Debt Collector Rupiah Cepat Meneror? Ini Penyebabnya.

Debt Collector Rupiah Cepat – Beberapa hari lalu, Krediblog secara tidak sengaja browsing ke halaman media konsumen dan membaca tulisan salah satu pengguna yang melaporkan Rupiah Cepat karena pelanggaran privasi. Jika berminat, kamu bisa membacanya disini.

teror debt collector rupiah cepat

Disitu Rupiah Cepat dilaporkan karena Debt Collector Rupiah Cepat meminta informasi mengenai nasabah kepada orang yang bukan nasabah dan mendapatkan nomor telpon tanpa seizin pemiliknya. Adapun bentuk gangguannya adalah Debt Collector Rupiah Cepat meminta pada nomor tersebut untuk menyampaikan kepada nasabah yang tertagih untuk segera melunasi hutangnya.

Penagihan yang tidak tepat sasaran tersebut selain menganggu juga meresahkan karena biasanya dilakukan tidak sekali dua kali melainkan hingga berulangkali atau bahkan sampai yang ditagih membayarkan hutangnya. Dah tahukah kamu, sistem pengajuan pinjaman yang diterapkan oleh Rupiah Cepat sangat memungkinkan konsep penagihan salah sasaran ini terjadi terus menerus. Dan bukan tidak mungkin kamu yang jadi korban berikutnya. Kok bisa?

Sumber Masalah: Sistem Pengajuan di Rupiah Cepat

sumber masalah debt collector rupiah cepat

Pada September 2020 lalu, Krediblog mengajukan pinjaman Rupiah Cepat. Pada prosesnya kamu akan diminta untuk melengkapi berbagai kelengkapan data. Diantaranya: informasi pekerjaan, kontak darurat, informasi tambahan dan data diri.

Perhatikan pada form kontak darurat diatas, disitu kamu diharuskan mengisi 3 kontak darurat dengan terlebih dahulu menyebut hubungan kemudian dilanjut dengan menulis nomor telponnya. Jika kamu yang mengajukan pinjaman tersebut, siapa yang akan kamu tulis pada form tersebut?

Pada bagian atas form tertulis keterangan “Informasi ini hanya digunakan oleh tim verifikasi dan tidak akan dihubungi. Mohon tuliskan Nomor Kontak Darurat yang Benar dan Aktif (salah satu keluarga)!. Sekali lagi, jika kamu yang mengajukan pinjaman tersebut, nomor siapa saja yang akan kamu tulis?

Umumnya orang akan menulis kontak daruratnya dengan suami/istri, anak, saudara atau mungkin teman. Bagaimana jika yang dimasukkan sebagai nomor darurat adalah kontak random atau orang lain yang bukan saudara? Bisakah? bolehkah?. Jangan terkejut, meski harusnya tidak boleh tetapi, “Bisa”. Form kontak darurat diatas bisa kamu isi dengan kontak siapa saja karena Rupiah Cepat sendiri mengkonfirmasi nomor tersebut tidak akan dihubungi atau tidak akan dilakukan pengecekan.

Pengajuan Krediblog, di acc kurang dari 5 menit setelah data dikirim. Bahkan dana pinjaman tahu-tahu sudah ditransfer ke rekening. Kontak darurat yang Krediblog masukkan sama sekali tidak ditelpon ataupun diverifikasi dengan cara lainnya. Dengan prosedur yang seperti itu, para pendaftar bisa saja memasukkan kontak darurat secara ngawur. Memasukkan kontak random: nomor ngasal, nomor nemu di jalan ataupun kontak kenalan tanpa terlebih dulu meminta persetujuan.

Kamu Bisa Jadi Korban Debt Collector Rupiah Cepat

Bagaimana mungkin? caranya adalah nama dan nomormu dicatut sebagai kontak darurat untuk mengajukan pendaftaran di Rupiah Cepat. Baik oleh saudara, teman atau oleh orang asing yang secara kebetulan mengetahui nomor telponmu. Kembali pada pelapor Rupiah Cepat diatas, jika sungguh ia tidak mengenal nasabah yang bersangkutan, kemungkinan besar nama dan kontaknya telah dicatut untuk pendaftaran.

Nomor kontak darurat inilah yang akan dihubungi oleh Debt Collector Rupiah Cepat ketika peminjam terdaftar mengalami kesulitan dalam pembayaran. Kamu yang tidak tahu menahu secara tiba-tiba dan terus menerus dihubungi Debt Collector Rupiah Cepat untuk ikut menagihkan hutang orang. Kamu pasti marah, kesal dan dongkol. Per detik itu ketenanganmu akan mulai terganggu sampai mereka berhenti atau kamu melakukan sesuatu untuk membuat mereka berhenti.

Apakah Pinjaman Rupiah Cepat Itu Jelek?

Tidak juga. Bahkan mereka merupakan aplikasi pinjaman online yang paling cepat dalam proses pengajuan dan pengiriman dana yang pernah Krediblog coba. Bahwa ada prosedur yang harus diperbaiki itu iya. Kamu bisa membaca profil selengkapnya pada tulisan review Rupiah Cepat.

Melihat potensi kesalahan yang mungkin terjadi, harusnya Rupiah Cepat melakukan verifikasi pada kontak darurat. Cara dan formatnya silahkan diatur sesuai kebijakan dan kemampuan. Intinya harus ada kontrol pada bagian tersebut sehingga jangan sampai pendaftar memasukkan nomor yang tidak seharusnya.

Bagaimana jika proses verifikasi kontak darurat akan membuat proses pengajuan lebih lama? Jika ya, memangnya kenapa?. Kecepatan bukanlah kelebihan kecuali kecepatan tersebut dibarengi dengan keamanan. Pilih mana, cepat atau aman?. Bukankah selama puluhan tahun kita hidup dengan prinsip biar lambat asal selamat dan tidak ada masalah dengan itu?

Dengan sedikit riset dan uji coba, proses verifikasi pasti bisa dibuat lebih cepat. Sampai itu berhasil, keamanan harus tetap menjadi prioritas. Semoga kita semua terhindar dari Debt Collector yang salah sasaran.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
148 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Ary

Mau tanya..apakah aplikasi rupiah cepat itu legal/ilegal?? Dab apakah sudah terdaftar di OJK??

mrs. nd

bang, Kredit Pinter nyadap kontak ga ya? terus dichattin diluar kondar ga yah.
Makasih kak

Last edited 2 years ago by mrs. nd
mrs. nd

wah dicatut oknum pinjol ilegal. pantesan banyak keluhan yang katanya KP sebar data, nelfon diluar kontak darurat. makanya sempet was-was juga bang.

oh ya, maksudnya nelfon diluar kondar itu kalau si nasabah ga bisa dihubungi ya bang? selagi kooperatif jawab telfon, apa akan dihubungi juga? maaf ya banyak nanya. 🙂 Terimakasih sebelumnya bang

Anonim

Bang rupiah cepat kan legal, harusnya mereka ga boleh nyadap kontak. Tapi kenapa kontak saya di wa? Padahal dia bukan nomer darurat. Saya juga ga nyantumin ibu saya sebagai kontak darurat tapi diteror terus. Padahal ini saya ga bayar juga karena memang payroll dari kantor sedang bermasalah. Biasanya jam 11 sudah gajian tapi sampai sore belum gajian juga

Kika

Bang, saya korban dan alumnus pinjol ilegal,, saya mau nyumbang kontribusi pengalaman agar bisa meliyerasi teman2 semua. Apa bisa saya minta email krediblog?mau up pengalaman saya agar yg lain tidak kena. Trims

Fiya

Maaf kak,mau tnya. Rupiah cepat klu telat sehari atu lbih apa data langsung di sebar ke media sosial,padahal saya ada itikat baik untuk melunasi-y.to dana masih kurang

Lela

Dc lapangan bisa dteng ke rumah klo qta udah telat brapa lama yya ka

mrs. nd

Kredivo udah 2x, Kredit Pinter 1x. saya bilang apa adanya, lagi tdk ada dana. apa terus terusan datang ya? terus apakah DC datang malam itu wajar? karena dc Kredivo kedatangan keduanya malam

mrs. nd

sangat menganggu datang kok ya malam. terimakasih atas responnya kak. saya domisili Tangerang Selatan. apakah DC bisa menagih ke keluarga seperti Ayah Ibu? apa melanggar kode etik? terimakasih ya

M.Zainal Muttaqin

Bang nomor saya selalu dihubungi sama debt collector, cara ngatasinya gimana bang? Kesel banget setiap waktu ditelpon lah di wa lah hadehh

Vanhy

Halo kak saya baru telat 8 hari DC ya mau kermh,kami belum gajian

Anis

Sy anis dari bekasi,sy jg nasabah rp cepat,sy pnjm 500rb sy sdh cicil 2 kali,krn sy g bisa pelunasan,dan seharusnya tgl 9 bln 2 sy byr sisanya 300 sekian lah,tapi smpe skrng blm bisa byr,apakah dc dtngi rmh sy?trmksh

Anis

Tapi sy baru telat 4 hari,tadi ada wa mau datang hari ini,apa mungkin telat 4 hari di datengin

Ronal

Bang klw pinjm duit ad dc ke rmh gk

mrs. nd

bang, barusan saya di Telpon KTA Kilat, katanya kalo ga bayar, emang kantor yang kita cantumin, ikut ke blacklist juga? tapi pas saya tegaskan lagi “saya atau orang2 sebagai kondar dan termasuk kantor yang masuk blacklist?” tapi CS nya ngomong “Data Ibu Saja” aduh plin plan banget tuh CS. mohon pencerahannya ya bang

Nisa

Jadi telpon dari nmor2 yg ngau rupiah cepat itu bukan penipuan? Soalny nomor suami saya berkli2 dihubungi krena nmorny dijdikn kontak darurat. Sdangkan org yg mnjdikan nmor suami saya kontak darurt mngtakn tida perlu meladeni telpon2 trbut krena itu penipuan.

Melati

Rupiah cepat sadap kontak gk

Era fazira

Mau tanya,kalau gagal bayar selama 3 bulan apa bunga di rupiah cepat itu di hentikan,mohon penjelasan nya, soalnya saya dpt info kalau nasabah masih belum bisa bayar selama 3 bulan maka bunga di berhentikan

Fitri

Aqu mau nnya klo rupiah cepat ada DC lapangannya ga yg dteng kerumah

Rudi

Ini yg di maksud lapangan itu berarti di tagih kerumah yA.

Nengsih

Kak gagal bayar d rupiah cepat ada penagihan gak k rmh

Nani

Pdahal belum klik di tunai rupiah, tp dana uda di tf dan langsung dr 3 sumber, pdhal kita belum setuju untuk pinjam. Menjebak skali

Naura Pramana

terus kalo kayak gitu kitaa kudi gmana bosque …

Lala

Sama kayak yg saya rasain ini, saya sampai gak selera makan minum mandi karena blm di klik kok udah di acc di 3 produk pinjaman dalam satu aplikasi, mau di kembaliin uang nya nmr va nya ganti² mulu… Trus bunga nya gede, jadi makin bingung balikinnya… Menjebak sekali. Jadi gimana ini bang cara balikin uang nya, krn gak di ajukan, kok malah di transfer. Transferannya gak sesuai sm pinjaman dan tenornya di apk nya.

Luki

Pengalaman sy kl terjebak pinjol ilegal lebih baik ga usah dibayar tapi resikonya kodar anda akan diteror jg.
Tapi kl anda bayar akan lebih fatal, karena kl anda bayar dan lunasi, mereka akan otomatis pengajuan pinjaman lg tanpa persetujuan anda, maka maslah anda tdk akan selesai2.
Paling lama diteror 1 bln oleh pinjol ilegal, setelah itu mereka akan stop.

Peni setiyaningrum

Hai kk,, saya mau mnta solusiny nih trkait pinjamn online yg saya alami.

Nazwa

Kak nomor saya di cantumkan sebagai nomor darurat jika saya keberatan bagaimana cara menindaklanjutinya supaya nomor saya tidak lagi tercantum menjadi nomor darurat di akun tersebut?

Rahasia aja

Kata teman saya, penghapusan kontak tidak dapat di proses, apabila nasabah yg bersangkutan belum melunasi tagihannya. Kecuali anda puplik figure maka pinjol akan berusaha memenuhi permintaan anda.

mrs. nd

kak, mau nanya, jadi yang dihubungi itu hanya Kontrak Darurat yang tercantum pada saat pengajuan ya? bukan sadap kontak kan kak? butuh pencerahan nih kak.

mrs. nd

terimakasih kak atas jawabannya untuk Rupiah Cepat, soalnya aku khawatir banget.ada kenalan di IG, sharing tentang Rupiah Cepat dan Kredit Pintar, kata dia, dia dihubungi ke luar kondar oleh kredit pintar. gatau dia bohong apa gimana. cuma pengalaman temenku dikantor, dia udah hampir sebulan galbay diRupiah Cepat dan KP, Alhamdulillah cuma dihubungi ke kondar, bukan keluar kondar, dan aku gapernah dpt chat dari 2 aplikasi itu sih (kalo emg dichat keluar kondar)

Novri

Wah ini beneran aman kak cmn ngehubungi kondar aja kan

Nengsih

Saya ada pinjaman d aplikasi rupiah cepat ..hari ini jatuh tempo kalau saya blm ada dana gmna ya kak? Dsusul k rmh atau tidak

Yasfira Aqisti

Ka gmn apakah ada penagihan krmh?

Muhammad alfandy

Hy admin saya ingin menanyakan apakah bisa mengganti kontak darurat karena kontak darurat yang saya isi kemarin bukan anggota keluarga dan apakah setelah di ganti kontak darurat yang di ganti akan masih di hubungi

mrs. nd

bang maaf mau nanya lagi, kalo izin akses ponsel tu maksudnya apa ya? kata temenku, itu akses yang bisa lihat log panggilan.
emang bener bang?

Amel

Bang saya mau tanya, kok pinjol yang legal suka sebarin foto kita gak..

kateha

kak data aku kan dipake untuk pinjol sm sepupu di aplikasi kredit pintar dan rupiah cepat, udah telat 2 hari di wa in trus sepupu ku jg blm bisa bayar karna blm ada dana, kira kira 2 aplikasi pinjol itu bakal sebar data ke selain kondar ga ka? aku takut malu pdhal aku ga minjem:(

kateha

kalo easy cash gimana ka? tolong dijawab

Muhammad

Kak sya mau tanya pinjaman cepat itu ilegal Ap legal…Kalau kita gk bayar tagihan kita gmn ap aman ap akn dtng k rumh kita

diki

Min mau tanya domisili pinjol easycash apakah sudah tersebar ke seluruh indo?

niko

kak saya tiba2 di kirimin dana oleh rupiah cepat padahal tidak pernah meminjam jadi gimana ini kak?

Dee

Emang ada bang versi ilegalnya? Yg gmn bang, bs liat gbr logonya?

Yuliani

Waduh..emang ada y bang rupiah cepat versi ilegal ?

Cici

Ka saya mau tanya sya telat bayar rupiah c3pat sudah 2 hari tapi yang wa dan tlp banyak banget minjemnya padahal cuman 400 rb dan bilang katamya mau kelokasi anda saat ini sesuai dengan titik gps hariini . Itu betul atau tidak

Cici

Ohiyah kalau cairin itu legal ga kak?

Cici

Legal tp kok ngebohongin gt ya tenornya katanya 65 hari sama kayak rupiah cepat tp tiba tiba pas cair jd 14 hari

tiwi mei rawati

baru yelat sehari saja sudah di ancam ancam bang.

Yana

Bang saya dah telat rupiah cepat dah 10 hari,klu mau ngajuin k kantor nya bisa ga ya

Sarah

Bagaimana jika kita tidak bisa login di aplikasi rupiah cepat karena lupa pasword dan aplikasi trhapus
Apakah ada cara lain untuk mencek tagihan masih ada atau tidak nya

Kiki

Bang mau tanya biasanya dc rupiah cepat datang kermh setelah kita telat brp hari ya. Soalnya saya udh telat pembayaran 3 hari. Pinjaman saya jg cm 5 rtus rbu bang.

Last edited 2 years ago by Kiki
Kiki

Ok, makasih bang buat pencerahannya.

Yasfira Aqisti

Ka gmn uda bnrn di dtgin dc ka?

Yasrul

Bang maaf mau nanya, sya sudahbtelat rupiah cepat 3 hari,
Apakah DC datang, saya sudah bilang ke CSnya kalo saya mau bayar jka sudah ada dananya

Yasrul

Sama Pinjamindo DCnya datang ketika sudah telat berapa lama

Vie

Malam bang, saya domisili di Kalimantan ada tagihan pas hari ini japo nya di RC dan sudah di WA berbagai macam nomor apa kalo belum bisa bayar selama 2 bulan bakal di datangin?

Yasfira Aqisti

Ka mau nnya kredifazz bkln ada dc dtg krmh ga ka?

Jeje

Hallo kak,saya terlambat rupiah cepat 8hari,hutang 618.000 apakah DC akan ke lapangan ? Rumah saya pekalongan

Adisunadi

Siang min.

Saya salah satu nasabah pinjol rupiah cepat dan aku laku.

Baru satu hari di teror terus lewat WA.karena kalo angkat tlp pun saya ogah adu argumen.

Apakah pinjol yang di atas mempunyai DC lapangan.
Dan,itikad saya jika ada uang akan di bayarkan.

Adisunadi

Justru saya di teror oleh karyawan rupiah cepat data bakal di sebar ke grup dan kontak WA juga bakal di bantai. Lah dalem hati jika penagih pakai fisik pun saya siap. Tapi kalo suruh bayar juga saya siap, tapi nunggu dana cukup.

Beda dengan aplikasi akulaku dia cuma mengingatkan aja.

Sedangkan pinjol yang legal bukannya ada aturan dan gx boleh meneror.

zulfi

bang saya telat rupiah cepat udah 5 hari…apa DC akan kerumah udah telat 5 hri..

Sintia

Mau tanya dong bos , Rp dan adakami ada DC d kota2 mana saja

Wati

Apakah DC kredito dan teman prima datang kerumah

Elin

Bang apa rupiah cepat ada DC lapanganya?

Hernawaty

Rupiah cepat kolep pembayaran,sempat juga bayar perpanjang 7hr byr 390ribu pinjm 1jt 850ribu.nah skrng telat byr pinjaman.ancaman dttng terus makian jg datang,,nah dc lapangan ngak ada jd mereka ancam ada dtng krmh

Luluk Dwi R

Kak mau gabung nich. Mau nanyak. Saya kan nasabah rupiah cepat. Dan saya udah telat 7 hari tp saya sudah membayar separo tagihan saya. Karena saya sakit JD saya br bisa bayar separo. Tp pihak rupiah cepat selalu mendesak. Logika aja y kak kl sakit gimana mau cr uang. D sekarang mengancam akan mendatangi k rumah. Mintak sarannya kak… Mksh

Suryati ningrum

Bang mau nnya.. saya kan udh telat 3 hari byr rupiah cepat.. tpi dalam 2 hari ini saya udh cicil.. total 1700.. jadi tinggal kurang 828 lgi bang… apakah bisa pihak rupiah cepat mendatangkan dc ke saya. Dan Rupiah cepat menyebrlan data saya bang… terimakasih bang.. mohon dijawab ya

Last edited 2 years ago by Suryati ningrum
Hajra.j

Bang mau tanya saya berdomisili sulawesi.apa ttp di dtangi DC JK TLAT MMBAYAR??

adin

maaf bang klu pinjol menagih dg teror kiriman foto kita di post di media sosial dg dibikin berita tdk baik apakah itu pelanggaran? foto kita seperti di edit? apa bs kita laporkan? sy pengguna aplikasi kredinesia, rupiah cepat dan 360kredit,, pdhal sy sdh kooperatif dg minta keringanan di cicil , mereka msh ngotot byr sesuai tagihan

Yupi

Ka mau tnya saya hanya meminjam 600rb dan sdh telat 3 hari,dan saya ada itikad balikin dana awal yg dipinjamin oleh rupiah cepat,,apa nanti bunga nya akan ditagih juga

Susana

Maaf apakah delletor rupiah cepat datang kerumah tidak

Ayu

Rupiah cepat jika telat datangin kerumah bila telat berapa hari

Fabian

Di berita bukanya DC atau pinjol yg bunganya keterlaluan rentenir di ringkus ya bang.kemaren liat di berita

Indra

Brpa lama ya rupiah cepat teror kondar??soalnya sy telat 1 hari di Rp cpat, blm ada dana.. Cuma tkut di dtengin aja ke kntor.. Klw blh tau DC nya daerah mana aja bang???

Indra

Dc rupiah cpt itu ada di daerah mna sj bng???

Luki

Bang sy instal aplikasi rp cepat, semua data dan prosedur sdh selesai sy kirim.
Tiba2 tanpa persetujuan dan pemberitauan sdh ada pengajuan dana 1jt di aplikasi sy, tapi uang tdk masuk ke rekening sy.
Sy cek lg aplikasinya ternyata :
– kontar darurat beda semua dgn yg sy input
– norek bukan punya sy.
– data pekerjaan jg bukan data sy.
Yg sesuai cuma KTP sama no hp saja.
Skrg sy di tagih2 terus, tagihan pertama sekitar 500rb terpaksa sy bayar, ini tagihan ke dua sekitar 500rb sy masih ragu untuk sy bayar, takutnya setelah sy lunasi nanti tiba2 ada pengajuan pinjaman lg tanpa persetujuan sy.
Sy sdh coba ubah data di aplikasi termasuk ubah norek tapi tdk bisa.
Gmn solisinya 🙏

Luki

Sy niat akan menyelesaikan masalah ini, tapi sy mau setelah lunas akun sy dihapus di rp cepat, bisa ga ya bang sy selesaikan datang ke kantornya rp cepat,..

Hadni

Apakah dc rupiah cepat datang di wilayah mana saja?

Fitri sri

Kak mau tanya,apa bantu saku sebar data pribadi,misal no hp,soal’y pas saya sdh d acc,byk no wa saya nwarin pinjeman suruh klik link’y,no yg wa jg bukan cuma no indo,byk no luar jg