Bunga Kredivo vs Akulaku, Siapa Lebih Murah?

Bunga Kredivo vs Akulaku – Kredivo dan Akulaku adalah 2 nama aplikasi kredit online paling populer di Indonesia. Menjadi sengit karena keduanya memiliki kesamaan fitur. Baik Kredivo maupun Akulaku sama-sama memiliki layanan cicilan online dan pinjaman tunai.

Kredivo memiliki keunggulan dibanyaknya Merchant yang bekerjasama, ada sekitar 1000-an merchant yang bekerjasama dengan Kredivo, baik itu online maupun offline. Akulaku sedikit “kalah” disini karena merchant yang sudah bekerja sama dengan mereka baru dalam hitungan jari. Namun Akulaku memiliki keunggulan di pengajuan yang mudah. Lebih mudah di Acc mendaftar di Akulaku daripada Kredivo. Tak jarang Akulaku dijadikan alternatif bagi mereka yang di tolak pengajuannya di Kredivo.

Bunga Pinjaman Kredivo

Yang Krediblog suka dari Kredivo adalah transparasinya. Hampir semua tentang Kredivo mereka sampaikan baik melalui email Newsletter ataupun postingan blog. Seperti tidak ingin ada yang disembunyikan, selalu membuat referensi dan sumber tertulis.

Termasuk tentang besaran bunga pinjaman. Sejauh pantauan Krediblog, Kredivo adalah satu-satunya Fintech yang tidak “malu” menyebut bunga yang mereka kenakan. Sementara Fintech lain menyebut dengan setengah-setengah dan kadang sangat ambigu.

Bunga pinjaman di Kredivo untuk cicilan 3,6 dan 12 bulan adalah 2,95% per bulan. Berlaku untuk kredit online maupun pinjaman tunai. Namun per 10 Juli 2020 lalu, Kredivo menurunkan bunganya menjadi 2,6% per bulan. Padahal ketika bunga Kredivo sebesar 2,95% per bulan saja merupakan suku bunga paling kecil dibanding aplikasi pinjaman lainnya di Indonesia, dan sekarang malah turun. Gokil memang Kredivo!

Berikut simulasi cicilan Kredivo jika kamu meminjam sebesar 1 juta:

simulasi bunga pinjaman di kredivo

Belum punya akun Kredivo? belum terlambat untuk mendaftar. Kamu bisa mendapatkan limit saldo hingga 30 juta jika diterima untuk akun premium. Untuk meningkatkan kemungkinan di acc, kamu bisa menggunakan kode referal. Lihat selengkapnya disini: kode referal Kredivo.

Bunga Pinjaman Akulaku

Berbanding jauh dengan Kredivo, Akulaku sangat pelit berbagi informasi, termasuk dalam hal bunga pinjaman. Kamu tidak akan menemukan berapa bunga pinjaman yang dikenakan Akulaku di website mereka. Ada penjelasan besaran bunga di deskripsi Play Store Akulaku, tapi sayang masing kurang jelas.

Krediblog merasa Akulaku ikut ke dalam kelompok besar aplikasi pinjaman online di Indonesia yang tidak transparan tentang besaran bunga yang dikenakan. Menetapkan bunga yang besar namun tidak ingin terlihat besar sehingga ditutup-tutupi dengan informasi yang abu-abu.

Bahkan dalam FAQ Akulaku pun Krediblog tidak menemukan Akulaku menyebut dengan lantang berapa besar suku bunga yang mereka kenakan.

faq bunga akulaku

Bunga Kredivo vs Akulaku versi Kredivo

Pada postingannya, tim Kredivo pernah menulis besaran suku bunga untuk 4 aplikasi pinjaman tunai yang banyak digunakan di Indonesia. Berikut perhitungannya:

bunga kredivo vs akulaku
*Perhitungan di atas dibuat berdasarkan riset dan asumsi bahwa semua penyedia layanan menawarkan tenor 12 bulan dengan nominal transaksi yang sama, tanpa adanya pembayaran uang muka dan biaya admin

Seperti yang kamu lihat, besaran suku bunga Akulaku mencapai 4%. Krediblog tidak tahu pasti apa benar segitu atau tidak karena memang belum menemukan sumber tertulisnya. Yang Krediblog rasa memang jika mengambil pinjaman di Akulaku besar cicilannya akan lebih besar dibanding di Kredivo untuk nominal dan tenor yang sama.

Seharusnya perusahaan peminjaman uang baik online maupun offline mengerti pentingnya informasi bunga bagi konsumen. Bila perlu, informasi inilah yang pertama kali disampaikan. Tidak perlu takut konsumen batal meminjam jika mengetahui bunga yang dikenakan, karena jika ia butuh, ia akan menerima konsekuensinya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
14 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
dhend

sangat membantu info nya pakcik…, blog ini bs jadi referensi bagi konsumen yg mau ajukan pinjol.

Ahmad Mutsanna

Kredivo juga jelas limit yg tersedia dan jumlah yg bisa di gunakan..
Akulaku sering membatasi penggunaan sisa limit yg ada seandainya msh ada tagihan, walaupun tagihan msh jatuh tempo lama..
Jd pemberian limit dan pengguanaan limit lebih jelas di kredivo

Wenty

Ya tapi kredivo itu biaya admin nya pemotongannya gede bgt mlh yg lain pemotongan admin ga gede kaya kredivo kalo dihitung2 ya sama aja tgginya,,, hehe

Wenty

Ya seh bner shoppepinjam jg lmyn lowpn sdkit lbh tggi dr kredivo tp klo d bndg akulaku mgkn lbh milih shopee pinjam dan kredivo

Kangmus

Lebih murah lagi CERIA by BRi hanya 1.42%

Mee

Sekarang bunga akulaku sudah turun. Syukur udah dapat dana cicil dari Akulaku dan Premium dari Kredivo. Pas dibandingkan keduanya saat ini, bunga dan biaya di Akulaku lebih murah dibandingkan Kredivo.

sri

Saya mw tanya
Sy ad aplksi akulaku
Jika sy ingin buka apliksi kredivo dg nomor tlp yg sama ap bisa
Terimkasih mohon di jawab
Krn jwbn ny sgt sy tunggu2
Assalamu’alaikum

sri

Terimkash banyak kak atas informasi nya.