Ditagih Pinjol Padahal Tidak Meminjam? Hati-Hati Penipuan!

Ditagih pinjol padahal tidak meminjam – Belakangan muncul keluhan dari beberapa pengguna yang tiba-tiba ditagih DC pinjol padahal sama sekali tidak meminjam. Mereka mendapat SMS atau WhatsApp yang isinya informasi bahwa mereka sudah menunggak pinjaman sejumlah nominal tertentu dan harus segera melakukan pelunasan. Untuk memberikan kesan darurat, biasanya pada SMS atau WA tersebut diberikan tenggat waktu berikut ancaman jika melewatinya. Hidupmu yang selama ini adem-adem saja mendadak terusik. “Ini beneran apa boong, sih?”, “Jangan-jangan ada yang pake namaku untuk meminjam?”, “Kalau didiamkan bahaya gak ya?”. Dan seabreg gumam penuh tanya lainnya.

Bedah Modus Penipuan Pinjol

whatsapp ditagih pinjol padahal tidak meminjam

Berdasarkan perhitungan logika dan analisa, ditagih pinjol padahal tidak meminjam jelas sebuah penipuan. Logikanya, bagaimana mungkin kamu ditagih atas pinjaman yang tidak pernah kamu ajukan?. Bagaimana bisa kamu harus membayar atas hutang yang tidak pernah kamu terima?. Terserah pinjol tersebut mau menyebut apa dirinya: SmartCredit, Dompet Besar, Dompet Emas, Dana Mas, Kredit Permata, GoMany, Kilat Kas, Dompet Cash, KSP Loan, One Hope ataupun nama mentereng lainnya, selama kamu tidak meminjamnya dan tidak ada bukti pengiriman dana ke rekeningmu, jangan pernah membayarnya. Berikut beberapa analisa yang menguatkan bahwa itu hanya modus penipuan belaka:

Menipu dengan WhatsApp Blaster

Pesan penagihan yang kamu terima dikirim secara Random dan dalam jumlah yang sangat masif. Pada proses seperti ini biasanya mereka menggunakan software SMS Blaster atau WhatsApp Blaster. Mereka memiliki daftar nomor telpon yang sudah dikoleksi dari berbagai sumber. Semua nomor tersebut dikirimi pesan yang sama secara bersamaan. Ini bisa diketahui dari isi pesan yang sama persis yang diterima oleh tiap-tiap nomor. Perhatikan isi WhatsApp diatas, alih-alih menggunakan personalisasi pada umumnya penagihan legal, kata-kata yang digunakan sangat general karena memang diarahkan agar bisa sesuai dengan setiap penerima.

Ditagih Pinjol Padahal Tidak Meminjam, Pasti Ilegal

Jika kamu ditagih pinjol padahal tidak meminjam, pasti nama pinjol tersebut tidak tertera dalam dokumen “Fintech Lending Berizin dan Terdaftar di OJK”. Karena hanya pinjol ilegal yang melakukan perbuatan “receh” seperti itu. Saat kamu menerima SMS atau WhatsApp penagihan salah alamat tersebut, cocokan nama pinjol tersebut dengan dokumen OJK terupdate yang dirilis setiap bulannya. Jika namanya tidak tertera, maka dia ilegal. Mengetahui bahwa ia ilegal sudah cukup bagimu untuk mengabaikannya dan tidak perlu diambil pusing.

Pelakunya (Pasti) dari China?

Pada pesan dengan pengirim tidak jelas yang memberikan kabar buruk disertai ancaman, sang penipu menggugah rasa penasaranmu. Harapannya kamu akan mencari tahu lebih jauh dari sedikit informasi yang diberikan. Maka hampir pasti mereka meninggalkan “sesuatu” untuk kamu telusuri. Yang umum adalah sebuah link yang bisa dengan mudah kamu klik. Namun tahukah kamu, di zaman Android sekarang ini cukup 1 klik saja untuk menempatkanmu dalam masalah. Maka selalu berhati-hatilah saat mengklik link dari sumber yang tidak jelas.

Krediblog mencoba mencari tahu identitas domain dari link yang dikirim pada WhatsApp diatas. Berikut hasilnya:

identitas ditagih pinjol padahal tidak meminjam

Seperti yang kamu lihat, domain yang digunakan terdaftar di web hosting Alibaba Cloud Computing yang mana perusahaan tersebut milik perusahaan asal China. Bahkan pada bagian data kontak pemilik domain jelas tertulis negara asalnya, CN yaitu China. Apakah pasti kita sedang berurusan dengan orang China? belum pasti juga, tapi bahwa itu melibatkan atribut mereka, iya.

Ketua Satgas Investasi OJK pernah menyebut bahwa 50% penyelenggara fintech asing ilegal berasal dari 4 negara besar yaitu China, US, Singapura, dan Malaysia dengan China yang paling dominan. Bahkan pada 2018 OJK pernah menutup sekaligus sebanyak 182 pinjol ilegal dan separuh lebih diantaranya berasal dari China. Tanpa bermaksud menggeneralisasi, jika kamu mengidentifikasi sedang berurusan dengan pinjol asal China terlebih Non OJK, besar kemungkinan kamu dalam target penipuan.

Permintaan Izin Akses Gila-Gilaan

Krediblog mencoba mendownload aplikasi yang disertakan penipu. Tidak untuk diinstal tentunya, tetapi untuk dilihat isi didalamnya. Berikut yang Krediblog dapatkan:

izin akses ditagih pinjol padahal tidak meminjam

Perhatikan pada screenshot permintaan izin akses. Aplikasi tersebut meminta izin akses yang tidak saja melanggar privasi tetapi gila! Diantaranya: wifi, audio, membuat dan membaca kontak, menyalakan Bluetooth, kamera, membaca penyimpanan Hp internal dan eksternal, menginstal aplikasi, lokasi, membaca galeri, panggilan telpon dan membuka kunci perangkat. Serius, jika kamu menginstal aplikasi ini, kamu dalam masalah besar. Terlebih jika kamu menginstalnya pada Hp penting dimana data dan kontakmu berada disana.

Dan disinilah permainan mereka mulai mengarah serius. Jika karena penasaran kamu mengistal aplikasi tersebut, maka besar kemungkinan daftar kontak dan datamu akan berhasil mereka salin. Dan kedua hal ini akan dijadikan sandera agar kamu membayar tagihan pinjaman yang dituduhkan. Jika kamu menolak dengan berbagai alasan, datamu akan disebar. Akhirnya ini bukan lagi tentang pinjaman yang harus dilunasi melainkan “kehormatan” yang harus diselamatkan.

Ditagih Pinjol Padahal Tidak Meminjam? Lakukan Ini!

Cara paling mudah adalah dengan mengabaikannya. Jika kamu yakin tuduhan tersebut mengada-ngada dan tidak masuk akal, maka anggap saja SMS atau WhasApp tersebut hanya pesan Spam. Lanjutkan hidupmu tanpa perlu memberikan perhatian padanya. Jika kamu meresponnya baik dengan membalas pesannya atau menelpon langsung, penipu akan merasa mendapatkan mangsa. Dikhawatirkan mereka akan lanjut dengan modus berikutnya. Pengabaian adalah cara paling cepat untuk membuat modus penipuan jenis ini berhenti. Karena saat kamu tidak merespon, mereka akan berfikir pesannya tidak terkirim dan dengan sendirinya usaha akan terhenti.

Namun pengabaian tidak bisa dilakukan jika kamu sudah terlibat terlalu jauh. Semisal sudah melakukan kontak terlebih menginstal aplikasinya. Pada saat itu besar kemungkinan terjadi penyadapan pada kontak dan datamu. Dan jika itu sungguh terjadi masalah menjadi ruwet. Kamu tidak lagi memegang kendali dan dipaksa menurut karena dalam posisi tersandera. Jika sudah begini bagaimana mengatasinya?. Tidak ada langkah yang pasti benarnya karena sangat tergantung hal mana yang ingin kamu prioritaskan, uang atau nama baik. Namun jika ini menimpa Krediblog maka langkah yang akan ditempuh adalah tidak akan melakukan pembayaran sepeserpun. Dengan konsekuensi data disebar dan dipemalukan? Ya!. Kamu tidak bisa menolak sial tapi kamu masih bisa untuk tidak menjadi bodoh. Dipermalukan atas perbuatan yang tidak kamu lakukan anggap saja sedang sial atau apes, namun membayar atas apa yang bukan tanggungjawabmu lebih dekat ke bodoh daripada besar hati. Karena saat kamu melakukannya, kamu ikut mensukseskan rancangan penipuan yang menjadi tambahan energi bagi penipu untuk terus melakukannya.

Catatan: Ditagih Pinjol Padahal Tidak Meminjam

Ditagih pinjol padahal tidak meminjam bisa menimpa siapa saja. Sama sekali tidak ada jaminan kamu bisa aman darinya. Selama kamu memiliki nomor Hp maka selama itu potensi penipuan jenis ini akan ada. Beriringan dengan bekembangnya teknologi, modus sederhana seperti ini bisa sangat “mematikan”. Karena tanpa perlu menyentuh Smartphone-mu mereka bisa memiliki datamu. Katakan, adakah yang lebih menyeramkan dari itu?. Jangan heran dan kaget jika kedepannya modus penipuan pinjol semacam ini akan kian marak dengan modus yang lebih variatif.

Masih ingat saat tiba-tiba kamu menerima SMS Mamah minta pulsa? Menggunakan konsep yang kurang lebih sama, modus tersebut muncul lagi. Namun bukan pulsa yang diminta melainkan perhatianmu.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
106 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Wardani

Saya di tagih oleh dana pintar..saya penasaran saya instal aplikasinya tetapi di handpone yg bukan hp utama saya..namun dengan no hp utama saya coba login..lalu ada kode yg dikirim ke no hp saya masukan kode nya dan saya bisa login muncul sepeti itu saya diminta membayar 2.200.000 di aplikasi dana pintar..saya sudah cek mutasi rek saya tdk ada dana masuk..apa mungkin data saya di sebar tp kan saya pakai hp lain untuk menginstall nya..

received_1641549729362833.jpeg
Charlie

Ini sama persis saya di tagih2 terus saya klik karna saya bingung dan tau2 saya punya pinjaman yg tenor 1 hari..2,8 jt ..saya sdh cek ke bank saya gak ada uang masuk dr waktu tertulis itu..lalu saya harus apa sekarang ?

ARS

Ka gimana ya kalo saya sudah terlanjur login di app yg dikirim linknya karena panik saat itu & saya sudah bayar juga 2juta tapi masih di teror terus dengan alasan saya sudah jatuh tempo hari ini . saya harus gimana ? apakah data saya akan disebar ?

madkebaron@gmail.com

kalo kasusnya udah terlanjur log in, trus gak d bayar, ancem2 lapor pimpinan kerja, keluarga, follow up.. harus gimana saya ?

padahal sama sekali gak pinjem, dan gak ada uang masuk ke rekening

Last edited 18 days ago by madkebaron@gmail.com
madkebaron@gmail.com

seingetku gak ada akses, cuma verifikasi no hp aja.. tapi tiap hari di sms, wa, telepon.. lama lama risih

solusi gimana ? ada saran

andy

selamat sore, tgl 4 maret 2021 kmrn saya mendapat wa dan sms dari apk superRp yg isinya bahwa saya mempunyai pinjaman yg udah jatuh tempo padahal saya tdk pernah instal, apalagi meminjam dan tdk tahu menahu soal apk trsbt, di sms tsb ad link nya namun tdk saya klik dan saya abaikan smp sekarang takutnya phising, yg mau saya tny, brp lama teror tsb, terakhir sms tgl 5 maret 21 rn dan sampe hr ini tdk ada sms lagi, apakah nanti, katakan hari ke 7 ato 8 ada sms lagi, dan klo semisal ada ancaman menagih ke keluarga klo semisal tdk bayar sampe wkt yg ditentukan apakah bnr terjadi ato hny gertakan. terima kasih

Dian

Ini sama seperti yg menimpa saya saat ini. Saya di wa terus oleh oknum yg mengaku dari superRP padahal saya tidak meminjam di sana. Sampai menelpon2 nomer hp saya. Jujur ini sangat mengganggu

Titin

Sama mba saya juga diteror dr superrp dana pintar dan kredit permata,bodohnya saya saya bayarkan sdh lebih 10jt,ternyata saya ditipu

Titin

Pas ngecek memang benar superrp,dana pintar,sama kredit permata itu tidak ada,bisanya ya mereka nipu kita begitu,waktu kita lagi panik2nya

Litpr

Sama bgt dgn saya gan, saya selalu di sms dan Wa dari superRp, memang saya tidak merespon saya selalu memblokir lngsung tp saya sgt trganggu krna mrka ttp saja meneror gnti” nmr hp, pake bawa” mau dtng kerumah dgn plat xxxx lah mau nagih ke keluarga saya, kan jd esmosi saya duh

Litpr

Iya sih gan πŸ˜‚πŸ˜‚

andy

seperti itu kak sms nya, saya abaikan aja krn saya ga ngerasa, dan saya cek itu apk ilegal, saya smpt email ke waspada investasi ojk, dan saya cc in ke cyber crime polri, walaupun mgkn email saya nth kapan ada responnya tp paling tidak untuk benteng saya jika ada hal2 yg tdk diinginkan di kemudian hari, apa dgn ganti no dan reset hape cukup efektif, mengingat saya tdk klik link di sms tsb

Screenshot_20210305_054800.jpg
ristya

selamat sore, sy juga pengalaman yg sama, mendapatkan wa dari 2 aplikasi pinjol dari KreditPermata & SuperRP. Anehnya nomer tersebut bukan nomer Indonesia. Dan WA dimulai dr tgl 13 Maret 2021 hingga saat ini.

SuperRP: +9779867145230, +553491912254, +918055185214
13/03 Pinjaman sudah jatuh tempo dll *link_diblok_untuk_keamanan*
14/03 Pinjaman sudah habis masa berlakunya, akan mengunggah nama hitam dll

KreditPermata: +919572241181, +919949400724, +918570969956, +94779675474
13/03 Pinjaman sudah jatuh tempo dll *link_diblok_untuk_keamanan*
14/03 Pembayaran anda belum kali terima dll

Sy copas link masukkan ke google, yg kemudian muncul notif klo download akan berbahaya, sehingga pastinya sy tidak download dan tidak install.

Br denger 2 nama pinjol tersebut dgn nomer yg aneh pula.

Sehingga hal ini apabila sy abaikan saja tidak ada masalah ya?

ristya

hari ini sy malah mendapatkan 4 WA dgn tambahan 2 aplikasi yg berbeda.

+556293901063 pinjaman danapintar sdh jatuh tempo dll –> ini aplikasi baru lagi
+919259998579 pinjaman superrp sdh jatuh tempo dll –> ini yg kliatan aneh bgt krn kmrn blngya sudah jatuh tempo dan akan mengunggah nama hitam
+5522999550876 pinjaman dompetbesar sdh masuk jatuh tempo –> nama aplikasi ini seperti yg lg rame di twitter
+918930279511 anda terlambat membayar di aplikasikredit permata, kami beri anda waktu 1jm utk membayar, jk tidak akan mulai meminjam uang dari keluarga anda atas nama anda

Semakin hari semakin mengerikan ya hal2 seperti ini..

Dan ini tetap sy abaikan saja sih.

ristya

Brsn sy dpt WA lg dr aplikasi yg sama. Kali ini ada kata2 yg berbeda yg digunakan +918126903976 “tunggakan pinjaman anda di aplikasi KreditPermata,hari ini adalah masa tenggang akhir,sore ini kami akan mengirim petugas penagihan lapangan BXXXXUBF,untuk pengecekan lapangan secara langsung dan penagihan pembayaran,siapkan biaya pelunasan,denda dan biaya collector lapangan,dan beri tahu anggota keluarga /atasan di tempat kerja anda,untuk menghindari kehilangan pekerjaan atau mempengaruhi area lingkungan anda,Ingat semua konsekuensi anda sendiri yang menanggung”

Makin serem caranya.

ristya

Heran saya, denger nama aplikasinya sj tidak tahu, apalagi install.. Kemudian nerror seperti ini.. Mohon infonya kalau seperti ini lapor kemana ya?

Ristya

Sekarang WA nya berubah lg kata2nya..

Daftar pinjaman Anda telah kedaluwarsa, silakan hubungi saya tepat waktu untuk menegosiasikan pembayaran, menerima kupon dan mengurangi biaya keterlambatan. WA: 0838 9064 XXXX Jika tidak bekerjasama, kami akan segera membagikan data keluarga anda.

Disini tidak menyebutkan nama aplikasinya.. Tp menyebutkan No WA yg No Indonesia, sedangkan yg WA tetap nomer asing..

ristya

Kemarin sy tdk terima WA sama sekali.. Namun sebelumnya ada WA dr SuperRP, DanaPintar.. Hari ini spt wa dr DompetBesar.. Sehingga polanya bagaimana sy tidka tahu sih ya.. Tp tetep sy abaikan..

Rin

Wah, sama.
saya juga dengan kata2 itu serta plat kendaraan dg akhir yang sama.
tetapi mengatas namakan dompet besar.
setiap hari wa dengan nomor yang berbeda-beda dr dg kode area yang berbeda.

Harchant

Apa ada yang datang ka?

Chandra

Sama sya juga dr kredit permata no y pun luar negri,,tp saya abaikan karna sya tdk merasa meminjamnya..liat mutasi bank jg tidak ada

Tyani

Bulan lalu sy juga pernah mendapatkan WA menagih ke sy, dia tdk info nama aplikasinya namun info sy punya tagihan sebesar 2jt. Pihak tersebut menyebutkan nama saya.

Sy dikasih link *link_diblok_untuk_keamanan* nama aplikasi Mercusuar, tp linknya tidak bisa dibuka dan infonya error. Info dr pihak tersebut aplikasi error sehingga tdk bisa dibuka. Sy protes dong krn sy mau cek aplikasinya dahulu.

Pihak tersebut malah maki2 saya yg kemudian tiba2 membuat group WA dengan judul Nama saya – Penipu Online.. Krn sy panik sy tanya no rek nya, kemudian dia tanya sy byr pke bank apa yg akhirnya diberikan VA yg atas nama saya.

Ketika sy bayar no VA tersebut valid krn dana sudah terkirim.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi ya?

andy

selamat sore, hari ini saya mendapatkan wa lagi dari superRp, wa terlampir, dan masih saya abaikan, apakah akan ada dampak nyata yg akan terjadi klo udah ancam2 sprt ini, terima kasih

Screenshot_20210318_161549.jpg
ristya

Ini sama seperti yg saya alamin sebelumnya.. Ada di comment sy sebelum2nya (diatas).. Info akan ada yg datang kerumah dgn plat BXXXXUBF dari KreditPermata. Kemudian muncul lg dari SuperRP infonya akan ada sedan putih, kemudian besoknya kendaraan jenis lain..

Terus menerus dari tgl 13 Maret hingga 16 Maret, bbrp kali kirim.. Namun di tgl 17 Maret hanya 1x dan hari ini sudah tidak ada..

Saya abaikan terus..

andy

jd intinya kita abaikan saja terus, ga usah di gubris sama sekali, rata2 pake no luar negeri

Litpr

Ini isi Wa nya sama bgt kaya saya 🀣🀣 dari superRp jg sama

Yuni

Saya juga ditagih oleh dana dompet, padalah saya tidak memiliki pinjaman , mereka mengirim lewat WA, data2 saya dan kontak di hp saya, dan mengancam akan menagih ke semua kontak saya, saya bingung saya meminta Kode VA pembayaran klo memang saya memiliki pinjaman mereka bilang sistem sedang gangguan , bagaimana ya ka

Nurul

tunggakan pinjaman anda di aplikasi DompetBesar,hari ini adalah masa tenggang akhir,sore ini kami akan mengirim petugas penagihan lapangan B1294UBF,untuk pengecekan lapangan secara langsung dan penagihan pembayaran,siapkan biaya pelunasan,denda dan biaya collector lapangan,dan beri tahu anggota keluarga /atasan di tempat kerja anda,untuk menghindari kehilangan pekerjaan atau mempengaruhi area lingkungan anda,Ingat semua konsekuensi anda sendiri yang menanggung izqev.com/diblok_untuk_kemanan_ aku diwa gitu kak udah 3 hari aku harus gimana yaa aku takut

Ramdan

Saya mau tanya, saya pernah meminjam di aplikasi uang bahagia, saya sudah melunasinya, memang di aplikasi itu ada beberapa aplikasi satu pintu beberapa aplikasi, tiba2 saya buka aplikasi itu, wh tiba2 ada 3 aplikasi menunggu pembayaran, memang masuk dana itu ke rekening saya, saya ingin mengembalikan dana itu, karena saya tidak merasa meminjam kembalilah ke apk uang bahagia itu… Mohon bantu solusi

Santa

Benar juga kak, saya juga kemarin dikirimi uang apk Danaku dengan Fintek PT ODEO Teknologi Indonesia, padahal sy tidak ada ajuan di apk ini, dan KSP KTA, karena saya merasa gak ada urusan dengan mereka saya laporkan dana yang masuk ke polisi biar uagnya mereka aja berurusan dengan polisi, anak saya memang tidak sengaja mengklik link yg dikirim, jadi data saya sudah disalin semua baik kontak dan galeri dikuasai. Puji Tuhan saya masih kuat sampai hari ini sekalipun disebarkan dataku, orang sekarang mereka akan berurusan dengan Pihak berwajib, awalnya memang saya Deon, tpi karena support dari sahabat dan keluarga saya bangkit melawan ketidakadilan ini

Santa

Memang ngeri juga masa modern ini ya kak, semua dihalalkan orang untuk mendapatkan uang, semoga cepat ditangani pemerintah hal seperti bini, saya sudah lapor OJK dan Waspada Satgas juga, biar dia kapok sekalian, polres dan polda juga menangani biar, orang apknya berani mengedit2 Poto saya, mengganggu kedamaian dan kenyamanan batinku sudah kak πŸ™ πŸ™πŸ™

Annisa

Kak mau tanya lapor polisi nya yg terdekat apa gimana kak? Sy soal nya mengalami tidak mengajukan pinjaman tapi malah uang ditransfer dan bunga nya gede apalagi tenor nya deket bgt sy kaget karna gamerasa pinjam di app tersebut

Dwi twins

Saya bbrp hari ini ada tagihan dari dana pintar.. tapi masalahnya saaya mengklik link nya setelah 3 hri dy ngewa saya.. apa yang harus saya lakukan agar dia tidak menyebar data saya… tapi kalo saya membayar itu sangat rugi apalgi dgn jumlah yg 2jt..

Dwi twins

Tekan izinkan2 ajj.. sprti kamera, kontak gtu… kmrn sama hri ink saya belum menerima lagi wa tagihannya..

Dwi twins

Sudah bbrpa hari ini saga tidak perna di teror lagi bg.. apakah saya sudah aman.. aplikasinya mmg dri kmrm2 sudah saya copot..

Dwi twins

AMIN AMIN.. semoga mereka tdk meneror dan menyalin data2 ku…. krna mmg saya tidak lerna meminjam diaplikasi tersebut..

Dwi twins

Hari ini mereka wa lagi.. dgn wa yg sama klo pinjama saya telah jatuh tempo ( isiya sama persis wa sebelumnya) ternyata emng penipuan.. berharap org akan membuka link dy n mentransfer dana tersebut.. mksh ya bossqu sarannya.. saya gx akan oerna buka linknyalagi.. dan memgabaikan wa mereka.. kmrn2 saya sdkit shock krna ada tagihan… skrg sudah tdk lagi… klo eng saya ada pinjaman sama mereka gx mgkin mereka ilang timbul, da me wa dgn kalimat yg sama..

Dwi twins

Hari ini saya dpt sms dari uang mukzixat ktnya pu jaman saya telah jatuh tempo.. ttp sama kyk dana lintar saya tidak perna meminjam uang di aplilasi itu… didiami juga kan min

Hilarius

Saya ditagih kantong duit ksp, pdahal saya tidak merasa meminjam waktu saya balas chat menanyakan bukti pinjaman ternyata mereka punya data2 saya lengkap… saya cek aplikasi hp, ada aplikasi rupiah kuat, di aplikasi itu muncul tagihan saya, karena saya khawatir apa saya salah pencet, sehingga muncul pinjaman, saya coba bayar saja tagihannya dengan virtual account yg ada di aplikasi tapi gagal, saya coba bayar lewat alfamart gagal jg… saya jadi bingung saya benar2 punya pinjaman tidak, klo saya yg salah pencet saya bersedia mengembalikan dananya, daripada nama baik saya jadi rusak disebar identitas saya sama pinjol… mohon bantuan saya harus bagaimana?

Annisa

Kak saya minta tolong saran nya , sy di tagih di app ksp pie pisang bahwa sudah jatuh tempo tapi sy merasa tidak mengajukan di app tersebut apalagi tau app nya dari dia link nya gada di playstore data” sy ada di dia kak tanda bukti transfer nya juga ada dia kak , pas sy penasaran sy instal dan gada kode verikasi sms ke nomor sy jadi sy gamasuk ke app nya kak , sy udah di teror terus dari tgl 13 kemaren cuma semenjak sy kirim bukti bahwa sy ga masuk ke app tersebut mulai ilangan teror nya kak tapi pas sy mutasi rekening ada transferan masuk kak tapi sy gamerasa ngajuin apalagi bukan dari playstore . mereka bilang pinjam 1jt dapet 780 balikin nya 1,2 tenor 8hari gila aja sy berani ngambil itu ngajuin aja kaga kak . sy udah bilang terakhir ke dia “jangan main asal transfer karna sy tidak ngajuin” sy blok terus kak sampai skrg blm ada lagi yg hubungin kak dr tgl 22 . menurutmu gimana kak?

Novy

Aku dari kemarin di teror terus sampai ini tadi padahal nggak merasa ada pinjaman, sampek ngancem bakalan sebar data ku karna wa nya aku blok. Aku harus gmana iy mohon bantuan nya

Imba

Selamat malam mas,tiga bulan yg lalu sy mndptkan pesan dr wa..bhwa pinjaman sy sdh jatuh tempo dn segra dibayar dr Komodo rp,padahal sy tdk pernah pinjam bhkan sy jg tdk pernah mnginstal aplknya,jd saya abaikan sj..tp td tgl 31 mrt masuk lg pesan wa..dgn kalimat yg sama dn diancam sebar data disetiap kontak sy…brarti sdh jelang 3 bln mreka aksi kmbali..so apa yg hrs sy lakukan mas??terimaksih ats responnya..πŸ™πŸ˜Š

Purple

Maret awal saya di sms n wa Kredit Permata yg mana saya ada pinjaman dan sudah terlambat membayar. Pertama saya abaikan.. tetapi merasa terteror dengan sms n wa yang beruntutan sehari berkali2. Dan tiba waktunya saya di ancam akan didatengin dgn mobil putih plat B, ke kantor dan rumah. Karena kalut saya penasaran membuka linknya! 🀦. Saya mengunduh dan memasukkan no telp lalu melihat saya mempunyai pinjaman sebesar 2.3jt.. gede banget menurut saya.. masih saya diemin 6 harian, lalu mreka kembali mengancam karena keterlambatan membayar.. saya cek mutasi rekening tidak ada uang masuk di tgl tersebut, tp dgn bodohnya takut diancam terus nakan menyebarkan data2 saya pun membayar sebesar 2.8jt karena termasuk denda!
Saya pikir setelah itu saya aman, tp sempat mengecek tidak terdapat informasi data saya. Hanya tertera no telp saja.
Besoknya saya ditagih lagi sama SuperRP dan berlanjut SmartCredit dan Dana Pintar. Karena saya sudah membaca ttg penipuan pinjol ini dan saya tertipu 2.8jt, akhirnya saya diemin saja..
No wa yg msk selalu dr provider India. Tp sms provider Indonesia.
Sdh 4x mengancam akan didatengin. Karena saya sdh gak mau dibodohin saya cuekin saja..
Tp kata tmn saya.. kenapa kamu mesti takut didatengin?? Mana ada plat Jkt nyebrang lautan sampai ke Papua? 🀣🀭 Bener jg kok saya gak mikir sampe kesana ya.. 🀦🀦
Hingga detik ini, saya masih terus di tagih 3 aplikasi tersebut yang jelas2 saya tidak mengambil pinjaman di app tsb! Cm ttp gak tenang, shari bisa 30-50 sms n wa masuk menagih dan menawarkan pinjaman.. 😭 bgmn cara mengatasinya ya? Biar tidak lagi menerima sms n wa dari pinjol??

Riri

Min ijin share, saya baru2 nge instal app kredit rupiah untuk pengajuan , tp dana belum cair trs saya tiba2 di wa sama app superrp dan satu aplikasi lainnya yg saya sendiri tdkpernah mengajukan di app itu, dan saya tdl klik link nya , apa kaj data saya aman dan apa yg harus saya lakukan, saya merasa kaget setelah baca bbrp artikel ttg kredit rupiah ini

Riri

Lokasi, kontak, foto tp perizinan akses ke data yg diminta sudah saya non aktifkan dr setingannnya setelah tau itu penipuan krn sampai sekarang di aplikasi kredit rupiah juga blm ada pencairan dana saya cek ke tagihan pun tdk ada tagihan

Sitiermawati

Kak,pada tgl 24 maret sampai sekarang,saya di wa sama pinjolSuper Rp,Dompet Besar,Dana Pintar.disuurh membayar pinjaman,tetapi uang pinjaman g masuk kerekening saya.trs dia mengancam,akan datang ketempat saya membawa Depcolektor untuk menagih.ini gimana kak,solusinya.padahal saya sama sekali tidak meminjam.yrs data saya akan disebar atau tidk.makasih

Mustofa

Tanpa konfirmasi wa atau sms dana masuk ke rekening saya,padahal verifikasi gagal,uang yang masuk harus di bayar dalam waktu 7 hari,pinjolnya super kini dan kredit smart,apakah harus di bayar???

Sha

Gann , aku sempet dpt beberapa nomor wa ke nomor saya .
Saya suruh bayar hutang dan mereka mengancam untuk sebar luaskan data saya .

Saya sudah ambil keputusan untuk tidak bayar sepeserpun .
Saya gapapa hancur sesaat dari pada saya harusss mengeluarkan uang berjuta juta.

Setelah ganti nomor apakah mereka bakal menemukan saya lagi ?
Karena itu wa sangat menggangu . dg isi ancaman ancaman yg tidak ada etikad baiknya ..

Last edited 8 days ago by Sha
Sha

Mau tnya Gann , kaya gitu bisa Dilaporkan ke OJK kan gan . setau saya pas saya chek pinjaman2 tsb ternyata Ilegal semua gan . .

Ngancem nya serem2 .

May maulidina

Kak kalau semisal pernah menginstal apk pinjaman online terus kan udah masuk ke apknya nah otomatis kan data saya masuk disitu terus kan saya coba2 lihat kalau mau pinjam tenornya sampai brp. Nah setelah saya tau ternyata tenornya cuma 7 hari saya tidak jadi pinjam. Terus pas 3 hari selanjutnya saya di WA kalau pinjaman saya sudah jatuh tempo dan harus segera dilunasi kalau tidak mau nyebar kan data2 saya. Padahal saya tidak jadi pinjam. Terus setalah saya cek di m- banking saya ternyata uangnya tidak masuk. Terus saya harus bagaimana ya kak?
Apakah data saya akan benar2 disebar dan kontak yang pernah saya buat untuk mendaftar akan dihubungi juga . Tapi ini pinjaman ilegal. Saya takut kalau sampai didatangi kerumah kak. Pdahal saya tidak meminjam sama sekali

Sha

Terusss gaannn , kejadian menimpa sodara saya
Dia sekali memakai pinjol Dana cepat .
Dan tenor hanya 7 hari.
Setelah sudah dilunasin , eeh beberapa hari kemudian banyak bgt yg neror suruh bayar hutang , dan menyebar Identitas Sodara saya itu gan .

Sha

Mungkin .
Soalnyaa pas dibuka apk dana cepat . didalamnya banyak sekali apk apk pinjol gan .

Dan temenku jg dpt wa bgtu. Dpt tagihan dr Digi dana , dar rupiah cepat dll .yg ada didalem apk dana cepat . .
Pdhal gak ada dana masuk . dan gak ngeklik .

Rdi

Saya Mau tanya , kapan hari saya dikirim link ada tulisan Bigone/id32 lalu saya klik tapi tidak sempat saya download , lalu memaksa saya bayar sesuatu yg gak pernah saya terima , lalu saya minta mereka tunjukkan bukti transfer nya tapi mereka tidak bisa , lalu mereka membuat grup dengan menggunakan nama saya dengan asumsi sebelumnya foto saya diambil mereka , lalu mereka memasukkan beberapa kontak ke dalam grup tersebut , tapi saya tidak pernah mernerima uang dan mereka juga tidak bisa membuktikan kalau saya menerima uangnya , apa yg harus saya lakukan ? saya akan lapor polisi mengenai hal ini

Shinta

Saya ditagih2 banyak sekali aplikasi dengan berbagai macam nama, saya coba cek semua aplikasi yg mereka sebutkan tapi tdk ada satupun yg ada di playstore.. mereka menagih sudah melampaui batas yaitu menggunakan foto selfi dan ktp saya, membuat grup dgn ancaman2 apabila sy tdk bayar maka akan ditagih ke semua kontak saya. Padahal saya tidak pernah melakukan pinjaman di aplikasi yg tidak terdaftar di playstore tsb tapi kenapa mereka bs dapat poto selfie dan ktp saya, apakah aplikasi lain yg legal yg pernah saya gunakan dulu telah menjual data saya?

Shinta

Tapi ini sudah 6 hari berlangsung aksi teror tsb, sampai hari ini tidak ada lagi yg menghubungi kontak rekan2 saya, krn saya juga ganti nomor. Risih sekali tiap saat ditagih padahal kita gak pinjam. Kira kira dikemudian hari apakah mereka masih akan melakukan aksinya gak ya?

Ansmardina

Saya mengalami hal hampir serupa tiba tiba ditagih dan saat saya tany buktinya ada yg mengirim data ktp saya, disana pun ada data pinjaman yang katanya saya pinjam tapi pas saya tanyakan bukti transfer mereka tidak membalas. Namun banyak telfon masuk dengan digit yang hampir sama, setiap saya blokir muncul lagi nomor yg baru hanya beda belakangnya saja. Saya sudah lapor ke ojk namun hanya ditanggapi seadanya saja tidak ada penyelesaian. Saya ingin melapor ke polisi soal ini adakah saran bagaimana saya bisa melaporkan tindakan ini ke polisi?

Ogi' saputra

SAYA JUGA JADI KORBAN APK PINJOL DANA PINTAR…!!! HANYA KARENA PENCET LINK SMS….. Tidak ada pengajuan. Tidak ada transaksi. Tidak terima uang. Tiba tiba dapat sms/wa kalo pinjaman saya sudah jatuh tempo dan harus cepat di bayar. DC selalu meneror lewar wa dengan nomer luar negeri. Terornya pakai ancaman kekerasan. Namun sampai detik ini saya abaikan saja. Karena saya gak terima uangnya…

Lia Erniawati

Min saya pernah ajukan pinjaman ke dana Pintar,dan jelasΒ² di tolak,setelah tau di tolak saya langsung log out dari akun,tapi setelah beberapa saat kemudian saya mendapat SMS dan WA supaya segera melunasi pinjaman sebesar Rp.1.800.000,saya panik saya malah meng klik link nya,dan berinteraksi dengan no wa tersebut!!!lalu saya disuruh mengecek ada dana mutasi, setelah saya cek tidak ada data mutasi apapun,lalu saya blok no tersebut,dan ke esokan harinya saya dapat ancaman bahwa klo tidak di lunasi nama saya akan di masukan di daftar hitam,dan mempengaruhi aktivitas di perbankan saya,apa itu berpengaruh min??soalnya setelah itu saya coba pinjam ke pijol yg lainnya selalu di tolak!!