Penagihan Shopee Pinjam

Penagihan Shopee Pinjam menjadi aspek yang tidak disukai oleh kebanyakan pengguna. Sebabnya karena tim penagih terkadang tidak sabaran ketika melakukannya.

Tanggal Jatuh Tempo

Shopee Pinjam memiliki tanggal jatuh tempo yang tetap pada setiap bulannya. Yaitu pada tanggal 5 setiap bulannya atau akan ditentukan saat aktivasi akun. Jadi tanggal berapapun kamu mengajukan pinjaman bayarnya akan selalu pada tanggal 5. Yang membedakan adalah apakah dibayar tanggal 5 bulan besok atau bulan depannya lagi.

Krediblog pernah memposting tulisan tentang cara menentukan tanggal jatu tempo SPinjam. Dimana dengan sedikit hitung-hitungan kamu bisa mendapatkan tenor hingga 40 hari. Karena postingan tersebut sudah ramai dengan tanya jawab dari pengguna, maka tidak akan dibahas lagi disini. Kamu yang ingin bertanya perihal jatuh tempo pengajuanmu silahkan merujuk kesana.

Metode Penagihan Shopee Pinjam

metode penagihan shopee pinjam

Shopee Pinjam tidak berisik dalam melakukan pengingat tagihan. Mereka hanya mengirimkan notifikasi penagihan melalui Push Notification. Biasanya mulai dikirim menjelang 10 hari dari jatuh tempo dan diingatkan kembali pada saat jatuh tempo kian dekat. Tidak ada penagihan lewat email, SMS atau telpon.

Namun karena sifatnya kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu. SPinjam bisa saja lebih aktif dalam menagih dengan mengirimkan SMS atau melakukan telpon untuk menagih langsung. Cara yang terakhir ini terbilang efektif dalam menagih terbukti banyak dari aplikasi pinjaman lain yang melakukannya.

Debt Collector Shopee Pinjaman

Penagihan berbeda diterapkan pada pengguna yang mengalami keterlambatan atau sudah menunggak lama. Biasanya Debt Collector (atau Desk Collection) akan lebih berisik dan galak. Kamu akan terus menerus ditagih baik melalui SMS, WhatsApp hingga telpon. Semakin lama kamu membayarnya maka akan semakin sering perlakukan seperti itu kamu dapatkan.

Penagihan Shopee Pinjam yang seperti itulah yang tidak disukai oleh para penggunanya. SPinjam sudah mulai berisik meski keterlambatan baru beberapa hari. Mereka langsung bergerak jika ada kasus keterlambatan terjadi mengantisipasi agar tunggakan tidak semakin lama.

Apakah DC Shopee Pinjam Datang ke Rumah?

penagihan debt collector shopee pinjam datang ke rumah

Sampai saat tulisan ini ditulis, belum ada pengguna yang menceritakan bahwa mereka didatangi DC Shopee Pinjam ke rumah. Banyak dari mereka yang menceritakan setiap hari di WA, ditelpon dan sudah dijadwalkan kunjungan tanggal sekian pada jam sekian, sudah izin RT/RW setempat tapi DC tidak juga datang ke rumah.

Apakah itu berarti DC Shopee Pinjam tidak mendatangi rumah? tidak seperti itu. Penagihan lapangan adalah solusi terakhir yang akan ditempuh. Jika DC belum berkunjung artinya mereka masih mengusahakan cara alternatif. Secara aturan mendatangi ke lokasi pengguna (rumah, kantor atau tempat kerja) untuk menagih adalah tindakan yang sesuai prosedur. Bahkan pengguna sudah menyetujuinya pada syarat dan ketentuan sewaktu pendaftaran.

Gagal Bayar dan Wanprestasi

Shopee menyebut bahwa mereka melakukan pelaporan data ke SLIK OJK setiap bulannya. Itu artinya status kolektibilitasmu bisa langsung diketahui di SLIK OJK meski keterlambatanmu baru dalam hitungan minggu. Terlebih yang menunggak berbulan-bulan atau gagal bayar. Kasus yang sering terjadi adalah pengguna sudah melakukan pembayaran namun di SLIK masih tercatat macet. Itu disebabkan karena SLIK diupdate setiap periode tertentu dan data terbaru baru dapat diketahui pada update periode berikutnya.

Pada kasus keterlambatan yang parah atau tidak jelas bagaimana kelanjutannya, pihak Shopee tidak segan mengirim somasi melalui kuasa hukumnya. Shopee serius mengelolala bisnis pinjamannya, seserius mereka mengejar dana yang hilang.