Cara Menagih Hutang Lewat WhatsApp. Baik & Sopan

Cara menagih hutang lewat WhatsApp – Mengapa lewat WhatsApp? karena orang cenderung tidak enakan jika harus menagih secara langsung. Kata menagih memiliki konotasi negatif. Menagih berarti meminta sesuatu yang sudah jatuh tempo, menggugat apa yang dijanjikan dan menuntut penyelesaian hak.

Tidak ada orang yang suka ditagih karena terkesan dipaksa dan diburu-buru. Namun menagih bagi kebanyakan orang juga bukan aktifitas yang menyenangkan. Ia kombinasi antara perasaan tegang, dag dig dug dan harap-harap cemas. Kita menjadi tidak enak jika raut muka orang yang ditagih mendadak berubah setelah kita menyampaikan maksud. Maka jika bisa lebih baik jangan sampai menagih. Atau jika itu harus dilakukan lebih nyaman tidak secara langsung atau melalui media chat seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger dan lainnya.

Membayar Hutang Itu Susah

Menagih hutang memang sebuah problem. Khususnya jika yang berhutang tidak memiliki itikad yang baik. Tidak saja pinjam meminjam antar sesama teman atau saudara, penagihan pada lembaga keuangan formal juga tak luput dari masalah. Dalam setiap tahunnya selalu ada saja pengguna yang gagal bayar. Penagihan atau Collection biasanya menjadi bagian yang paling berat kerjaannya. Karena harus menghadapi orang-orang yang kerap “berlarian” kesana kemari.

Membayar hutang sendiri memang pekerjaan yang tidak mudah. Alasan seseorang meminjam adalah adanya kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi. Kebutuhan tersebut lalu ditutup dari dana pinjaman. Jika tiba waktunya membayar hutang berarti harus menyiapkan dana 2 kali lipat saat itu juga. Pertama dana untuk kebutuhan rutin dan yang kedua dana untuk bayar hutang. Jika hanya ada 1 kali dana, maka hanya bisa untuk memenuhi salah satunya saja. Yang mana itu berpotensi besar untuk membuka hutang baru. Terus saja seperti itu.

Tips Cara Menagih Hutang Lewat WhatsApp dengan Sopan

tips cara menagih hutang lewat whatsapp

Jika kebetulan kamu memiliki piutang yang mau jatuh tempo atau mendadak membutuhkan dana segera, menagih menjadi satu-satunya pilihan. WhatsApp karena hampir digunakan oleh semua orang bisa menjadi cara yang pas untuk melakukan penagihan. Berikut tips menagih hutang lewat WhatsApp yang bisa kamu terapkan :

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit

Cara menagih hutang lewat WhatsApp :

  1. Kirim WA di pagi hari

    Kirim pesan penagihanmu antara pukul 09.00 s/d 12.00. Pada jam tersebut kondisi pikiran sudah fokus dan tubuh siap mengerjakan tugas yang sulit dan keras.

  2. Jelaskan tujuan penagihan

    Misal untuk bayar ini, beli itu atau lainnya. Mengetahui uangnya akan dialokasikan untuk kebutuhan tertentu mendorong yang berhutang untuk mengupayakannya.

  3. Tagih jauh-jauh hari

    Jangan mendadak. Sampaikan 2-4 minggu sebelumnya agar cukup waktu untuk mempersiapkan dana.

  4. Bangun komunikasi

    Jangan tiba-tiba chat menagih hutang. Sebagai teman seringlah bertegur sapa atau membahas suatu topik. Ini untuk menghindari kekakuan dan pesan WA yang tidak dibuka tepat saat penagihan dikirim.

  5. Maaf dan terimakasih

    Sampaikan maaf karena harus menagih dan terimakasih atas niatnya untuk mengusahakan. Benar itu uangmu, namun dengan memintanya baik-baik mereka akan sungkan dan mengupayakannya dengan sungguh-sungguh.

Cara menagih hutang lewat WhatsApp diatas bisa juga kamu gunakan untuk media chat lainnya. Poinnya adalah menyampaikan pesan penagihan disaat yang tepat dan bisa diterima.

Butuh rekomendasi pinjaman tunai yang cepat cair? Coba JULO dan KrediFazz. Baca revienya di review JULO dan review Kredifazz.

Ingat Ini Saat Menagih Hutang Lewat WhatsApp

catatan menagih hutang

Meski secara teori cara menagih hutang lewat WhatsApp diatas sangat meyakinkan, sayangnya tidak ada jaminan itu akan berhasil. Dari pengalaman Krediblog, tidak ada hal yang paling tepat untuk menagih kecuali saat mereka memiliki uang. Karena mau sebaik apapun cara yang digunakan dan sesopan apapun kita menyampaikan, itu tetap tidak berguna jika yang ditagih memang sedang tidak memiliki uang dan sama sekali tidak memiliki pandangan untuk mengusahakannya kemana.

Jika kamu pernah berhutang, kamu akan menyadari betapa beratnya ia. Maka menjadi masuk akal jika membayar hutang disamakan dengan jihad karena perjuangannya. Jika saat menagih hutang kerap membuatmu marah coba ingat ini, sesusah-susahnya kamu menagih hutang lebih susah mereka dalam mengusahakan pembayarannya. Itu bukan berarti kamu tidak boleh menagih, melainkan mengedepankan rasa persaudaraan. Karena biasanya yang mereka butuhkan hanya sedikit tambahan waktu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar