Penagihan JULO

Penagihan JULO khususnya yang terkait dengan DC merupakan salah satu yang unik. Disebut begitu karena sampai saat artikel ini ditulis merekalah aplikasi pinjol yang paling sedikit keluhannya terkait DC yang melakukan penagihan.

Tanggal Jatuh Tempo JULO

tanggal jatuh tempo penagihan julo

Krediblog tidak yakin dengan cara JULO menetapkan tanggal jatuh tempo. Dari semua pinjaman yang pernah Krediblog ajukan, semuanya jatuh tempo pada tanggal 7 bulan berikutnya. Selalu seperti itu meski kadang di tanggal 7 itu kurang dari 30 hari dari tanggal pengajuan pinjaman.

Sepertinya tanggal jatuh tempo ditentukan pada saat pertama kali melakukan transaksi. Jatuh tempo untuk transaksi berikutnya akan mengikuti tanggal pada transaksi pertama. Misal pada pengajuan pertama jatuh tempomu ditentukan pada tanggal 5. Maka pada transaksi kedua tanggal berapapun kamu melakukan transaksi, jatuh temponya pada tanggal 5 bulan berikutnya. Perhitungan jatuh tempo ini sama untuk transaksi pinjaman maupun kredit.

Metode Penagihan

Penagihan JULO menggunakan 3 metode, yaitu SMS, email dan telpon. Beberapa hari menjelang jatuh tempo pembayaran kamu akan menerima salah satu dari Reminder tagihan tersebut. Dan pengingat tagihan tersebut akan kembali dikirim saat jatuh tempo semakin dekat atau pada hari H-nya.

Diantara SMS, email dan telpon yang berpotensi besar mengganggumu adalah penagihan via telpon. Yang menagihmu adalah tim Desk Collection langsung bukan Bot maupun mesin penjawab. Krediblog pernah beberapa kali ditelpon pagi-pagi saat sedang mengendarai motor. Saat mengecek HP ternyata ada 7 panggilan tak terjawab. Sempat penasaran siapa yang pagi-pagi mencoba nelpon sampai berkali-kali. Siangnya nomor itu menelpon lagi. Ternyata itu adalah reminder tagihan JULO yang sebentar lagi jatuh tempo. Tidak penting ceritanya, hanya ingin menggambarkan seperti itulah “kegigihan” mereka dalam melakukan penagihan. Karena metode seperti ini berpotensi menggangu kenyamannmu, pandai-pandailah mengontrol emosi karena secara prosedur sah bagi mereka untuk melakukan penagihan tersebut baik sekedar mengingatkan maupun menagih langsung.

Debt Collector JULO

debt collector penagihan julo

Berbeda dengan DC pinjol lain, Debt Collector JULO sangat jarang terdengar ceritanya. Tidak banyak kasus yang ditemui perihal DC JULO yang kasar dalam menagih atau semacamnya. Bahkan dalam kolom komentar yang disediakan di blog ini seingat Krediblog belum ada pengguna yang bercerita tentang DC JULO yang meresahkan mereka. Keluhan terkait JULO memang ada di website keluhan konsumen namun itu adalah masalah reminder penagihan yang menggangu, pembayaran yang tidak terdeteksi atau masalah teknis lainnya.

Ada 3 kemungkinan dari senyapnya DC Julo ini. Yang pertama adalah semua pembayaran lancar sehingga tidak ada tagihan macet. Yang kedua JULO menggunakan strategi taktis dan menghindari bermain kasar, terlambat membayar langsung oper ke SLIK OJK. Atau yang ketiga semua kasus belum muncul ke permukaan. Baik karena penggunanya yang mungkin belum banyak atau memilih untuk tidak menceritakannya. Kita lihat saja besok.

Apakah DC JULO Datang ke Rumah?

Apakah DC JULO akan datang ke rumah? Ya. Jika terjadi keterlambatan, maka pengguna bersedia, setuju, dan memberikan izin kepada pihak JULO atau pihak yang ditunjuk JULO untuk melakukan penagihan dan/atau kunjungan sesuai dengan peraturan di Indonesia. Itu tercantum di Surat Perjanjian Hutang Piutang yang pengguna terima salinannya.

Gagal Bayar JULO

Kasus gagal bayar akan selalu menjadi resiko dari bisnis pinjaman, jadi baik penagihan JULO lunak atau keras potensinya akan selalu ada. Tidak ditemukan informasi bagaimana cara JULO menyelesaikan kasus gagal bayar. Namun penyelesaian yang umum ditempuh adalah dengan menyerahkan data pengguna ke SLIK OJK sebagai konsekuensi.

Catatan Penagihan JULO

Penagihan adalah salah satu aspek yang bisa dimodifikasi dan diupdate baik metode maupun sistemnya. Itu artinya model yang dirasa kurang bekerja saat ini bisa diperbaiki dengan versi yang lebih efektif. Namun sampai ditemukan versi yang lebih baik, selalu pahami bahwa ditagih adalah konsekuensi nyata dari meminjam.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram