atau keluarga yang lain
  • Siap membantu tapi tidak dalam bentuk materi
  • Tidak bisa meminjamkan karena alasan prinsip

4. Bantu temukan solusi

Sebaik apapun alasan yang kamu sampaikan, itu akan tetap membuatnya kecewa. Bantu ia melewati kekecewaan itu dengan memikikirkan opsi lain yang mungkin. Satu pikiran bisa buntu mencari solusi, namun dua kepala bisa lebih mungkin memecahkan masalah.

5. Do’akan yang terbaik

Uangmu adalah hakmu untuk kamu gunakan untuk apa, termasuk untuk kamu pinjamkan atau tidak. Namun temanmu juga berhak mendapatkan perlakuan layaknya seorang teman. Optimiskan harapannya dan kirim doa tulusmu agar ia cepat bisa keluar dari kesulitan keuangannya.

Selain teman, kamu bisa meminjam uang di aplikasi dan membayarnya secara mencicil. Selengkapnya : Pinjol bayar bulanan.

Haruskah Menolak Saat Teman Pinjam Uang?

haruskan menolak teman pinjam uang

Cara menolak teman pinjam uang di atas sama sekali tidak bermaksud menutup kemungkinan lain. Yah, kamu sangat boleh memberinya pinjaman jika memang bisa. Bahkan itu akan membuatnya senang dan kamu pun akan akan merasa bersyukur sudah bisa membantunya. Sebuah kondisi persahabatan yang ideal.

Keputusan mengiyakan atau menolak saat teman meminjam uang 100% adalah kehendakmu. Alasannya sangat jelas, karena itu uangmu dan ia temanmu. Tidak ada pihak luar manapun yang bisa memaksamu untuk mengambil sikap tertentu. Namun demi kelanggengan hubungan pertemanan, sebaiknya pahami hal-hal berikut jika ingin memberikan pinjaman :

  • Hanya pinjami jika kamu yakin ia mampu membayar.
    Dalam urusan uang (hutang) itikad baik saja tidak cukup, harus diimbangi dengan kemampuan bayar.
  • Beri jatuh tempo pengembalian.
    Ini bisa membuatnya berhati-hati dalam menggunakan pinjaman tersebut dan mulai memikirkan cara untuk mengembalikannya sejak dini.
  • Siap kehilangan salah satunya.
    Saat meminjamkan uang kepada teman, bersiaplah kamu kehilangan salah satunya. Hilang uang jika ia tidak mampu membayar dan kamu tidak tega untuk menagihnya. Atau kehilangan teman jika karena terpaksa kamu harus menagih dengan cara yang menyisakan luka.

Catatan Menolak Teman Pinjam Uang

catatan oleh krediblog

Cara menolak teman pinjam uang di atas hanya bagus secara teori saja. Pada prakteknya kemungkinan besar tidak akan semulus itu. Uang itu sensitif dan kerap membuat orang-orang yang berurusan dengannya menjadi sama sensitifnya. Kamu sudah akan dicemberuti temanmu saat baru saja berucap, “Maaf ya, …”.

Krediblog salah satu yang tidak sepenuhnya percaya bahwa jika teman datang meminjam uang itu harus ditolak. Melainkan akan tergantung profil teman tersebut dan kondisi keuangan pada saat itu. Kita membagi banyak hal dengan teman. Makanan, ide, lelucon, cerita, harapan hingga omong kosong. Ia sama sekali bukan sosok jahat saat tiba-tiba datang mengajukan pinjaman. Maka jika belum bisa memberinya pinjaman sebanyak yang ia butuhkan, kita bisa memberinya bantuan sebanyak yang kita bisa.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar