Ingat CAMILAN, Agar Pinjol Tidak Sebar Data dan Sadap HP

Agar pinjol tidak sebar data – Melakukan pinjaman tunai secara online selain praktis karena bisa dilakukan tanpa keluar rumah, juga menjanjikan proses yang sangat cepat. Bahkan pada aplikasi pinjaman online tertentu, dana bisa cair dalam 5 menit atau nyaris instan. Sekalipun pengajuanmu tidak di acc pada satu platform, kamu bisa dengan segera dan saat itu juga mengajukannya di platform lainnya. Meski pengajuanmu akhirnya di acc pada percobaan kelima, effort yang kamu lakukan jauh lebih ringan dibandingkan jika harus meminjam secara offline. Singkat kata, meminjam secara online sangat mudah dan praktis.

Sayangnya itu baru satu sisi cerita. Pinjaman online selain menyajikan kemudahan, ia juga menyisakan resiko dibelakangnya. Pada kebanyakan aplikasi pinjol, mereka memiliki kemampuan untuk mengakses hampir semua data pada Smartphone-mu. Alasan mereka tidak melakukannya adalah karena hal tersebut terlarang dan terdapat sangsi hukum jika melakukannya. Pertanyaannya kemudian, bagaimana jika ada pinjol (biasanya pinjol ilegal) yang mengabaikan aturan itu? Apakah itu berarti pinjol tersebut bisa menyadap data pada Hp?

Pinjol Ilegal Apakah Sebar Data?

agar pinjol tidak sebar data

Seluruh anggota AFPI, penyelenggara fintech P2P lending yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), harus tunduk terhadap regulasi dari OJK dan code of conduct yang ditetapkan AFPI, yakni terkait akses data pada Hp yang diperbolehkan hanya CAMILAN yaitu: camera, microphone dan location. Hal tersebut ditetapkan dengan tujuan meminimalisir penyalahgunaan data konsumen. Itu berarti setiap kali kamu mengistal aplikasi pinjol, akses yang boleh diberikan hanya kamera, mikropon dan lokasi. Kamera untuk kebutuhan foto selfi dengan KTP, mikropon untuk verifikasi suara dan lokasi untuk memastikan bahwa kamu berada di area yang terjangkau.

Bagaimana jika terdapat pinjol yang meminta data akses lebih dari CAMILAN? Untuk pinjol yang terdaftar dan berizin di OJK, kemungkinan besarnya tidak. Karena selain hal tersebut dilarang untuk dilakukan, juga karena untuk kebutuhan kredit skoring sudah cukup dengan CAMILAN. Namun berbeda cerita bagi pinjol ilegal. Pada hampir kebanyakan kasus, teror oleh pinjol ilegal selalu menyertakan data-data pribadi pengguna sebagai sandera. Dengan sendirinya itu menjelaskan bahwa pinjol ilegal mengakses seluruh data pada Hp pengguna.

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Mencegah agar pinjol tidak sebar data akan cenderung sulit dilakukan jika mereka sudah memiliki data kita. Ibarat kata, mereka sudah memegang remot pengendali yang bisa kapan saja mereka aktifkan. Jika berada pada keadaan seperti ini, terlebih jika Sang Debt Collector sudah mengeluarkan ancaman, “Jika tidak melakukan pembayaran hari ini kami akan menyebarkan data Anda”, kamu akan tertekan. Kamu harus memilih antara melunasi tagihan yang pastinya belum ada dana atau membiarkan mereka melakukan penyebaran data pribadi yang mana itu akan mempermalukanmu.

Jika sungguh kamu sampai pada keadaan seperti ini dan ingin agar pinjol tidak sebar data pribadimu, maka satu-satunya cara adalah melunasi semua tagihannya. Solusi yang biasanya ditempuh untuk kebanyakan kasus jeratan pinjol semacam ini adalah dengan mencari pinjaman lunak untuk kemudian digunakan melunasi semua tunggakan yang ada. Berhasil tidaknya tentu saja bergantung pada kemampuanmu dalam mencari pinjaman lunak tersebut.

Cara Menghapus Sadap dari Pinjol

Mencegah agar pinjol tidak sebar data akan jauh lebih mudah jika mereka belum memiliki data kita. Itu artinya diperlukan pencegahan dari sisi pengguna agar tidak memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan penyadapan Hp. Aplikasi pinjol yang kita instal yang kita pikir sederhana ternyata merupakan sumber masalah utamanya. Jika tidak dilakukan pengamanan, maka kamu secara sukarela menyerahkan semua isi Hp mu untuk diakses oleh pinjol tersebut. Cara menghapus sadap dari pinjol adalah dengan mematikan akses data pada aplikasi selain CAMILAN (camera, microphone dan location).

Krediblog pernah menulis panjang lebar dan detail tentang cara menghapus sadap dari pinjol. Kamu bisa membacanya disini: Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online.

Sebar Data Hutang Lunas?

Bagaimana jika pinjol tersebut sudah melakukan penyebaran data? masih haruskan kita membayar hutang yang ada? atau justru karena tindakan penyebaran data tersebut berarti hutang lunas?. Sungguh tidak mudah menjawab dengan taktis pertanyaan semacam ini. Karena ini sudah menjadi konflik atau masalah di dalam masalah. Menyalahkan sepenuhnya tindakan penyebaran data tidak serta merta menempatkan pengguna di sudut yang benar, karena sedikit banyak pengguna sendirilah yang disadari atau tidak memposisikan diri pada keadaan sulit tersebut.

Cara Melaporkan Pinjol yang Sebar Data

AFPI dan OJK hanya bisa memberikan sangsi kepada perusahaan fintech lending atau pinjol yang terdaftar dan berizin saja, itu artinya tak banyak yang bisa mereka lakukan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pinjol ilegal. Namun kamu masih bisa melaporkan keberadaan pinjol ilegal yang meresahkan melalui Satgas Waspada Investasi agar dilakukan tindakan berupa penutupan.

Satgas Waspada Investasi
(021) 1500 655
waspadainvestasi@ojk.go.id

Hukum Sebar Data Pinjaman Online

undang-undang agar pinjol tidak sebar data

Pasal 27 ayat 3 UU ITE menyebut melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Hukuman bagi pelaku penyebaran data adalah kurungan penjara maksimal 6 tahun atau denda maksimal Rp1 miliar. Kamu yang mengalami teror dari pinjol ilegal berupa penyebaran data pribadi dengan tujuan mempermalukan diri, bisa melaporkan mereka ke pihak berwajib karena terdapat pasal yang menjeratnya. Pastikan kamu memiliki dan menyimpan bukti-bukti yang menguatkan.

Catatan

Terdapat satu lagi cara mudah agar pinjol tidak sebar data pribadimu, yaitu jangan berurusan sama sekali dengan mereka. Memilih pinjol ilegal saat membutuhkan pinjaman bisa dimengerti seandainya memang tidak ada pinjol yang resmi. Namun jika per Desember 2020 saja terdapat 149 fintech lending terdaftar dan berizin di OJK dan kamu masih memilih yang ilegal? serius Krediblog gak habis pikir. Jauhi pinjol ilegal untuk alasan apapun. Jauhi karena sungguh jika kamu berfikir mereka bisa menyelesaikan masalah keuanganmu itu keliru, karena yang akan mereka lakukan adalah menambahnya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

425 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Metty budhi rahayu

Saya sudah menghapus akun wa saya , dan saya juga sudah mengapus akun gmail saya apakah tetap sebar data?

Dian

Bagaimana cara menghapus data kita, smentara mereka sudah memilikinya…masih bisa di hentikan kah??

Hesti

Caranya memutusnya bagaimana kak?

Zhye

Kak, saya mau nanya
Aplikasi pinjol Mr.Rupiah cepat dan aplikasi butuh pinjam itu aplikasi pinjol legal atau ilegal kak ?

Bantu jawab yaa kak

Erwan Leo Chandra

Berarti Rupiah Cepat Ilegal ya pak

anita sarjono

seminggu yg lalu saya di wa oleh sebuah aplikasi pinjol. namanya super RP yg mengatakan bahwa saya harus segera melunasi pinjaman . saya nggak tau saya klik link nya dan ternyata benar kok tau tau da pinjaman senilai 2 juta. saya takut langsung saya lunasi. tapi hari berikutnya ada lagi wa seperti itu. saya baru sadar kalo saya ditipu. dan sekaranh ada lagi namanya Pinjaman GoMony mengatakan sama. saya tidak buka link nya . saya takut kalo terjadi lagi. mohon sarannya. soalnya saya merasa diteror .

Shel

Memang bisa tanpa foto ktp tiba2 dana cair?

Erwan Leo Chandra

Jadi begini,,teman saya meminjam uang di apk Rupiah Cepat yg cair waktu itu hanya 400 ribu..?Yg diminta hanya KTP dan nomor Darurat aja,,nah apakah jika kita blm bisa membayar itu apakah data kontak di hp kita di teror atau tidak???Dan apakah Pinjol Rupiah Cepat Legal atau Legal,,mohon di jawab terima kasih..

Ms M

Kak aku juga ngalamin hal yang sama. Di SMS katanya tagihanku sudah jatuh tempo, padahal ga pernah minjem dan foto2 data. Tapi aku abaikan, disatu sisi lain, aku takut fotoku disebar ga kak kalo seperti itu? Mohon jawab. Saya parno sekali

Mey.

Kak saya prnh dowlod apliksi ada kredit baru pengisian data tibba2 dana cair . Tanpa persetujuan saya .lalu saya memberikan ulasan d google play store .saya kasih bntang 1 trs bnyk yg wa saya untk mngmbalikn dana .lalu saya kembalikan dana itu yg masuk ke rek saya 2x .ke rek yg sama .mengatas namakan dari pusat .dan menghps data dan taghn.stlh saya mengembalikan saya d suruh isi datauntk pnghpsn data dan d suruh dowlod2 .apliksi ktny untk pnghpsn data ttpi msh saya cek ada tghn 2 apliksi d ad kredit .dan 1 seng d vertifikasi. Sdh saya kmblikn tp saya ttp msh d teror saja.dan saya jg sudah lpor ke pihk kepolisian .dan Afpi
Gmna kak solusinya.

Cia

Tapi apakah aman, karena pinjol kan sudah menghack hp kita, data kita pasti di sebar ke seluruh kontak padahal kita tidak melakukan pinjaman tersebut. Karena saya juga begitu, hanya registrasi saja, melihat bunga terlalu besar lalu saya abaikan tidak lanjut pinjam lagi. Tapi wa masuk untuk penagihan dari apk lain & sempat ada yang wa ke beberapa kontak saya juga.

Ms M

Aku abaikan kak SMS-nya. Itu aplikasi kredit mas yang SMS begitu. Mau nanya kak, kalo Rupiah Cepat & Kredit Pintar bisa sadap kontak tidak? Aku cek diaplikasinya, ga ada akses ke kontak. Tapi ada beberapa yg bilang, katanya dia diterror.

Mustikafresty

Apakah aplikasi pinjol ilegal akan laporkan ke pihak wajib dan mendatangkan rumah

Mathias

Apabila data sudah tersebar, apa yg sebaiknya kita lakukan..??

Marpaung

Saya sudah membayar namun mereka tetap sebar data saya..
Apakah saya bisa melaporkan ke polisi

Imas

Klw yg ilegal apakah bisa kita laporkan ke polisi klw Mereka sudah data kita

Cemara

kl sdh dilapOrkan ke polisi apa tindakan dari kantor polis ka,

Christian

Apa yang terjadi jika pinjaman tidak dibayar”? Apakah akaan di teror terus menerus..? Atau ada hal lain?

Berlina

Kalo berurusan dengan aplikasi one hope gimna data bakalan disebar atau tidak ya

Berlina

Apa ada di wilayah kepulauan riau

Indra

Saya diteror pinjol ilegal psdhl sdh sy byr ada tagihan lg pdhl sy tdk mengajukan mrk mengancam mau mendatangi rmh tp mrk sdh sy laporkan ojk dan polisi beserta bukti datacyg disebar, mmg jht sekalipinjol ilegal sebar2 data sesuka hati

hana

Bagai mana cara mengecek kita punya utang d pinjol..
Sodara saya bnyak d tagih hutang pdahL ia dufah bayar

Cemara

ka ada pundi dan easy cash legal ato ilegal ya ka, saya telat 5 hari ada rencana pembayaran sekitar diakhr bulan, tp pihak dc nya wa kasar sekali

Septerini kusumaningrzm

Bapak saya mau tanya bagaiman kalau kita sudah mengembalikan dana yg sudah di transfer tapi tidak sesuai di aplikasi dan masih mau di ancam dan sebar data.

Susi

Pinjam di pinjol yg ilegal sdh tdk bisa bayar ..data sdh di sebar di semua kontak apa masih hrs dibayar dgn bunga yg tinggi sekali 100 rb perhari terlambat sdh 30 hari

Seli

Ka mau tanya kalo sadap penyimpanan ,apakah perangkat di hp kita seperti media dan dokumen lain nya di sadap juga ?

Nuri andayani

Saya pinjam di ada kami…pinjaman prtma 1.4jt byr per 28 hari mndji 1.8n ..kmren sy salah baca sy kira dicicil 3bulan tnryta jadi 3.5 ..pdhl pinjaman sktr 2jt lebih ..brty 3 bulan hampir 1jt bungana..tgl 24 besok jtuh tempo membayar perbulanaya 1.200n sy gk bisa bayar…solusi biar gk di tagih soalnya sy bner2 gk bisa bayarr

efa

Maaf ikut nimbrung,aku juga punya pinjaman di adakami dan adapundi karna blm ada dana makannya saya telat byr.saya ga mau gali lobang tutup lobang.tiap hari saya di teror dan bahkan kodar saya juga udah di wa.tadinya saya udah bls kalau saya blm ada dana eh pihak pinjol mlh marah ngeluarin kata” yg ga enak ya akhirnya ya ga ta tanggapi wa dari pinjol mlh saya ganti nomer whatsap.dan satu pertanyaan saya meskipun saya ganti nomer whatshap apakah data saya masih bisa di sebar ke kontak saya yg lain selain kodar yg saya cantumkan

Unknown

Mau tanya juga, sebelumnya gak pernah tau kalo itu pinjaman ilegal karna memang lagi butuh apalagi tenor cuma 7hari bunga yg mencekik. misalnya kalo kita bayar pokoknya saja apa masih sebar data yaa?

Ardan

Memang bisa begitu ? Secara kekeluargaan bagaimana caranya?

Wiwin

Brp lama bkalan diteror klau sebar data??

Erwan Leo Chandra

Mau tanya kak,,aplikasi Rupiah Cepat itu Legal atau Ilegal terima kasih

Anggit

Apakah pinjol legal dapat memidanakan kita jika gagal bayar?

Anggit

Min jika sudah masuk daftar blacklist dari BI apakah berpengaruh ke pihak keluarga yg 1 kartu keluarga?

Ani nurjanah

Mf klo rupiah maju itu legal apa ilegal y

Moli

Bagaimana jika pinjol yang legal pun melakukan hal serupa penagihan yang kasar,pengancaman dan sebardata?

Choirul

Kira2 kalau pinjol ilegal akan meneror berapa lama yaa. Saya diteror terus oleh tunai go sudah SMS ke semua kontak saya. Apakah saya harus bayar?

Choirul Dwi

Tapi saya sudah sakit hati keterlaluan , disebar dgn info saya pengedar narkoba , jasa open bo dgn tarif tertentu.

Andi

Rupiah maju termasuk pinjol legal apa ilegal

lina

apakah jika setting di hp kita sudah diubah masih bisa sebar data

Junike.hoke

Saya di tetor trus sementara waktu saya hapus wa dan no tdk di aktifkan saya agak bingung karena saya minta keringanan dgn cara cicil tapi tdk bisa? Dan bkn lari tapi utk mencari jln membayarnya.

Wahyu

Mau bertanya, saya awalnya tidak ada melakukan pinjaman di pinjol, akan tetapi dari aplikasi pinjaman cepat saya memiliki pinjaman pada aplikasi KSP Emas Aja dengan pinjaman yang masuk 620 ribu, akan tetapi pada saat saya membayarkan pinjaman yang tertera saya tidak bisa membayarkannya alasannya karna data saya tidak ditemukan, tetapi saya lihat di aplikasi tersebut masih ada, jadi bagaimana cara saya membayarkannya ? Karena pihak aplikasi mengancam saya untuk menyebarkan data saya sedangkan saya mau membayarkannya data tidak ditemukan.

Bunga

Ka saya mau tanya

Data saya baru d sebar luaskan oleh indocash
Ke semua kontak saya
Dipermalukan dgn kata2 kasar anjing..babi. dll

Saya sudah lapor k ojk
Nama saya sudah di perburuk
Apa bisa saya laporkan ke polisi

Dodo

Kak…akulaku..ada kami..pinjam yuk..uangsaku..360k..easycash…solusikita…optima apakah akan sebar data ke kontak..?

susi

uang saku bagaimana cara melaporkannya. ngancam ,belum jatuh tempo sudah tagih

Ilham nur

Pinjol mau sebar data dia tdk mau tau ad kendala solusinya

susi

mana saya samanteman saya pinjam 1.6 yg sampai beberapa doang , tenor 91 hari pas di
klik cuma 7hari dan otomatis masuk dan perasaan gapwrnah mengajukan

Putri

Saya sudah melunasi hutang di pinjol, tapi terus2an ada wa dan tlpon ga jelas ke no saya. Apakah nantinya data saya akan ke sebar?
Lalu bagaimana caranya mengecek data kita kesebar atau tidak?
Trs aplikasi apa yg bisa mengetahui itu?

Leni

Maaf mohon solusinya,saya menginstal sebuah akun,terus mengisi data,saya tidak tau klo dalam aplikasi pinjol ada banyak aplikasi,karena keteledoran saya,saya nggk sengaja mencet,saya kira ada konfirmasi dulu tentang pinjaman ga tau nya dana langsung transfer,ga tanggung” 3 aplikasi sekaligus,masing”transfer 1,3jt dan harus d byr 2jt dalam waktu 7 hari,saya mau batalkan tapi g bisa, apabila ada penagihan apa mungkin saya kembali kan uang yg mereka transfer saja, karena uangnya tidak saya gunakan,karena waktu dan bunga tidak masuk akal dan tanpa konfirmasi dulu,mohon pencerahannya 🙏🙏😭😭

Intan sianturi

Tapi kak jika kita blng sperti itu. Mreka malah menyebar foto kita gimna.
Krn kasus kak leni sma dengan saya
Mereka lngsng tf uang ny tnpa persetujuan dr saya

Titin rahayu

Kk bagai mana cara tau klo itu pinjol ilegal dan legal

Agus salim

Gabung diskusi

Agus salim

Hi….kak aku agus aku mau tanya aplikasi pinjol kredit kita terdaftar ga…? Terimakasih

Zuni

Pak saya mau tanya…kmren saya coba2 pinjam di pinjol…keterangan hampir semua ajuan saya ditolak…dan gak ada uang masuk sama sekali ke rekening saya….ternyata selang beberapa hari…ada penagihan liwat wa yg mengatasnamakan pinjol yang kmren sya mngajukan tapi ditolak….saya takut kalau disebar… Pdhal saya gak ngrasa nrima uang transferan sama sekali dari beberapa pinjol yg mnagih saya…..mohon solusinya pak

Vera

Mauu tanya kalau kta kilat sebar data?

Nia Hermiati

Sy pernah d tagih link yg mn sy gak prnh melalui link, via WA…..kmdn sy blg, coba Anda sebutkan app apa, tgl brp sy pinjam, nominal nya brp. Klo betul ada d app nya sy byr, tpi klo gak betul link anda ini bermasalah….dan berbahaya

Dan jwbn mereka, mf kak hp sy d retas, d hack….abaikan saja WA sy ini.
Ada bbrp yg WA bgt….tpi skrg gak ada lgi.

Fenda

Kak saya baru saja di teror.. saya memang pernah ada pinjaman. Tp untuk pinjaman yang mereka sebutkan. Itu tidak benar, tapi mereka mengancam menyebar data saya di wa. Mereka juga punya foto ktp saya.. saya ketakutan.. jadi saya bayar saja.. dan benar.. itu penipuan.. jika kedepannya saya dapat wa begitu apa yg hrus saya lakukan kk.. jika saya abaikan apa mereka tetap menyebar data saya

Fenda

Iya kk.. bodoh nya saya turuti mereka karena mereka punya data2 kontak saya. Berrti jika ada wa atau tlp cukup saya abaikan saja ya kk. Jika di abaikan apa mereka tetap nekat sebar data sya kak

Fenda

Kk mohon drespon 🙏🙏

Jian

Maaf sebelumnya ,saya belom jatuh tempo udah di ancam sebar data saya . pinjem daya di apk KSP BUTIK AJAIB.

TRUS APA BENER KA , DATA KITA BISA DI PAKAI BUAT BELANJA INI ITU TRUS KITA YANG BAYAR DI RUMAH . PADAHAL BUKAN KITA YANG BELANJAIN.
TRUS MEREKA NGANCEM DATA SAYA BAKAL DI PAKAI YANG TIDAK TIADAK.

Frendi Andri Rifai

Kak saya mau tanya, apakah bisa menyebar data sedangkan aplikasi tersbut izin aplikasinya saya non aktifkan?

efa

Aki juga udah menonaktigkan izin aplikasi pinjol yg meneror.apakah hanya kodar yg di cantumkan aja yg akan di hubungi?? Apakah masih bisa ngambil nomer kontak milik saya yg lain? Sedang izin aplikasi udah di matikan.tlng dong pencerahannya

delvi

apa bisa melakukan putus akses sadapan agar data tidak di sebar ?

Ratna

Seblum melakukan pinjaman online ,saya sudah mengunci wa dngn vrfasi dua langkah ,apakah pinjol bisa menyadap atau membuka whatsap sya tdk ia, apakah bisa melihat isi catt di whatsap..

adi

apakah mereka masih bisa menyadap (galeri, microphone, lokasi ) hp kita ketika hp kita sudah di reset kembali dan sudah mengganti nomor ?

Lindadamayanti

Selamat malam krediblog. Mau bertanya kalau kita izinkan semua. Apakah semua foto di galeri dan penyimpanan kita sudah ada di salinan dia. Apakah semua foto kita di galeri akan di serbakan sama dia

Gyt

Hallo saya daftar pinjam online di app adakami
Tapi saya tidak pinjam uang hanya coba untuk melihat bunganya
Apakah itu aman ?

alpiah

ada yg nyuri data saya fotoktp +KK apa bisa d salah gunakan pinjol

Fitri

Saya di tror trus ama aplikasi ilegal di blng anjing babi semua hewan keluar pdhl blm jatuh tempo denda perhari ampe 100 ribu ..niat sya byr tp udah di sbr dta say di blng long pelacur jual diri saya sakit ati jdi blm saya byrkn..apkh pisjol ilegal akn kerumah ..apakah saya bisa lapor ke polisi pencemaran nama baik..trus gimna caranya biar kontak saya nga di sbr ktp saya nga di sbr tolong minta jwabnya

Deka

Saya pinjam di aplikasi pinjol legal,saya sudah berjaln 1 tahun dan setiap bulan harus pusing gali lubang tutup lubang mas,dan saya sudah nyerah buln ini nggak bisa bayar ,apakah nomor kontak saya semua di hp akan di hub di
Nomer kontak di luar kontak darurat terima kasih

Dian

ka kalo semisal data pertama kita kan sudah d sadap. pas kita setujui buat mengakses kontak dan semisal seminggu kemudian kita save no baru apakah no baru itu juga akan muncul d aplikasi pinjol?

Tika anggraeni

Kalo sudah ganti kartu,hapus no wa dan kontak apakah akan tetep bisa sebar data ? Mohon masukannya karna saya terlilit hutang yg bunganya sangat mencekik dan bingung gmna harus membayarnya karna temponya sangat cepet 7 hari

Tyo

Saya pinjam di aplikasi pinjol ,saya sudah tolak semua izin kontak,SMS dll apakah nomor kontak saya semua di hp akan di hub
di
Nomer kontak di luar kontak darurat terima kasih

Tyo

Iya benar , mereka chat saya isinya nomer di kontak saya semua, alhasil saya lunasi saja langsung , sekarang aman

Turati

Gimana caranya menghadapi pinjol yg ga merasa aku pinjam tapi dia menagih

dian mayrani

saya mau tanya ka kalau easy cash sebar data ga ke wa kontak semua kalau kita galbay

Chank

Maaf ka,apakah pinjol ilegal kalau tidak di bayar apakah sampai share BI???

Rahma

Masalah pinjol
Kak…bagaimana klo hp saya direset dan apa msih bsa pihak pinjol sebar luas data saya kesemua kontak…
Krn saya tdk mampu untuk membyrnya dg bunga yg sangat besar

Faris Tri ardanny septian

Sebelum jatuh tempo akses kontak kita matikan apa mereka masih bisa sebarkan data kita ya ke semua kontak??

juleha

saya juga diteror dg pinjol yang dalam applikasi terdapat applikasi, itu kesalahan saya. dan dia telah menyebarkan data” saya ke semua kontak yang ada di hp saya. skg hanya malu yang saya dapat. sampe ada yang kirim foto berbau porno pula, dan skg sudah terlanjur malu dibuatnya.

juleha

Aamiin,
semoga masa” terberat ini akan segera terlewati.
yang bs dilakukan skg hanya berjalan maju tanpa mengulangi kesalahan yang sama, lebih baik tidak punya uang dari pada harus berhutang apa lagi dengan pinjaman online.

Lidya damayanti

Kasus kita sama MB Juleha apalagi sy seorang guru semua kontak siswa sy dikirimin foto dan data sy. Nasi sdah jadi bubur, padahal blum jatuh tempo cuma karena wa DC tidak sy bls

Faris Tri ardanny septian

Apakah pinjol legal/ilegal bisa menagih sampai kerumah?

iizdaryanti

Sy terjebak juga dalam pinjol ilegal, sya mengikuti salah satu tips dilaman ini juga untuk cegah data2 kita di ambil alih sama pinjol ilegal ini, tapi setelah sya mau masuk aplikasi sya tidak terima2 kode otp. Apa itu disengaja gan??? Lalu gimana agar saya bisa masuk aplikasinya dan bayar pinjolnya. ??

Lale sugiarti

Saya d teror padahal sy mau melunasi. Cm yg jd pertanyaan sy k mna sy hrs melunasi. Aplikasinya ndk ad. Sy tanya no yg meneror sy dy tdk menjawab dgn jls. Bagaimana caranya kita melunasi biar data kita tdk d sebar

Nuna

Kak mau tanya kalau indosaku OJK tdk

iriane

saya pinjam di ksp dana store.saya sudah bayar 1 hari sebelum jatuh tempo jam 9 pagi.tapi sekitar jam 11 sampai terus sore ada wa dan sms yg meneror mengancam akan sebar foto saya.saya sudah balas wa & sms nya bahkan berulang2 kali saya tlp.tidak pernah dibalas / diangkat..sudah saya kirim bukti tf dan screenshot aplikasi nya kalau disitu sudah tertulis lunas…saya harus bagaimana???

Reza

Gabung

Nia Hermiati

Lbh baik pembayaran melalui app, ketika ada yg nagih via WA kmdn ngancam2, sy coba tanya no rek nya
Dia sarankan k bank permata ketika sy cek VA yg d app, no rek itu tdk sama.
Jdi byr lah lgsg VA yg ada d app

Robi

Onlen

Richard

Dear Kredi…
1. Apakah izin akses “CAMILO” cukup safe utk tdk sebar data?
2. Bagaimana dgn izin akses Ponsel (bukan kontak) yg dpt membaca identitas dan status ponsel ? Sampai sejauh mana otoritas izin akses tsb?
Terima kasih

Richard

Dear Kredi

Terima kasih atas respond nya…

Ada beberapa pengalaman saya ketika install apk pinjol legal…dmn izin hanya camilan tapi pd saat pengisian data diri pencantuman nomor telepon kondar apk tsb menyediakan cara untuk pilih nomor kondar tsb langsung dari apk masuk ke kontak kita
Padahal dari awal install tdk ada permintaan izin akses kontak ( hanya camilan )
Pertanyaannya apakah izin akses camilan tdk menjamin sebuah apk utk tdk bisa akses kontak kita?
Mohon pencerahan…tks

Richard

Dear Kredi

Artinya bisa pilih langsung bukan berarti bisa akses penuh dan melakukan penyalinan kontak ( tetap butuh ijin ), jalur itu hanya mempermudah dalam pemilihan kondar kurang lebih spt itu yang saya coba simpulkan….

Richard

Dear kredi

Untuk penggantian nomor wa…
Notifikasi hanya dikirim oleh pihak WA hanya kepada kontak dan Group Chat (apabila kita pilih beritahu kontak)
Artinya chat dari nomor yang tidak kita save setelah kita clear chat tidak akan terima notif tsb ? Meskipun mereka save nomor kita…
Terima kasih

Rere

Maaf kak mau tanya, jika sudah mengajukan pemblokiran akun permanen (aplikasi pinjol legal) apakah nantinya bisa dibobol juga atau yasudah tidak bisa diapa apaan lagi?

Khoirun nisa

Selamat malam

Sintia

Kak saya mengalami gangguan terror pinjam online padahal saya Ndak pinjam .

Krediemas . Aidana . Dompetuangitu sudah saya abaikan semua . Dan yg trkhr ini dana Cerdas . Yg dana cerdas ini sampai punya foto saya … Tp saya Ndak Ngajukan apa yang harus saya lakukan ? Terganggu sekali takut data nyebar dan wa keteman bahwa saya ada tunggakan. Solusinya dong kak….

Popy

Sama ka aku juga di teror dompet uang dan keritemas
Lalu gmna itu kelanjutannya, sya juga takut