Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar, Serius Gak Apa-Apa?

Pinjol ilegal gak usah dibayar – Sebenarnya Krediblog sudah menulis panjang lebar tentang pinjol ilegal, kamu yang tertarik untuk mengetahui mengapa sebuah pinjol bisa disebut ilegal berikut daftar pinjolnya, silahkan merujuk kesana. Tulisan ini akan fokus ke sisi hukum terkait boleh tidaknya jika tidak membayar pinjaman online pada perusahaan fintech ilegal yaitu yang tidak berizin dan terdaftar di OJK.

Ada cukup banyak alasan atau sebab mengapa seseorang terjebak pinjol ilegal. Dari yang tidak tahu kalau itu pinjol ilegal, tidak sengaja kepencet aplikasinya, coba-coba, murni korban penipuan atau penyalahgunaan data hingga yang secara sadar mengajukan pinjaman. Beragam alasan masuk tersebut berujung pada akhir yang sama, tagihan yang menumpuk dan tidak memiliki uang untuk melakukan pelunasan. Kondisi yang tidak mengenakkan tersebut diperparah oleh kelakuan DC pinjol yang lebih mirip orang ngajak ribut daripada menagih. Teror, intimidasi hingga ancaman penyebaran data. Hingga akhirnya terbesit dalam kepala, “Kalo pinjol ilegal gak usah dibayar sekalian, gimana ya? Apa aman?”

Kata Kominfo Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar

kominfo pinjol ilegal gak usah dibayar

Adalah Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Infrormatika (Kemenkominfo) yang pertama kali mencuatkan pendapat bahwa pinjol ilegal gak usah dibayar. Dalam suatu wawancara, beliau menyebut bahwa pinjol ilegal tidak akan bisa menuntut pengguna jika tidak membayar pinjamannya karena status ilegal menjadikan mereka tidak akan difasilitasi oleh negara. Alih-alih melaporkan pengguna yang menunggak ke polisi, mereka yang justru akan ditutup usahanya karena tidak memiliki izin operasi.

Pendapat yang hampir pasti diamini oleh para korban pinjol ilegal ini seolah menjadi dukungan moril atau minimal pembenaran formal untuk tidak membayar balik pinjaman pada pinjol ilegal. Tahukah kamu bahwa pendapat tersebut diucapkan pada tahun 2018 dimana saat itu memang sedang gencar-gencarnya pinjol ilegal?. Jika sekarang adalah 2021 dan pinjol ilegal sudah mulai berkurang, masih bisakah pendapat Bapak Dirjen ini dijadikan rujukan dan dasar pengambilan keputusan?

Apa boleh kita mengambil keputusan yang memiliki implikasi hukum hanya berdasar pendapat seseorang?. Sayangnya pendapat yang justru berseberangan disampaikan oleh Ketua Satgas Waspada Investasi. Tongam L Tobing menyebut bahwa meski ia tidak menolerir hal-hal seperti pelecehan, kekerasan dan intimidasi lain selama proses penagihan, namun menurutnya peminjam yang sudah memiliki kewajiban pembayaran utang, harus menuntaskan terlebih dahulu hutangnya. Jika pendapat kedua Bapak yang berwenang ini berseberangan, mana yang akan kamu ikuti? Pendapat pertamakah karena itu yang lebih “menguntungkan” mu? Jika kamu sungguh ingin mencari tahu bagaimana benarnya, sebaiknya jangan dulu berpihak.

Jalan Keluar Pengurai Keruwetan

Bos, jadinya gimana, nih? Pinjol ilegal gak usah dibayar aman gak?. Secara aturan, transaksi pinjam meminjam masuk dalam hukum perdata karenanya diatur oleh Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata). Ada pembahasan panjang lebar perihal hukum pinjaman pada website edukasi hukum HukumOnline.com, yang kesimpulannya adalah bahwa perjanjian yang dilakukan antara pemberi dan penerima pinjaman dapat dibatalkan apabila penyelenggara berstatus tidak berizin atau ilegal. Namun, batalnya perjanjian sama sekali tidak menggugurkan hutang karena barang-barang yang bersangkutan sebelum perjanjian dibuat, dalam hal ini dana pinjaman harus dikembalikan atau kembali dalam keadaan semula. Itu artinya kamu harus mengembalikan uang yang sudah kamu pinjam. Karena perjanjiannya batal otomatis semua perhitungan bunga, denda dan biaya lain-lain yang pernah dibahas sebelumnya menjadi tidak berlaku. Maka yang harus kamu kembalikan adalah pinjaman pokoknya saja, atau uang senilai yang kamu terima.

Gak mau ah, pokoknya aku gak mau bayar! Sama sekali tidak ada yang memaksa disini. Toh tak terhitung banyaknya orang yang tidak membayar hutangnya. Mereka tidak membutuhkan argumen panjang lebar untuk melakukannya, cukup dengan “orang gak ada duit mau gimana lagi”. Namun jika kamu serius penasaran bagaimana seharusnya keruwetan ini diselesaikan, ya itu tadi.

Jika kasus yang sedang menimpamu adalah penagihan oleh salah satu pinjol padahal kamu yakin tidak pernah meminjam disitu, silahkan baca pembahasannya disini : Ditagih pinjol padahal tidak meminjam.

Daftar Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar

Berikut adalah daftar pinjol ilegal yang pernah diberantas oleh Satgas Waspada Investasi per tahun 2020 lalu. Bisa jadi aplikasi pinjol tempatmu meminjam ada disini, namun bisa juga mereka sudah mengganti nama. Nama bisa berubah, tampilan aplikasi juga bisa didesain ulang, namun jika mereka menjalankan usahanya tanpa izin, tetap saja itu pinjol ilegal.

Daftar pinjol ilegal gak usah dibayar:

  1. Dompet Gajah – developer TcashFinTech
  2. BungaPay – developer Dom Somjal Sonin
  3. Multipoint
  4. RUPIAH JAYA – developer RUPIAH JAYA
  5. Gudang Dana – developer Gudang Dana
  6. Dana Dana – developer TroyLamarreu
  7. Dana Loan – developer Snape Quezada
  8. Kredit Dana – developer Vermon Brew
  9. Pinjam Segera – developer liwang012210
  10. Cepat Dana – developer CatherineWard976823@gmailcom
  11. SuperR – developer SuperR
  12. Modal Andalan – developer PUSAKA KALABA
  13. Dana Yes – developer Dana Yes UangCepat
  14. Pinjam Dana id com – developer pinjamdanaidcom
  15. Uang Cepat – developer cepat uang
  16. Pinjam Dana – developer Pinjam Dana TunaiKu
  17. Dana Cash – developer YelenaHelen
  18. Dompet Sahabat – developer Nynnngroup
  19. Pinjaman Online Cepat Cair Mudah – developer Coll Dev
  20. Pinjam Syariah – developer Exo lamos
  21. Pinjaman Kita – developer Etikodarsih
  22. Cair Dana – developer Cair Dana
  23. StarBag – developer Umeko Ayame
  24. Tunai Cepat – developer Cibenk
  25. Pinjam Uang Tunai Kredit Dana – developer Pinjaman Mudah PRO
  26. Pinjaman Super – developer Pinjaman Super
  27. Katupat – developer KATUPAT CASH
  28. Dana Plus – developer orddh4533
  29. RupiahKu – developer kelapa
  30. Pinjaman cepat – developer larry lending
  31. Uang Dompet – developer Ant Loan
  32. Rupiah Kasih – developer Richard Hargrave
  33. Dana Tunai – developer Loxis Wong
  34. Pinjaman – developer iPinjaman
  35. Dana Me – developer DANAMEPPDFINTECH
  36. CepatGo – developer CepatGO
  37. SOLUSI CEPAT – developer cepat go
  38. Qreditku – developer Pinjaman Tunai Team
  39. KreditQ – developer Slides Dev
  40. Kredit Cepat Kilat – developer Lax cash
  41. Pinjam Uang – developer Pinjam·Uang
  42. Danaku – developer Cheng553
  43. KrediCash – developer happydidi
  44. FinDompet – developer creditdompet
  45. Raja pinjaman – developer Miyi Technologies Co, Limited
  46. Adana
  47. Bunga Lotus – developer Bunga Lotus
  48. Link CashAja – developer Matheny Kallal
  49. CashPlus – developer Cash Plus Pro
  50. Dana Amanah
  51. Dana Arisan – developer Dana Arisan
  52. Dana Arisan Ksp Cepat – developer bettyhall6413ds
  53. KSP SCB DANA ARISAN – developer KSP DANA ARISAN
  54. Dana Arisan – developer KSP SEMESTA CITRA BERSATU DA
  55. Dana Berkat – developer pinjamancepa
  56. Dana Berkat – developer Pinjam
  57. Dana Cepat – developer Dana Cepat ku
  58. KSP Dana Mapan – developer DANA MAPAN
  59. Dana Mitra – developer KSPBANGKIT SESAMA RAKJAT
  60. DanaNow – developer DanaNow
  61. DanaQ – developer FUTUREFUN
  62. Dompet Mudah
  63. Duit Dua
  64. Duit Kita – developer KSPMAKMUR ADIL INDONESIA
  65. Duitkita – developer Devi anggraini
  66. DuitKita – developer Denise Scioneaux
  67. DuitKita – developer Riemann Gambrel
  68. Duitgo
  69. Fulus Rezeki
  70. Fulus Rezeky
  71. Go Cash – developer Glenn Baucom
  72. Go Cash – developer Benedetto Norrie
  73. Gunung Agung
  74. iDomept KSP – developer iDompet KSP
  75. iDompet – developer myralineiciecm
  76. Indo Cash – developer KOPERASI SIMPAN PINJAM TETAP JAYA ABADI
  77. K Dompet
  78. Kantong Kas – developer akhmad taqiyyudien
  79. KANTONGKAS – developer KSPBENTANG PULAU BANGSA
  80. Kotak Uang – developer ffork2054@gmailcom
  81. Kotak Uang Expo – developer KSP Kotakuang
  82. KSP Kotak Uang – developer uniqbcoiqy
  83. Kredit Intan
  84. Kredit Waktu – developer Selamt Berbisnis Indonesia
  85. Ksmpimb Org – developer KSP IMB
  86. KSP IMB org – developer IMB ORG
  87. Ksp Cash Udang – developer haristrv
  88. Cash Udang
  89. Mega Primer
  90. Mitra Tunai – developer fenny afrianty
  91. Mobil Wallet
  92. Rupiah Uwang
  93. SAKU TUNAI – developer Baris Bentang Perkasa, PT
  94. Saku Tunai – developer DW JinRong
  95. Saku Tunai – developer KSPDANA TIMBUN BUDIMAN
  96. Solusi Hidup – developer Christie Pi
  97. SolusiKita – developer Deanna Thurston
  98. Toko Tunai Ekspres – developer stiffCameron591285403@gmailcom
  99. Toko Tunai – developer Mann Sigismond
  100. Toko Tunai X – developer tangjinyang

Daftar pinjaman online ilegal selengkapnya bisa dilihat di: pinjol ilegal OJK.

Gerakan Gagal Bayar Pinjol

gerakan pinjol ilegal gak usah dibayar

Jika kamu kebetulan korban pinjol ilegal, besar kemungkinan kamu pernah mendengar atau bahkan salah satu member dari kelompok, komunitas atau grup yang beranggotakan orang-orang dengan masalah pinjol yang sama. Format komunitasnya bisa beragam, dari mulai forum, grup Facebook, Instagram atau Twitter mungkin, hingga grup WhatsApp. Komunitas semacam ini bisa jadi positif karena kamu bisa bertukar solusi hingga berbagi informasi terkait bagaimana tetap “sehat” menghadapi teror Debt Collector yang sangat membuat stress.

Krediblog tidak tergabung dengan salah satu grup tersebut, sehingga tidak tahu pasti apa saja yang menjadi bahasan setiap harinya. Namun pernah ada pengguna yang bertanya bagaimana pendapat Krediblog tentang komunitas gerakan gagal bayar pinjol, sebuah grup yang mengajak anggotanya untuk meminjam di pinjol ilegal kemudian tidak membayarnya. Tidak bermaksud menggurui, namun setahu Krediblog jika pinjol tempat meminjam adalah ilegal, perbuatan meminjam dengan sengaja tidak mengembalikan adalah sama ilegalnya, dalam artian tidak sah.

Catatan

Pinjol ilegal gak usah dibayar atau mau kamu bayar, itu keputusanmu. Namun satu yang harus kamu ingat bahwa setiap keputusan yang diambil memiliki konsekuensi yang harus kamu tanggung. Pinjol ilegal memang ilegal dan tidak sah dari sudut pandang hukum bernegara, bahkan Undang-Undang No.39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia menggaransi bahwa kamu tidak akan dipenjara jika tidak membayar hutang berapapun jumlahnya. Tapi jangan lupakan bahwa kemanusiaan mengharuskanmu mengembalikan apa yang kamu pinjam.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

1.7K Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Syafamarwa

Gimana klo saya tdk merasa brhutang dan saya d srrhh byr.sdngkn sy tdk prnhh pny aplikasi pinjol tiba” data saya fto saya dsebar.mohon bantuannya

Ami

Kasusnya sama seperti saya. Tiba tiba saya ditagih dari Dana Pintar. Pdhl saya tidak merasa pinjam. Saya balas WA nya, saya minta keterangan jelasnya berapa jumlah pinjaman, kapan dikirim ke rekening dan dikirimkan ke rekening mana. Tapi justru WA centang 1. Sebelumnya saya sudah 2x di WA dengan nomor berbeda. Apa yang harus saya lakukan? Apa saya harus bayar atau dibiarkan saja? Lalu apa yang terjadi jika saya tidak merespon / tidak membayar tagihan tersebut?

Eddi susanto

Mohon maaf bisa dibantu gmna caranya menghadapi debet colector KSP pulau bahagia dan KSP butik ajaib awalnya saya coba coba TDK sengaja Ter klik tanpa disadari uang masuk ke rekening bank saya dan untuk tenor dan jumlahnya Berubah.pinjaman 1.200.000 cair ke rekening 800.000 tenor 8 hari .. mohon petunjuk nya pak.. tindakan apa yg harus saya ambil.. karena keuangan saya TDK ada..

Indah

Biasanya dibikin malu atau di terornya berapa lama yah min???

Indah

Nah kalo pinjol legal gmna min? DC akan terus meneror atau gmna??? Terus akan menyebarkan data dan datang kerumah atau ngga?

lusy

apakh pinjol legal .bisa melaporkan kita ke polisi dan menyebarkan data.. jika tdk membayar nya?
apakah dia akan datang ke rumh?
apakah yg akan terjadi jika tdk mmbyar nya

lusy

jika sdh datang ke rumh.. trs kita ttp blm bisa membayarnya.
apakah akan ada barang yg di ambil?
mereka TDK akan mngancam Krna TDK bsa bayar?

sya saat ini bner2 bth uang. blm pernh mngajukan pinjol. legal mapunun ilegal.jd belm faham

Ota

Saya mau bayar tetapi menyicil.. saya sudah TLP ke uangme dan adapundi tetapi mereka bilang gak bisa dicicil atau minta perpanjangan waktu.. saya sendiri jadi bingung apa ke kantornya mereka atau mendiamkan tlp2 mereka sampai saya punya uang??

Ulfa

Kalo punya saya sudah ditelpon semua kontak saya

Yanti

Kalok pinjol ilegal apa juga menjerat kita ke pengadilan?

Yohana

Jd kalau pijol ilegal mrka datang ke rumah gak utk nagih

Ila

Ka bagi no kontak kaka

Dion

Min aplikasi ada kami, saya iseng iseng eh temasuk uang. Jadi saya harus gmn. Itu resmi ya apk ada kami?

Putri aditya

Kalau kita melakukan pinjol ilegal dan tidak membayarnya.dan suatu saat kita ingin pengajuan ke bank atau kredit .apakah nama kita tetap bersih atau sudah jelek karna pinjol ilegal

Ayu

Jika sejak awal aplikasi hanya minta otorisasi kamera dan posisi, apa juga bisa melihat daftar kontak?

Afifah Novianti

Konsekuensinya kalau berkas diserahkan di SLIK apa ya?? Berpengaruh bgt kah??

ruby

disebarkan data dan foto kita.aku termasuk ky gt. keadaan lg g bs bayar dan minta dicicil tp ga bisa

lusy

mksdnya yg legal bos.

Keket

Akhirnya kamu bayar gak

Ayi sundari

Klo gk bayar apakah mrk akan truz meneror dan akan dtg kerumah pak?

Putri

Sy terlambat bayar 1 hari.,tapi sy minta waktu 2- 3 hari saja,krna kebetulan lagi kedukaan..
Tapi mereka meneror dan mengancam akan menyebarkan data sy..apakah mereka akan menyebarkan data sy?sedangkan dalam waktu 2 -3 hari sy akan membayarnya..

nuri asiani

Apakah data kita gak bisa di hapus di aplikasi tersebut kak?

vira

di sebarnya d wa atau d swmua medsos ya kak?

Suci

Di sebari kemedsos brrti lewat fb jga y?

Ucik

Untuk antisipasi biar gak ke medsos gmna kk

Deddy

mohon pencerahannya saya terjebak di pinjol sekali klik eehh tau2 masuk di rek. saya sy blm ada uang waktu itu jadi saya penangguhan dulu, besar pinjaman,. nah sudah dua kali sy pengajuan kalo di hitung2 sudah lewat dengan pokok pinjaman saya. itu gimana solusix pak??

Hasyim

saya baru didunia pinjaman online dan tidak mengerti dan akhirnya trjebak kdalam pinjol illegal, pantas ketika mereka mengancam akan menyebarluaskan data pribadi saya balas dngan akan melaporkan ke ojk dan pihak berwajib mereka malah menantang silahkan laporkan saja silahkan… semua itu terjadi karena tidak adanya tindakan yang tegas dari pemerintah…

Heni

Menurut saya sma saja , kita udah bayar oun blm tentu data kita aman ..

Toip

Peyebaran data sama ajh dengan penyebaran nma baek bukn. Trus bisa d lporkn k ojk atw polisi

Ffzet

Siang min,apa antisipasi nya jika data kita atau foto kita bakal di sebar luaskan melalui sosmed?sebelum mengajukan pinjaman atau sesudah pinjaman hp kita,kita reset ulang atau bagaimana?

Firla

Kalo sudah bayar sebagian namun ttep d tagih gmana ka solusinya sdgkan keuangan susah

Putri

Tolong solusinya kmren sya download aplikasi tdk sengaja d klik langsung tiba2 uang nya masuk,tenor 7 hari yg masuk 1,1 bayar nya harus 1.8,kmren d tagih katanya bsa d cicil d suruh transfer 705 rbu,nanti sisa 1 Jutaan lbih d bayar,pas SDH tf d aplikasi tdk berubah malahan sya d blokir tidak lama kemudian sya d wa d tagih Lgi pake nmr lain,mau sebarkan d data yg d kontak2 emank iya dpt d sebarkan dikontak2 karna di sisi lain sya d rugikan mohon solusi nya

Hera

Apa kalo masih menyimpan aplikasi ny masih bisa kesadap mskipun sudh tidak di aktifkn lg no kita nya?
Atau apa kalo d hapus itu akn brhenti penyadapan?

Ravit

Maaf ikut cari info,, karena saya jg terjerat dalam aplikasi dana cepat dan dana pro,, d dalam aplikasi dua-duanya itu ada aplikasi lagi,,gimana solusiny, mau dbyar pkokny saja tapi tetap dteror,,

Siti zanifah

Saya pernah pinjol yang tanpa ojk tapi dia bilang klo dia berizin OJK…tapi masa iya pinjol berizin ojk bunga nya besar sekali…saya klik aplikasi nya di sana ada tenor oembayaran 3bulan ketika saya klik nominal nya 2.500.000 tapi saldo yg masuk rek saya cuma 1.500.000 saya harus lunasi 2.850.000 dalan jangka waktu tenor 7 hari…saya juga ada akulaku tapi dia selama 28 hari…apakah pinjol tersebut pinjol Ilegal

Yani

Y sama kpn hr saya mau byr pokoknya saja yg masuk direkening tp ditolak, dan tetap data saya disebar ke semua kontak, pdhl temponya krg 1 hr. Dan saya sdh lapor kekapolda, dan salah satu anggota bilang klau g usah dibayar sekalian. Tp yg pihak cybercram minta print wa nya msuk yg ngatain bangsat, anjing & besuk hrs dibawa ke kantor lg. Apakah sy hrus ke kapolda lg u melapor kembali?bagaimana ya?trus u/ almt email aman g ya?

Lisa fitri

Saya terjerat pinjol atas nama aplikasi PINJAM KITA DAN DANA ONLINE.. SAYA PINJAM 1JT 600 MASUK KE REKEING CUMA 1JT DAN SAYA HARUS BAYAR DENGAN JUMLAH 1JT 600.. DALAM WAKTU 7 HARI.. TAPI KENAPA 5 HARI SUDAH.DITEROR DAN DISURUH BAYAR…. SOLUSINYA SAYA HARUS GIMAN YA KAK… TOLONG MASUKANNYA..

Nabila

Tidak usah dibayar sekalian apakah akan di teror trus bang

SISKA NOVIANTI

KK minta no nya.. saya mau bertanya… Karena saya juga terjebak pinjol 🙏🙏

udin

minta no nya juga donk yg admin krediblogh

Hanif

Sama sperti saya….coba dong pak liat di apl goduit sebelumnya saya pnjam di mopinjam tp di alihkan ke goduit di halaman awal tertera pijman sampe 10jt tenor 3bulan lbih trnyata mau saya pncet saya kira bisa atur brp yg saya mau pinjam trnyata ga ada pilihan lngsng ana di cairin 5ksp termasuk ksp butik ajaib pulau bahagia dana pedagang pro smua ksp…kira2 gmn mnding di bayarkan apa tdk…kalo di bayarkan kira2 saya byar brp…yg ksp butik ajaib sdah nyebar data sampe atasan saya juga…mohon arahanya…

Hanif

Terus kira2 cara untuk mengamankan kontak2 saya bisa gak ya…soalnya ini juga mau nyebarin data2 yg ga sebenarnya

Evi

Boleh minta wa ny

M. Jumadi

Moneygo, Dana Bull, Dana cepat ilegal atau legal kah?

Syfut

Saya pinjam uang di ksp uang bahagia di cash dua wktu itu ada dc yg nagih nawarin cicilan saya cicil selama dua minggu beres 2. Juta tp aneh nya ada lagi tagihan nya katanya itu bukan cicilan tp perpanjangan jd saya harus bayr lagi semua ny saya di ancam dan juga data saya di sebar karena saya tidak mau bayar karena saya merasa sudah lunas dgn cara di cicil .. karena sudahh terlanjur di sebar data yaudh saya ga mau bayar sekalian masa bodo

Anti

Kaka datanya disebar terus ga bayar. Masih diteror lagi ga ?

Ela

Di sebar ke medsos apa ke kontak darurat???

Mirna

Bagaimana kelanjutannya ? Apakah smpi skrg masih tidak bayar dan masih diteror ?

Anis

Minta solusinya saya sekarang terjebak pinjol ilegal saya awalnya tidak tau kalo itu ilegal karena waktu itu saya lagi ada kebutuhan mendesak lalu setelah 5 hari kemudian saya di tagih sampai akhirnya saya gali lobang tutup lobang pinjaman yg tadinya 2jt dengan bunga 1.200 sekarang pinjaman saya hampir 30jt,barang2 saya sudah habis di jual untuk menutupi bunga saya sudah kewalahan rasanya setres setiap hari bayar bunga,ini memang salah saya tidak membaca ketentuannya tapi apa ada solusi untuk masalah saya?

Acha

sama, saya juga begitu. udah habis hampir 100jt untuk nutup pinjol ilegal. belum lagi, yang pake nama dan data saya, pake ngancam, hampir buat saya gila. saya sudah kewalahan kak..
data saya juga sdah disebar, di wa ke kontak2. skrg HP saya eror, dan tidak bisa digunakan.

Acha

Halo kak kredi,, utk teror belum berhenti sepertinya, masih di sms/WA ke nomor kontak saya di HP lama. Saya gag tau harus gimana. Saya masih harus pinjem dana lagi di aplikasi buat nutup. tenornya cuma 7 s.d 10 hari. Pinjol inilah yg buat saya tekor s.d 100jt. dan masih kurang skitar 60jt lagi, saya udah lewat JAPOnya.

awalnya saya pinjem di pinjol ya gara2 saya tdk lagi bekerja dan kena tipu kerjasama bisnis oleh oknum perusahaan tambang senilai 40jt. dari situ saya gali lubang tutup lubang demi menghidupi kebutuhan sehari-hari dan kredit saya juga masih banyak. kak kredi punya solusi utk kejadian yg saya alami?

Acha

faktanya, data saya juga sdah disalah gunakan. Banyak yang WA mengatas namakan pinjol2 (yg mana saya nggak pernah pinjem di aplikasi yg mereka maksud) dan menagih ke kontak saya.

Saya nggak bisa ngapa2in.

  1. Dibayar pokoknya saja mereka nggak mau. Belum lagi ini udah lewat JAPO kak kredi.
  2. Saya udah nggak ada dana. Udah habis semuanya. tabungan ludes, kendaraan ludes. makanya demi pinjol ilegal ampe 100jt.

Kalo kakak tanya motivasi apa? saya nggak termotivasi apa2 utk byar itu pinjol2 ilegal, capek. Di WA baik2 dibls kasar, di jawab bahasa yg baik, malah diancam. Ekstrimnya, sampe HP pun, saya OFFkan.

Spt yg kakak bilang klo yg pinjaman pokok itu ya uang mereka.

Ya resiko saya bakal ditelpon org2 yg ada dikontak HP saya dan menjelasakan semuanya. Dimarahin? sudah pasti. Dijauhin? jelas, Di maki2? itu juga jelas. Pasrahlah diri ini sama Tuhan.

tapi Yg Ilegal itu nggak dibayar? apa nggak apa2 kak?
walaupun menurut hukum perdata (yg udah kak kredi cantumin diatas) jg tdak masuk ranah pidana sih.

Saya pun masih ada 3 aplikasi pinjol resmi OJK yg mau JAPO dan nggak tau bayar pake apa, Ada Kami, UKU dan Uang Me. yang mana 3 aplikasi ini cuma si UKU yang nawarin perpanjangan waktu. sedangkan Uang me dan Ada kami nggak bisa.

Gimana ini kak kredi?

Acha

Oke, brati saya nggak akan saya bayar. Ya sudah resiko saya. Harus kuat dan bisa ngelaluin ini semua.

tapi, mereka nelponin semua kontak saya kak.

ganti nomor HP? terus yang legal gimana?
kan mereka pasti hubungi saya., kak.

saya usahain yg Pinjol Legal saya bayarkan. Tapi ya jelas terlambat bayrnya. nggak mungkin pas JAPO. kalau telat 2 hari denda yg di Legal itu gede nggak kak?

Ataa

Biasanya berapa lama kak dc akan menagih ke kontak saya dan menyebar data saya ? Apakah akan datang kerumah atau tidak?

Mina

Klo apl.pinjaman mudah dr pinjamam mudah pro yg di dlm nya ada pinjaman lainnya apakah tercatat diojk kk? Jika tdk sengaja terpencet dn sdh mengembalikan tp msh diteror dg pembayaran yg cukup besar apalah sya hrs membayarnya?

mina

Jadi lebih baik tidak ush dibayar kembali dn dipermalukan utk bbrp waktu kedepan. Dn hrs ttp kuat y kk dg teror yg dilakukan oleh mereka smp akhirnya menyerah sendiri,jika kita ganti nomor. Gt y kk kira2 semangat dirinya.

sasa

mau nanya bg. apakah kredit rupiah, dana bull., dana lancar itu ojk?

Devi

Hallo kak mau tanya, saya ada daftar tapi dgn nomor dan berbeda hp,saya dftar dgn nomor yg saya pakai, tp dgn hp yg berbeda,saya pun cantumkan kontak gmail google baru di hp satu lg,sedangkan hp yg pribadi saya pakai beda jg gmail dan google ya,apa ketika saya save kontak di hp pribadi saya mereka akan menyadap jg? Atau hanya di hp satu yg yg mereka bisa sadap? Mohon jwb kak, makasih

Devi

Saya gunakan email yg saya bkin baru dan kontak hp pun baru, nah apa ketika saya save kontak di hp pribadi saya akan tersadap jg kak? Tp saya satu nomor cuma beda hp saja ya kak,

Devi

Jadi aman ya kak yg di hp pribadi?

Nona

Akulaku,dana bull,kredit pro kilat,rupiah cepat,sumber tunai,dompet cepat,easy cash, dana cash termasuk legal gak min

Ardy ansyah

Kak kalo pahlawan pinjaman,tunai cepat,kapten pinjaman,dana harapan legal apa ilegal,,sudah sertifikat ojk kah.

Asep

Pagi ka, kalo aplikasi cankul katanya sudsh di blokir ojk ? Kalo daya mau galbay gimana ?

Dia

Kak kalo misal kita udah bayar sebelum jatuh temponya apakah masih di teror kak?

Ayu

Saya menghapus semua kontak diponsel. Apakah mereka masih bsia emngakses nomor teman saya?

Rizki

Kak bagaimana dengan pinjamannya saat ini . Soalnya kasusnya sama dengan kasus saya ..

Sindi safitri

Yaallah sama banget kaya saya.
Terus gimana solusinya

juleha

ayuk kita buat grup yg pernah sama” mengalami hal ini

Dwi yulianti

Yuk biar bisa diskusi

Juleha

minta email nya biar bisa share no HP

Firla

Saya ikut gabung kak

Firla

Ikutan gabung kak saya

Juleha

ayuks, email ke sini ya mau yg mau buat gabung di grup
julehaoon0105@gmail.com

Juleha

yang mau gabung sertakan no hp nya langsung via email julehaoon0105@gmail.com, biar bisa langsung buat grup

Intan

Kak Juleha sya udh kirim email ya tolong dicek

nila

Kak Juleha sya udh kirim email ya tolong dicek

Wira

Ikut gabung ya kak

M. Jumadi

Cek e-mail kak

Ira

Kak, saya sudah kirim nomor via email cek yak

Dian

Ikut gabung,, sya juga korban pinjol ilegal

SRiani

Saya juga ikut gabung

Devi

Ikut gabung sy jg terjebak pinjol

Dila

Gabungdong kak q

fatmah

Kalau memang ada grbnya mau join dong, ini saya ga terima apa-apa tapi ada pengihan smpe dikatain maling, anehnya dia buat grb buat jelekin saya tapi anggotanya hanya saya dan dia

juleha

boleh kirim nomor hp ke email julehaoon0105@gmail.com

Sularsih

Saya rasanya sudah gak kuat lagi hrs bayar bunga pinjol saya.untuk saat ini saya sangat stres.sudah dilunasi sebagian tapi masih ada 4 pinjol lagi yg blm lunas .rasanya sudah gak kuat lagi.saya sampai stres dan ngurus anak berantakan . keluarga blm tahu sisa pinjol yg blm lunas kena saya kasihan mereka sudah bantu banyak .mohon solusinya saya ibu dari 3 anak.mksih

Nindi

Hallo bang kredit saya ada satu tunggakan di uangme lebih dari jatuh tempo namun saya sering diteror di wa padahal saya sudah email karna sedang ada musibah dan di karantina.apakah nanti akan ada dc yang datang ke rumah dan kontak saya di hubungi

Nindi

Dalam jangka berapa hari keterlambatan biasanya dc mendatangi?

Ila

Ka gmna cara membalas wa ancaman pinjol ilegal

Dian

Uangku, dompet rumah, tunang, dana mudah, dana fortune itu berizin ga

Lisa fitri

Bang pinjol.. PINJAMAN KITA DAN DANA ONLINE itu apakah ilegal atau legal bang… Dan saya harus membayar atau tidak.. karna baru 5 hari sudah ditagih.. dan bunganya mencekik sekali

Siti zanifah

Gabung diskusi

Lina

Saya mau gabung

Bulgogi

Kak.. Mau join groupnya masih bs ga? Aku ud email

Nur ha yanti

Skrng sy mengalami nya d teror pinjol ilegal sampe bunga berjalan sedangkan sy slalu byr bunganya

Reyhan

Saya ikut

Herlina

Boleh bagi wa mb sama mb

Lisa fitri

Mana kak kontak wa kk..biar kita ada grub buat…

dewiRos

iya Sama saya jg 2 ksp itu saya mau klik keluar tp kok mlh transf dibalikin tp minta sesuai perjanjian pdhl 800 yg mereka transf ngancam akan sebar data

Selamet

Sy pernah mengngingstal aplikasinya tetapi sy lihat tenor jangka waktu singkat dan bunganya besar jadi sy tidak klik verifikasi kok tiba” sy ada tagihan gemana keribo

Rini

Saya juga pernah seperti itu,tidak pernah minjam,tpi tiba2 di wa,,trus coba buka link nya ada nama saya,kemudian saya hapus

Gradini

Kak boleh minta no wa…sy mau nanya2…sy jg kejebak pinjol ilegal dan skr sdh s ebar data…🙏

Septerini kusumaningrzm

Sama saya hari ini d tagih d aplikasi dana pintar pak saya lihat aplikasi itu tidak ada nomor kontrak peminjam sama nomor 4 angka rekening kita saya gimna pak .saya tidak menerima uang transperan dari dana pintar

Rudi

Sama kasusnya sudah 2 hari mengatasnamakan Dana Pintar Tagihan anda jatuh tempo pada hari ini, sms / wa dengan nomor berbeda, Gak saya ladenin otomatis terblokir di hp saya, karna saya gak pernah ngajuin dana pintar,
Saya akui punya Cicilan Hp di Akulaku. Tp Aneh ko bisa ada Tagihan dari Aplikasi yang saya tidak pernah instal

Ratna

Pak apakah pinjol bisa mengakses FB dan Ig kita atau anak anak kita

Aphen liu

Saya juga sama dengan yg in kemaren2 dana pintar jatuh tempo 7 hari pada hal saya gak pnjam.sayasetor

Siti zanifah

Saya juga sama,awal nya tenor pinjaman 3bulan saya klik tau2 hanya 7 hari tapi saldo yang masuk gak sesuai di aplikasi.tenor pinjaman hanya 7hari.dan nominal pinjaman nya 2.500.000 dana yg masuk rek saya hanya 1.350.000…uang yang harus saya bayar 2.850.000

Ness

Hallo kak.
Aku terjwrat pinjol aplikasi uangku.
Pertama kali cuma iseng2 tapi ke klik 3 aplikasi kmdn nambah2 buat nutup.
Akhirnya saya pinjem sana sini buat nutup tapi tetep ga bisa nutup
Stiap kali kluar aplikasi ak lgsg klik tdk mengijinkan ke akses smua yg di hp.
Ak ga tau kak apakah akan ada teror atau ga.
Nomor yg aku cantum di nomor darurat nomor bodong kak.
Ada sodara juga bilang di diamkan yg ptg ganti nomor. Dan yg dicantumkan nomor darurat aman.
Ada jg yg blg aplikasi itu mau kita dah hapus. Tetep akan menyebar data.

Ada solusi buat ak ga kak.

Hasanah

Saya juga sama min sampe di ancam² dengan kata kasar lalu dimaki maki lewat WA data saya mau di sebar luaskan. Saya udh kena PHK min mau bayar pake apa. Yaudah saya restart setelan pabrik aja terus ganti nomer WA.

Putri

Sama seperti kejadian yg Saya alami 🙁 skrg Saya bingung mau bayar gak ada uang

Syfut

Dana pintar tiap hari nagih dengan memakai nomer yang aneh sama uang mukjizat juga abaikan saja toh ga ada uang yg masuk block aja tiap ada nomer yg masuk

Dian

Sama ka terus sekarang gmna saya juga mendapat tagihan dari dana pintarbpadahal saya tidaknpernah meminjam

vera

Iya, saya juga tiba2 dpt tagihan, padahal Sayaa tidak download aplikasi dana pintar. Krn penagih ngasih link, saya buka, ternyata tercantum tagihan saya tanpa nama. Dan tanggal transaksinyapun saya cocokan dengan rekening tabungan saya ternyata tidak ada.

Yunti

Sama saya juga kenak tipu

Rini

Sama kayak saya,,cma aplikasinya lgsng tak hapus,trus di wa trus tidak saya ladeni..

handini

sama seperti saya tiba2 saya di wa dr kredit mas dan dompet uang padahal saya tdk prnh pinjam disana,yg saya prnh ajukan apk itu di ada kami dan ua gnya cair,klo yg dompet uang dan kredit mas perasaan saya gk prnh ada tf,jd solusinya gmna ya ,saya jd takut dan bingung,apakah mereka akan menelpon orang terdekat saya seperti suami

Rini

Sama kasusnya seperti saya kak..tpi tidak saya ladeni

Carli gunawan

Sama seperti saya tiba tiba ada tagihan masuk di wa saya padahal saya gk merasa minjem dan saya jga pas cek rekening tidak afa yang masuk sama sekali aplikasi nya tunai go memang saya Dulu pernah masukin data saya dan saya jga dituduh maling apah harus dilaporin ke polisi apah gmna ya biarr gk ada korban lagi

virna

Saya juga seperti itu .. bagaimana kalo saya sudah terlanjur download aplikasi tersebut untuk melihat apakah benar saya memiliki tagihan di aplikasi kredit emas. Dan benar ada 2 tagihan di tgl 25 dan 31 Mei ini. Tp saya ada bukti mutasi bahwa di tgl 25 dan 31 tidak ada buktri transferan senilai 2 jt.

Obi

Kak saya mau tanyasaya kan tidak tau itu pinjol ilegal..nah saya asal klik aja dan itu ternyata masuk ke rek saya,dan bunganya mencekik otomatis sata tidak mau bayar dong soalnya lagi tidaak punya uang karena pandemi..itu gimana yah reaikonya? Sedangkan app sudah saya hapus,semua nomor juga sayaa taruh di email yglain,saya juga tidak punya wa,no darurat tidak ada yg aktif,sedangkan saya sudah gabti kartu…apakah penyebaran dataa ke kontak hp tetap di lakukan?

Obi

Tapi sampai sat ini belum ada menyebar data saya..saya sudah telat seminggu…garagara itu hati selalu resah ga tenang sama sekali

Dikakomala

Di telponin ga kalah sama dcnya

Dikakomala

Kan saya juga kayanya bakal galbay bukan saya gamau bayar tapi udah ga sanggup bayar..saya pinjol di dana bull,dana cepat dan rupiah saku
Apa dc akan datang kerumah

Reni Affilliyani

Kalo saya dapat wa dari maominjem KPS negri ajaib ,saya ga ngerti data dan no kontak saya kenapa bisa ada di mereka ,no emergency kontak saya sudah mereka ancam saya bingung harus gimana ?

Dorayaki✨

Kak kapten pinjam itu ilegal ga yah?

Ria

KAK, kalo tunai cepat legal/ilegal?

Fatma

Sama saya juga ngalamin itu kalo gitu bisa kita laporkan ke polisi

Maria

Data saya juga disalah gunakan, bahkan sampai nomer reking saya, padahal saya gk pernah pinjol diaplikasi dana now dan kawan²nya dicek di playstore tidak ada keterangan ojk apa memang itu modus ? Bahkan saya sampai lapor sama polisi

Wawan

JiKa pinjaman online ilegal melakukan penyebaran data, apakah mereka melakukan ke seluruh kontak kita tanpa Terkecuali, atau hanya ke sebagian kontak saja secara random/acak?
Terima kasih

Reni rianita

Gimana caranya agar data kita aman tidak bisa disalin oleh para pinjol ilegal itu?

dian

saya jg pernah kak tp tdk saya tanggapi..

Uphie

Kalo untuk gertakan mereka yg mau menyebarkan data benrran ga ya aku sampe delete all contact di hp hikshiks. Ngaruh ga kak kalo delete all contact

Lia

Bantu galas ya, nggak ngaruh, krn mereka melakukan penarikan all contact di saat kita pengajuan awal

Rini

Kalo misal kita menghapus aplikasi kontak,kamera,dll di pengaturan guna untuk penyadapan pinjol ilegal bisa g kak kira2

Heni

Awal saat mbak melakukan install aplikasi itu sdh tersadap mbak .. mereka minta untuk ngakses contact dan penyimpanan perangkat

Eka

Saya pun mengalaminya ka skarang, pihak pinjol ADAKAMI mulai Selasa lalu meneror saya dengan tagihan2nya, mulai dri wa, SMS dan telvon. Nomernya pun banyak sekali. Saya dan keluarga tidak pernah meminjam dan tidak pernah tau tentang dana pinjaman dri pinjol ini ka. Yang aneh adalah, dimutasi rekening ada info dana masuk dan sudah ditarik oleh ATM saya. Padahal saya dan keluarga benar2 tidak pernah meminjam dan tidak pernah tau soal dana itu. Yang tau soal pin ATM pun hanya saya, dan yang menyimpan ATM pun saya. Skarang saya benar2 diteror ka, dengan kata2 kasar dan ancaman

Eka

Saya bisa tau pinjol ADAKAMI ini pun karena pesan tagihan yg mereka kirim. Ketika saya buka link yg tersambung k play store, aplikasinya bernama ADAKAMI – Pinjaman Dan Cicilan Kredit Online. Memang di aplikasi itu tertulis bahwa telah berizin OJK. Saya semakin diteror ka, bahkan dengan kata2 mengancam. Saya ga pernah respon chat wa ataupun angkat telvon dri mereka ka. Karena saya memang benar2 tidak meminjam, jadi saya coba tidak menghiraukan. Meskipun teror mereka begitu membebankan saya ka

Eka

Terimakasih ka, cuma saya minta saran. Apabila ada yg datang kerumah saya, bagaimana saya harus menghadapinya ka ???

Eka

Oh baik ka.. terimakasih banyak ka atas respon dan balasannya

Eka

Oia ka.. tindakan saya yang tidak merespon setiap wa atau telvon dari mereka tidak salah kan ka ?? Pinjol ADAKAMI tuh bener2 ga baik ya ka, mereka sering x menggunakan kata2 kasar.

Eka

Beberapa hari ini saya mencoba bersikap tenang2 saja ka, tapi ternyata mereka tetap terus mengganggu saya. Hampir frustasi saya ka dengan ancaman2 mereka. Saya harus gimana ka? saya ga akan pernah mau bayar karena saya tidak meminjam, dan saya pun tidak menikmati sepeserpun uang yang dikatakan telah dikirim ke saya. Bingung saya ka, apalagi melihat info yang mereka kirimkan bahwa jumlah pembayarannya terus bertambah😭 saya harus bagaimana menghadapinya ??

Eka

Tolong bantu saya ka, saya berurusan dengan apa😭

Eka

Saya melampirkan gambar tidak bisa

Eka

Tetep ga bisa melampirkan gambar. Ka tentang mutasi bank yang tercantum info dana masuk dan sudah ditarik oleh no ATM saya, itu bagaimana bisa ya ka🥺

Siti zanifah

Kalo Rupiah Cepat Legal atau ilegal ya

deny

ini yang saya alami saat ini. tolong solusinya

Herlina

Semisal ganti no dan email gimana

Asiy

Memalsukan seluruh kontak nmr hp efektif ga
Lalu mengpus apliksi
Lalu memasukan seluruh kontak dengan yang asli

Hariyanti

Saya tidak pernah meminjam ke kps loan segera tapi ada tagihan ngamcam2 saya juga saya harus gimn tolong pencerahannya mana jam liam sore harus dibayar jika tidak dibayar foto saya disebar luaskan

Melisa indah sari

Saya Biarkan saja pak. Tapi kenapa mereka tetap menyebar luaskn foto dan identitas saya ya. Saja jadi takut.

Melisa indah sari

Sudh di sebarkan ke 1 kontak hp saya. Ktanya semuruh melusai ke aplikasi danatop. Tapi saya suruh blokir wa nya. Dan saya buat antisipasi ke semua kontak saya agar suruh blokir smua wa yg mengatasnamakan saya. Apa itu benar?

Rika

Halo.. saya salah satu yg terjebak di pinjol ilegal ini..ini pertama kalinya saya lakukan pinjol dan ternyata ilegal. Saya lakukan dengan terpaksa krn ada hal yg mengharuskan saya membayar dan disaat itu tidak ada tempat lg utk meminjam..sangat berat,pertama tama saya bisa lakukan perpanjangan yg hanya 7hr setiap aplikasi pinjol malahan di hari ke 5 saya di teror saya lakukan segera perpanjangan namun akhir bulan ini saya mengalami kesulitan sehingga saya gagal bayar dan saya berupaya lakukan negosisasi dengan para DC namun mrka tidak mau bekerja sama.. semakin kita respon malah semakin gencar di intimidasi harus lakukan pembayaran detik itu juga dan kalau tdk konsekuensinya adalah dibuat grup dengan isi kontak2 hp kita dan gambar foto kita serta tulisan yg sangat2 tdk etis
Jujur saya sangat2 di permalukan krn isi kontak hp saya selain teman,keluarga bahkan rekan2 kantor saya.. saat ini saya sudah tidak ada muka lagi di tmpt saya bekerja.. dan setiap kali para DC meneror saya dan meneror kontak hp saya.. saya hanya bs meminta maaf dgn teman2 di kontak hp saya
Saya pun sampai hari ini msh ber negosiasi dgn para DC utk meminta apakah bisa dilakukan cicilan krn saya pun tdk mau lari dari tanggung jawab saya sebagai peminjam untuk DC yang telah melakukan pencemaran nama baik saya drngan mengirimkan wa ke kontak saya beserta foto saya dengan tulisan seperti open bo lonte,pelacur,pengguna narkoba dsb telah saya laporkan ke satgas waspada investigasi.. apakah tindakan saya ini sudah benar pak ?

Priska

Kejadian yang sama mba Rika. Minta no HP ny dong mba

Karlina

Boleh minta no.wa nya mba?

Nina

Sama ni kak, aq juga ngalamin kejadian yang sama, boleh minta nmr wa nya kak?

juleha

ayuk kita buat grup karena nasib kita sama

Rini

Ayooo kita buat grup

Emy

Gabung dong kak.Karna nasib kita sama

Dede wawan

It yang sy alami sekarang amp saya tdk bisa berbuat apa2… Smapai atasan tau bhkan sy jd mengurung diri

Madi

Selamat mlm pak admin? Solusinya pak sy liat di fb aplikasi pinjol yg bernama taman uang.sy isi data tsb lalu tiba2 ada laporan sms ke hp sy ada uang masuk senilai 539000.padahal sy tidak merasa meng klik / mengajukan pinjaman intinya sy tidak menyetujui tenor pnjmn tsb.sy buka kmbli aplikasi tsb ternyata tenornya cma 9hari dan sy harus membayarnya eebesar 900rb di tambah lgi biaya admin dll jdi totalnya yg harus sy bayar sebesar 1261000.padahal sy tidak menyetujui pnjaman tsb.uangnya blm sy pakai dan masih di rekening sy.teror terus menerus setiap hri dengan nomer yg berganti2 dan mengancam sy leher akan dipotong dan mencilik anak istri sy dan akan memperkosanya bergantian.sy akan mengembalikannya uang tsb senilay yg masuk ke rek sy sebesar 539000 tpi yg tlp sy lewat wa gk mau uang tsb d kmbalikan mintanya 1261000.
Sy bertanya sma admin apakah jika sy kembalikan uang tsbt yg masuk kerekening sy itu gk ada teror lgi dan penagihan kmbli ya?dan juga data diri sy aman gk ada teror ke semua kontak yg ada di hp sy Atau mungkin akan terus bunga berbunga? Tlg d bntu solusinya Mksh admin solusi dan bantuan jawabannya smg membantu kami

rizki

sedih banget ka😭 lantas sekarsng apa kaka sudh bayar?

Dina

Saya skrg mengalami hal yg sama Bu .sy pke aplikasi kridit rupiah di awal ada tulisan tenor 91 hari setelah di klik tampa pemberitahuan lansung ada tagihan dan jatuh tempo 7hari dengan potongan 560 ribu hrus byr 1600000 terima 1 juta 40rb. 5 hari sudah di teror dgn macam2 Nomer baru 6hari sudah naik jadi 1780 tagihannya. Dan semua kontak saya sudah di sebar foto KTP sya dan foto saya jg ada Bdan wanita telanjang yg seolah-olah saya di blg pelacur bisa bo hrga 50rb. Sya di blga org gila pencabulan anak laki-laki di bwh umur di bkin poster di sebar ke semua kontak grup sekolah anak anak sya. Semua guru2 anak-anak jadi tau anak-anak sya baru kls 2 dan 3 SD liat itu nangis 2 trus krna hp sering anak yg pegang. Sya sudah masuk uang 1,7 60 tpi mau di teror. Dan sudah terlanjur malu. Apa benar sebar ke kontak dgn hrga diri di hancur kan hutang lunas Karana hrga diri gak ternilai hrga nya

Vita

Kalau kita ganti nomer hp, apakah para dC ilegal itu akan tetap mengtahui nomer kita yg baru dan akan tetap meneror kontak2 di wa saya? Mohon pencerahan nya pak

Indriyani

Kak.. sy juga merasakan hal ygyang sama.. aku pikir sendiri. Sy dikat2in binatang kak
Tp sy dusah beritahukan kepada apart setempat.
Alhamdulillah didukung karna itu pencemaran namanama baik kak.. kita harus bisa sabarjuga kak ya.
Data sy juga sudah disebarkan. Diawal kan tenor 91har. Setelah pinjam 7hari. Dari situ sjsaya kita sudah dibohongi kak. YaIya
Semangat kak

Elmira Nazma

Mau tanya, apakan pinjamnya nya sudah kaka bayarkan atau tidak dibayar?

Rini

Kamu bayar gak kak terusan..

Kikis

Sama bu, saya juga kenak di kredit rupiah, awalnya karena takut saya perpanjangan terus, namun setelah 5 kali perpanjangan saya mulai berfikir ini bakalan ngancurin semuanya, jadi saya cari cari cara mengatasi dan banyak referensi di youtube yang buat saya berani untuk berhenti perpanjangan dan mendiamkan mereka dan mengimbau semua kontak saya kalau data saya dicuri dan disalahgunakan, sudah 2 hari dan salah satu apk nya belum menghubungi saya namun yang satunya lagi mengancam mau dilaporkan penggelapan dana dan masih saya diamkan sambil berdoa dan bersabar jadi buat kawan kawan jangan menyerah karena terjerat pinjol illegal lebih baik malu sekarang dari pada hancur selamanya

Rys

Jadi gmn bu. Apakah skrg ibu bayar atau tidak pinjaman itu. Bisa minta no.wa Bu. Saya bernasip sama dengan ibu .

prn

sama kak saya juga begitu sudah capek perpanjang saya pikir apa yg saya bayar sudah cukup dari yg saya terima

Ifa

Kak minya nomor wa nya saya juga lagi ada masalah pinjol ilegal

Priska

Mba ifa no HP brp. Saya juga korban pinjol ilegal mba. No HP saya 08967790xxxx.

Wiwit

Kk mntk no nya kk. Karna saya juga kenak pinjol ilegal kk

handini

boleh minta no wa nya gk

Herlina

Kak aku ikut gabung dong di wa

Jeje

Kak minta wa ya , mau tanya seputar pinjol kak 🥺

Eky

Ka Minta no wa nya saya juga sedang terjerat pinjoll ilegal dan sedang d terorr

Ria

Bisa minta no.Wax min.. Krn saya sdg mengalaminya skrg.. tdk merasa prnh pinjol tp d,tagih dan d,teror trus menerus d,Wa.. bahkan saya tantang mrk utk kirim bukti tf k,rek saya. Tp mrk mengirim bukti tf tnp ada nama saya d,situ.. kebetulan saya pakai mbanking jd bisa cek mutasi setiap keluar masukx dana.. dan tdk ada tf dr mereka. Heran mrk pny foto KTP dan Selfi saya yg kbtln mmg tersimpan d, galery utk keperluan arisan dgn tmn² alumni sekolah saya

Rini

Kak boleh mnta no wa nya,,sya jga lgi terjerat pinjol ini..

Nurhayati

Minta no nya ka