Pengalaman Tidak Membayar Pinjaman Online

Pengalaman Tidak Membayar Pinjaman Online (kasus pinjaman online tidak dibayar) – Artikel berikut akan merangkum daftar pengalaman tidak membayar pinjaman online atau kasus pinjaman online tidak dibayar dari rekan-rekan yang pernah mengalami kesulitan dalam membayar tagihan pinjol. Pengalaman ini beneran terjadi dan bukan cerita fiktif. Setiap cerita dilengkapi ke link sumber yang bisa kamu cek dan cari tahu detailnya.

Adapun tujuan dari rangkuman pengalaman tidak membayar pinjaman online atau kasus pinjaman online tidak dibayar ini adalah:

  1. Belajar dari pengalaman orang lain
  2. Menginspirasi dan menguatkanmu jika kamu memiliki masalah yang sama
  3. Mencari kemungkinan solusi
  4. Menakar resiko dari pinjaman online dan
  5. Menghindari kesalahan yang sama

[lwptoc depth=”3″ hierarchical=”1″ numeration=”decimalnested” numerationSuffix=”dot”]

Terjerat Pinjaman Online Hingga 30 Juta

Adalah Melia, karyawati perusahaan swasta di Kota Surabaya. Ia menceritakan pengalamannya terjerat hutang hingga puluhan juta dibanyak aplikasi pinjaman online.

Mulanya ia hanya meminjam Rp 1.500.000 di satu aplikasi saja. Namun karena mengalami kesulitan dalam membayar tagihan, ia kerap ditagih dengan cara yang menganggu dan tidak menyenangkan. Merasa terganggu dan tidak nyaman, ia terpaksa meminjam pada aplikator lain untuk menutup utang tersebut.

Sayangnya itu bukan akhir cerita. Ia mengalami perlakuan yang kurang lebih sama dengan pinjaman yang pertama, yang memaksanya untuk kembali meminjam di aplikator lain demi menghentikan penagihan yang mengarah ke intimidasi. Begitu seterusnya hingga ia meminjam di 37 aplikator pinjol dengan total pinjaman Rp 30-an juta.

Melia mengeluhkan cara penagihan yang dilakukan oleh para debt collector. Menurutnya cara yang digunakan adalah dengan meneror, yaitu dengan mengirimkan pesan pendek kepada dirinya juga kepada teman-temannya. Karena intimidasi dan teror tersebut akhirnya ia memutuskan keluar dari tempat kerja karena tidak tahan menanggung malu.

Sumber berita: Link

Meminjam di 15 Aplikasi Pinjaman Online

Pengalaman tidak membayar pinjaman online berikutnya datang dari Asep, karyawan perusahaan swasta dari Jakarta. Ia menceritakan pengalamannya ini dalam diskusi bertajuk “Peran Negara Melindungi Pengguna Aplikasi Pinjaman Online” di Kantor LBH Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (4/1/2019).

Pada 2016 ia membutuhkan dana beberapa juta. Ia memutuskan untuk meminjam di aplikasi pinjaman online yang bernama Doctor Rupiah, dan pinjaman pun cair sebesar Rp 4.000.000. Karena satu dan lain hal, ia telat membayar tagihan. Akibatnya ia dikenakan bunga sebesar 40% dari besar pinjaman yaitu Rp 1.600.000/bulan. Sehingga total pinjaman yang harus ia bayar mendekati angka 6 juta.

Karena jumlah pinjaman yang harus dibayar terlalu besar, Asep mengaku tak sanggup membayarnya. Terlebih ia juga memiliki angsuran kredit rumah dan motor tiap bulannya. Untuk menyiasati kesulitan tersebut, Asep terpaksa meminjam pada perusahaan Fintech lainnya. Sialnya pola tersebut terus berulang hingga Asep tercatat telah meminjam di 15 aplikasi pinjaman online.

pengalaman tidak membayar pinjaman online

Terjerat hutang yang kian dalam tersebut ia menyebut dirinya kolaps. Bukan itu saja, ia juga mengaku tertekan dan stres dengan cara penagihan dari debt collector yang tak etis. Pada masa-masa suram tersebut ia terpaksa menunggak pembayaran cicilan rumah hingga 4 bulan dan biaya SPP anak sampai 3 bulan. Sampai akhirnya ia memutuskan menjual tanah yang ia miliki untuk melunasi sebagian dari hutang-hutangnya.

Diakhir cerita ia berpesan agar masyarakat berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan tawaran pinjaman dari aplikasi pinjol. Meski prosesnya mudah, bunga pinjaman kerap terlampau tinggi.

Sumber berita: Link

[su_row]
[su_column size=”2/3″]

[su_box title=”Bacaan Referensi” style=”soft” box_color=”#3aa3ff” radius=”2″]

[/su_box]

[/su_column]
[/su_row]

Teror Doctor Rupiah Sepanjang Tahun

Masih berkaitan dengan pengalaman tidak membayar pinjaman online diatas, kasus pinjaman online tidak dibayar kali ini juga melibatkan aplikasi pinjaman online Doctor Rupiah. Pengalaman ini menimpa rekan kerja penulis, sebut saja CA. Dimana ia ditagih terus menerus hampir setiap harinya dan sepanjang tahun. Penagihan yang lebih mirip teror karena sangat mengganggu dan tidak mengenakkan.

Awal 2019 mulai sering telpon masuk yang menanyakan CA. Bertanya perihal keberadaan CA, apakah benar karyawan disitu, berapa lama, sekarang dimana, tinggalnya dimana, ada nomor lain yang bisa dihubungi, dan sejumlah pertanyaan interogatif lainnya. Jika sekedar nelpon mungkin tidak jadi masalah karena kita tinggal jawab apa adanya. Namun hal yang mengganggu adalah mereka kerap mengancam dan dengan entengnya menuduh bahwa kami menyembunyikan CA. Sering sekali percakapan yang mulanya baik-baik berakhir dengan makian dan hinaan.

Ternyata CA meminjam uang di Doctor Rupiah sebesar 2 juta dan sudah hampir 1 tahun belum juga membayarnya. Ketika dikonfirmasi, ia memang meminjamnya dan yang mengejutkan ia tak berniat membayarnya! Alasannya adalah ia terlanjur sakit hati dengan perusahaan tersebut yang menurutnya sudah keterlaluan baik dalam perhitungan bunga dan denda maupun cara-cara yang digunakan ketika menagih. Hingga tulisan ini ditulis, Debt Collector dari Doctor Rupiah masih menelpon untuk menagih walaupun mulai berkurang intensitasnya.

Yang terbaru adalah awal Maret 2020 yang lalu. Dimana pernah dalam sehari ia menelpon hingga belasan kali. Kali ini ia tak lagi sungkan berkata kasar dan terlihat sekali niatnya untuk mencari keributan. Bahkan dengan jelasnya ia mengatakan kalau tidak mau bayar, ia akan meneror terus. Dan itu dibuktikannya dengan menelpon setiap 30 menit sekali. Itu adalah hari terburuk, bayangkan saja seisi kantor menjadi tegang setiap kali telpon berdering. Hari yang mencekam itu akhirnya berlalu, tapi tentu saja ia bisa datang lagi kapan saja dia mau.

Sumber berita: Pengalaman pribadi

[su_note]Artikel akan di-update secara berkala jika ada pengalaman tidak membayar pinjaman online atau kasus pinjaman online tidak dibayar lainnya.[/su_note]

guest
113 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Liza

Bagaimana caranya kabur dr pnjmn online

Ery yasmin

Bagaimana cara mengatasi DC? Padahal kita pnya itikad baik mau melunasi dgn cara mengangsur..

Lisa

Bang.. saya masalahnya sekarang di 21 pinjol kasus yg sama dengancerita melia di surabaya.. gmn cara saya mengatasinya.. saya bingung.. karna tdnya pinjol untuk modal usaha saya.. karna susah bayar tenir hanya 7 hari jd saya buka tutup lobang dengan pinjol lainnya yg juga tenir 7 hari.. mohon bantuannya bang

Una

Brp lama fintek nyebar data soalnya saya baru 2 hari telat cuma ketakutan aja sebar data

Yulie chandra

Bang saya baru aja berpengalaman pinjol.. saya udh telat brp hari karna blom ada uang buat bayar saya mengajukan cicilan tapi tetp da ancamn sebar data san mengedit foto ktp gimana cara nya. Padahal setip kali WA atau tlo saya sellu angkat dan saya bilang blom ada dana… saya ada itikad membayar secara cicil.. solusi di DC tetap harus byar dan paksa jam jam yg merka tentu kan… saya sudah kasih tau klu saya baru kena pengurangan karyawn.. dan saya baru aja masuk di oekerjaan baru ini.. baru 5 hari… gimana bang

Roni

Bagaimana cara mengecek apakah app pinjol tsb sdh terdaftar atau belum di ojk min ?

Yulie chandra

Uku.. uang saku cs rupiah kasih.. pundi mukthair plus.. dana speed.. pinjaman hari beli beli.. go pinjam.. dana pintar..pie pisang. Xcash untung cepat.. get uang.. easy cash..kredit rupiah dunia musik..360. Solusi kita.. tunai lite.

Dion

Bang saya pinjam didua aplikasi pinjam yuk dan akulaku.. Jumlah semua 1868ribu jika saya gak bayar, bukan gk mau bayar tpi karna saya udah gk kerja dan gk mampu bayar lagi, apakah akan datang kerumah sedang saya dijawa

Helvy

Bang, saya kena tipu limit di kredivo saya ludes di tarik orang yg tdak bertanggung jawab, trus saya gak mampu melunasi setiap tenornya, saya tdak menggunakan limit tersebut, tapi penagihannya ada, bagaimana cara nya bang? Jujur saya tdak bisa melunasinya. Apa akan ada Dc berkelanjutan?

Anggi

Bang apk pinjol kredivo saya dibobol org bukan saya yg pakek saya login aja GK bisa tpi tagihannya via SMS msuk disaya saya hrs gimn itu masa saya hrs bayar apa yg nggk saya pakek

iin

Mau tanya bang saya udah galbay di bbrpa apk ilegal apk pinjam cepat,danastore,fast loan dan ada bbrpa lagi..krna sy mengalami pengurangan karyawan.udah sekitar sebulan tp sudah bbrpa apk itu sebar data saya.tadinya niat byr tp minta cicilan mereka ga mau.gmn bang klo galbay gini apa akan terus di hubungi dan akan ada yg datang ga bang..dan saya juga ada pinjaman di akulaku sudah telat 1 bln.apakah akan datang dc.daerah tangsel

Anastasiap

Bang, aku ada pinjol di akulaku barang dan kta, kredivo, shopeepalater dan pinjam total semua plus bunga sekitar 25jutaan. Itu karna gali lobang tutup lobang. Bulan ini udah nyerah, cape, makin gede pinjaman. Saran dong bang, ganti no hp dan data apakah solusi terbaik?

Ainun

Bang kalo eassycash itu ada dc kah atau akulaku ? Bukan dijabodetabek tp dijwa tengah

wilis

Bang saya punya pinjaman di lebih dari 10 pinjaman.ada yang legal dan ilegal dan saya ga mampu bayar gimana ya solusinya

Wilis

Iya bang saya bingung ini saya sudah di teror mau d ancam foto saya di sebar dan data saya mau di salah gunakan.

Laksmi

Kak, ada rekan saya, sebut saja Rangga, gagal bayar di pinjol legal
Ada kami, ada pundi, aku laku, easycash, fintek syariah, kredit, KTA kilat, uang me, dan tunaiku.
Bgmana ya? Sudah tidak ada dana.
Apakah DC datang ke rumah?
Mohon pencerahan nya

Ana mahmuda

Kak. Kan aku punya utang ke aplikasi pinjol. Tapi aku belum sama sekali mempunyai uang untuk bayar hutang. Jadi gimana kak solusinya. Agar aku tetap aman. Dan data2ku tidak disebarkan

Ana mahmuda

Easy cash. Sama kredit pintar kak. Oh iya satunya sama lautan dana kak. Aku kepepet banget kak pinjam ke pinjol. Tapi mau jatuh tempo aku msih belum pegang uang. Jadi gimana kak agar data2ku aman. Terus tidak telfon terhadap kontak2 yang telah saya cantumkan

Ana mahmuda

Jadi seumpama tidak bayar ke lautan dana tidak msalah kah. Atau gimna kak

Ana mahmuda

Tohh kan saya belum punya yangg untuk membayar ke lautan dana skitar 2.500.000 kak. Padahal yang masuk itu 1.450.000 kak. Sdangkan bunga yang tinggi dengan nominal 1.050.000 kak. Apakah saya wajib bayar dengan nominal 2.500 apakah membayar dengan nominal yang masuk ke ATM saya yang nominal 1.450.000 itu kak

Ana mahmuda

Seumpama kak. Apk di uninstall trus ganti nomer. Apakah saya masih disadap oleh mereka. Diteror mereka.. Toh saya sdah menghilangkan jejak kak

Ana mahmuda

Bagaimana cara agar saya tdak dikejar2. Dan data2 saya tidak disebarkan kak
Punya hutang ke pinjol. Easy cash, cairin, sama kredit pintar. Mohon solusinya kak

Ana mahmuda

Daftar hitam slik itu mksdnya disaat pengajuan dalam keuangan dimanapun saya ditolak gitua kak?sedangkan saya mau bayar belum ada dana kak

Ana mahmuda

Kak ini kan aku sdah ditagih . Posisi aku belum ada uang. Jadi gimana kak solusi kakak. Biar aku tdak dikejar2? Agar mereka kehilangan jejak aku gimana kak?

Ana mahmuda

Kak. Kan aku daftar pinjol bukan nomer watsap itu. Apakah mereka msih bisa menyadap?

Satria

Kapan pinjol menyadap nomer kontak dan foto dlm galery?
Kalo sudah terlanjur beri izin pendaftaran apa kita menghapus nomor dan foto di galery akan hilang di mreka juga?

Satria

Semua nomor kontak dan foto dalam galery di duplikasi semuanya??
Lalu apa yg harus di lakukan?
Apa tips di blog anda bisa di gunakan?

Last edited 1 year ago by Satria
Ana mahmuda

Kak jika kami ditagih. Kami ttep diam aja. Telfon gak diangkat WA gak dibls. Apakah mereka ttep ngejar saya. Apakah mereka akan berhenti jika mereka sdah capek

Ana mahmuda

Jika aku ganti nomer ganti smuanya gimana kak. Apakah mereka masih mengejar

Ana mahmuda

Ganti nik itu brrti kan ganti KTP juga ya kak.

Ana mahmuda

Ini kan aku sdah ditelfon i sdah diwa i kak. Sudah telfon ke nomer yang saya cantumkan. Tapi aku bodo amat. Aku gak naggepi mereka. Apakah mereka ttep ngejar saya posisi pinjol legal?

Ana mahmuda

Jika aku ganti nomer. Apakah mereka kehilangan jejak kak

Ana mahmuda

Solusinya gimana kak. Agar aku tidak dikejar2

Amelia

Bang bagaimana cara mangajukan rekontruksi pda pinjaman kredivo saya sekarang sudah tdkbisa membayar tagihan saya

Desi Siti Fatimah

Ka saya udh telat 1minggu di pinjaman akulaku sma kredivo. Saya bisa membayarnya nnti bln Desember. Kira” bkln ada penagih yg kerumah ga sblm bln Desember

Budiman

Kak…sya terjerat dalam pinjol ilegal…dari 1 yg aplikasi yg di gunakan untuk bayar kuliah dengan tenor 7hari, karen untuk nutup 1 pinjaman saya jadi bertambah pinjaman sekarang saya total hutang ada 30 juta…dan saya sudah keteteran, bingung, putus asa iya, tapi saya masih liat istri dan anak2 saya sebisa mungkin saya hadapi, saya gagal bayar, kondisi keuangan kolaps, data sudah kesebar, malu sama rekan dan saudara ia, minta di cicil ga mau, saya sudah tidak tahu harus bagaimana lagi kendaraan sudah di jual hanya bisa mengurangi 3 pinjol ilegal…teror setiap hari dan setiap waktu penagihan nya…
Bagaimana caranya kak, saya sudah ada niat baik minta di cicil tapi ga mau nerimanya….

Dytha

Hallo kak, saya ingin bertanya jadi saat ini daya memiliki pinjol di tunai cepat, pahlawan pinjam, kapten pinjam, dan pinjaman teman. Karna memori hp saya suka penuh jadi aplikasi tersebut saya download kemudian saya hapus, lalu ketika saya ingin bayar saya downlod lagi. Tapi saat ini berbeda kak, ketika saya mencari aplikasi tersebut di app store. Aplikasi tersebut hilang ( semua aplikas yg saya sebutkan di atas ). Lalu bagaimana kak saya harus menyikapinya? Ketika saya membaca artikel terkait pinjol ilegal mereka termasuk aplikasi yg kena grebek. Bagaimana ya kak saya harus bersikap
Tolong bantuannya untuk di jawab
Terimakasih waktunya kak
Semoga sehat selalu

Dytha

Tapi apa itu aman kak? Karna bunga terus berjalan. Saya takut bunga nya besar. Saya juga tidak mengetahui bunganya karna tidak bisa melihat di aplikasi. Biasanya sebelum jatuh tempo saya akan di tlp oleh orang yg menagih atau mengingatkan. Tp ini kurang lebih saya sudah telat sehari. Dan saya di telepon oleh suara mesin saja kak.

bakir

bang saya baru ketipu kredivo padahal saya nggk pesen apa2 tiba2 ada tagihan masuk gmna solusinya masa saya harus bayar

bakir

iya saya ngikutin bang kirain saya kan mau di tuker pake point

bakir

terus bang masa saya harus byar sedang kan nominal nya nggk sedikit
gmna itu bang

Yana Suryana

Bang saya ada tunggakan di apk kredit pintar dengan keterlambatan bayar 3 hari, sedangkan saya ada uangnya sekitar 4 harian lagi, apakah tim DC dari kredit pintar akan datang kerumah kalo nelpon sering tiap hari

Sabrina

Bang bagaimana klo saya sudah telat 5 bulan pinjaman di aplikasi legal sudah ada dc yg kerumah tp saya tetap tidak mampu bayar karn kondisi keuangan saya yg sekarang pas2an saya tau saya sudah masuk silk ojk tp masih aja ada dc yg kerumah. Cara ngadepin dc gimana padahal nama saya sudah slik ojk

Muhammad

Bang mau nanya kalo apl klik kami,ada kami sama kredito,ilegal apa legal iya pa

Rfk14

Bang kalo apl. Klik kami pinjam gampang ada pundi kredito indodana dan ada kami .kalo kita galbay apa DC akan MARANIN ke rumah/tempat kerja.mohon jawabn nya ka.
SAYA ada itikad baik untuk membayar cuman tidak bisa untuk bayar di semua aplikasi ka.

Yumni

Bang, teman saya ada yang pinjam di kredito 1 tahun yang lalu dengan cara gali lubang tutup lubang sehingga totalnya hampir 5 juta. Kemudian dia belum sempat bayar hingga 5 bulan, sekitar bulan Maret dia baru membayarnya lagi 5 juta. Tapi sepertinya tidak dengan bunga dan dendanya. Karena sudah lelah dengan dc yang menagih dengan makian, akhirnya dia menghapus aplikasinya dan mengganti nomor ponselnya. Tapi hari ini setelah sekitar 6 bulan ada pesan pengingat ke kontak daruratnya di wa, melakukan dm ig ke pacarnya juga (padahal bukan kontak darurat), dan ada email masuk dari dc lain yang mengingatkannya untuk membayar. Pertanyaan saya, apakah dia harus membayarnya lagi bang? Sedangkan namanya juga sudah masuk daftar blacklist OJK? Dan apakah akan diteror terus sampai nanti?

Siti mariyah

Hallo kak,saya punya hutang pinjol di 9 aplikasi,aplikasinya,Kredit pintar,Akulaku,kredivo,Adapundi,KtaKilat,Maucash,Dana Rupiah,Kredito,Bantu Saku,apakah smuanya Legal?

Siti mariyah

Oh Iyah kak sama Rupih cepat juga,terimakasih kak saya sudah paham bagaimana harus menghadapi jika telat bayar dari komen2 yg lainnya,tapi saat ini di bantu saku saya baru telat 2 hari dan tagihannya masyaAllah seperti utang puluhan juta saja kak,saya malah setres karna mengancam sgala dengan no yg berbeda,ada brapa puluh no kayanya yg menagih,itu gimana yah kak?

Siti mariyah

Saya sudah bilang akan membayarnya semua beserta dendanya setelah ada uangnya,tapi mereka tetap mengancam saya kak dan meneror terus2an ke kontak darurat saya juga

cimo

apakah benar jika pinjol ilegal tidak perlu dibayar jika kita benar2 sudah tidak ada dana, dan sudah mengajukan keringanan juga tidak di berikan, data kita juga sudah disebar dan dibuat grup yang ada nama kita juga, karena info dari teman, jika mereka berlaku kasar dan jahat, di anggap lunas hutang kita, mohon penjelasannya,

Nurjanah

Assalamualaikum wr wb
Bang saya udh telat 1 Minggu di aplikasi ada modal ,tiap hari udh tlpn/wa cmn saya abaikan bahkan kondar juga di tlpn tiap hari,..kira² ada modal ada DC lapangan nya ga bang kerumah ,..makasih 🙏🙏🙏

Shasha

Saya ad pinjaman di pinjol legal.. saya g mmpu byr lg.. saya di medn.. apakh kira2 dc akan dtg?? Klw masalah masuk dftr SLIK ..saya udh pasrah…

Shasha

Biasanya nominal pinjmn brp min yg pasti di datangin mereka

Shasha

Dan pinjol ap2 saja yg slm nh udh pernah mendatangkn debt ny ke medan?

Shasha

Hmm..oiya bg… apakah klw galbay di pinjol legal.. nama kita masuk dftr bi checking??

Shasha

Ada modal, modal nasional, bantu saku, bunganya tinggi bgt dgn tenor cm 14 hari.. bgmn y utk mengajukn pengurng bunga n dendanya

Shasha

Restrukturisasi tuh ap y ??