Kredit Pintar

Penagihan Kredit Pintar dan pembahasan lainnya :

Penagihan Kredit Pintar

Rating 4,8 ternyata tidak menjamin semua pinjaman lancar tanpa perlu repot-repot dilakukan penagihan. Dari media pengaduan semacam Media Konsumen, ada beberapa surat pengguna yang mengeluhkan penagihan Kredit Pintar. Itu artinya ada juga masalah kredit macet disini.

Metode Penagihan

metode penagihan kredit pintar

7 hari sebelum jatuh tempo, akan ada yang menelpon dan mengingatkan untuk segera melakukan cicilan, biasanya itu dilakukan otomatis oleh mesin. Pengingat otomatis baik melalui telpon, SMS atau WhatsApp akan semakin sering kamu terima saat mendekati tanggal jatuh tempo.

Bisa dibilang penagihan Kredit Pintar cukup “berisik”. Padahal tanggal jatuh tempo sudah jelas, perhitungan keterlambatan juga sudah ada, harusnya bisa dibuat “Slow” karena toh belum jatuh tempo.

Apakah DC Kredit Pintar Datang ke Rumah?

Ya. Mereka merupakan salah satu perusahaan pinjol yang serius dalam hal penagihan. Dari cara penagihan yang dilakukan, seolah mereka tidak ingin ada sepeserpun uang yang lepas. Jika pada perusahaan pinjol lain harus menunggak lama dulu baru didatangi DC, penagihan Kredit Pintar langsung mengirimkan DC ke rumah meski tunggakan belum genap 1 bulan.

Jika kebetulan kamu sedang menunggak dan mendapatkan informasi bahwa akan ada tim DC yang datang ke rumah, besar kemungkinan itu benar dilakukan dan bukan gertak sambal belaka.

Apakah Mereka akan Melakukan Penyebaran Data?

Secara aturan, Tidak. Mereka tidak saja terdaftar di OJK tetapi sudah berizin. Pada pinjol resmi semacam ini mereka terikat pada SOP penagihan yang harus dipatuhi, diantaranya dilarang untuk melakukan penyebaran data maupun melakukan penagihan yang membuat malu pengguna. Jika kamu menemui atau meraskan penagihan Kredit Pintar melanggar aturan itu, kamu bisa melaporkannya ke OJK dan AFPI. Jangan lupa sertakan bukti yang memperkuat laporanmu.

Gagal Bayar Kredit Pintar

gagal bayar penagihan kredit pintar

Jika menunggak beberapa hari saja sudah didatangi DC lapangan bagaimana jika sampai gagal bayar atau galbay? Pastinya lebih serius lagi. Dikutip dari Help Desk, berikut tindakan yang akan dilakukan jika kamu gagal bayar :

  • Penagihan dengan “peringatan”.
    Kamu akan mendapatkan pesan peringatan baik melalui SMS, WhatsApp maupun media lainnya.
  • Penagihan melalui telepon.
    Kamu akan ditelpon langsung untuk membahas tunggakan yang ada.
  • Penagihan melalui kunjungan langsung.
    Akan ada DC lapangan yang mendatangi rumah, lokasi usaha atau tempat lain yang mengindikasikan keberadaanmu.
  • Penagihan melalui telepon kepada kontak darurat.
    Kontak tersebut bisa saja keluarga, teman atau pihak lain yang dijadikan kontak darurat pada saat pendaftaran. Namun karena sifatnya yang sensitif, penagihan kepada kontak darurat ini baru dilakukan jika:
    • Kamu terus menunggak dan tidak diketahui keberadaanya meskipun sudah dilakukan kunjungan ke rumah.
    • Tidak ada komunikasi atau itikad baik untuk melakukan pelunasan hutang.
  • Penagihan melalui jalur hukum.
    Merujuk pada pinjol lainnya, jalur hukum yang dimaksud kemungkinan pemberian surat somasi untuk segera melakukan pelunasan yang dilakukan oleh pengacara yang ditunjuk.
  • Melakukan upaya-upaya lain yang dianggap perlu sebagai upaya penagihan.

Catatan

Setelah mengetahui penagihan Kredit Pintar yang “keras”, masih tertarik kah mengajukan pinjaman disini? Untuk kamu yang tidak yakin setorannya akan lancar, sebaiknya cari alternatif pinjol lain.

Sebenarnya cara penagihan yang dilakukan bisa juga disebut tegas, mereka memastikan agar semua pinjaman bisa lunas terbayar dan tidak menyisakan sedikitpun ruang untuk kredit macet. Benar ada beberapa keluhan terkait cara penagihan yang dilakukan, tapi jangan lupakan bahwa banyak juga pengguna yang aman-aman saja. Mereka tidak masalah dengan sistem penagihan yang diberlakukan karena selama bisa membayarnya sesuai tenggat waktu, itu tidak jadi masalah.

KreditPintar bukan untuk semua orang, ukur kemampuan bayarmu dari sekarang. Jika kamu sedang menunggak, segera lakukan pelunasan karena kamu lihat sendiri mereka tipe yang serius. Untuk kamu yang belum bergabung, pikir dua kali sebelum kesulitan untuk keluar saat sudah berada di dalam.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.