Ingat CAMILAN, Agar Pinjol Tidak Sebar Data dan Sadap HP

Agar pinjol tidak sebar data – Melakukan pinjaman tunai secara online selain praktis karena bisa dilakukan tanpa keluar rumah, juga menjanjikan proses yang sangat cepat. Bahkan pada aplikasi pinjaman online tertentu, dana bisa cair dalam 5 menit atau nyaris instan. Sekalipun pengajuanmu tidak di acc pada satu platform, kamu bisa dengan segera dan saat itu juga mengajukannya di platform lainnya. Meski pengajuanmu akhirnya di acc pada percobaan kelima, effort yang kamu lakukan jauh lebih ringan dibandingkan jika harus meminjam secara offline. Singkat kata, meminjam secara online sangat mudah dan praktis.

Sayangnya itu baru satu sisi cerita. Pinjaman online selain menyajikan kemudahan, ia juga menyisakan resiko dibelakangnya. Pada kebanyakan aplikasi pinjol, mereka memiliki kemampuan untuk mengakses hampir semua data pada Smartphone-mu. Alasan mereka tidak melakukannya adalah karena hal tersebut terlarang dan terdapat sangsi hukum jika melakukannya. Pertanyaannya kemudian, bagaimana jika ada pinjol (biasanya pinjol ilegal) yang mengabaikan aturan itu? Apakah itu berarti pinjol tersebut bisa menyadap data pada Hp?

Pinjol Ilegal Apakah Sebar Data?

agar pinjol tidak sebar data

Seluruh anggota AFPI, penyelenggara fintech P2P lending yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), harus tunduk terhadap regulasi dari OJK dan code of conduct yang ditetapkan AFPI, yakni terkait akses data pada Hp yang diperbolehkan hanya CAMILAN yaitu: camera, microphone dan location. Hal tersebut ditetapkan dengan tujuan meminimalisir penyalahgunaan data konsumen. Itu berarti setiap kali kamu mengistal aplikasi pinjol, akses yang boleh diberikan hanya kamera, mikropon dan lokasi. Kamera untuk kebutuhan foto selfi dengan KTP, mikropon untuk verifikasi suara dan lokasi untuk memastikan bahwa kamu berada di area yang terjangkau.

Bagaimana jika terdapat pinjol yang meminta data akses lebih dari CAMILAN? Untuk pinjol yang terdaftar dan berizin di OJK, kemungkinan besarnya tidak. Karena selain hal tersebut dilarang untuk dilakukan, juga karena untuk kebutuhan kredit skoring sudah cukup dengan CAMILAN. Namun berbeda cerita bagi pinjol ilegal. Pada hampir kebanyakan kasus, teror oleh pinjol ilegal selalu menyertakan data-data pribadi pengguna sebagai sandera. Dengan sendirinya itu menjelaskan bahwa pinjol ilegal mengakses seluruh data pada Hp pengguna.

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Mencegah agar pinjol tidak sebar data akan cenderung sulit dilakukan jika mereka sudah memiliki data kita. Ibarat kata, mereka sudah memegang remot pengendali yang bisa kapan saja mereka aktifkan. Jika berada pada keadaan seperti ini, terlebih jika Sang Debt Collector sudah mengeluarkan ancaman, “Jika tidak melakukan pembayaran hari ini kami akan menyebarkan data Anda”, kamu akan tertekan. Kamu harus memilih antara melunasi tagihan yang pastinya belum ada dana atau membiarkan mereka melakukan penyebaran data pribadi yang mana itu akan mempermalukanmu.

Jika sungguh kamu sampai pada keadaan seperti ini dan ingin agar pinjol tidak sebar data pribadimu, maka satu-satunya cara adalah melunasi semua tagihannya. Solusi yang biasanya ditempuh untuk kebanyakan kasus jeratan pinjol semacam ini adalah dengan mencari pinjaman lunak untuk kemudian digunakan melunasi semua tunggakan yang ada. Berhasil tidaknya tentu saja bergantung pada kemampuanmu dalam mencari pinjaman lunak tersebut.

Cara Menghapus Sadap dari Pinjol

Mencegah agar pinjol tidak sebar data akan jauh lebih mudah jika mereka belum memiliki data kita. Itu artinya diperlukan pencegahan dari sisi pengguna agar tidak memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan penyadapan Hp. Aplikasi pinjol yang kita instal yang kita pikir sederhana ternyata merupakan sumber masalah utamanya. Jika tidak dilakukan pengamanan, maka kamu secara sukarela menyerahkan semua isi Hp mu untuk diakses oleh pinjol tersebut. Cara menghapus sadap dari pinjol adalah dengan mematikan akses data pada aplikasi selain CAMILAN (camera, microphone dan location).

Krediblog pernah menulis panjang lebar dan detail tentang cara menghapus sadap dari pinjol. Kamu bisa membacanya disini: Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online.

Sebar Data Hutang Lunas?

Bagaimana jika pinjol tersebut sudah melakukan penyebaran data? masih haruskan kita membayar hutang yang ada? atau justru karena tindakan penyebaran data tersebut berarti hutang lunas?. Sungguh tidak mudah menjawab dengan taktis pertanyaan semacam ini. Karena ini sudah menjadi konflik atau masalah di dalam masalah. Menyalahkan sepenuhnya tindakan penyebaran data tidak serta merta menempatkan pengguna di sudut yang benar, karena sedikit banyak pengguna sendirilah yang disadari atau tidak memposisikan diri pada keadaan sulit tersebut.

Cara Melaporkan Pinjol yang Sebar Data

AFPI dan OJK hanya bisa memberikan sangsi kepada perusahaan fintech lending atau pinjol yang terdaftar dan berizin saja, itu artinya tak banyak yang bisa mereka lakukan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pinjol ilegal. Namun kamu masih bisa melaporkan keberadaan pinjol ilegal yang meresahkan melalui Satgas Waspada Investasi agar dilakukan tindakan berupa penutupan.

Satgas Waspada Investasi
(021) 1500 655
waspadainvestasi@ojk.go.id

Hukum Sebar Data Pinjaman Online

undang-undang agar pinjol tidak sebar data

Pasal 27 ayat 3 UU ITE menyebut melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Hukuman bagi pelaku penyebaran data adalah kurungan penjara maksimal 6 tahun atau denda maksimal Rp1 miliar. Kamu yang mengalami teror dari pinjol ilegal berupa penyebaran data pribadi dengan tujuan mempermalukan diri, bisa melaporkan mereka ke pihak berwajib karena terdapat pasal yang menjeratnya. Pastikan kamu memiliki dan menyimpan bukti-bukti yang menguatkan.

Catatan

Terdapat satu lagi cara mudah agar pinjol tidak sebar data pribadimu, yaitu jangan berurusan sama sekali dengan mereka. Memilih pinjol ilegal saat membutuhkan pinjaman bisa dimengerti seandainya memang tidak ada pinjol yang resmi. Namun jika per Desember 2020 saja terdapat 149 fintech lending terdaftar dan berizin di OJK dan kamu masih memilih yang ilegal? serius Krediblog gak habis pikir. Jauhi pinjol ilegal untuk alasan apapun. Jauhi karena sungguh jika kamu berfikir mereka bisa menyelesaikan masalah keuanganmu itu keliru, karena yang akan mereka lakukan adalah menambahnya.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar