Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online. Bisa Gak Ya?

Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online – Kemungkinan kamu pernah mendengar (atau bahkan merasakan sendiri) kasus penagihan pinjaman online yang berujung teror. Debt Collector menggunakan berbagai cara agar nasabah segera melunasi hutangnya. Dari mulai datang ke rumah, menelpon tak henti-henti, mengancam hingga yang paling mengganggu mengirimkan SMS Blast (atau WhatsApp Blast).

SMS Blast adalah mengirimkan SMS berisi pesan tertentu dalam jumlah yang sangat banyak kepada daftar kontak yang sudah disiapkan. Biasanya isi pesannya adalah pemberitahuan bahwa yang bersangkutan memiliki sejumlah hutang yang belum dibayar dan permintaan untuk mengingatkan agar ia segera membayarnya. Adapun kontak yang dikirimkan SMS Blast ini adalah daftar kontak dari Hp Si Peminjam, dimana aplikasi pinjaman online yang ia gunakan memiliki akses untuk membaca dan menyimpan kontak tersebut. Jika sudah begitu, adakah cara menghapus data kontak dari pinjaman online tersebut?

Mengenal Sistem Izin di Hp Android

izin aplikasi di Hp android

Android merupakan sistem operasi dengan privilese terpisah, di mana setiap aplikasi berjalan dengan identitas sistem yang berbeda. Fitur keamanan tambahan yang lebih terperinci disediakan melalui mekanisme “izin” yang memberlakukan pembatasan pada operasi atau proses tertentu.

Sejak Android versi 6.0 ke atas, setiap kamu menginstal aplikasi baru, kamu dapat mengontrol kemampuan atau informasi yang dapat diakses oleh aplikasi, itulah yang disebut izin. Kamu dapat mengontrol izin yang dapat diakses oleh aplikasi setelah aplikasi tersebut terinstal di perangkat. Tergantung tipe aplikasi yang kamu pasang, jenis izin akses yang biasanya diminta diantaranya:

  • Sensor Tubuh
  • Kalender
  • Kamera
  • Kontak
  • Lokasi
  • Mikrofon
  • Telepon
  • SMS
  • Penyimpanan

Jika kamu memberi akses untuk Lokasi misalnya, itu artinya kamu mengizinkan aplikasi tersebut untuk membaca dimana posisi kamu berada (mengaktifkan GPS). Jika kamu memberi akses pada Penyimpanan, aplikasi tersebut bisa menyimpan data ke Hp mu. Begitu juga untuk izin-izin lainnya. Artinya aplikasi tersebut tidak akan bisa berbuat banyak sebelum kamu memberinya izin. Dan izin tersebut 100% kehendak kamu, kamu boleh mengizinkan atau menolaknya. Hanya saja banyak dari kita yang seringnya asal pencet OK ketika Popup Dialog muncul tanpa tahu apa yang baru saja kita setujui.

Darimana Pinjaman Online Mendapatkan Data Kontak Kita?

Masih ingatkah kamu ketika pertama kali menginstal aplikasi pinjaman online? Akses apa saja yang kamu izinkan? Jika yang kamu instal adalah aplikasi pinjaman online OJK atau Fintech resmi, ia hanya akan meminta akses ke Kamera, Mikrofon dan Lokasi. Ketiga hal tersebut memang dibutuhkan untuk kebutuhan verifikasi data. Kamera untuk mengambil foto selfie kamu beserta KTP, Mikrofon untuk verifikasi suara dan Lokasi untuk memastikan kamu berada di area yang di jangkau oleh Fintech yang bersangkutan.

Namun jika yang kamu instal adalah aplikasi pinjaman online ilegal atau abal-abal, ia akan meminta akses diluar kewenangannya. Ia akan dengan cara memaksa atau mengelabuhi memintamu untuk memberikan izin akses ke tidak saja Kamera, Mikrofon dan Lokasi tetapi juga ke SMS, Telepon dan … KONTAK!

Memberikan izin SMS, Telepon dan Kontak berarti kamu mengizinkan aplikasi tersebut untuk :

SMS
Membaca, mengirim SMS dan MMS.

Telepon
Mengakses nomor telepon dan jaringan. Termasuk membuat panggilan telepon, mengunakan Voip, Voicemail, dan lainnya termasuk daftar catatan log telepon. Termasuk pada akses ini mendapatkan daftar nomor telepon.

Kontak
Membaca, membuat atau edit daftar. Termasuk mengakses semua akun dari perangkat.

Sekarang tarik napas sejenak dan cari tempat yang nyaman untuk bersandar. Jika sudah, coba ingat-ingat izin akses apa saja yg dulu kamu berikan ketika menginstal aplikasi pinjaman online tempat kamu meminjam. Jika ternyata kamu memberi izin termasuk Telepon dan Kontak, maka bisa dibilang kamu dalam masalah. Besar tidaknya masalah tersebut tergantung dengan Fintech mana kamu berurusan.

Mengelola Akses Perizinan dari Aplikasi Pinjaman Online

Sebelum sampai ke cara menghapus data kontak dari pinjaman online, terlebih dahulu kamu harus mengetahui akses apa saja yang diizinkan dari aplikasi tersebut. Berikut Krediblog sertakan Screenshot akses izin dari 3 aplikasi pinjaman online yang sudah memiliki nama :

cara menghapus data kontak dari pinjaman online izin aplikasi

Kredit Pintar hanya meminta 2 izin akses, yaitu Kamera dan Lokasi. Kredivo meminta izin akses untuk Kamera, Lokasi dan Telepon. Sedang Akulaku meminta izin akses lebih banyak diantaranya Kamera, Lokasi, Mikrofon, Telepon dan Kontak. Berdasar izin akses 3 aplikasi diatas, hanya Kredit Pintar yang mematuhi aturan OJK untuk hanya meminta izin akses standar, sedang Kredivo dan Akulaku dalam hal ini bisa dibilang menyalahi aturan OJK.

Sebagai informasi, aplikasi pinjaman online Kredit Pintar sudah memiliki izin resmi dari OJK dengan Surat Tanda Berizin nomor KEP -83/D.05/2019. Sedangkan Kredivo masih berstatus Terdaftar dengan Surat Tanda Terdaftar nomor S-236/NB.213/2018. Baik Kredit Pintar dan Kredivo, keduanya adalah Fintech resmi karena Berizin dan Terdaftar di OJK. Bagaimana dengan Akulaku? Apakah ia juga Fintech resmi? Mengapa ia meminta izin akses hingga Telepon dan Kontak yang tidak sesuai dengan aturan OJK?

Sebenarnya Krediblog tidak tahu pasti jawabannya, karena sampai saat ini belum ditemukan kejelasan. Kalau boleh asal jawab, Akulaku adalah aplikasi pinjaman online Semi. Ya.., semi resmi ya semi ilegal. Disebut resmi karena dalam ‘tubuh' Akulaku terdapat Sub Fintech yaitu Asetku yang memang terdaftar di OJK. Namun setahu Krediblog, Akulaku berdiri di bawah naungan PT. Akulaku Silvrr Indonesia, PT. Akugrosir Indonesia dan PT. Akulaku Finance Indonesia. Yang ketika dicari di dokumen publikasi OJK terkait penyelenggara Fintech Berizin dan Terdaftar per 19 Februari 2020, ketiga nama perusahaan diatas tidak ditemukan.

Tapi Please.., kamu jangan salah paham. Sampai saat ini Krediblog adalah pengguna setia Akulaku. Setiap bulannya menggunakan kredit atau saldo Akulaku hingga satu jutaan. Namun catatan ini perlu disampaikan untuk alasan keterbukaan informasi. Kamu mau daftar Akulaku silahkan, lebih aman pilih yang lain juga itu hak kamu. Tapi sejauh Krediblog menggunakan Akulaku, belum pernah mengalami masalah yang tidak menyenangkan. Cari tahu tentang Akulaku selengkapnya di review Akulaku.

Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online, Mungkinkah?

Jika yang kamu maksud adalah menghapus data kontak di pinjaman online yang sudah mereka salin atau download, itu tidak akan bisa dilakukan. Karena data yang disimpan secara offline tidak akan bisa kamu sentuh. Andaipun kamu tetap memaksa untuk melakukannya, akan butuh pihak ketiga (pihak yang berwenang) sebagai pengadil. Yang bisa kamu lakukan adalah menghapus izin akses kontak pada aplikasi pinjaman online yang masih aktif karena tidak seharusnya ia mendapatkan akses itu.

Apa masih efektif menghapus izin akses kontak pribadi sedangkan mereka sudah menyalin semua daftar kontaknya?. Tentu saja masih. Berikut beberapa alasannya:

  • Menghentikan segera proses penyalinan sehingga tidak berlanjut untuk kontak-kontak baru.
  • Mengingatkanmu akan pentingnya akses izin sebagai bagian dari menjaga privasi.
  • Memberimu referensi tentang aplikasi mana saja yang ‘memaksa’ izin akses.
  • Mengambil alih kontrol sepenuhnya atas Hp mu.
  • Ajang kamu belajar agar terbiasa dilakukan untuk aplikasi lainnya

Akhirnya, Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Tutorial cara menghapus data kontak dari pinjaman online berikut dilakukan di Hp Xiaomi. Untuk Hp merk lainnya bisa jadi berbeda di detailnya, tapi tetap sama pada poinnya. Berikut cara menghapus izin akses Kontak dan Telepon dari pinjaman online Akulaku:

Cara menghapus data kontak dari pinjaman online:

  1. Buka pengaturan

    Buka Setelan dan pilih menu ‘Kelola Aplikasi’ (screenshot Setelan).cara menghapus data kontak dari pinjaman online setelan hp

  2. Kelola aplikasi

    Akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di Hp mu, cari aplikasi ‘Akulaku’ dan klik (screenshot Kelola Aplikasi).

  3. Perizinan aplikasi

    Cari dan klik menu ‘Perizinan Aplikasi’ (screenshot Perizinan Aplikasi).

  4. Non aktifkan kontak

    Pada Izin Akulaku , non aktifkan tombol untuk Kontak dan Telepon.cara menghapus data kontak dari pinjaman online request aplikasi

  5. Selesai

    Selesai. Sekarang Akulaku tidak memiliki akses ke Kontak pribadi dan Telepon.

Dengan menghapus izin akses tersebut, Akulaku atau aplikasi pinjaman online lainnya tidak akan bisa melihat daftar kontak pribadimu. Pertanyaannya kemudian, apakah jika kita menonaktifkan izin akses Kontak atau Telepon aplikasi masih bisa digunakan dengan normal? Iya, karena izin akses tersebut hanya bersifat tambahan bukan akses utama yang diminta.

Jika ketika kamu membuka aplikasi Akulaku muncul Pop up seperti pada screenshot Akulaku Request atau pada aplikasi Kredivo muncul screenshot Kredivo Request, pilih saja Tolak dan beri ceklis pada box ‘Jangan tanya lagi' agar Popup tersebut tidak muncul lagi.

Smartphone membutuhkan Smart user untuk menunjang agar terciptanya Smart decision. Semoga tutorial cara menghapus data kontak dari pinjaman online ini bermanfaat.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

883 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Gio

Sangat membantu gan

Titik

Maaf kak saya tidak pernah merasa pinjam di pinjol tapi kenapa kok saya di teror terus untuk bayar katany pinjmaan saya jatuh tempo tapi saya samasekali nggak Nerima uang,bagaimana solusinya🙏🙏🙏

Titik

Iya kak kurang lebih seperti itu,tapi q emang pernah daftar tapi di tolak karna udah kepepet kebutuhan mendesak,jadi baimana solusinya ya ka’🙏🙏🙏

Jessy

iya Itu bgmn… Sy jg tdk meminjam tpi ada tagihan masuk melalui sms dan WA

Maya

Biasanya mereka menyebar data dg cara apa kak

Feni

Saya sangat takut kalau data saya hubungidisebar

Feni Anggriani

Siap kha” terimakasihh

Ratmining tiyas

Saya punya kasus sperti ini….sudah saya bayar tapi ttp ada tagihan

Yangi

Ya sama kak,saya juga sering di teror padahal juga g pinjem di aplikasi tsb…tapi suruh lunasin…..

Ouemin

Mungkin ada yang menyalahgunakan

Rudiansyah

SM sy jg mengalaminya

fadil

Kalok keristat Pabrik pinjol ilegal ap bisa ambil Dari kontak solanya hilang semua kontaknya

Sinta

Klo pas daftar pinjol ada kontaknya banyak terus Kontk saya hapus semua apakah pinjol masih bisa deteksi kontak yang udah d hapus

Sinta

Berarti pinjol masih bisa mengakses apa gmna?

Irawati

Jika udah daftar dan SDH pinjm bru izin aktif d non aktifkan apa msh bisa menghubungi kontak tersebut dr pihak pinjol

Ika

Akan saya coba.mudah mudahan bisa.bru pertma kali ini minjem di pinjol.krn kepepet.takut,was was.minjem 500 rb jadi 625 rb.byk bgt bunganya.tp apakah DC akulaku bkal nagih kerumah ya?krn saya masih satu rumah sma mertua

Chll

Kalau pinjol 360kredi itu dia menghubungi semua kontak kita gak gan? Saya pusing tiap hari di wa terus

Rina

Dokuku gan,, foto saya habis di jadikn buronan hutang semua kontak saya yg menggunakn WA di kirim foto buronan saya,, gimana ya gan biar kontak saya bisa di hapus dri mereka

Nsubekti

Caranya biar ga berguna lagi itu gimana gan?

Atug

Kontak kita jg diperjual belikan ke pinjol lain jika kita ada ngadat bayar atau telat bayar ato gagal bayar.sy pernah pinjem pinjol ke 1 dgn kontak asli pinjol ke dua dgn kontak yg sdh sy setting tetapi pinjol kedua bisa tau kontak asli kita darimana..kecuali mereka semua perush pinjol ilegal menurut saya salin jual beli data kontak person nasabahnya yg nunggak atau gagal bayar

Dina

Saya juga pernah mengalaminya, sampai 3 pinjol yang nagih saya. Saya minta bukti transfer, mereka tidak bisa berikan malah menagih terus dengan berganti-ganti nomor. Dibalas minta bukti, hanya diam dan tidak di balas2. Esoknya nagih kembali dengan nomor yang lain baik wa maupun SMS

JengWW

Kak, jadi utk pinjol yg sedang berjalan (belum lunas) di pinjol ilegal, data kontak sy udah ditarik sama mereka ya?
Sekalipun sy ganti perangkat di tengah masa pinjaman, dan di perangkat baru tidak ada kontak yg tersimpan, lalu sy sudah ikuti langkah2 yg kakak share, apakah data kontak di hp lama tetap sudah ditarik olej pinjol ilegal tsb? Oya, aplikasinya juga sudah dihapus dari perangkat lama, sehingga hanya aktif di perangkat baru.
Makasi ya kak

Feni

Saya slalu bayar tepat waktu berarti data kontak saya sudah dihapus oleh pinjol atau bagaimana yaa kha & kemudian saya langsung menghentikan akses ijin kontak untuk semua aplikasi pinjol

Apakah aplikasi pinjol masih mempunyai data kontak saya saat saya telat bayar saat ini

Ulfa

Bearti gan kalau kita udh pinjam terus kita lunasi, itu data kita langsung dihapus nya kah gan ? Atau masih disimpannya ?

Nia

Pinjol adakami ini legal apa ilegal ya?

Nia

Memberikan izin akses telepon itu maksud nya gimana ya ka…apakah mereka akan tau semua no kontak di hp kita?

Lia

Akses kontak itubapa berlaku untuk semua kontak yg tersimpan di telephone dan simcard ? Bila ada lebih dr 1 simcard apa semua juga disadap ?

hrndra

sya sudah membayar semua pinjaman baik yg legal ataupun ilegal yg meresahkan itu..apakahh pinjol ilegal akan menyebarkan data, krna pernah ada yg mengancam dan me screnshoot foto sya dan no tlp kontak sya..namun skrng sudah lunas semua..apakah ada kemungkinan mereka untk menyebar/meneror kontak sya ?

Vita

Cara menghapus kontak yg mereka salin menjadi tidak berguna gmn ya gan

anas

caranya

Devanka

Kakak kalo kesadap belum japo carane ngembalike kontak e gimana yang udah kesadap itu bisa apa tidak

Ayesa

2klo aplikasix sdh dihapis gmn cra memblokirx kk

Herlinasibuea

Saya terjebak di pinjol ada kredit
Tidak ada verivikasi melalui SMS tau telfn pinjm saya langsung di ACC dengan 4 aplikasi dengan bunga mencekik n tenor 7 hr
Sementara tidak ada pemilihan tenor n brp bunga yg harus dibayar
Tiba dana di cairkan dengan 4 aplikasi gmn cara saya mengembalikan dengan bunga 💯% dlm jangka 7 hr

Oliv

Kalau di KTA KILAT BAKALAN nagih kerumah nggak ya soal nya sekarang belum ada uang nya

Imas

Kak kalau emg Kredit pintar terdaftar di ojk, knp saya yg ga pernah minjam tiba2 ada tagihan di apk dan bahkan pihak KP bikin rek BRI a.n suami sy ? Dan banyak org yg mengalami spt saya.. Sy gamau sampe diteror suruh bayar. Saya dan suami gapernah minjem. Ini 6jt loh kak Dibayar 6 bulan

Imas

Sudah kak sudah ditelfon dan banyak kasus yg sm persis spt yg saya alami. Jd mohon hati2 Saja.

bintang

ini kalau sudah dihapus begini apakah sudah aman semua atau bagaimana ? secara hp yg digunakan banyak sekali data2 pekerjaan n kontak2 yg tersambung dengan pekerjaan

Fhayra

kalau menghapus Identitas bagaimana kk?

Heninurdiana

Jika sudah di teror semua kontak terus kontak yg awal sudah dihapus, apakah masih bisa menghubungi mreka

Andre

Klau sudah d salin maka terus d teror dong gan

Dewi

Ka sblm instal aku udah apusin kontak2 yg aku pilih tapi di tellegram tetep ga keapus cuma d kontak dah ilang apa data tellegram jga akan d salin sama mereka

Tia

daftar Kontak yg diambil,yg pertama kita daftar atau daftar kontak terakhir setiap kita pengajuan pinjaman

Tia

Iya yg disimpan mereka yg pertama atau yg terakhir kita pengajuan lagi,kan nomer suka ada yg dihapus atau ditambah

Tia

Kk misalkan kita sudah lunas,kita hapus aplikasinya tanpa keluar dulu,apa semua data kontak kita dihapus mereka?terus kita mau pinjamlagi ke aplikasi yg sama,apa kontak yg terbaca nya yg lama atau yg baru?

Rere

Kak misal dihp kita tidak ada kontak, dan lain lain… apa mereka bisa sadap aplikasi yg ada dihp kita sperti ig.wa dan lain2

Rere

Meskipun imei disetujui apakah tidak bisa meretas akun ig..wa..dan lain2?

Tia

Kk misalkan kita udh lunas,apa data kontak kita yg sudah di copy dihapus sama mereka?terus klo kita pinjam lagi data kontak yg diambil daftar yg pertama atau data kontak saat pengajuan baru lagi?

Tia

Iya kk seandainya pinjam di pinjol yg sama,apa kalau kita sudah lunas data kita dihapus??
Kalau pinjam ke pinjol yg sama,data kontak yg di baca sama mereka yg baru atau lama?

Tia

Kk apa yg dimaksud mengizinkan ponsel?sedangakan yg lainnya seperti kamera,lokasi,kontak dll mereka minta juga

Dina

Saya sudah mengganti nomor, karena diteror terus, saya belum bisa bayar Krn belum ada dana apabila dikemudian hari saya sudah punya uang, bisakah saya hanya membayar uang yang saya pinjam, tanpa bayar denda ataukah mereka akan menagih terus?

Suri

Jadi kalo lazadapaylater akulaku itu kira2 menyalin data2 atau dia bisa dapat kontak hanya dengan izin pada pengaturan tadi bossque? Saya selalu rajjn bayar tagihan meskipun kadang2 telat. Krn memang saya pakainya rutin sih. Tapi ga suka aja ditelpon tiap hari. Yg di apk akulakunya sndiri saya ga pernah telat. Terus biasanya akulaku mulai meneror kontak itu setelah trlat berapa hari?

Suri

Akulaku neror tiap hari sampai saya blokir semua nomornya. Krn bulan kemarin saya telat bayar paylater 3hari terus saya bayar dengan cicil dalam waktu beberapa hari sampai lunas. Cs nya tetap aja galak walaupun pembayaran kita sudah masuk. Pas sudaj lunas masih aja nelpon ya saya caci maki balik. Hahahah. Makanya bulan ini pas telat lagi saya ga mau terima telpon. Percuma sih jawab CS yg nanya kapan dibayar mulu, ujung2nya bikin emosi. Toh juga nanti dibayar lagi dan dipakai lagi.

Yuli

Brarti meskipun pengaturan aplikasi pinjol itu sudah tidak saya izinkan dia masih bisa akses kontak kita ta ? Kan awalnya saya gak tau saya izinkan trus waktu tau pengaturan saya gnti tidak saya izinkan

Tds

Saat awal pengajuan karena tidak tau pinjol mengakses kontak jd kita izinkan. Dan mereka sudah mengakses semua kontak kita, dan waktu tau ini kita jadi memblok dan mencabut izin akses, apakah mereka masih bisa sebar data ke kontak kita kak ?

Eva

Berarti aman ya kaka kalo sudah di tolak izin kontak nya. Walaupun kita tolak izin nya setelah kita instal dan dapat pinjaman tp kita tolak izin nya sebelum galbay.. Kira2 kontak kita aman ga ya kak

Shely

Tapi kalo kontak di blokir dan di hapus apa masih bisa pinjol hubungi itu kak?

iyan

bagaimana cara agar pinjol tidak bosa mlkukn blast kontak gan?

MInartin

Pinjol ilegal yg tdk terdaftar di ojk.apa bisa menagih smpai drumh?

MInartin

Data z dsebarkan z sakit hati dan memilih tdk membayar sepeserpun z minta saranx z hrus bgmn??

saffana

Hai mas. Mau cerita, saya ada pinjaman di beberapa aplikasi pinjol ilegel. Karena hp saya Iphone, jadi saya ikut dowload di hp nenek saya. Tapi saya daftar pakai nomor pribadi saya (yg di iphone) Nah itu yang di sadap, hp Iphone apa Android nenek saya ya?

Risa

Caranya memisahkany gmn ya ?

Melisa indah sari

Kaka kan sebelum d hapus aku matiin izinnya trus aku hapus aplikasinya. Apakah mereka akan tetap menagih ke kontak hp saya ya. Krna dlam 1 apliksi kdang ad bbrpa aplikasi lain. Yg blum jatuh tempo.

Maria

Gan mau tnya saya pake akulaku sering instal dan unistal applikasinya…agar tidak ngambil data kontak saya yg lain gmna ia mohon pencerahannya…thx

Ani

Ka jika data kontak dll blum di nonaktifkan tapi aplikasi sudah terlanjur di hapus bagaimana caranya?

gabi

saya kejebak pinjol. baru 2 hari ini saya nunggak dan gak respon wa/sms/telp dr mereka. saya sudah non aktifkan aplikasi di hp. apakah saya masih perlu uninstall apk nya juga?

Heninurdiana

Berarti yg bisa dihubungi kontak darurat saja, kontak lainnya GK

Rifki

Apakah pinjol bisa mengakses semua kontak yg ada di hp kita,atau hanya mengglhubungi kontak darurat saja

Yana

Kak Kalau umpama ijin kontak sudah di offkan apakah masih bisa data kontak masuk kak.walaau sudah beberapa hari baru di blokir

Uhuy

Kalo yang di ijinkan itu hanya te phone camera sama lokasi .apakah mereka sama ambil kontak

Dia

Kalo awal download kita izinkan semua akses, trus baru skrg kita gak izinin apa masih bisa akses orangnya?

Anie

Sy juga sdg terlibat pinjol 1 bln ini. Krn ada keb. Sgt mendesak.. Mau dong tips nya

Shely

Iya niat kita bayar mas tp,mau gimana lagi memang belum ada….

Faisal

Klo di hp samsung gimana bg? Makasi

Aini

Kak..gimana kalau pinjol bisa masuk ke FB atau ig.fb saya ada saya cantum kan nomor hp.kalau FB dinonaktifkan tuk sementara apa pinjol ga bisa akses ke teman2 FB kah???

riandiani

hi kak, namun bagaimana dengan kasus jika kita tekah menghapus duluan aplikasinya sebelum mematikan izin nya?

koming

boss saya punya pinjaman d pinjol ilegal,bunganya sangat besar pinjem 2 jt cairnya 1.360.000,dan saya sudah telat 1 hari dendanya 120.000 /hari,gimana solusinya boss ?

Nana

Ia bang sàmpe saya di permalukan di perusahaan ayah saya di share ke fb saya sgt malu .. dan sy udah apus semua kontak2 sampe fb dan ig tp ga berhasil malahan foto mertua saya di pajang di dp dcollector tsb

Ayu

Bang, kalo aplikasi legal yang izinnya cuma kamera lokasi mikrofon dan lainnya seperti kode imei, apa bisa nyalin kontak?

Hyung

Ka, saya sudah tolak akses untuk semua yang diminta oleh pinjol, apakah pinjol tsb bisa mengakses kontak saya apa tidak?
Terimakasih, tolong direspon ya kaaa

Hyung

Maksudnya pihak pinjol sudah bisa mengakses kontak saya, tapi saya memblok tidak ada gunanya gitu ka?

Andin

Kak saya juga ngak bisa bayar kontak saya sudah di sebar,aplikasi sudah d hapus,wa juga sudah di hapus,apakah pengaruh ke Facebook..apakah mereka bisa mengakses

Desy putri

Bisa gak sih gan kalau laporin pinjol ilegal ke ojk .soalnya saya di teror trs gan kontak saya juga di tlfnin bikin malu bgt

puput

cara pelaporanx gmn ya gan??

Dia

Nanya dong gan, saya kan punya aplikasi pinjol akulaku, easycash, adakami, ksp super pro, ksp kilat. Diantar ini ada yg legal dan ilegal ga?

Indah aurel

Mau tnya kak.misal kita sdh terlnjur pinjm dan gagal byr lalu per izinan kita blok apakh msh bisa mengakses kontak?ato perlukn hps akun wa

Last edited 3 years ago by Indah aurel
Nanda

Apakah pinjol datang kerumah jika kita tidak bayar? Itu kutun berapa bulan kita tidak bayar yah?

Risma

Pinjol illegal juga bisa datang ke rumah DC nya?

Dhani

Kira2 kalau akan datang ke rumah itu berapa pinjaman sampai di datangi ke rumah ya bos?

Siti

Kalau yg di akses aplikasi pinjol tersebut hanya kamera dan lokasi apakah itu artinya mereka tidak mengakses nomor2 di kontak saya? Apakah itu artinya kontak saya aman? Mohon jawabannya

Adi rachmad

Saya pernah pinjam di tolak, tapi semua sudah isi datanya, setelah di tolak aplikasinya langsung saya hapus apa itu aman? Atau gimana pencerahannya

Hendra

Gan mohon bantuannya gimana caranya agar kontak telpon saya tidak lagi bisa di hubungi oleh pihak pinjaman online.

Natalia

Bang sy ada pinjol ilegal tp setelah sy matikan ijin kemudian matikan akses lokasi mrk tidak sebar data…apa karena sy matikan ijin ya…mrk hanya mengancam sy…atau krn belum ya bang?

kydonk

Assalamualaikum bang, saya sbnrnya sdh lama pakai pinjol, tapi alhamdulillah selalu tepat waktu bayarnya. Pas saat ppkm skrg inilah saya bnr2 mentok utk cari uang utk bayarnya. Saya sdh galbay seminggu lebih di 3 apk ilegal. Kebetulan apk nya ada di hp android anak, dan nmrnya ada di hp iphone saya. Sejauh ini mereka blm teror kontak, baik yg di hp anak atau hp saya. Skrg saya sdh jatuh tempo di apk ilegal yg ada di hp iphone saya, dan keadaannya di hp saya itu, aplikasi “kontak” nya sudah lama saya hapus krn memori tdk cukup, bukan krn pinjol. Yg mau saya tanyakan, apakah kontak yg ada di iphone saya aman?, tdk akan kena teror?, mhn penjelasannya. 1 lagi, andai saya sdh galbay di apk ilegal, apakah itu pengaruh di pinjol legalnya seperti akulaku dll, maksudnya sehabis bayar akulaku apakah saya masih bisa pinjam lagi, atau sdh blacklist, posisi nya di apk legal saya tdk pernah telat bayar

yayah

tapi kalo pinjam nya sudah lama lunas 3 bln yg lalu gitu…apakah mereka masih menyimpan data kontak kita…terus kita mengajukan pinjaman lgi dengan no.kontak berbeda….yang kesalin no.kontak baru pa yg 3 bln yg lalu.mohon d jawb

Sigitz

Ini berrti sumbernya ada di akulaku ya gan?

Mia

Kalo sdh mlkukan pinjmn .dt sdh dsdap dan kita hpus akses kontak apa msih trsimpan dta2 kita dsana

Heny

Hallo……gimna caranya supaya kontak darurat kita gak diteror juga dng pinjol.trs kalo dia sdh ambil data kontak kita gimna caranya kita biar bisa terhapus…makasih untuk solisinya

Pipit permana

Maaf aplikasi sudah di hapus. Tapi tetap aja sebar data.. Apakah harus di install lagi kemudian ijin nya di matikan semua. Tolong pencerahan nya gan.

Diah

Maaf mau minta tolong bantuannya..bagaimana cara menghapus data”yg sudah masuk dipinjol.. soalnya kawatir juga

Fauzi

Mau tanya pinjam di hi juta aplikasi ilega.saya tidak melakukan pijam kok malak ada uang masuk 539 jangka 9hari hari di kembalikan 900rb.gimana solusi nya .apakan isi kotak di hp saya apa bisa di bajak minyak solusi nya

Aisyah

Kak aq sdh ganti semua nomer sy…sdh hapus akun sdh riset ulang pabrik..sdh ganti nmer gnti email….semua akun sdh sy ganti…
ap dc pinjol bisa sebar data ato teror kontak sy?

Iwan

Kak saya mau nanya masalah kaka saya ,,ada penagihan hutang di pinjaman online tp kakak saya gak pnjam uang di pinjaman online tsb,,trus dia ngancam akan membagikan data kakak saya ,,selang beberapa hari ancaman itu benar,data kaka saya di sebarkan dengan kata2 kotor/pencemaran nama baik,cara melaporkannya gimna kak??

Anggi

Kak jd sy terjebak pinjol ilegal, kemarin sy baru verifikasi data tiba2 uang lgsg masuk kerekening tanpa persetujuan kita, nominal ditentukan dg bunga yg sangat tinggi dan tenor cuma 8hari, saya dapet 700rb tp pelunasan disuruh bayar 1juta, mereka juga trnyata sebar data ke kontak yg ada dihp kita, nah sy baru tau kalo dipengaturan app bisa kita matikan izin kontaknya, kalo sy sudah nonaktifkan izin kontak apakah mereka bisa mengakses kontak data dihp kita setelah aplikasi di download dan kita sudah masukan data kita? Mohon dijawab ya kak

Anggi

kalo kita hapus aplikasinya dengan keadaan sudah di nonaktifkan akses data kontak apakah mereka masih bisa sadap kontak kak?

endang

Apakah masih bisa pinjol itu akses kontak2 kita kak stlh aplikasi Di hapus?

Delima

Kak,tp kalau sdh trlambat mnonaktipkn trus d hapus apk x,apakah mreka msh bisa teror kontak sya

Lia

Ka kalau kta kilat bakalan dateng ke rumah kalau kita nunggak brpa bukan ya

IMAM SYAFI'I

Maaf gan mau nanya apa bener pinjol ilegal mengetahui isi kontak kita di dalam HP?

Rina susanti

Kak..saya terjebak pinjol fulus terbaik ..pinjol itu sudah menyebar foto dan ktp saya ke semua kontak yang ada di hp..cara mengatasi agar pinjol fulus terbaik berhenti menelor semua kontak saya gmna ya? Trimakasih🙏

Jordy

Kalau pinjam sudah lama ,tapi sekarang mau di hapus data kontak di apk apakah bisa kak,biar tidak kesebar,apa bisa kak?

Bunda yanti

Saya bner”bngung hrs gmn caranya melunasi htng sm pinjol yg bunga nya mencekik..sy terpaksa pinjam untuk ongkos pengobatan kanker ku.

Ita

Malam k, mau tanya boleh? Adik sy terlilit hutang pinjol ilegal, dan sdah disebar foto dia dgn kata” kasar, apakah bisa di blok akses mereka k? Hutang nya sdah kita cicil separuh, blm lunas krn terus berbunga… Mohon solusinya

YOGS

Ka kalau kitatidak mau di hubungi pihak pinjol ilegal lagi boleh kah kita mengunistal aplikasi nya, ngaruh kah apakah masih pihak pinol ilegal mengakses kontak saya ?? saya baru baru ini mengambil, trus , benarkah kalau kita tidak membayar cpinjol ilegal tidak usah membayar ??

Munafiah

Gmna kak caranya ak lagi pusing kak bukanya g mau byar pinjaman online tp posisinya saya g ada uang.saya ibu rmh tangga dengan 3anak suami saya cm go -jek

Jordy

Apakah kalau pinjol belum di bayar,atm kita bisa bermasalah?soalnya saya ada kirim gajih kan lewat atm kak

Damar

Saya pinjam online tapi bukan pake nomor utama meliankam nomor yang gak pernh di gunakan..apakah setalah saya cabut kartu sim trs saya buang.data saya gak kebaca dsana dari kontak yg utama.semnatara saya daftarkan pada kontak yg gak kepake /saya udah buang?

Boloho

Bagamana kalo kita save kontak di email, kak?

Windy

Jadi kalau semisalnya contact save ke email kan tetap muncul di contact hp, apa itu tidak bisa mereka akses?
Jadi hanya nomor contact yang ruang penyimpanannya di phone saja yg bisa ke baca oleh pihak pijol?

Munafiah

Maaf kak mau tanya.posisi saya skrng jatoh tempo tanggl 17ini apakah yang harus sy lakukan.apa harus me nonaktifkan semua no kantak atau gmn.tp posisi saya takut klu di semua kontak dihubungi pinjol

Munafiah

Saya tadi sudah terus terang sm pihak pinjol.tp kenyataannya.pihak pinjol g mau mau tau.malah saya di ancam data saya dan kontak mau disebarkan.padahal saya sudah becara baik2 tetep saya ngancam dan tata caranya bicara kasar

Munafiah

Klau usaha uang segitu berat.apalagi kondisinya kayak gini cari uang susah.klau pihak pinjol mau sebar kontak terserah meraka ak tak pansrah aja.toh kenytaannya ak g punya mau gmn lagi

Munafiah

Kudu ak mau nangis rasanya.data disebar kan kasihan orang yg g tau apa2 jdi kena.solusinya gmn.apa ak pasrah dengan bunga yg bertambah tiap harinya

Anita

Ka sy pernah pengajuan sekali di kredit pintar dan di acc tp skrg utk kedua x nya kita harus ngasih akses masuk ke akun shopee kita..itu aman ga yah..

Johar

Kak mau tanya tp kalau seandainya kita gak bayar dalam kurun waktu lama bakal kerumah gak kira2 untuk pinjol ilegal

Lia

Ka mau tanya. Klo kita pertama mengizinkan aplikasi pinjol untuk mengakses semua nya. Trus kita udh melakukan pengajuan trus disetujui. Abis itu kita menonaktifkan perizinan apa masih bisa di salin data kita?

LELA

kak izin bertanya, untuk pinjol ilegal itu dengan penagihannya tidak ada kemanusiaan dan data saya sudah disebar luaskan. Baiknya menurut Kaka bagaimana? Apa harus dibiarin jangan dibayar? Apa harus dilaporkan, dan bukti-buktinya pun ada

Shaendy

Saya mau tanya kak
Jika saya menonaktifkan izin dan menghapus semua kontak apakah pinjol masih bisa mempunyai semua kontak dihp kita

Risma

Hal ini sama yang dilakukan saya kak.sy menginstal aplikasi pinjol di hp yang berbeda dengan verifikasi no.waktu pengajuan.apakah misalkan kita blm byr tepat waktu DC nya akan menghubungi kontak2 yang dihp (yg dipake aplikasi) atau hp yang di pake no.verifikasi.mohon penjelasannya.saya bukan mau lari dari utang.cuma butuh waktu untuk mengumpulkan dana nya

Risma

Saya udah menolak izin akses nya sekarang kak.dan udah menghapus aplikasi nya.tapi sebelum sy hapus aplikasi nya sy udah ss no.vA nya utk melakukan refund dana sesuai yang msk ke.rek.mohon penjelasan kembali.apa pihak mereka masih bisa menyebar data2 saya

Maria

Maaf ka saya mau tanya ?
Saya punya hutang d pinjol KP ada modal sama easy cash ..
Sebenernya blm jatuh tempo ?
Tapi di saat jatuh temponya bersamaan .
Dan di tanggal itu saya blm punya uang untuk membayar ?
Terus kira2 akan menghubungi kondar ga ka ? Terus harus bagaimana ??

Mohon d bla

Dita

Kak mau tnya dong saya udah nglunasi di kredit pintar tetapi seminggu berikutnya saya dtfon no asing sayangnya saya gak begitu denger apa ada kemungkinan pinjaman yang udah dilunasin bisa pinjam dengan sendirinya dan gimana caranya menghapus data yang udah masuk ke database mereka..

Dita

Terima kasih kak sangat menenangkan emang gak pernah telat dan sering pake kredit pintar sih,aku juga sering buka2 takut kalo tiba2 ada pinjaman otomatis GT makasih kak

yanti

bang saya diteror bahwa jatuh tempo pdhl sayaatkd pernha meminjam di aplikasi smart credit

Screenshot_20210131-130334_WhatsAppBusiness.jpg
Eka

Tapi kak aplikasi SDH terlanjur keinstal saking kagetx lihat jumlah pinjam yg bungax abesar banget gmn nih kak ap sy harus hpus aplikasix atau mengabaiknx sj

Eka

Iya kak semalam buka ijin aplikasi cuman lokasi aja yg di ijin kan yg lain di tolak.mudah2an yah..klu emang ad pinjaman sy psti orgx SDH nlfn berkali2 nagih jatuh tempo di aplikasi SDH lwt 8 hari.cek kondisi terakhir gmn kak?

Tuti

Mau ty setelah diabaikan apakah ada org datang kerumah ato menghubungi kontak? Krn saya juga dapat ni jd parno saya..kmrn kejadian saya install begitu buka ada tagihan 2jt2rts huuu ..tdnya mau abaikam tp wa lagi mau kirim org kerumah sore dan info plat no nya… ini dapat lagi wa begini dengan nama smartcredit..pncerahanya ya

Tuti

Sdh saya blokir masih dapat begini an lagi 2x saya begini dari smart credit. Dan permata tp saya ga pernh merasa pinjam 😭 mungkin kah tiba2 mereka datang kirim orang krn dari kmrn saya abaikan tu wa bahkan saya blokir juga

Screenshot_2021-02-16-16-12-54-04_7352322957d4404136654ef4adb64504.png
Rara

Maaf mau tnya, kalau biar data2 qta tidak tersebar ke semua kontak hp bagaimana ya sist caranya

Cika

Ka aku pinjem pinjol d hp berbeda,dn aplikaai pinjol berada d hp yg tidak ada wa. tpi nomer hp nya aktif d hp yg 1 yg ada wa nya…
Apakah itu akan berpengaruh??? Sedangkan sya mematikan perijinan nya d hp yg ada aplikasi pinjol nyA…

Cika

Tapi nomer pinjoll yg aku daftar sma dgn nomer yg ada wa…. cm aplikasi nya saja yg berbeda hp… tpi aplikasi pinjol slalu wa aku dn ngancem mw bocor kn data sya…ka.

Wendah

Mau tanya.kalo sim sudah saya copot.aplikasi juga sudah saya hapus.apakah pinjol bisa mengakses data saya?

Atug

Gabung

Sherly

Ma tanya gan, kalau kita pinjaman online berhasil trus aplikasi nya terhapus bagaiman cara membayar nya

Mala

Ada tes kredit bang penipu data saya dipake gabener tiba2 ada tagihan 1.2 dan itu bukan ke norek saya itu norek orang lain tpi knp bisa itu data saya jdi nagihnya ke saya dan saya ga nerima uang sepeserpun dari mereka bang saya jg gamau bayar udh d jelasin jg klo saya ga minjem tpi malah pada nyolot, lagian data udh d sebar jdi males mau bayar karna ga merasa klik ajukan pinjaman mereka main transfer2 aja mana bunganya gede semua tenor 7 hari ada yg bungabya 700 ada yg 600 800

Mala

Itu bener-bener nama saya bang tapi noreknya bukan nama saya data semuanya milik saya noreknya aja ug bukan setelah saya cek kontak sana kontak sini ternyata itu permainan si TES KREDIT PENIPU sialan, dia maen maen dgn data saya, di aplikasi nya sendiri juga tiba2 ada tagihan 3 biji padahal sebelumnya saya gabisa masuk ke apk TES KREDIT PENIPU selama 3 hari

Devi

Ka mala, saya baru mengalami hal serupa malam ini..tp saya belum bisa melaporkan ke cs nya, karna sdh tutup. Jd kelanjutannya bagaimana kak?

Cintalina

Ka saya tidak pernah meminjam uang di apk one hope tpi data saya trtera minjam 1 juta apa yg harus sy lakukan…pihak one hope bilang kaltf uang lewat link aja…tp saya sendiri tdk punya akun link aja…apa yg harus saya lakukan

Hamdi

Saya mendapatkan hal yg sama sperti saudari cintalina. Yg saya curiga kan wa nya selalu mencatum kata2 yang sama berserta no kontak hp. Yg saya tanyakan apakah pinjol ilegal ini menggunakan wa blaster? Jika saya mengganti SIM card baru apakah saya msh mendapatkan wa blaster?apakah data saya akan menyebar ke kontak saya? Mohon solusinya.

Muntiani

Maaf kak saya mau tanya”

Friska

Bang saya diteror pinjaman online…gmn ini mengatasinya..
Saya diancam mohon solusinya…

Ardiansyah

Kak, kalau belum jatuh tempo terus izin akses kontak baru dimatikan, apakah kontak kita sudah disalin mereka?

Iva

Ka q melilit hutang bukannya ga mau bayar q mau bayar tapi giman.soalnya saya lagi gak kerja a cara nya apakah aplikasi dananow q datang ke rumah saya takut data saya tersebar

Jun

Bang, kalo aplikasinya minta ijin mengelola dan melakukan panggilan telpon, aman g bang?

Kasan

Mas saya mw nanya dlu pas saya ngajuin di di pinjam ilegal sebelum jatuh tempo saya memblok akses izin kontak nya saya paket hp xiomi apakah itu tidak akan meneror lagi masalah nya saya belum gajian kalau saya udah gajian pasti saya bayar

Ummu hozayyana

Kak kal pinjaman di tolak semua data apakah terhapus otomatis

Yana

Berarti hanyak pihak pinjol yg bisa menghapus data yg sudah terkirim ya kak???

Bramakumbara01

Bang kalau sy terjebak pinjol dng bunga tinggi sy tidak mampu bayar, bagaimana caranya, apakah dng ganti nmr hpnya mereka msh bisa meneror kita, sedangkan utang blm lunas, bagaimana cara mengatasinya

Last edited 2 years ago by Bramakumbara01