Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online. Bisa Gak Ya?

Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online – Kemungkinan kamu pernah mendengar (atau bahkan merasakan sendiri) kasus penagihan pinjaman online yang berujung teror. Debt Collector menggunakan berbagai cara agar nasabah segera melunasi hutangnya. Dari mulai datang ke rumah, menelpon tak henti-henti, mengancam hingga yang paling mengganggu mengirimkan SMS Blast (atau WhatsApp Blast).

SMS Blast adalah mengirimkan SMS berisi pesan tertentu dalam jumlah yang sangat banyak kepada daftar kontak yang sudah disiapkan. Biasanya isi pesannya adalah pemberitahuan bahwa yang bersangkutan memiliki sejumlah hutang yang belum dibayar dan permintaan untuk mengingatkan agar ia segera membayarnya. Adapun kontak yang dikirimkan SMS Blast ini adalah daftar kontak dari Hp Si Peminjam, dimana aplikasi pinjaman online yang ia gunakan memiliki akses untuk membaca dan menyimpan kontak tersebut. Jika sudah begitu, adakah cara menghapus data kontak dari pinjaman online tersebut?

Mengenal Sistem Izin di Hp Android

izin aplikasi di Hp android

Android merupakan sistem operasi dengan privilese terpisah, di mana setiap aplikasi berjalan dengan identitas sistem yang berbeda. Fitur keamanan tambahan yang lebih terperinci disediakan melalui mekanisme “izin” yang memberlakukan pembatasan pada operasi atau proses tertentu.

Sejak Android versi 6.0 ke atas, setiap kamu menginstal aplikasi baru, kamu dapat mengontrol kemampuan atau informasi yang dapat diakses oleh aplikasi, itulah yang disebut izin. Kamu dapat mengontrol izin yang dapat diakses oleh aplikasi setelah aplikasi tersebut terinstal di perangkat. Tergantung tipe aplikasi yang kamu pasang, jenis izin akses yang biasanya diminta diantaranya:

  • Sensor Tubuh
  • Kalender
  • Kamera
  • Kontak
  • Lokasi
  • Mikrofon
  • Telepon
  • SMS
  • Penyimpanan

Jika kamu memberi akses untuk Lokasi misalnya, itu artinya kamu mengizinkan aplikasi tersebut untuk membaca dimana posisi kamu berada (mengaktifkan GPS). Jika kamu memberi akses pada Penyimpanan, aplikasi tersebut bisa menyimpan data ke Hp mu. Begitu juga untuk izin-izin lainnya. Artinya aplikasi tersebut tidak akan bisa berbuat banyak sebelum kamu memberinya izin. Dan izin tersebut 100% kehendak kamu, kamu boleh mengizinkan atau menolaknya. Hanya saja banyak dari kita yang seringnya asal pencet OK ketika Popup Dialog muncul tanpa tahu apa yang baru saja kita setujui.

Darimana Pinjaman Online Mendapatkan Data Kontak Kita?

Masih ingatkah kamu ketika pertama kali menginstal aplikasi pinjaman online? Akses apa saja yang kamu izinkan? Jika yang kamu instal adalah aplikasi pinjaman online OJK atau Fintech resmi, ia hanya akan meminta akses ke Kamera, Mikrofon dan Lokasi. Ketiga hal tersebut memang dibutuhkan untuk kebutuhan verifikasi data. Kamera untuk mengambil foto selfie kamu beserta KTP, Mikrofon untuk verifikasi suara dan Lokasi untuk memastikan kamu berada di area yang di jangkau oleh Fintech yang bersangkutan.

Namun jika yang kamu instal adalah aplikasi pinjaman online abal-abal atau ilegal, ia akan meminta akses diluar kewenangannya. Ia akan dengan cara memaksa atau mengelabuhi memintamu untuk memberikan izin akses ke tidak saja Kamera, Mikrofon dan Lokasi tetapi juga ke SMS, Telepon dan … KONTAK!

Memberikan izin SMS, Telepon dan Kontak berarti kamu mengizinkan aplikasi tersebut untuk :

SMS
Membaca, mengirim SMS dan MMS.

Telepon
Mengakses nomor telepon dan jaringan. Termasuk membuat panggilan telepon, mengunakan Voip, Voicemail, dan lainnya termasuk daftar catatan log telepon. Termasuk pada akses ini mendapatkan daftar nomor telepon.

Kontak
Membaca, membuat atau edit daftar. Termasuk mengakses semua akun dari perangkat.

Sekarang tarik napas sejenak dan cari tempat yang nyaman untuk bersandar. Jika sudah, coba ingat-ingat izin akses apa saja yg dulu kamu berikan ketika menginstal aplikasi pinjaman online tempat kamu meminjam. Jika ternyata kamu memberi izin termasuk Telepon dan Kontak, maka bisa dibilang kamu dalam masalah. Besar tidaknya masalah tersebut tergantung dengan Fintech mana kamu berurusan.

Mengelola Akses Perizinan dari Aplikasi Pinjaman Online

Sebelum sampai ke cara menghapus data kontak dari pinjaman online, terlebih dahulu kamu harus mengetahui akses apa saja yang diizinkan dari aplikasi tersebut. Berikut Krediblog sertakan Screenshot akses izin dari 3 aplikasi pinjaman online yang sudah memiliki nama :

cara menghapus data kontak dari pinjaman online izin aplikasi

Kredit Pintar hanya meminta 2 izin akses, yaitu Kamera dan Lokasi. Kredivo meminta izin akses untuk Kamera, Lokasi dan Telepon. Sedang Akulaku meminta izin akses lebih banyak diantaranya Kamera, Lokasi, Mikrofon, Telepon dan Kontak. Berdasar izin akses 3 aplikasi diatas, hanya Kredit Pintar yang mematuhi aturan OJK untuk hanya meminta izin akses standar, sedang Kredivo dan Akulaku dalam hal ini bisa dibilang menyalahi aturan OJK.

Sebagai informasi, aplikasi pinjaman online Kredit Pintar sudah memiliki izin resmi dari OJK dengan Surat Tanda Berizin nomor KEP -83/D.05/2019. Sedangkan Kredivo masih berstatus Terdaftar dengan Surat Tanda Terdaftar nomor S-236/NB.213/2018. Baik Kredit Pintar dan Kredivo, keduanya adalah Fintech resmi karena Berizin dan Terdaftar di OJK. Bagaimana dengan Akulaku? Apakah ia juga Fintech resmi? Mengapa ia meminta izin akses hingga Telepon dan Kontak yang tidak sesuai dengan aturan OJK?

Sebenarnya Krediblog tidak tahu pasti jawabannya, karena sampai saat ini belum ditemukan kejelasan. Kalau boleh asal jawab, Akulaku adalah aplikasi pinjaman online Semi. Ya.., semi resmi ya semi ilegal. Disebut resmi karena dalam ‘tubuh’ Akulaku terdapat Sub Fintech yaitu Asetku yang memang terdaftar di OJK. Namun setahu Krediblog, Akulaku berdiri di bawah naungan PT. Akulaku Silvrr Indonesia, PT. Akugrosir Indonesia dan PT. Akulaku Finance Indonesia. Yang ketika dicari di dokumen publikasi OJK terkait penyelenggara Fintech Berizin dan Terdaftar per 19 Februari 2020, ketiga nama perusahaan diatas tidak ditemukan.

Tapi Please.., kamu jangan salah paham. Sampai saat ini Krediblog adalah pengguna setia Akulaku. Setiap bulannya menggunakan kredit atau saldo Akulaku hingga satu jutaan. Namun catatan ini perlu disampaikan untuk alasan keterbukaan informasi. Kamu mau daftar Akulaku silahkan, lebih aman pilih yang lain juga itu hak kamu. Tapi sejauh Krediblog menggunakan Akulaku, belum pernah mengalami masalah yang tidak menyenangkan. Cari tahu tentang Akulaku selengkapnya di review Akulaku.

Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online, Mungkinkah?

Jika yang kamu maksud adalah menghapus data kontak di pinjaman online yang sudah mereka salin atau download, itu tidak akan bisa dilakukan. Karena data yang disimpan secara offline tidak akan bisa kamu sentuh. Andaipun kamu tetap memaksa untuk melakukannya, akan butuh pihak ketiga (pihak yang berwenang) sebagai pengadil. Yang bisa kamu lakukan adalah menghapus izin akses kontak pada aplikasi pinjaman online yang masih aktif karena tidak seharusnya ia mendapatkan akses itu.

Apa masih efektif menghapus izin akses kontak pribadi sedangkan mereka sudah menyalin semua daftar kontaknya?. Tentu saja masih. Berikut beberapa alasannya:

  • Menghentikan segera proses penyalinan sehingga tidak berlanjut untuk kontak-kontak baru.
  • Mengingatkanmu akan pentingnya akses izin sebagai bagian dari menjaga privasi.
  • Memberimu referensi tentang aplikasi mana saja yang ‘memaksa’ izin akses.
  • Mengambil alih kontrol sepenuhnya atas Hp mu.
  • Ajang kamu belajar agar terbiasa dilakukan untuk aplikasi lainnya

Akhirnya, Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Tutorial cara menghapus data kontak dari pinjaman online berikut dilakukan di Hp Xiaomi. Untuk Hp merk lainnya bisa jadi berbeda di detailnya, tapi tetap sama pada poinnya. Berikut cara menghapus izin akses Kontak dan Telepon dari pinjaman online Akulaku:

Cara menghapus data kontak dari pinjaman online:

  1. Buka pengaturan

    Buka Setelan dan pilih menu ‘Kelola Aplikasi’ (screenshot Setelan).cara menghapus data kontak dari pinjaman online setelan hp

  2. Kelola aplikasi

    Akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di Hp mu, cari aplikasi ‘Akulaku’ dan klik (screenshot Kelola Aplikasi).

  3. Perizinan aplikasi

    Cari dan klik menu ‘Perizinan Aplikasi’ (screenshot Perizinan Aplikasi).

  4. Non aktifkan kontak

    Pada Izin Akulaku , non aktifkan tombol untuk Kontak dan Telepon.cara menghapus data kontak dari pinjaman online request aplikasi

  5. Selesai

    Selesai. Sekarang Akulaku tidak memiliki akses ke Kontak pribadi dan Telepon.

Dengan menghapus izin akses tersebut, Akulaku atau aplikasi pinjaman online lainnya tidak akan bisa melihat daftar kontak pribadimu. Pertanyaannya kemudian, apakah jika kita menonaktifkan izin akses Kontak atau Telepon aplikasi masih bisa digunakan dengan normal? Iya, karena izin akses tersebut hanya bersifat tambahan bukan akses utama yang diminta.

Jika ketika kamu membuka aplikasi Akulaku muncul Pop up seperti pada screenshot Akulaku Request atau pada aplikasi Kredivo muncul screenshot Kredivo Request, pilih saja Tolak dan beri ceklis pada box ‘Jangan tanya lagi’ agar Popup tersebut tidak muncul lagi.

Smartphone membutuhkan Smart user untuk menunjang agar terciptanya Smart decision. Semoga tutorial cara menghapus data kontak dari pinjaman online ini bermanfaat.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
14 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Gio

Sangat membantu gan

Ika

Akan saya coba.mudah mudahan bisa.bru pertma kali ini minjem di pinjol.krn kepepet.takut,was was.minjem 500 rb jadi 625 rb.byk bgt bunganya.tp apakah DC akulaku bkal nagih kerumah ya?krn saya masih satu rumah sma mertua

bintang

ini kalau sudah dihapus begini apakah sudah aman semua atau bagaimana ? secara hp yg digunakan banyak sekali data2 pekerjaan n kontak2 yg tersambung dengan pekerjaan

Fhayra

kalau menghapus Identitas bagaimana kk?

iyan

bagaimana cara agar pinjol tidak bosa mlkukn blast kontak gan?

Maria

Gan mau tnya saya pake akulaku sering instal dan unistal applikasinya…agar tidak ngambil data kontak saya yg lain gmna ia mohon pencerahannya…thx

Ani

Ka jika data kontak dll blum di nonaktifkan tapi aplikasi sudah terlanjur di hapus bagaimana caranya?