Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam (SPinjam)

Tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam – Kurang lebih ada sekitar 10 kali Krediblog mengajukan pinjaman tunai di Shopee Pinjam atau yang kini bernama SPinjam. Dari jumlah itu ada satu kali momen saat Krediblog kecele dalam memilih tanggal pengajuan pinjaman. Mengajukan pinjaman diatas tanggal 25 dengan harapan jatuh tempo cicilan akan jatuh pada bulan depannya. Meski sudah terlebih dahulu dikonfirmasi oleh tim Support Shopee melalui Chat, tetap saja apa yang dihitung-hitung tidak sesuai. Mengajukan pinjaman tanggal 26 Oktober, ternyata tetap harus bayar pada 5 November.

Kamu yang belum tahu tentang ShopeePinjam, baik perihal suku bunga, cara aktivasi, cara pengajuan pinjaman hingga tanya jawab ringan sesama pengguna, bisa membaca reviewnya disini: Review SPinjam.

Memastikan tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam menjadi penting karena 2 hal. Yang pertama agar kamu bisa mengatur biaya pengeluaranmu dalam sebulan dan yang kedua agar mendapatkan tenor atau masa tenggang yang lama. Meminjam dengan masa tenggang yang lumayan lama akan sangat membantu, karena terdapat jeda waktu yang cukup untuk kita mengusahakan cara pembayarannya.

Kapan Pinjaman SPinjam Kamu Jatuh Tempo?

Mengutip FAQ Shopee, disitu tertulis:

SPinjam memiliki tanggal jatuh tempo yang tetap pada setiap bulannya. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal 5 setiap bulannya atau akan ditentukan saat aktivasi akun.

Meski disebutkan kemungkinannya, sampai saat ini Krediblog belum pernah menjumpai pengguna dengan tanggal jatuh tempo selain tanggal 5. Pada rata-rata atau kebanyakan pengguna, tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam adalah pada tanggal 5 setiap bulannya.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana kalau pinjaman diajukan di akhir bulan? masihkah harus dibayar tanggal 5 bulan berikutnya. Kalau begitu rugi dong karena jeda dari terima dana sampai waktu pembayaran tidak sampai seminggu? Untungnya SPinjam memikirkan ini, sehingga mereka menyediakan opsi berbeda untuk pengajuan pada tanggal-tanggal tertentu.

Untuk pengguna yang menerima dana pinjamannya 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo, maka tanggal jatuh tempo pembayarannya akan disesuaikan mengikuti periode pembayaran berikutnya. Maksudnya gimana, Bosque? asli bingung, nih. Jadi jika kamu mengajukan pinjaman dan dananya kamu terima 10 hari atau kurang dari tanggal jatuh tempo normal yaitu tanggal 5, maka tempo pembayaranmu akan jatuh pada tanggal 5 bulan depannya. Namun jika dana pinjamanmu diterima lebih dari 10 hari dari jatuh tempo normal, maka tempo pembayarannya jatuh pada tanggal 5 bulan berikutnya.

Contoh kasus:

  • Pengajuan pada tanggal 26 Januari 2021 maka tanggal pembayaran jatuh tempo pada 5 Februari 2021 karena dana terima 11 hari sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Jika kamu mau jatuh temponya pada 5 Maret 2021, maka ajukan pinjaman pada 27 Januari 2021 atau setelahnya karena itu 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo.
tanggal jatuh tempo shopee pinjam

Berapa Lama Masa Tenggang SPinjam?

Berbeda dengan pinjaman tunai Akulaku, JULO atau pinjaman Kredivo yang tenor pinjamannya hampir pasti 30 hari dari tanggal pengajuan, SPinjam menerapkan perhitungan berbeda karena tanggal pembayarannya sudah ditentukan secara tetap. Ini pada gilirannya akan membuat masa tenggang SPinjam mu lebih cepat atau lebih lama. Kamu akan lebih cepat bayar cicilannya jika mengajukan pinjaman mendekati tanggal pembayaran dan sebaliknya akan lebih lawa waktu bayarnya jika pengajuan pinjamanmu dilakukan setelah tanggal pembayaran.

Masa tenggang terlama SPinjam adalah 40 hari. Itu terjadi jika kamu meminjam tepat 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Sedangkan untuk masa tenggang tercepat adalah 11 hari, yaitu jika kamu mengajukan pinjaman 11 hari sebelum tanggal jauth tempo. Jika kamu bingung dengan perhitungan ini, pinjam saja setiap tanggal 1 atau awal bulan karena pembayarannya akan jatuh tempo pada tanggal 5 bulan depannya.

Catatan Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam

ShopeePinjam meski telah melakukan beberapa perubahan, mengganti nama dan menaikkan suku bunga pinjaman, masih merupakan pinjaman tunai favorit Krediblog setelah Kredivo dan Akulaku. ShopeePinjam unggul diwaktu proses yang cepat dan biaya admin yang sangat murah. Dan dengan kepastian perhitungan tanggal jatuh temponya, kita bisa “mengakalinya” agar mendapatkan tenor pinjaman dengan durasi maksimal.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
2 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
oemarMS

bang, kalo make rekening BNI syariah bisa gk ya? soalnya kan yg boleh spinjam itu bca bni bri mandiri, tapi syariah bagaimana bang?