Penagihan Tunaiku

Penagihan Tunaiku adalah satu hal yang harus kamu perhatikan dengan serius. Jika ada alasan mengapa Tunai ku sebaiknya tidak dipilih, itu berkaitan dengan cara mereka melakukan penagihan. Jika ada cacat dalam sempurnanya layanan Tunai ku, itu adalah cara penagihannya. Pada setiap review pengguna yang kamu jumpai, selalu ada yang menceritakan bagaimana tidak enaknya ditagih oleh tim collector Tunai ku.

penagihan tunaiku

Tanggal Jatuh Tempo Tunaiku

Penentuan tanggal jatuh tempo adalah sebab pertama mengapa nama baik departemen penagihan Tunaiku menjadi jelek. Ada sedikit kesalahpahaman disini. Tanggal jatuh tempo yang benar adalah yang tertulis di surat kontrak tetapi yang tertera di aplikasi malah berbeda. Biasanya di aplikasi akan tertulis 1 hari lebih lama. Ini menjadi masalah karena kebanyakan pengguna akan menganggap jatuh temponya adalah yang tertera di aplikasi karena itu yang lebih sering di lihat.

Pembayaran cicilan pertama jatuh pada 26-28 hari setelah dana cair. Jika kamu mengajukan pada 1 Juli dan dana cair pada 2 Juli, maka cicilan pertama akan tertera 29 Juli pada surat kontrak dan 30 Juli pada aplikasi. Itu artinya tanggal terakhir pembayaranmu adalah pada tanggal 29 Juli. Tanggal 30 sendiri adalah tanggal dimana aplikasi melakukan finalisasi checking. Yang jika pada tanggal tersebut belum ada dana masuk, kamu sudah terhitung terlambat membayar cicilan. Saat dimana tim penagih sudah mulai mengeluarkan kata-kata panas.

Penyebab kedua mengapa jatuh tempo Tunaiku sering sekali menyebabkan konflik adalah karena mereka menetapkan jam kerja. Misal jatuh tempomu adalah tanggal 20 Juli namun tanggal tersebut jatuh pada hari Minggu. Maka jatuh tempo terakhirmu adalah pada hari Jum'at 18 Juli sebelum jam 12 siang. Jika kamu membayarnya pada tanggal 19 Juli maupun tepat di tanggal 20 nya, sudah dikenakan denda karena dalam perhitungan mereka 18 Juli keatas sudah masuk periode bulan berikutnya. Untuk menghindari masalah seperti ini, perhatikan baik-baik jatuh tempo penagihan Tunaiku.

Metode Penagihan Tunaiku

7 hari sebelum jatuh tempo akan ada tim Desk Collection yang menelponmu dan mengingatkan perihal tagihan yang akan jatuh tempo. Bukan rekaman maupun pesan otomatis melainkan staff Tunaiku langsung. Bersamaan dengan itu kamu juga akan menerima notifikasi pengingat tagihan melalui SMS dan email.

Penagihan SMS dan email akan kembali dikirimkan 3 hari menjelang jatuh tempo. Secara umum sistem penagihannya runut dan berpola. Jika sudah mengenali polanya, kamu akan terbiasa dan tidak terganggu karenanya.

Debt Collector Tunaiku

Debt Collector Tunai ku atau tim tagihnya sepertinya tidak main-main dalam melakukan penagihan. Ini bisa dilihat dari banyaknya kesan buruk yang mereka tinggalkan. Pengguna sendiri akhirnya tidak kalah galak dalam menuliskan pengalamannya, ada yang menyebutnya “preman jalanan”, “tidak pernah sekolah”, hingga “kaya t*i”.

debt collector tunaiku

Jika kamu tidak yakin memiliki kemampuan untuk membayar cicilan secara tepat waktu, sebaiknya hindari Tunai ku. Bayar tepat waktu atau jangan pilih Tunai ku sama sekali. Meski ketika terlambat di pinjol manapun hampir semua DC-nya menagih dengan galak, sepertinya DC Tunaiku ini yang paling galak. Tunai ku tidak menyisakan ruang “santai” untuk setiap keterlambatan tagihan.

Apakah DC Tunaiku akan datang ke rumah? mereka tidak akan langsung mengirimkan orang ke rumah, akan tetapi itu akan dilakukan jika memang sangat diperlukan. Artinya kunjungan DC ke rumah menjadi solusi terakhir yang akan ditempuh.

Gagal Bayar Tunaiku

Jika terlambat 1 hari saja sudah ditagih dengan cara yang tidak menyenangkan, bagaimana jika terlambat berbulan-bulan atau bahkan gagal bayar?. Tidak banyak informasi yang bisa ditemukan terkait galbay di Tunai ku, namun mereka menjelaskan bahwa ada beberapa skenario yang akan menjadi solusi dari permasalah gagal bayar.

Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan memberi peringatan bagi pengguna dengan menghubungi via e-mail, langsung melalui telepon hingga melakukan kunjungan ke rumah. Kedua, membawa permasalahan tersebut ke pengadilan. Hal ini sesuai dengan persetujuan yang telah ditandatangani oleh para peminjam di surat kontrak.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram