Penagihan AdaKami

Penagihan adalah aspek penting dari sebuah perusahaan pinjaman. Mengerjakannya tanpa ketegasan berpotensi memicu banyaknya kasus tagihan menunggak. Namun melakukannya dengan berlebihan juga bukan cara yang baik, karena jika pengalaman pengguna buruk mereka akan kapok meminjam. Inilah yang sedang dialami oleh Tim Collection AdaKami.

Tanggal Jatuh Tempo AdaKami

tanggal jatuh tempo penagihan adakami

Tanggal jatuh tempo akan mengikuti tenor cicilan yang kamu pilih. Jika kamu menggunakan pinjaman harian dengan tenor 14 hari, maka 14 hari kemudian tagihanmu akan jatuh tempo. Misal jika kamu mengajukan pinjaman pada tanggal 1 Desember, maka tenor 14 hari akan jatuh tempo pada tanggal 15 Desember. Tenor mulai dihitung sehari setelah penerimaan dana.

Perhitungan seperti itu berlaku untuk pinjaman dengan tenor yang lain, termasuk untuk jenis pinjaman cicilan. Pada saat pengajuan, akan ada estimasi jatuh tempo untuk setiap tenor yang kamu pilih. Jadi kamu tahun kapan pembayarannya untuk setiap pinjaman dan bisa kamu sesuaikan dengan tanggal gajianmu.

Metode Penagihan AdaKami

7 hari menjelang jatuh tempo akan ada tim penagih yang menelponmu. Yang melakukannya beneran “tukang tagih” bukan mesin penjawab atau Bot. Jika kamu belum juga melakukan pembayaran, mereka akan kembali menelpon pada 3 hari sebelum jatuh tempo. Dan beberapa kali Krediblog juga pernah kembali ditelpon pas hari jatuh tempo.

Karena menagih melalui telpon sudah sangat efektif, Ada Kami tidak menggunakan metode penagihan lain seperti SMS atau email. Dan karena kamu akan ditelpon langsung oleh sosok yang hidup (bukan penagih rekaman), pandailah mengontrol emosi karena diingatkan tagihan tidak pernah menyenangkan.

Debt Collector AdaKami

debt collector penagihan adakami

Ada begitu banyak sekali keluhan tentang cara Debt Collector AdaKami dalam melakukan penagihan. Kamu bisa menemukan daftar keluhan tersebut pada website pengaduan konsumen, forum, kolom komentar portal berita hingga akun sosmed resmi Ada Kami. Umumnya yang mereka keluhkan adalah ketidaksabaran para DC dalam menagih. Seolah mereka ingin cepat-cepat dibayar tidak peduli apapun kesulitan yang sedang dihadapi pengguna. Ini diperparah dengan kekerasan verbal yang tak jarang digunakan dalam prosesnya. Maka jangan kaget jika ada yang menyebut Ada Kami adalah pinjol legal rasa ilegal.

Ada Kami pernah memposting tips penagihan yang baik untuk perusahaan pinjol di akun Instagram-nya, tak ayal postingan tersebut digeruduk oleh komentar pengguna yang merasa apa yang dilakukan DC AdaKami berbeda 180° dari apa yang ditulis. Jika kamu lama tinggal di Indonesia, kamu pasti tahu sarkasnya netizen Indo yang sakit hati. Dan itu terus berlangsung pada hampir semua postingan yang ada, seolah keluhan itu menimpa semua pengguna.

Gagal Bayar AdaKami

Apakah DC AdaKami akan datang ke rumah jika gagal bayar? Jawabannya iya. Mendatangi rumah (atau tempat kerja) adalah prosedur umum yang dilakukan untuk pengguna yang tidak jelas status pembayarannya. Tidak jelas yang dimaksud adalah sudah tidak lagi membayar tagihan selama sebulan lebih, tidak bisa lagi dihubungi dan tidak nampak itikad baik untuk menyelesaikan tagihan yang ada.

Jika kebetulan kamu menunggak dan tidak ingin dikunjungi maka jelaskan statusmu. Sampaikan sebab kesulitanmu dan estimasikan kapan kamu bisa melakukan pembayaran. Kunjungan DC ke rumah umumnya mencari kejelasan, jika kamu sudah memberikannya maka mereka tidak akan lagi mencarinya.

Catatan Penagihan AdaKami

catatan penagihan adakami

Jika diperhatikan, keluhan tetang penagihan AdaKami baru mulai gencar sekitar 6 bulan belakangan ini (pertengahan 2021). Jika melihat sepak terjang Ada Kami dan reputasi mentereng yang dimiliki, kuat dugaan mereka hanya salah pilih Tim Collection. Berikut beberapa alasan yang menguatkannya :

  • Tidak mungkin Tim Ada Kami merusak nama baiknya sendiri.
  • Tidak semua pengguna mendapatkan penagihan yang buruk, Krediblog contohnya. Dalam 4 kali meminjam tidak penah sekalipun ada tim penagih yang galak, mengintimidasi atau berkata kasar. Ini berarti ada segmen atau area pengguna yang mendapatkan “DC baik” seperti ini.
  • Penagihan yang kasar kemungkinan dilakukan oleh pihak ketiga. Ini bisa dilihat dari tidak pedulinya mereka terhadap nama baik Ada Kami.
  • Ada Kami perlu menggunakan jasa penagihan pihak ketiga dikarenakan mereka memiliki jumlah pengguna yang masif.
  • Setelah banyak sekali laporan dari pengguna, keluhan penagihan yang kasar berangsur berkurang (akhir 2021 kasus mulai menurun).

Jika dugaan Krediblog benar, harusnya keluhan tentang penagihan AdaKami yang kasar dan barbar tidak lagi ada setelah mereka melakukan bersih-bersih.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram