Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam (SPinjam)

Tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam – Kurang lebih ada sekitar 10 kali Krediblog mengajukan pinjaman tunai di Shopee Pinjam atau yang kini bernama SPinjam. Dari jumlah itu ada satu kali momen saat Krediblog kecele dalam memilih tanggal pengajuan pinjaman. Mengajukan pinjaman diatas tanggal 25 dengan harapan jatuh tempo cicilan akan jatuh pada bulan depannya. Meski sudah terlebih dahulu dikonfirmasi oleh tim Support Shopee melalui Chat, tetap saja apa yang dihitung-hitung tidak sesuai. Mengajukan pinjaman tanggal 26 Oktober, ternyata tetap harus bayar pada 5 November.

Kamu yang belum tahu tentang ShopeePinjam, baik perihal suku bunga, cara aktivasi, cara pengajuan pinjaman hingga tanya jawab ringan sesama pengguna, bisa membaca reviewnya disini: Review SPinjam.

Memastikan tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam menjadi penting karena 2 hal. Yang pertama agar kamu bisa mengatur biaya pengeluaranmu dalam sebulan dan yang kedua agar mendapatkan tenor atau masa tenggang yang lama. Meminjam dengan masa tenggang yang lumayan lama akan sangat membantu, karena terdapat jeda waktu yang cukup untuk kita mengusahakan cara pembayarannya.

Kapan Pinjaman SPinjam Kamu Jatuh Tempo?

Tulisan ini bagian dari pembahasan pada penagihan Shopee Pinjam

Mengutip FAQ Shopee, disitu tertulis:

SPinjam memiliki tanggal jatuh tempo yang tetap pada setiap bulannya. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal 5 setiap bulannya atau akan ditentukan saat aktivasi akun.

Meski disebutkan kemungkinannya, sampai saat ini Krediblog belum pernah menjumpai pengguna dengan tanggal jatuh tempo selain tanggal 5. Pada rata-rata atau kebanyakan pengguna, tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam adalah pada tanggal 5 setiap bulannya.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana kalau pinjaman diajukan di akhir bulan? masihkah harus dibayar tanggal 5 bulan berikutnya. Kalau begitu rugi dong karena jeda dari terima dana sampai waktu pembayaran tidak sampai seminggu? Untungnya SPinjam memikirkan ini, sehingga mereka menyediakan opsi berbeda untuk pengajuan pada tanggal-tanggal tertentu.

Untuk pengguna yang menerima dana pinjamannya 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo, maka tanggal jatuh tempo pembayarannya akan disesuaikan mengikuti periode pembayaran berikutnya. Maksudnya gimana, Bosque? asli bingung, nih. Jadi jika kamu mengajukan pinjaman dan dananya kamu terima 10 hari atau kurang dari tanggal jatuh tempo normal yaitu tanggal 5, maka tempo pembayaranmu akan jatuh pada tanggal 5 bulan depannya. Namun jika dana pinjamanmu diterima lebih dari 10 hari dari jatuh tempo normal, maka tempo pembayarannya jatuh pada tanggal 5 bulan berikutnya.

Contoh kasus:

  • Pengajuan pada tanggal 26 Januari 2021 maka tanggal pembayaran jatuh tempo pada 5 Februari 2021 karena dana terima 11 hari sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Jika kamu mau jatuh temponya pada 5 Maret 2021, maka ajukan pinjaman pada 27 Januari 2021 atau setelahnya karena itu 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo.
tanggal jatuh tempo shopee pinjam

Berapa Lama Masa Tenggang SPinjam?

Berbeda dengan pinjaman tunai Akulaku, JULO atau pinjaman Kredivo yang tenor pinjamannya hampir pasti 30 hari dari tanggal pengajuan, SPinjam menerapkan perhitungan berbeda karena tanggal pembayarannya sudah ditentukan secara tetap. Ini pada gilirannya akan membuat masa tenggang SPinjam mu lebih cepat atau lebih lama. Kamu akan lebih cepat bayar cicilannya jika mengajukan pinjaman mendekati tanggal pembayaran dan sebaliknya akan lebih lawa waktu bayarnya jika pengajuan pinjamanmu dilakukan setelah tanggal pembayaran.

Masa tenggang terlama SPinjam adalah 40 hari. Itu terjadi jika kamu meminjam tepat 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Sedangkan untuk masa tenggang tercepat adalah 11 hari, yaitu jika kamu mengajukan pinjaman 11 hari sebelum tanggal jauth tempo. Jika kamu bingung dengan perhitungan ini, pinjam saja setiap tanggal 1 atau awal bulan karena pembayarannya akan jatuh tempo pada tanggal 5 bulan depannya.

Catatan Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam

ShopeePinjam meski telah melakukan beberapa perubahan, mengganti nama dan menaikkan suku bunga pinjaman, masih merupakan pinjaman tunai favorit Krediblog setelah Kredivo dan Akulaku. ShopeePinjam unggul diwaktu proses yang cepat dan biaya admin yang sangat murah. Dan dengan kepastian perhitungan tanggal jatuh temponya, kita bisa “mengakalinya” agar mendapatkan tenor pinjaman dengan durasi maksimal.

guest
417 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
oemarMS

bang, kalo make rekening BNI syariah bisa gk ya? soalnya kan yg boleh spinjam itu bca bni bri mandiri, tapi syariah bagaimana bang?

Retno

Bisa…AQ pake BNI Syariah…lgsg masuk dananya…

Elmira

Ini bener bisa.. brp lama pencairan nya kalau baru pertama kali.

citra

ndak sampai 10 menit

Titin dwi harmidi

Saya mau tanya ka . Kalo misalkan saya pinjam di spinjam tanggal 28 feb 2021 tanggal jatuh tempo nya tanggal 5 bulan apa ? Feb atau maret

Mira

Kan diatas tertera 10hr sebelum tgl jatuh tempo, berarti agar bisa jatuh tempo tgl 5april, kira² di bulan februari nya minimal tgl berapa kak, tgl 24 / tgl 25 ?
Soalnya kan februari hanya sampai tgl 28

Luthfi

Makasihh sangat membantu, jwaban yang saya cari 2 hari lebih. Brarti patokannya bukan tglnya, tpi jarak dari pencairan sma jatuh tempo bula depannya.

Rya nurbaeni ainun

Mau tanya ka, kalo sy pinjam di SPinjam tanggal 3 maret skrg berarti tanggal jtuh temponya tanggal 5 blan apa?

Umi sofia

Mau tanya kak , kalau mengajukan spinjam tgl 4/5 maret , kira2 jatuh temponya bulan apa ya kak 🙏 terimaksih

Pandi

Mau tanya ni kalau kita punya pinjam tanggal 28 mei langsung di acc bayar nya tanggal bulan berapa

Pandi

Kalau tanggal 27 apa masuk juni kak

Pandi

Terimakasih atas infonya

Amel

Ka mau nanya kan aku telat bayar spinjam nah pas liat total nya malah kesatu sm yg buat bln dpn, itu kalo mau bayar yg telat bulan ini aja gmn ya?

Riani

Ohh iya ya, wktu itu aku telat sehari gak di gabung tpi kena denda 53 ribu

Nitalucu

mungkin itu shopee paylater mbak, kalau spaylater lebih murah denda nya dari pada spinjam yg 2x sekalian bulan depannya

Rena Nurmala

Sama kaya aku bang gimana yaaa

Ayaamowy

Pertanyaan yang sama..aku juga telat byar jd digabung sama bulan depan jumlahnya..trus kalau misalkan bayar sekalian keduanya tgl 5 bulan depan aza apa bisa nambah lg denda..kan udah digabungnya juga kan dari pihak spinjam…soalnya baru coba spinjam kurang ngert tau2 tagihan jd double pas telat..apa gak papa bayar double sekalian tgl 5 bulan berikut?

Nitalucu

Iya sama saya juga, kapan bisa digunakan lg ya setelah byr denda?

NAJWA

Sama kak .kok aku juga di gabung sih sama bulan depan padahal telat sehari dn niat mau bayar pgi besoknya .nah ini gimana dong ya ..klo mau bayar yg bulan ini dulu

eko

caranya gimana kak?

PutriDewi

Saya juga begitu.telat bayar sehari udh digabungi sama bulan depan.dan temponya jadi 5februari kak.apa gak papa kalo dibayar nanti skalian tgl 5februari ?krna mau bayar untuk yg jatuh tempo 5januari udh gak bisa

Mira

Bisa kok kak, aku juga pernah gitu
Pas kakak mau bayar, di tempat jumlah yg ingin dibayarkan itu diganti manual sesuai jumlah yg ingin dibayarkan, jumlah angsuran 1bln itu

Teny

kemarin juga saya gtu telat 1hri pas liat total tagihan disatukan tp bisa byr ko yg pkok sm kena denda 24rb bisa diketik sendiri disitu nya ko sesuai tagihan pkok sm bunganya aja

Noyan

kalau saya pinjam tgl 23 maret jatuh temponya tgl 5 bulan apa ka ?

April

Bang ,kalo udah pinjem sampek limit,trus kan bayar cicilan nya,itu bisa dipinjem lagi gak nnti..kayak shoppe pay later,habis bayar cicilan bisa minjem lagi. Kalo shoppe pinjam gitu gak yaa

radrian

bang klo limit masih ada.bisa mengajukan pinjaman lagi gak? selama limit saldo masih ada?untuk pengajuan pinjaman ke dua
itu tagihan pinjaman pertama dengan pinjaman ke dua di gabung atau pisah bang soal nnya kan pembayaran nya setiap tanggal 5
makasih bang atas bantuan nya

Ardi

Bang kalo saya pinjam tgl 25 maret berarti bayar angsurannya tgl 5 bulan apa?

Shallu parlina

Bosque mau tanya nih.misalkan kita angsurannya 575 terus telat pembayaran 2 hari ,kira-kira berapa ya dendanya.aku masih belom ngerti masalah denda keterlambatannya..terimakasih moga dijawab..

wahid_

itu denda 5% itu biaya denda selama 30 hari kedepan atau kalau telat 1 hari tambah biaya denda 5% , telat 2 hari tambah 5% lagi dst? atau gimana ya ka?

wahid_

ka itu kaka telat dua hari, terus biaya keterlambatannya tambah atau engga ka?

Komala Sari

bang klo mau pinjem tanggal 30 maret itu jatuh tempo nya bukan tanggal 5 april kan ? tpi 5 mei?

Susan

Kalau saya bayar cicilan spinjam sekaligus, limit langsung naik? Dan langsung bisa pinjam lagi yg kedua kali kah dihari yg sama? Pencairannya apakah harus dihari kerja atau weekend jg bisa cair?

Beni

Bang kenapa saya ngajukan pinjaman tgl 1 maret kok tagihannya tgl 5 maret

Yuda sasworo

Bang mau tanya saya baru pinjam dan ambil 6x cilcilan baru bayar 1x cicilan ..bulan depan saya langsung bayar 5x cicilan apa bisa

Anngga Dwi Lesmana

Mohon izin untuk gabung diskusi bung. Untuk maksud langsung bayar 5x cicilan kan bisa nah terus maksudnya itu tetap dilakukan satu per satu, sampai 5 kali dalam bulan yang sama bukan bung?
Terimakasih

Last edited 1 year ago by Anngga Dwi Lesmana
Aprilia

Bang klo ngambil tgl 10 april jatuh tempo nya kapan bang

Last edited 1 year ago by Aprilia
Sandy

kalo saya pinjam 24 April sekarang, jatuh temponnya Tgl berapa ka

sulas

saya mau tnya kak, kalo sy pinjam tgl 24/04/21, jatuh tempo nya tetap tgl 05/05/21 nanti ya ?

Vheny

Bang saya kan jatuh temponya tanggal 5 bulan nov ,kalo saya ngajuin pinjaman tanggal 1 nov masuk tagihan nya bulan desember apa november nya ya d gabung ama tagihan sebelumnya

angel

kak mau tanya misalnya kita mau lunain lbih cepat dari tanggal jatoh tempo nanti bisa ajuin lagi gak ya ??

Wulan

kaa kok saya baru pinjam 1 kali tapi tulisan nya di terima 5 harri jam kerja saya minjam tanggal 16 agustus dan masuk uang nya tanggal 16 agustus juga dan sekarang tanggal 23 agustus saya mau ajukan pinjaman lagi gk bisa padahal limit nya masih banyak ka kata cs nya nunggu tagihan keluar emng iya ka?

Wulan

Aku pake seabank ka iyah sudah cair gk lama juga kaa btw tagihan spinjam itu biasanya munjul tagihan nya di tanggal berapa ka

Tyakusuma

Kk mau tanya kalo pinjam 26 april jatuh temponya tanggal berapa

Riena

Kalau pinjam tgl 27 April jatuh temponya bulan berapa??

Nea

Ka kloskrg kan smpe tgl 31, jika meminjam tgl 27 agustus msuk pembyaran bulan September apa Oktober ya

intan

Mau tanya kalo pinjam 7.500.000 di acc nya berapa lama yaa?

Diana

Mau tanya klo kita bayar tagihannya pas di tanggal 5 nya gpp kan ya mas

Desti

Limit pembayaran itu kan tanggal 5. Tanggal 5 ke tanggal 6 atau di tanggal 4 ke tanggal 5?

Last edited 1 year ago by Desti
deafitriwulandari04@gmail.com

bg mau nnya kalau kita terlambt bayr s pinjm terus kita bayar mash bisa melakukan pnjaman lagi nda y bg

raska

kenyataannya masih bisa pinjem lagi gak mba telat 3 hari ?

Tyakusuma

Kk kalo pinjam tgl 26 juni ambil tenor 3 bulan jatuh tempo tgl brp

Usna Yanti farida

Kak saya kan lewat tanggal jatuh tempo ini sehari, kok tagihan bulan depannya jadi masuk tagihan bulan ini ya

Dana

Jadi harus bulan ini, bukan ikut bulan depan tgl 5?

Nitalucu

Kapan bisa dipinjam lagi ya bang? Setelah melakukan pembayaran 2 bulan beserta dendanya kenapa ngga bs dipinjam lg?

Dwi Rismawati

Bang kalo saya belanja tanggal 12 juni jatuh tempo bulan Juli atau masih di juni?

Icha

Mau nnya kalau pinjaman tgl 14 juni jatuh tempo kapan ya

Rena Maulani

Mas, kalau sy pinjam tgl 01 juli berarti jatuh tempo tgl brp mas?

Rena Maulani

Kalau kita pinjam tanggal 1 juli 2021 maka jatuh tempo tanggal berapa?

Nur Arofah

Assalamualaikum. Selamat Pagi.

Izin Gabung ya Bang. Saya mau tanya .
Pembayaran yang aman tuk Spinjam melalui apa yah, Bank atau Shopee pay?

Mega silvia Nasution

Bg kalau aku kau pesan di tanggal 1 Oktober jatuh Tempo nya tanggal berapa bg

iis Risnawati

Izin bergabung bg
Bg saya mau tanya. Kan saya pinjam di spinjam dan sudah cair. Saya pinjam angsuran 3 bulan bg. Angsuran nya di bulan juli, agustus, september.
Saya sudah bayar yg bulan juli di bulan juni ini. kalau saya bayar yg bulan agustus di bulan ini juga, dan saya mau mengajukan pinjaman lagi di bulan juli, jatuh tempo nya tetap di agustus bg?

iis Risnawati

Oh oke
Makasih bg

Meylani

Halo kak mau tnya kalo sy mngajukan pnjaman k dua d tggal 28 juni kira2 ttep byar tgal 5 juli atau 5 agustus?

Niken pramishinta

Bang ijin gabung diskusi, mw tanya klo kita punya ciculan spinjam 3x tapi pas cicilan pertama kita lgsg lunasi apa bisa bang?

Megy Lisdianto

Ka saya mau nanya. Kalo saya pinjam dana di spinjam tgl 3 juli maka tanggal jatuh tempo nya tanggal berapa ya?

Cinta

kak mau tanya, kalo misal limit spinjam kita udh dipake semuanya dan kita punya tagihan spinjam dngan tenor 3 bulan terus kita mau bayar yg bulan pertama, itu nanti bisa dipinjam lagi ga? atau harus nunggu lunas total pinjamannya dulu?

Nur

Kak mau tanya kan ada tagihan Tah kan dibayarnya dicicil tapi kenapa pas dihitung lebihnya sampai 200?

Martin

Kalau terlambat membayar sampai 1 bulan gimana bang ada resikonya gk? atau ada pihak dari shopee datang kelokasi kita? Kalau masalah denda kan 55 ribu/bulan..

Haifa

Ka mau nanya, kalau saya pinjam tgl 9 juli, jatuh temponya tgl 25. bulan apa ka ?

Haifa

SpayLater ka

Haifa

Soalnya pas aku aktiva spaylater , ada 2 pilih jatuh tempo tggl 5, sama tggl 25. Nah aku milih tggl 25. Nah jatuh tempo tggl 25 itu bulan ini atau bulan depannya ya ka ?

Haifa

Oke paham, terimakasih kaa

Eva rosdiana

Ka mau tanya kalau saya pinjam spinjam tgl 26 juli , tagihan pembayaran nya tgl berapa ya ?

Fitria devi

Kak klo shope letter kan ada masa pembyranya tgl 25-tgl 5, klo spinjam harus tgl 5 y g boleh lebih

Anggi

Kak kalau masih punya tagihan terus mau pinjam lagi apakah tagihannya akan jadi satu ? Atau misalkan tagihan bulan juli harus dibayar tanggal 5 agustus, kalau mau pinjam lagi tanggal 28 juli apakah tagihannya akan digabung di tanggal 5 agustus ?

Esti Nawang Sari

Bang misalnya saya mengajukan sshoppeepay pinjam pada tanggal 12 July, apakah bisa saya membayar tagihan tersebut pada tanggal 12 Agustus atau 25 Agustus?
dan harus nya tanggal berapa?
Mohon dijawab

Esti Nawang Sari

Jadi gimana solusinya, kalo kita mengajukan pada tanggal 27 July apakah jatuh tempo nya tanggal 5 September selama 3 bulan?

Idamsarktb

Tanya bosku.., saya baru pertama pake spinjam dan the first jatuh tempo nya tgl 5 agusts, apakah bisa saya byr tgl 26 juli, atau hrs nunggu dekat tgl 5 agts? Sdh saya coba sih tapi ga bisa, begitu konfirmasi bank kembali lg ke halaman semula…., saya sempat berfiiir apakah apl saya yg error.., mohon pencerahannya bosku…., thanks

lavina

kak,mau tanya..misal sy byr tagihan bulan pertama ,apakah limit nya lgsg kembali lagi?

Pradianti

Halo kk mau tanya, jika hari ini tgl 31 Juli 2021 sy pinjam trs byrnya tgl 5 apa ya? Tp tagihan yg bulan juli kemarin udah tak bayar.

Jofy

Min mau tanya, klo mengajukan tgl 6 agustus, kpn tgl jatuh temponya?

Nita mamicko

Maaf bang ikut gabung,saya kan ikutan pinjam dng cicilan 6 bulan,sudah bayar 2 kali,nah bulan ini cicilan ke 3,tpi uang saya masih kurang,klo misalkan telat bayar kan kena denda ya,pas nanti sudah di bayar apakah masih bisa melakukan pengajuan lagi ga bang?Terima kasih 🙏

Novita Y.

Halo kak, mau tanya kalau semisal saya telat membayar spaylater dan spinjam itu juga masing2 denda 5% atau berbeda ya kak ? Dan apakah harus membayarkan langsung 2bulan kedepan ?

Syifa

Ka mau nanya kalo mislkan aku ngambilnya tgl 7 agust ini jatuh temponya tgl 5 kan ka?

whulandary

bang mau tanya nih, 5 agustus sy ada tagihan spinjam. sy terlambat bayar 1 hari. pas lihat tagihannya koq digabung sama tagihan bulan depannya. kalau misal tagihan agustus saya bayar sebelum jatuh tempo 5 september sekalian apakah dendanya tetap 5%. saya akan bayar beserta tagihan bulan september. semoga dijawab. terimakasih.

Fitrie

Maaf ikutan nambahi info.
Kebetulan saya juga kelewat 1 hari tadi. Tagihan digabung dgn bulan September. Tp sebelum melakukan pembayaran, saya coba chat ke cs Shopee. Menurut mereka, saya cukup membayar tagihan yg sudah lewat jatuh tempo beserta dendanya aja. Tagihan September abaikan.
Setelah saya bayar tagihan yg lewat jatuh tempo beserta denda, benar, status tagihan berubah. Sudah tidak ada tagihan yg kelewat jatuh tempo. Dan tagihan September tetap tercatat pembayaran September. Jadi statusnya normal kembali.
Jadi sebaiknya bayar aja terlebih dahulu yg sudah lewat jatuh tempo beserta denda. Nanti limit kembali lagi.
Terima kasih.

Last edited 1 year ago by Fitrie
Fitrie

Iya tetap bayar dgn VA. Nanti nominal isi dgn tagihan dan denda. Ada notifikasi yg masuk juga nilainyg harus dibayar.
Setelah dibayar, saya coba langsung aktif kembali.

Nitalucu

Lalu kapan bisa di gunakan lg? Karna setwlah melakukan pembayaran blm bs digunakan. Makasih sebelumnya.

Fitrie

Maaf baru bbalas.
Saya punya kemarin langsung bisa aktif dan digunakan kembali setelah pembayaran.

raska

bener ka limit kembali lagi , kalau telat 2 hari limit kembali lagi atau tdk ?

Lucy

Kak saya mau tanya saya kan mau ambil barang tanggal 12 Agustus, kenapa bayar nya tanggal 25 Agustus ya kak?

Elmira

Kalau pakai BNI Syariah gmn..
Apa bisa?
Baru pertama sih,, dan ada spaypinjam limit 11.250. kebetulan perlu. 😂

Lies

Bagaimana cara melunasi seluruh tagihan dipinjam maksudnya bulan jatuh tempo tgl 5 September dan 5 Oktober

Kenzo

Kak mau nanya misal jatuh tempo tgl 5 bayar pagi bisa atau tidak.soalnya ada pesan batas waktu jam 00.00