Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah? Coba Ini!

Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah – Jika kamu sudah menunggak cicilan pinjaman online cukup lama, sudah 2 bulan atau lebih tidak lagi terlihat membayar angsuran, kamu akan menerima banyak peringatan dari perusahaan tempat kamu meminjam. Dari lisan hingga tulisan, dari mulai email, pesan singkat hingga telpon.

Dan jika semua cara itu tidak juga bisa membuatmu membayar kewajiban yang ada, langkah terakhir yang biasanya ditempuh oleh perusahaan Fintech adalah dengan mengirimkan Debt Collector datang ke rumah. Sudah siapkah kamu jika Debt Collector pinjaman online datang ke rumah? apa yang akan ia lakukan jika benar datang ke rumah? Sebagai peminjam yang memang memiliki kewajiban bayar, bagaimanakah sebaiknya menghadapi kondisi semacam ini?

Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah, Serius atau Gertakan?

Salah satu problem terbesar dalam bisnis pinjaman online atau pinjaman pada umumnya adalah kredit macet atau cicilan gagal bayar. Tentu saja perusahaan Fintech sudah terlebih dahulu mengkalkulasi faktor resiko sebelum menentukan untuk meng-Acc pengajuan pinjaman seseorang. Menggunakan Big Data atau Learning Machine yang dimiliki, mereka bisa dengan mudah menentukan mana debitur yang memiliki resiko tinggi dengan yang progresif. Tapi angka diatas kertas kadang tidak sama dengan di lapangan. Debitur yang diperkirakan akan lancar cicilannya sehingga memberikan laba, diluar dugaan justru macet di tengah jalan.

Seperti pedagang dengan resiko dagangan yang tidak laku, kredit macet memang resiko alami dari bisnis pinjaman. Tidak ada cara untuk menghilangkannya, yang ada hanya metode untuk mengurangi jumlah kasusnya. Maka biasanya perusahan Fintech sudah menyiapkan cara khusus yang akan ditempuh jika ditemukan debitur yang terindikasi kredit macet. Dari pendekatan persuasif, peringatan hingga ancaman pemberian sanksi.

debt collector pinjaman online datang ke rumah

Apakah jika setelah pesan dan telpon yang tidak memberikan hasil, perusahaan pinjaman online akan mengirim Debt Collector datang ke rumah? Jawabannya: “Ya”. Mengirimkan Debt Collector (penagih utang) merupakan cara yang lumrah dilakukan untuk menghadapi peminjam yang tak kunjung membayar hutang atau angsuran hutangnya. Namun ini merupakan langkah terakhir yang baru akan dilakukan jika semua cara yang digunakan sebelumnya tidak membuahkan hasil. Bahkan pada beberapa perusahaan, cara ini sebisa mungkin untuk tidak dilakukan. Karena selain membutuhkan Cost yang tinggi, mengirim Debt Collector kerap menyisakan citra buruk pada masyarakat secara umum.

Jadi jika kamu diberi tahu bahwa akan ada Debt Collector yang akan datang ke rumahmu, kemungkinan besar informasi tersebut benar, bukan gertakan. Mungkin dia tidak datang ditanggal yang dijanjikan, tapi, “Ya” ia akan datang.

Apakah Debt Collector pinjaman online akan datang ke rumah jika kita gagal bayar?

Ya. Itu bagian dari prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan pinjaman online.

Apakah pinjaman online resmi OJK juga menggunakan Debt Collector?

Ya. Debt Collector digunakan oleh Fintech resmi maupun ilegal. Tapi berbeda dalam prosedur penagihannya.

Apa mereka pasti bisa menemukan alamat kita?

Ya, jika alamatmu jelas, dan Tidak jika tempat tinggalmu berpindah-pindah.

Apakah para penagih itu bekerja pada Fintech tersebut?

Bisa Ya dan Tidak. Karena perusahaan Fintech bisa juga menggunakan jasa pihak ketiga.

Debt Collector Datang ke Rumah, Sambut atau Ajak Ribut?

Jika kamu sering mencari tips ‘cara menghadapi debt collector pinjaman online datang ke rumah’ di internet, kemungkinan besar kamu pernah melihat tutorial dari seorang Sarjana Hukum yang  berbicara di Youtube. Ia berbicara sangat frontal menentang pinjol ilegal dan memberikan tips bagaimana menghadapinya. Baguskah infomasinya? Bagus, kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru yang sebelumnya kamu belum tahu khususnya terkait hukum.

Namun kalau menurut Krediblog, ia terlalu menggeneralisasi pinjaman online. Ia menganggap semua pinjol itu buruk dan harus dilawan, bahkan pernah dalam satu kesempatan ia berucap untuk meminjam di pinjol kemudian jangan dibayar. Jika kebetulan kamu salah satu Subscriber-nya, kamu pasti familiar dengan sudut pandang itu. Sering sekali ia mengingatkan untuk tidak takut terhadap pinjol, termasuk ketika mereka mengirimkan Debt Collector untuk datang ke rumah.

Apakah itu berarti kita harus ajak ribut Debt Collector yang nanti datang ke rumah? Berbeda dengan tips dari Mentor diatas, kalau menurut Krediblog justru sebaliknya: sambut. Loh, kok bisa? Debt Collector adalah jenis pekerjaan sama halnya kurir dokumen, Pak Pos atau tukang sapu di pinggir jalan. Mereka memiliki tugas yang harus dikerjakan, mengganggu pekerjaan mereka jelas bukan tindakan yang dibenarkan. Bagaimana jika Debt Collector tersebut melakukan kekerasan? itu beda cerita. Apa yang akan kamu lakukan jika Pak Pos yang mengantar surat ke rumahmu kemudian mencuri TV yang ada di sana?

Biarkan Debt Collector, kurir dokumen, Pak Pos dan tukang sapu di pinggir jalan melakukan tugasnya. Selama mereka melakukan tugasnya dalam kaidah dan koridor yang dibenarkan tidak ada alasan kamu untuk menentangnya, namun jika sudah menyalahi aturan baik itu mencuri atau melakukan tindak kekerasan, maka sanksi hukum akan mengikutinya.

Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol yang Datang ke Rumah

Kuncinya adalah saling menghormati. Jika kamu memahami bahwa ia hanya menjalankan tugas, maka kamu tidak akan mempersulitnya atau bahkan membuatnya marah. Bantu ia menyelesaikan tugasnya dengan bersikap kooperatif maka harusnya ia akan segera pergi ketika tugasnya selesai.

Semudah itukah? Jujur, Krediblog belum pernah memiliki pengalaman didatangi Debt Collector, jadi bisa dibilang separuh dari tulisan ini adalah omong kosong. Adapun dasar Krediblog bisa se-sok tahu ini adalah, bahwa jika kamu menghormati seseorang maka secara naluriah ia juga akan menghormatimu, meski dengan kadar yang tidak selalu sama.

Jika kamu masih mau mendengar pepesan kosong, berikut cara menghadapi Debt Collector pinjaman online yang datang ke rumah:

  1. Siapkan diri dan mental.
    Tidak perlu panik jika nanti yang dikirim yang berkumis tebal, siapkan saja jawaban yang akan diberikan.
  2. Kondisikan keadaan sekitar.
    Jika memungkinkan, mintalah Debt Collector untuk datang di hari atau di jam dimana ditempatmu bisa dikondisikan.
  3. Kooperatif selama proses penagihan.
    Bagaimanapun, kamu menanggung kewajiban yang belum bisa kamu bayar. Kalau bisa kamu jangan lebih galak dari Debt Collector-nya.
  4. Bayar jika ada, jelaskan jika belum ada.
    Catat: Jika mau membayar, bayarlah melalui Channel pembayaran yang sudah ditentukan, jangan melalui Debt Collector. Atau jika perlu, lakukan pembayarannya (transfer) di depan mereka. Namun jika belum ada, janjikan perkiraan waktu untuk membayarnya.
  5. Siapkan skenario terburuk.
    Simpan nomor darurat yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau kasih tahu orang rumah siapa yang akan datang dan tindakan yang harus dilakukan jika ada apa-apa.

Kalau kamu tidak mau ditagih, jangan meminjam. Jika kamu tidak ingin didatangi Debt Collector, jangan menunggak pembayaran. Tidak ada yang salah dengan meminjam selama kamu membayarnya dan tidak perlu takut dengan Debt Collector, karena selama kamu bertanggungjawab dalam pembayaran, kamu tidak akan bertemu dengannya.

317 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Mansur

Saya sih mau bayar tapi kaga punya uang utk bayarnya gimana nih

Neng n

Ka sy mau gabung d diskusi ini gmn cara nya

Zaky

Kak pertanyaanlu kok ga keliatan terus ya

Gali

Dana rakyat datang kerumah klo pinjm 2 rts

Nana Riyanti

Kak, untuk pinjaman fintech syariah gimana…apakah akan ada penagihan lapangan jg ??
Apa kk pernah dengar sebelumnya fintech syariah ada penagihan lapangan ??

Doni Adi Wijaya

Saya mau bayar tapi nggak punya uang DC nya itu ngancam ngancam minta saran nya saya harus gimana ya padahal sudah di jelasin tapi masih ngotot

Rizky

Gimana kalau data kita dicuri buat kredit di lain app adalah solusi

Agus

Saya yg mengalami.. pda aplikasi cash go..
Data saya ada yg ngacak2..
Tiba2 ada penagihan..

Anie r

iya betuL. Saya juga cari info ke kantor ojk. Konsultasi. Klo yang udah transfer Balik..tp dtagih terus. Bisa laporkan utk pemerasan .
Kepolisian jg baru proses klo sudah terjadi kita trf/nyicil ke mereka. Selama belum ada tindakan. Pemerasan/pencemaran.
Tidak bisa diproses pidananya..

Harwati Ahmadi

Iya saya di tagih, pinjol.
Sedangkan tidak pernah sepeserpun uang yg masuk direkning Dy
Sampai skrg masih ditagih..

rachel

kalau misla nya kita gk bsa byr gmn…apakh d biar kan…yg pkai uang x bkn sya…

Hendra

Brp lama dr tggal jatuh tempo dc pinjol Dateng k rumah?

Mawarti

Saya terjerat pinjol ilegal,mereka selalu mengancam sebar data kl jth tempo tdk segera mmbyr.gimna solusinya.sy bner2 takut

Anna rahmawati

Kk maaf saya mau tanya saya sekarang lg di wisma atlet sdh 3 hari dan saya punya pinjol ilegal tapi jujur saya tdk bisa byr bunga denda nya tapi saya mau mengantikan pokoknya saja .ap akah itu bisa

Samsi

Kalau sudah di sebar bgaimana data kita apakah harus tetap kita bayar jg karna sudah malu dan mesti harus byar jg

Mifta

Saya pernah mencoba mengajukan pinjaman di pinjol illegal setelah verifikasi limit pinjaman pun keluar tp karena biaya admin Dan bunga terlalu bear saya mengurungkan pinjaman tersebut tp keesokan harinya Ada notifications kalau pinjaman sudah di setujui Dan Dana sudah di trafer keep rekeninge saya. Tp saya mencoba menghubungi cs aplikasinya untuk pembatalan atau pengembalian Dana. Setelah itu Ada email masukkan yg mengatas namakan admin aplikasi pinjol itu memberitahukan kalau Ada kesalahan tennis sehingga Ada pencairan Dana Tampa komfirmasi terlebih dahulu Dan meminta untuk pengembalian Dana tp setelah saya Sudan pengembalian Dana ternyata Ada email lg kalau ternyata tidal aplikasi tidal Ada yg namanya refund atau pengembalian Dana singkat cerita. Dan admin aplikasi pinjol iTunes memberitahu kalau saya Sudan ditipu. Dan pinjaman pun tetap berlangsung Dan lebih parahnya lgi sebelum pengembalian Dana itu penipu itu menyuruh saya mengisi data selection nama alamat Dan nik ktp katanya untuk mencocokan data Dan penghapusan data pinjaman. To ternyata data itu didn’t salah gunakan untuk pengajuan pinjaman Dan ternyata no more rek nya human at as nama saya. Dan sampai sekarang saya masih di tagih untuk pelunasan. Kira Kira bagaimana cara mengatasinya
Terimah masih

Andrianie a

Min,
Saya malah ga pernah mengajukan pinjaman di ksp kreditus
Tapi sejak tgl 18 April 2021 lalu

Mereka menghubungi saya menagih dg kata kata kasar dan mengancam menjual data saya

Saya minta nama aplikasi pinjamannya agar saya bisa check.
Mereka memberi saya bukti trf dan meminta saya mengecek mutasi rekening.
Memang ada dana masuk, tp saya tidak meyakini itu dari mereka karena saya yakin saya tidak pernah melakukan pinjaman ke aplikasi ilegal dan fintech ilegal

Mereka sampaikan bahwa aplikasi ksp kreditus tidak ada dalam playstore.
Saya semakin yakin kalau saya tidak pernah mengajukan pinjaman ke mereka.

Minimal tunjukan aplikasi apa yg saya pakai agar saya bisa mengecek
Sekali lagi mereka hanya mengirim link

Saya copy link dan buka di perangkat lain.
Ternyata apk web kreditus namanya

Mereka meminta saya log in
Saya tidak mau.
Saya mengabaikan

Mereka bilang kreditus banyak aplikasinya
Mereka sebutkan beberapa aplikasi
Dan saya cek, saya tidak pernah menginstall

Yg saya tau setelah saya mencari, mereka pernah mengirim sms dari kreditus bahwa dana sudah cair

Sejak tgl 19 April saya mencabut sim card saya dan menguninstall whatsapp saya.

Tapi ternyata di tgl 28 April 2021
Teman kantor mengkonfirmasi kepada saya menerima pesan dan meminta saya membayar hutang

Anehnya, nomor keluarga serumah tidak di hubungi

Saya bayar kalau memang benar saya meminjam atau saya menerima uang dari mereka selama itu jelas.

Saya pun gtw harus membayar kemana kalau untuk membuat mereka sekedar diam dan berhenti.

Tgl 30 April saya buka kembali whatsapp saya

Ternyata ada yg menghubungi, menagih dan mengancam

Tapi kali ini dari aplikasi ai dana

Setelah menguninstall
Mencabut sim card
Dan membuat laporan by email ke ojk

Apa lagi yang harus saya lakukan agar mereka berhenti ?
Jika pun saya meminta cara pembayaran kepada mereka, dan saya membayar
Tp itu tidak menjamin itu berhenti..

Apa yg harus saya lakukan

Siti mariyanti

Aku pernah ngalamin, karna mereka punya foto dan data saya. Saya jd takut saya tf lah uang ke mereka walau saya tidak pernah pinjam di aplikasi yg mereka sebutkan.

Beberpaa hr kemudian ada yg menagih lg dr beberapa aplikasi yg berbeda, sampai saat ini

Yaudah saya ganti no, biar tidak di ganggu.

Tya

Brarti ganti nomor itu jg mereka msh bsa nagih2 ke kita mskpn kta g merasa pinjam ya

Rohmah

Trus sekarang bagaimana kak, masalah sama dg saya

Anggi

Sama kak saya juga begitu

Nurul

Hallo mau tanya , apakah aplikasi adakami itu OJK ??
Krna adik saya pinjam trus telat sehari tapi udah tersebar d semua kontak , trus cara penagihannya juga kasar , mohon penjelasannya trima kasih

dmpy

saya ad 14 aplikasi pinjol, legal dan ilegal, blm lagi ad 2 yg multi apk, total ad 18 yg dri multinya jd semua 30pinjol (12legal, 18 ilegal) saya berniat melunasinya semua dengan meminjam ke bank, dengan agunan AJB rumah, tp karna butuh waktu untuk mengurusnya pasti akan lewat jatuh tempo cukup lama, sedangkan jatuh tempo semua pinjol ini tak lama lagi dn berdekatan, apa saya bisa mengajukan keringanan selama saya mengurus pinjaman ke bank?

Herlianti

Masalah sy sy buka 1 aplikasi sy ajuin ternyata ditolak didlm aplikasi yg lain sy tdk mengajukan tp main ditransfer aj. Yg ditransfer dr 5 aplikasi. Ditransfer 780 dlm 7hr sy hrs byr 1,2 juta. Sy mau balikkin yg dia transfer gk bisa. Sekarang sy dikejar2 suruh bayar. Data sy mau disebarluaskan.

Anie r

ikutin saya aja kak. LAPOR POLSEK terdekat. Titipkan uang tunai dan print mutasi /buku tabungan. Jd jangan pake uangnya..Ceritakan kronologisnya..
Klo ada apa2. Bisa minta perlindungan polisi.

Agus

Bagaimana klo pinjol ilegal dan tidak ada kantornya

Reza

Saya mau menanyakan apa walletpedia itu pinjol ilegal?

Reza

Di playstore ga ada , saya ga merasa minjem uang masuk dari situ nagih se enak sendiri

Ayi

Saya punya pinjaman di aplikasi wadah pinjam, sy pinjam 800 ribu yg saya Terima tinggal 500 rbu, nah yg saya mau bayarkan totalnya1, 72900.000 tapi sya tdk mampu lgi membayarnya. Klo syaa cma pulangkan pokok ny 800 ribu apa itu bisa?

gilang

Hallo kak.
saya ada minjam di pinjol ilegal, tapi kontak saya semua sudah saya palsu kan. dan semua izin di aplikasi itu sudah saya non aktifkan.
Apa mungkin kalau cuma minjam 1 juta, debcolletor smpai ke rumah

gilang

Pinjol bisa akses aplikasi Wa kita juga ya kak ?

gilang

status panggilan di Wa gimana kak ?
apakah mereka bisa menyadap nya juga ?

Boloho

Saya terjerat beberapa pinjol legal dan 1 pinjol ilegal.. saya tertipu tenor 61 hari ternyata malah 7hari.. itu pun saya tidak tau kalo di acc pengajuan saya karena dibilang akan ada yg tlp untuk konfirmasi jika pinjaman saya berhasil tapi ternyata tidak ada yg tlp k saya maka saya anggap tidak d acc.. selang beberapa hari ada wa / sms / tlp yg bilang kalo pinjaman saya akan jatuh tempo besok.. tentu saya kaget dan langsung cek rekening saya emang ada uang masuk.. yang lebih bikin saya kaget dari limit 1.6juta ternyata yg saya terima hanya 1.040.000 saja dengan tenor 7hari saya harus kembalikan 1.6juta.
Karena jatuh tempo 1 hari lagi dan saya juga belum ada uang akhirnya saya perpanjangan dengan bayar 560.000 untuk seminggu, ternyata sampai jatuh tempo selanjutnya saya masih belum bisa bayar lunas 1.6jt terpaksa saya perpanjang lagi.. total saya sudah perpanjangan selama 4minggu dengan total uang 2.240.000 dan lagi saya masih belum bisa melunasi uangnya dengan tenor 7hari.. saya sudah lelah.. diteror terus.. apa saya masih harus bayar lagi? Uangnya pun bahkan saya gak pakai karena dipakai untuk biaya perpanjangan itu..

Last edited 1 year ago by Boloho
Sri wulan

Kak mau tanya kalo saya pinjol itu saya bisa cicil asalkan saya tetap bayar.karna saya tidak ada kabur

Ika

Kak saya ada masalah dengan pinjol uang kontan, saya pernah verifikasi data dan lolos tp saya tidak jd pinjam krn didalam aplikasi uang kontan ada bny sekali aplikasi dan tempo cuma 7 hari. Tp setelah itu ada yg menagih dan saya diminta bayar tagihan. Saya jg gak tau klo ada 3 tf an uang dr pinjol berbeda. Setelah itu saya jwb jika saya akan kembalikan sesuai dng yg di tf tetapi mereka tetap meminta saya byr dan saya diteror tiap hari trs saya ganti no wa. Bagaimana solusinya kak?

Ika

Nomor masih saya pakai akan tetapi tidak saya jadikan no wa, saya sdh pengaduan ke ojk dan siber polri. Akankah mereka mengirim dc ke rumah kak?

Karsinah

Ka klo utang 500k ttp pinjol dateng kerumh atau tidak klo telat pembayarannya atau tidak sampe dikejar kerumh

Fendi

Ka, kalau dari aplikasi pinjolnya alamat dan email kita dirubah,apakah masih bisa terdeteksi yg sebelumnya?

Anie rudyanto

Saya mengalami hal tidak enak. Saya tidak mengajukan, tiba2 masuk 5xtransfer dalam semalam. Total 4.4jt lebih. 5hr berikutnya mulai DC bnyk yang nagih.ada yg ngaku dari dananow, dana pintar, uang online, kredicash, duit harta, hello loan . Banyak . Trf yg masuk hanya 5. Yg nagih dari banyak aplikasi lebih dari 5. Saya ga mau bayar krn saya gk minjem. Uang saya titipkan polsek saya suruh ambil ga bisa katanya harus trf. Saya dipaksa download aplikasinya. Tp saya gk mau. Takut kejebak dianggap menyetujui. Ini hari ke 8 dan yg neror lewat telp ..wa. banyak sekali. Semua ancam akan sebarkan foto saya .
saya bingung harus apalagi

Anie r

Saya tidak pernah instal semua apk yg mereka tagihkan itu. Di mutasi saya lihat yg trf PT.ODEO dan di google sepertinya banyak yg melaporkan..
Saya memang ada langganan pinjol LEGAL, lancar limit besar skor A+. Saya takutnya data bocor dari salah satu pinjol LEGAL. apa bisa ya? Tapi keselnya. Sudah saya lampirkan foto surat kepolisian dan uang tunai yg saya titip. Masih aja yg nagih ngeyel. Jd saya blokir nomer2nya krn abis waktu buat Layani DC ngeyel. Dia bisa tunjukkan foto ktp saya. Tp diminta tunjukkan email konfirmasi atau persetujuan apapun gk bisa. AKANKAH MEREKA TERUS KEJAR SAYA??

Teman saya bilang. Pernah pinjam ilegal bersama banyak teman sekantornya. Tidak bayar. Katanya nt akan capek sndiri yg nagih. Apa iya?

Anie r

nah. Entah ini hari keberapa ya. Skr tgl 24 dan trf masuk tgl 12. Jd udh 2mgg ya.. Dc tetap wa saya terus. Saya tetep bilang utk ambil uang di polsek. Dan hari ini ada yg bilang akaN Datang kerumah. Saya koordinasi dgn polsek, satpam komplek, dan ketua RT. mreka siap stanby. Tp smpe ini dinihari..gk ada yg datang. Dan lucunya..skr nama apk yg nagih jd banyak macam. Sepertinya dia lupa atau data saya memang tidak ada (fiktif).. Telp saya tanya dari apk mana sbnrya. Eh dia nyebut ini..itu ..anu… Pak itu smua saya gk dwnload apk nya loh… Jd sbnrnya bpk itunagih utk siapa.. TeRus dia bentak.. Anda pinjam apk mana!! . Ya sy bilang gk ppinjam mana2. Malah ngatain saya maling, anjing makan uang haram. Terus saya bilang “uang dari awal saya terima, gk ada yg ngaku punya.. Jd saya taruh di polsek..ambil aja” trus saya tutup. Bikin kesel

Asri

Bg kasi solusi saya ada minjam ke dompet uang disita banyak aplikasi cuma 3 yg disetujui ,tapi dana yg diterimanya tidak sesuai dan saya tidak membayar data saya disebar ke kontak saya,dan saya harus bagaimana untuk menyelesaikan,karena diteror saya hampir putus asa bg

Novita

Selamat sore….

Di rekening saya ada uang masuk sejumlah 800.000 tanpa saya tau dr mana asalny.saya diamkan tidak sama ambil krna merasa bukan uang saya. Sehari setelahny ada tlpon katany saya jatub tempo hari ini sbesar 1.200.000 saya kaget kapan saya pinjamny.dan saya gak punya aplikasinya. Saya cari di play store juga gak ada nama pinjolny PINJAM DANA.
Tetapi data dan foto saya jelas ada. Dia kasih link ny tapi gak.bisa buka2 selalu error. Dia mngancam akan mnybarkan foto saya ke kontak terdekat.
Saya bingung klo mau dikembalikan juga kmn? Punya aplikasiny aja saya tidak. Mohon bisa dbantu diberi pencerahnny apa yg harus saya lakukan.

Novita

Saya sudah transfer mas soalny dia bakalan sebar data.. dan kontak yg mau dsebar sudh dkirm ke saya.gpp lah buang sial.. tp akankah kejadian itu terulang lg ? Walaupun sudah di uninstall?

Hanna Laila

Pagi , saya mau tanya apakah aplikasi tunai rupiah , dana Fortuna ,pondok dana dan uang bahagia itu apk ilegal ? Mohon jawaban nya yaa ka

nuraenis

halo ka.. saya mau Tany.. kn saya pijem d adakami dan kridit pintar.. tpu d ada kami saya sudah terlewat dn saya tdk mampu membayar ny.. karna pandemi sebagian kriawan d keluarkAn begitupun saya..saya tdk ada uang niat byar si ada tpi apalah daya ..uang hnya cukup untuk mkn.. bro2 buat byar renternir.. dan hp saya pun.suda tdk aktiv.. krna hiang saya hrus bagaimna ya ka..uang tk ada

Eneng mulyanah

Selamat malam kak mohon maaf saya mau nanya kalau saya gagal bayar pada aplikasi eacycash,cairin dan uatas apakah data saya akan disebar dan apakah semua kontak yg ada pada hp saya akan mereka telpon,kalau ke aplikasi uatas saya meminjam 1.000.000 dengan tenor 45 hari dan diacc namun setelah dana dicairkan tenornya jadi 14 hari dan harus membayar 1.360.000. Mohon jawannya kak terimakasih

Feni

Apakah saya bisa melaporkan kepada pihak berwajib atau OJK saat data saya sudah disebar oleh pinjol ilegal

Milasari

Apakah aplikasi yodana bisa menagih kerumah

Tiar

Istri saya pinjam online akulaku legal ojk karena pademi tidak mampu bayar sudah lebih 6 bulan.. Tiba2dtang dc menagih y padahal dalam aturan ojk setelah 90 hari pihak tersebut tidak boleh menagih y.. Tolong masukan y

Aku

Bedanya dari kedua itu apa bang ?

Ummu hozayyana

Kak data yg sudah terkirim di apk pinjol bisa di hapus gak .padahal gak di acc.apa sudahbotomatis terhapus kalau tidak di acc..?baru” ini saya ambil pinjol di satu apk.tapi kok banyak yg wa saya harus lunasi sekarang .oadahal saya tidak pernah pinjam di apk itu.apa data saya di sebar luaskan ya kak.

Yuswanto

Saya pernah pinjamdi indocash dan dana rakyat apakah mereka ,,termasuk dlm ojk atau tidak,soalnya data saya telah disebar lewat wa dan mereka mengancam

Jesi ulviana

Kak syaa gak merasa pinjam di uang mukjizat tapi di suruh bayar awalnya saya takut trus saya bayar kok malah sekarang hutang banyak kapan saya pinjam saya udah terlanjur klik

Ard

Kak itu kalau kita ganti nomer apa masih bisa datangin kita

Ard

Saya udah pindah kontrakan. Jadi udah gak di kontrakan yg ada di aplikasi. Itu gimna kak

Ifa

Kak saya daptar atau login di daerah yang beda tapi alamat KTP beda, kira kira Dc nya akan cari kemana ya

Bayu

Hallo kak,saya mau nanya, aplikasi “pinjam dengan”, “pinjam emas”, “rp cepat”, “rp pinjamanan”, “rupiah uang”, sama “hi jt” itu legal atau tidak kak ?
Saya pernah minjem di semua itu tapi tidak barengan, dan semua sudah lunas. Nah tiba tiba saya dicairkan pinjaman lagi, sedangkan saya sudah chat dengan operatornya katanya saya emg sudah meminjam lagi, anjay gak tuh. saya di ancam ya saya biarin aja kan juga saya tidak ada meminjam. Mohon pencerahannya kak.

yeni

ka saya nunggak di aplikasi ADA KAMI .saya sudah ceritakan saya sedang mencairkan BPJS karena kontrak kerjabsaya tidak di perpanjang . tapi tetap di tagih.. apakah akan kerumah ?

Ard

Ada kami cuma di jaboetabek kak

Widia

Kak mau tanya diantara pinjol ini mana aja yg legal & ilegal? Adakami, uangme, uatas, akulaku, kreditpintar, danafix, optima, uangkaya, 360kredi, adapundi, cairin, & maucash… Mohon infonya

Mona

Ka bagimana caranya kita mengecek kembali profil data kita di adakami? Karna ketika mengklik adakami tidak bisa di buka profil ny tdk kelihatan. Mohon jawaban ny agar sya bisa tau data” Saya yg sy masukin pas awal daftar🙏

Katarina

Ka mau tny sy pinjm di pinjol sy udh unistall dan biasanya sy install lg ktika mau membyr kembali tp apk itu udh ga ada di playstore tp link sy ga mau download berarti ini pinjol ilegal ya kalau sy ga byr apa data qt msh tersimpan di mrk Ka sy cm takut mrk sebar data ke kontak

Erni

Saya juga terjerat pinjol nagih” saya gak bisa bayar blm ada dana nya.saya blg nyicil.gak mau org nya data” saya udah di sebar kn gimna solusi nya

Erni

Terima kasih atas masukannya

Mia

Saya juga punya pinjaman yg sdg jatuh tempo di rupiah maju, banyak sekali aplikasi didalamnya. Saya bukan tidak ingin membayar, tapi mereka sdh terlanjur menyebar data sya kesemua Contact sya, bagaimana sya menyelesaikan masalah ini. Apa mereka akan berhenti sendiri nantinya.. karena jujur sya belum ada dana untuk menggantinya dan jumlah bunga yg semakin besar.

Rina

Selamat siang sy ingin bertanya, jika data kita di pakai teman dan ATM pencairan atas nama kita sedangkan dia tidak izin dan tbtb pinjol selalu menangis sedangkan sy Tdk memakai uang tersebut. Apakah sy harus lapor dl ke kepolisian. Dan pinjaman itu sangat besar

Hanna Laila

Pagi ka , aku mau nanya dong untuk apk tunai rupiah , dana Fortuna , pondok dana dan uang bahagia apa apk itu ilegal atau legal?

Safitri

Saya terjerat pinjol Adakami padahal sya sudah menjelaskan bahwa sy blm ada dana untuk melunasi..tapi dari pihak pinjol tetap memaksa harus d bayar hari itu juga dan mengancam akan menyabarkan data² saya..
Bukankah pinjol adakami sudah terdaftar d ojk dan afpi

Rere

Uang teman, Rp pinjaman, dana darurat apakah pinjaman ilegal?

Rere

Solusi kita kak?

Rere

kak mau tanya untuk DC Kredit Pintar apakah datang ke daerah surabaya…

Dena

Biasanya aplikasi pinjol ilegal yg karna tidak tau kita klik trima akses kontak langsung menyalin semua kontak kita diawal ya? Jd menghapus atau membatasi setelahnya apa tidak akan berguna?

Ky11

Klo kontak saya sammpe 1345 kontak apa di salin semua ka

Ky11

kalo udh sebar data gmn bang apa solusinya yg pas

Ky11

Klo kaya gini gmana bosque

IMG_20210423_004420.JPG
Ky11

Sama itu katanya klo ketemu saya mau di cincang bosque…

Ky11

Tuh gmn menurut sampen bang??

IMG-20210423-WA0002.jpg
Elcasa

Saya mau tnya tentang pinjol yg sdg terdaftar di ojk berikut ini :
1. Kredit Pintar
2. Easy Cash
3. 360 kredit
4. Akula
5. Indoda
6. Mau Cash
7. Kredito
8. JULO
9. Uang Me
10. Ada Kami
11. Ada Pundi
12. UKU
13. Pinjamango
14. Solusi kita
15. Pinjam gampang
16. Uatas
17. Dana bijak
18. Mopinjam
19. Bantu Saku
20. Pinjamindo
21. Ada Modal
22. Rupiah cepat
23. Cash Cepat
24. Saldo Top
25. Saku Ceria
26. cankul
27. Fintek Syariah
28. Kredit Rupiah :
– Rp masa depan
– Butuh fulus
– Ksp dana mudah
– Ksp super butler 22
– Ksp pinjam mudah
29. Pinjam Yuk
30. Ayo Cash :
– Daily cash
– Pinjam sekejap
– Grab cash
– Dompet merah
– Star loan

Kira2 mana yg termasuk pinjol ilegal ya? Tlg dbntu yaa.. Terima kasih

Aryani

Saya pinjam di aplikasi pinjaman masyarak, terus cair langsung 3 transaksi dan bunga nya sangat besar dengan tenor 7 hari. Dan saya ingin mengembalikan nya tapi ga ada no cs di aplikasi tersebut. Lalu saya kasih ulasan di aplikasi tersebut untuk ingin mengembalikan dana yang sudh masuk ke rek saya.. pas saya habis saya kasih ulasan ada tanggapan dari cs aplikasi tersebut, dan saya bilang saya ingin mengembalikan dana yg sudh masuk ke rek saya, lalu dia memproses nya dan dia memberi kode pengembalian atas nama aplikasi pinjaman masyarakt. Saking takut nya langsung saya kembalikan no tersebut.. nah sekarang ada yang nagih dari aplikasi lain yang tercantum di pinjaman masyarakat, lah terus saya bialng saya sudh kembalikan dan saya kirim bukti pengembalian nya dan ternyata kata nya itu penipu. Trus saya harus gi mna ya

Nurfina

Aryani , kita sama2 korban dr pinjaman masyarakat. Saya jg seperti itu, dana yg masuk sudah di kembalikan tp ada yang menagih lagi.Itu bagaimana

Yansjanuarini

Hai kaa..apakah pinjol ilegal bisa datang ke tempat kerja

Yansjanuarini

Oh…klo yg legal bisa datang ke tempat kerja dan rumah ya kak?

Neni

apakah aplikasi hi juta ilegal, apakah dc nya datang kerumah, saya belum bisa bayar

Tris

Bang, kalo kalo kredit rupiah itu legal apa illegal? Soalnya belum jatuh tempo udah maen ancam sgala..

ViviHnovia

ka mau TAnya kalo aplikasi dana rupiah,pinjamindo dan easycash itu ada dc kerumah ngga ?

Tris

Pinjol saldo top sama dana Pratama legal apa illegal bang ?

Ai nur

Aplikasi solusi kita,uang me sama 360 kredi dc nya akan datang ke rumah nggk .kalo gagal bayar

Vidia

Kak mau tanya bantu saku apa terdaftar di ojk.
Jika tidak segera membayar di pinjol ojk apa bisa dipidana kak

Kia

Kak. Saya terjerat gali ttup lubang pinjol ojk semua 30 aplikasi. Mau kunasin ga ada. Pinjam sodara jg ga ada. Apakah lbh baik saya mulai gagal bayar atau teruskan gali tutup lubang dulu smpai ad dana? Kalo d stop kan lunayan, yg tdinya buat nutup bunga gali tutup lobang bsa dkumpulin dl buat lunasin

Kia

Siap

Kia

Untuk data. . apa semua kontak akan dtagih atau saya saja?jika sya m respon penagihannya

ismawati

kak saya mau bertanya apakah pinjol uku.pinjamyuk.uatas.klik kali.360 kredi.pinjamindo termasuk pinjaman ilegal atau legal

ismawati

berarti pinjaman resmi ya kak. apakah nama pinjol yang saya sebutkan punya Dc kak?

ismawati

jadi solusinya bagaimana kak klo saya gagal bayar apa resiko yang akan saya dapat saya benar2 tidak bisa bayar karna tidak punya uang

ismawati

Daerah apa saja kak yang bisa dijangkau sama DC pinjol? Apakah wilayah makassar & sekitarnya bisa dijangkau

Mischella

Penanganannya berbeda gimana kak?

Riszky

Bang,nama saya dipakek temen saya pinjol,temen saya hilang dan saya ditagih trus solusinya gimana?dan data sudah kesebar..di apk pinjol kredit pintar,kta kilat

Anti

Saya udh niat bayar, belum jatuh tempo. Eh malah data saya disebar terus dikata”in. Tagihan Diperpanjang terus yg penting saya sudah bayar pokoknya. Jadi saya ga usah bayar lagi kan pak ? Terus saya dichat lagi infonya data yg disebar akan saya klarifikasi. Bohong banget. Udh keburu malu saya bilang ambil saja dana dipolsek.

Lina marlina

Hai kak. Saya mau tanya ni. Apakah aplikasi ilegal bisa mengirimkan DC datang ke rumah atau tidak..

Aisyah

Assalamualaikum..kak kalo ke daerah sumatera mandailinng natal Panyabungan debcolectornya datang gak .

Lena

Kak sya ada pinjol 4 aplikasi. KreditPintar 5jt sisa angsuran 3bln lgi, AkuLaku 900k, AdaPundi 1,7jt, TunaiKita 700k. Smua dipake buat nglunasin KP yg 3bulan awal sbnernya. Slama ini sya pinjol gaprnah lebih dr 1jt dan slalu lunas tp krna kka sya ksulitan dan mnta tlong sya pinjol pake data sya jdinya sya gali lubang tutup lubang krna dia cm bsa bayar angsuran prtama dan sya sdang menganggur. Pertanyaan sya, slain AL pinjol lain tsb legal kah? Trus daerah sya dsumatra slatan apa ada kmungkinan debt collectornya bakalan nyamperin dg lokasi dan nominal pinjol sgitu?

Lena

Konsekuensi hukumnya apa?

Fitri

Berkemungkinan ga menghubungi tempat kerja dan benar benar menyebarkan data ?

Rina

Ilegal tuh yang belum terdaftar di ojk dan afpi yah?

Nurhasana

Saya gagal bayar di 6 aplikasi pinjol, dan data Saya sudah di sebar, saya sudah cape untuk membayar perpanjangan terus menerus sampai melebihi dana yang saya pinjam, dan sekarang saya pasrah karna sudah tidak sanggup membayar lagi, apa kah dc bisa mendatangi saya ke rumah nih min? Yang saya pinjam semua pinjaman ilegal, minta masukan nya ya min

Nurhasana

Maaf saya ingin bertanya
Dana rakyat, uang segera, sumber tunai, indocash, gudang dana, bunga melati, bunga anggrek, bunga lotus, bunga matahari, pahlawan pinjaman
Aplikasi yang saya tulis di atas apakah ilegal atau legal min?

Nurhasana

DANA MUDAH ilegal atau legal min?

Katarina

Mau tny lg Ka seandainya qt ganti nomer di hp yg berbeda apakah dia msh bs pny data kontak qt??

Elga

Apakah pinjol ada kami DC.a Dateng ke rumah ?

yuli

kak saya mau tanya hdompet dana cepat adamodal kreditkita pinjamcepat sama uku itu legal apa ilegal

yuli

sebenarnya saya mau bayar.tp sebelum jatuhtempo 2 hari sudah diancam.sekarang data2 saya disebar luaskan kak.saya setres kak mikirin saya sampai putus asa kak.apa mungkin dc datang kerumah.tolong pecerahannya kak

Amalia

Apakah daerah kabupaten Karawang DC bakalan ke rumah?

Randi

Halo selamat siang mas..
Saya mau bertanya, saya kmaren download aplikasi pinjol, di aplikasi tertera 90 hari makanya saya mau ajuin tapi setelah uang masuk ke rekening, 5 hari setelah itu sudah ditagih katanya tenor nya 7 hari. Trus saya tanya di aplikasi kan 90 hari, trus kata mereka itu hanya iklan saja, segala kata kasar mereka keluar, saya balas dong juga. Gak terima lah saya. Selanjutnya apakah yg harus saya lakukan ?

Randi

Selamat siang krediblog..
Saya ingin bertanya, apakah pinjol BANTU DANA, BANTU PINJAM, & MODAL FRESH ITU LEGAL ATAU ILLEGAL kah ?
Lalu apakah mereka bisa membekukan rekening kita ? Soalnya mereka mengancam seperti itu.
Kemudian saya dapat info kalau mereka itu kerja dari kost mereka yg dijadikan markas debt collector di daerah jakarta barat. Dan info nya jg, kalau kita bayar tagihan nya itu akan masuk ke rekening mereka pribadi.
Benarkah begitu, mohon penjelasannya ya min..

Terimakasih krediblog

Rohmah

Halo kaak mau tanya nih, saya tibatiba di wa penagihan dari aplikasi PINJAMAN KITA padahal saya tidak meminjam apapun, dia kirim foto saya, lalu saya jawab chatnya saya tanya aplikasi apa ternyata saya dikirimin linkny, dan saya tidak klik linknya. Lalu saya hapus saja wa nya. Itu bagaimana solusinya. Apakah mereka akan menyebarluaskan foto saya. Sedangkan saya tidak meminjam apapun dan apknya saja tidak ada di playstore

Rohmah

Baik ka makasih 🙂

Desi

saya terjebak dengan pinjol beranak pinak,,,,tadinya PD karena akan mendapat proyek besar ,,tp ternyata meleset,,jadilah sy dgn PDnya meminjam sampai ke 23 aplikasi…sebagain sdh saya perpanjang terus dgn harapan saat proyek saya lancar,,,bisa saya tutup semuanya..kenyataanya blm rejeki, proyek mendem. saya sudah menolak semua akses sprti tutorial yg abang bagikan di smartphone,,dan mengganti nomor HP supaya sy bisa tenang berpikir dulu mencari jalan keluarnya daripada menerima panggilan terus menerus TEROR SMS,,telp dan WA . kalau sy menghapus semua aplikasi tsb. masih bisakah mrk mengakses nomor baru saya di HP yg sama?

Desi

ya hanya itu yang bisa saya lakukan saat ini, karena mencari jalan keluar butuh pikiran yang tenang,,,tadi pagi saya blank,,sempat pingsan di tempat kerja saking stressnya, siang tadi saya baca2 tulisan Bang Krediblog,,sedikit membuat semangat saya untuk keluar dari masalah ini bangkit kembali, ternyata bukan cuma saya yang mengalami tp ada banyak dgn berbagai kronologi…semoga saya dapat sedikit demi sedikit menyelesaikan pijonl2 itu terutama yg legal….amin,,trims Krediblog untuk pencerahannya !

Mischella

Apakah DC kta kilat datang ke rumah?alamat saya di maluku ambon

Tata

Kak jika untuk daerah bandung apakah KTA kilat ada DC nya?

Tata

DC akan datang ke kita kalau pinjaman kita di atas berapa biasanya?

Adizah

Gabung diskusi

Iin Alfahira Bintu Abdul muis

Kak saya pernah mengajukan pinjaman di ada modal dan saya sudah lama membayarnya,tapi saya di teror terus katanya diaplikasi belum lunas,pas saya lihat di aplikasi beneran belum lunas tapi saya sudah membayarnya dan bukti2 masih ada.

Kemarin saya di chat,katanya harus melunasi sebanyak yg di aplikasi,dan kalau tidak katanya tim lapangan akan turun menagih kerumah saya.Pertanyaan saya apakah derah takalar sulawesi selatan akan di datangi??apakah saya harus membayar ulang??

Iin Alfahira Bintu Abdul muis

Saya sudah chat penagihnya dengan mengirimkan rekening koran saya sebagai bukti pembayaran resmi.Tapi penagihnya bilang itu laporan palsu padahal itu resmi dari Bank bri.Jadinya saya laporkan saja ke pihak berwajib dan melaporkannya ke OJK apakah tindakan saya benar atau salah kak?

Ririn

Saya mau tanya cangkul legal atau ilegal…mohon jawannya

Liya

Kak mau tanya pinjaman pijol kredit uang teman uang monggo pinjam itu ilegal apa tidak ya jika tidak dilunasi dc akan datang ke rumh area kudus gak

lyana

salam kenal..
saya mau tanya ..pinjol sy sdh masuk 89 hr, tiba2 nelp ke ktr…padahal sy tdk prnh kasih no telp ktr? tp kenapa mereka tau no telp sy?
mereka minta bayar hr jam 3 , pinjaman sy 1,7 jt karena lewat 89 hr mreka bilang sudah capai 3 jt. jd mereka maksa srh bayar hari ini jam 3 akan di disc menjadi 1.250.000,-
apakah ini benar2 dari pinjol atau deb collectornya aja?
karena mau 90 hr makanya mereka mau disc sebnayak itu?
tolong bantuannya…apakah perlu dibayar atau tidak/
terimaksih.