Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah? Coba Ini!

Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah – Jika kamu sudah menunggak cicilan pinjaman online cukup lama, sudah 2 bulan atau lebih tidak lagi terlihat membayar angsuran, kamu akan menerima banyak peringatan dari perusahaan tempat kamu meminjam. Dari lisan hingga tulisan, dari mulai email, pesan singkat hingga telpon.

Dan jika semua cara itu tidak juga bisa membuatmu membayar kewajiban yang ada, langkah terakhir yang biasanya ditempuh oleh perusahaan Fintech adalah dengan mengirimkan Debt Collector datang ke rumah. Sudah siapkah kamu jika Debt Collector pinjaman online datang ke rumah? apa yang akan ia lakukan jika benar datang ke rumah? Sebagai peminjam yang memang memiliki kewajiban bayar, bagaimanakah sebaiknya menghadapi kondisi semacam ini?

Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah, Serius atau Gertakan?

Salah satu problem terbesar dalam bisnis pinjaman online atau pinjaman pada umumnya adalah kredit macet atau cicilan gagal bayar. Tentu saja perusahaan Fintech sudah terlebih dahulu mengkalkulasi faktor resiko sebelum menentukan untuk meng-Acc pengajuan pinjaman seseorang. Menggunakan Big Data atau Learning Machine yang dimiliki, mereka bisa dengan mudah menentukan mana debitur yang memiliki resiko tinggi dengan yang progresif. Tapi angka diatas kertas kadang tidak sama dengan di lapangan. Debitur yang diperkirakan akan lancar cicilannya sehingga memberikan laba, diluar dugaan justru macet di tengah jalan.

Seperti pedagang dengan resiko dagangan yang tidak laku, kredit macet memang resiko alami dari bisnis pinjaman. Tidak ada cara untuk menghilangkannya, yang ada hanya metode untuk mengurangi jumlah kasusnya. Maka biasanya perusahan Fintech sudah menyiapkan cara khusus yang akan ditempuh jika ditemukan debitur yang terindikasi kredit macet. Dari pendekatan persuasif, peringatan hingga ancaman pemberian sanksi.

debt collector pinjaman online datang ke rumah

Apakah jika setelah pesan dan telpon yang tidak memberikan hasil, perusahaan pinjaman online akan mengirim Debt Collector datang ke rumah? Jawabannya: “Ya”. Mengirimkan Debt Collector (penagih utang) merupakan cara yang lumrah dilakukan untuk menghadapi peminjam yang tak kunjung membayar hutang atau angsuran hutangnya. Namun ini merupakan langkah terakhir yang baru akan dilakukan jika semua cara yang digunakan sebelumnya tidak membuahkan hasil. Bahkan pada beberapa perusahaan, cara ini sebisa mungkin untuk tidak dilakukan. Karena selain membutuhkan Cost yang tinggi, mengirim Debt Collector kerap menyisakan citra buruk pada masyarakat secara umum.

Jadi jika kamu diberi tahu bahwa akan ada Debt Collector yang akan datang ke rumahmu, kemungkinan besar informasi tersebut benar, bukan gertakan. Mungkin dia tidak datang ditanggal yang dijanjikan, tapi, “Ya” ia akan datang.

Apakah Debt Collector pinjaman online akan datang ke rumah jika kita gagal bayar?

Ya. Itu bagian dari prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan pinjaman online.

Apakah pinjaman online resmi OJK juga menggunakan Debt Collector?

Ya. Debt Collector digunakan oleh Fintech resmi maupun ilegal. Tapi berbeda dalam prosedur penagihannya.

Apa mereka pasti bisa menemukan alamat kita?

Ya, jika alamatmu jelas, dan Tidak jika tempat tinggalmu berpindah-pindah.

Apakah para penagih itu bekerja pada Fintech tersebut?

Bisa Ya dan Tidak. Karena perusahaan Fintech bisa juga menggunakan jasa pihak ketiga.

Debt Collector Datang ke Rumah, Sambut atau Ajak Ribut?

Jika kamu sering mencari tips ‘cara menghadapi debt collector pinjaman online datang ke rumah’ di internet, kemungkinan besar kamu pernah melihat tutorial dari seorang Sarjana Hukum yang  berbicara di Youtube. Ia berbicara sangat frontal menentang pinjol ilegal dan memberikan tips bagaimana menghadapinya. Baguskah infomasinya? Bagus, kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru yang sebelumnya kamu belum tahu khususnya terkait hukum.

Namun kalau menurut Krediblog, ia terlalu menggeneralisasi pinjaman online. Ia menganggap semua pinjol itu buruk dan harus dilawan, bahkan pernah dalam satu kesempatan ia berucap untuk meminjam di pinjol kemudian jangan dibayar. Jika kebetulan kamu salah satu Subscriber-nya, kamu pasti familiar dengan sudut pandang itu. Sering sekali ia mengingatkan untuk tidak takut terhadap pinjol, termasuk ketika mereka mengirimkan Debt Collector untuk datang ke rumah.

Apakah itu berarti kita harus ajak ribut Debt Collector yang nanti datang ke rumah? Berbeda dengan tips dari Mentor diatas, kalau menurut Krediblog justru sebaliknya: sambut. Loh, kok bisa? Debt Collector adalah jenis pekerjaan sama halnya kurir dokumen, Pak Pos atau tukang sapu di pinggir jalan. Mereka memiliki tugas yang harus dikerjakan, mengganggu pekerjaan mereka jelas bukan tindakan yang dibenarkan. Bagaimana jika Debt Collector tersebut melakukan kekerasan? itu beda cerita. Apa yang akan kamu lakukan jika Pak Pos yang mengantar surat ke rumahmu kemudian mencuri TV yang ada di sana?

Biarkan Debt Collector, kurir dokumen, Pak Pos dan tukang sapu di pinggir jalan melakukan tugasnya. Selama mereka melakukan tugasnya dalam kaidah dan koridor yang dibenarkan tidak ada alasan kamu untuk menentangnya, namun jika sudah menyalahi aturan baik itu mencuri atau melakukan tindak kekerasan, maka sanksi hukum akan mengikutinya.

Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol yang Datang ke Rumah

Kuncinya adalah saling menghormati. Jika kamu memahami bahwa ia hanya menjalankan tugas, maka kamu tidak akan mempersulitnya atau bahkan membuatnya marah. Bantu ia menyelesaikan tugasnya dengan bersikap kooperatif maka harusnya ia akan segera pergi ketika tugasnya selesai.

Semudah itukah? Jujur, Krediblog belum pernah memiliki pengalaman didatangi Debt Collector, jadi bisa dibilang separuh dari tulisan ini adalah omong kosong. Adapun dasar Krediblog bisa se-sok tahu ini adalah, bahwa jika kamu menghormati seseorang maka secara naluriah ia juga akan menghormatimu, meski dengan kadar yang tidak selalu sama.

Jika kamu masih mau mendengar pepesan kosong, berikut cara menghadapi Debt Collector pinjaman online yang datang ke rumah:

  1. Siapkan diri dan mental.
    Tidak perlu panik jika nanti yang dikirim yang berkumis tebal, siapkan saja jawaban yang akan diberikan.
  2. Kondisikan keadaan sekitar.
    Jika memungkinkan, mintalah Debt Collector untuk datang di hari atau di jam dimana ditempatmu bisa dikondisikan.
  3. Kooperatif selama proses penagihan.
    Bagaimanapun, kamu menanggung kewajiban yang belum bisa kamu bayar. Kalau bisa kamu jangan lebih galak dari Debt Collector-nya.
  4. Bayar jika ada, jelaskan jika belum ada.
    Catat: Jika mau membayar, bayarlah melalui Channel pembayaran yang sudah ditentukan, jangan melalui Debt Collector. Atau jika perlu, lakukan pembayarannya (transfer) di depan mereka. Namun jika belum ada, janjikan perkiraan waktu untuk membayarnya.
  5. Siapkan skenario terburuk.
    Simpan nomor darurat yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau kasih tahu orang rumah siapa yang akan datang dan tindakan yang harus dilakukan jika ada apa-apa.

Kalau kamu tidak mau ditagih, jangan meminjam. Jika kamu tidak ingin didatangi Debt Collector, jangan menunggak pembayaran. Tidak ada yang salah dengan meminjam selama kamu membayarnya dan tidak perlu takut dengan Debt Collector, karena selama kamu bertanggungjawab dalam pembayaran, kamu tidak akan bertemu dengannya.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
10 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Mansur

Saya sih mau bayar tapi kaga punya uang utk bayarnya gimana nih

Rizky

Gimana kalau data kita dicuri buat kredit di lain app adalah solusi

rachel

kalau misla nya kita gk bsa byr gmn…apakh d biar kan…yg pkai uang x bkn sya…

Hendra

Brp lama dr tggal jatuh tempo dc pinjol Dateng k rumah?

Mawarti

Saya terjerat pinjol ilegal,mereka selalu mengancam sebar data kl jth tempo tdk segera mmbyr.gimna solusinya.sy bner2 takut