Pinjaman Akulaku vs Kredivo Head to Head. Siapa Lebih Baik?

Pinjaman Akulaku vs Kredivo – Sedang galau menimbang meminjam di Akulaku atau Kredivo? Head to head pinjaman Akulaku vs Kredivo berikut akan membantumu menentukan pilihan. Poin yang akan dijadikan parameter perbandingan adalah pendaftaran, nominal pinjaman, pilihan tenor, bunga plus biaya administrasi dan kecepatan proses.

Head to head berikut berangkat dari asumsi kamu memiliki akun Akulaku dan Kredivo dan sedang menimbang untuk memilih mengajukan pinjaman disalah satunya. Atau kamu belum memiliki keduanya dan sedang mencari tahu mana yang paling baik untuk kemudian mendaftar dan mengajukan pinjaman. Apapun kondisimu, di akhir tulisan ini kamu akan mengetahui siapa yang terbaik antara Akulaku dan Kredivo untuk kategori pinjaman tunai.

Tulisan ini merupakan komparasi Side by side dari review yang pernah Krediblog tulis sebelumnya. Sangat disarankan kamu melanjutkan membaca kesana pada akhir tulisan ini. Silahkan baca review pinjaman Akulaku dan pinjaman Kredivo untuk pembahasan yang lebih detail dan mendalam.

Pinjaman Akulaku vs Kredivo: Pendaftaran

Mendaftar di Akulaku semudah registrasi di Bukalapak. Maksudnya Akulaku sangat Welcome terhadap pengguna baru dan seolah sangat senang jika kita mendaftar disana. Meski syarat pendaftaran menjadi kian sulit dengan keharusan menyertakan BPJSTKU yang tidak semua orang miliki, tetapi mereka memberikan alternatif. Syarat pendaftaran tidak rumit dengan proses verifikasi yang juga tidak terlalu ketat. Kamu akan dengan mudah mendaftar di Akulaku dan diberikan limit saldo sekitar Rp 2.000.000.

Meski tidak bisa disebut sulit, mendaftar di Kredivo tidak semudah Akulaku. Pendaftaran Kredivo khususnya untuk akun Premium menyisakan harap-harap cemas pada verifikasinya. Meski kamu bisa memenuhi semua persyaratan yang diminta, tidak ada jaminan pendaftaranmu akan diterima. Ada proses kredit skoring yang sepertinya sangat ketat sehingga tidak semua pengajuan bisa lolos. Mendaftar di Kredivo membutuhkan sedikit Effort dalam prosesnya.

Head to head pinjaman Akulaku vs Kredivo untuk kategori pendaftaran, Akulaku unggul dalam kemudahan proses pendaftaran. Bahkan kerap kali (meski tidak selalu) mereka yang mendaftar di Akulaku adalah “buangan” dari Kredivo. Dengan fitur yang mirip-mirip, Akulaku adalah alternatif paling baik jika pengajuanmu di Kredivo ditolak. Untuk kemudahan pendaftaran, Akulaku lebih unggul.

pinjaman akulaku vs kredivo pendaftaran

Head to Head: Nominal Pinjaman

Untuk KTA Asetku, Akulaku memberikan nominal pinjaman hingga Rp 3.000.000. Sedang untuk Dana Cicil nominal yang bisa kamu pinjam adalah hingga Rp 15.000.000. Sejak meluncurkan layanan pinjaman tunai, Akulaku terlihat serius menggarap lini produk ini. Terbukti dengan gencarnya promo yang dilakukan baik kepada pengguna lama maupun yang baru saja mendaftar. Dan dengan pemberian nominal pinjaman yang lebih besar dari rata-rata pinjaman online lainnya.

Untuk nominal pinjaman, Kredivo tidak kalah dengan Akulaku. Meski tidak memberikan nominal pinjaman yang tetap, Kredivo mengalokasikan nominal pinjaman hingga Rp 8.000.000 untuk setiap akun. Maksudnya? Sebenarnya Kredivo tidak memberikan nominal pinjaman tunai sebesar Rp 8.000.000 melainkan sejumlah limit saldo 6 bulan. Dan jika total limit yang kamu dapat adalah Rp 30.000.000, maka nominal pinjaman yang bisa kamu pinjam adalah hingga Rp 8.000.000 tadi.

Head to head pinjaman Akulaku vs Kredivo untuk kategori nominal pinjaman, keduanya berimbang dengan masing-masing memberikan nominal yang besar. Nominal pinjaman yang Akulaku dan Kredivo berikan, jauh lebih besar dari yang ditawarkan oleh rata-rata pinjaman online atau fintek lending lainnya.

nominal pinjaman

Pinjaman Akulaku vs Kredivo: Pilihan tenor

Pinjaman Akulaku menawarkan pilihan tenor yang cukup variatif. KTA Asetku yang diarahkan untuk pinjaman kilat, memberikan pilihan tenor singkat 15 hari dan 22 hari. Sedangkan untuk Dana Cicil yang memang diperuntukkan untuk jenis pinjaman cicilan dengan nominal yang lebih besar, memberikan pilihan tenor yang lebih lama yaitu hingga 15 bulan. KTA Asetku dan Dana Cicil oleh Akulaku dipisahkan berdasar skala kebutuhan. Untuk kebutuhan kecil gunakan KTA Asetku sedang untuk kebutuhan dana yang lebih besar disediakan Dana Cicil.

Berbeda dengan Akulaku, pinjaman Kredivo membagi pilihan tenor dengan pilihan yang tetap namun tetap variatif. Diantaranya 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan. Masing-masing tenor tersebut terikat dengan limit saldo yang akan diajukan. Misal jika kamu ingin meminjam sejumlah saldo 6 bulan, maka otomatis tenor yang kamu pilih adalah 6 bulan. Begitu juga untuk limit saldo pada periode lainnya.

Head to head pinjaman Akulaku vs Kredivo untuk kategori tenor pinjaman, keduanya kembali berimbang karena sama-sama menawarkan pilihan tenor yang variatif atau lebih dari 2 pilihan.

tenor pinjaman

Head to Head: Bunga Pinjaman

Pinjaman Akulaku jenis KTA Asetku mengenakan bunga 3% untuk tenor 15 hari dan 4,34% untuk tenor 22 hari.. Sebuah bunga yang terbilang besar untuk pinjaman yang tidak sampai 30 hari. Sedangkan untuk Dana Cicil, bunga pinjaman yang dikenakan adalah hingga 5% per bulan untuk semua nominal pinjaman. Meski kedua bunga tersebut masih lebih kecil dari yang dibebankan oleh fintek lending kebanyakan, namun tetap saja akan terasa besarnya saat kamu melakukan pembayaran.

Pinjaman Kredivo bisa dibilang menang mutlak untuk kategori bunga pinjaman ini. Bagaimana tidak, bunga yang mereka kenakan hanya 2,6% per bulan. Bahkan Kredivo tidak saja menang terhadap Akulaku, melainkan menang atas (hampir) semua pinjaman online yang ada di Indonesia. Lebih gila lagi, untuk pinjaman tunai tenor 30 hari, Kredivo tidak mengenakan bunga sepeserpun atau hanya dikenakan biaya admin. Untuk pinjaman 30 hari, bisa dibilang Kredivo “mengacak-acak” harga pasar.

Head to head pinjaman Akulaku vs Kredivo untuk kategori bunga pinjaman, jelas Kredivo lebih unggul. Dari bunga maksimal hingga 24% per bulan yang diizinkan asosiasi fintech Indonesia (AFPI), Krediblog hanya mengambil 2,6% saja.

pinjaman akulaku vs kredivo bunga

Pinjaman Akulaku vs Kredivo: Biaya Administrasi

Pinjaman KTA Asetku di Akulaku mengenakan biaya administrasi dan biaya lain-lain yang harus kamu bayar. Tercatat biaya yang harus kamu tanggung diantaranya bunga/periode sebesar 0,20%, biaya administrasi sebesar 9% dan biaya premi sebesar 1% dari besar pinjaman. Entah mengapa ada banyak sekali biaya embel-embel pada pinjaman singkat tersebut. Sedangkan untuk Dana Cicil biaya yang dikenakan hanya biaya administrasi sebesar Rp 20.000 yang dibayarkan setiap kali kamu melakukan cicilan. Dengan kata lain jika kamu mencicil selama 12 bulan, maka sebanyak 12 kali kamu harus membayarkan biaya administrasinya.

Pinjaman Kredivo mengenakan biaya administrasi yang juga besar, yaitu sebesar 6% dari besar pinjaman. Namun karena bunga yang dikenakan sangat rendah, besar biaya administrasi terasa tertutupi. Biaya administrasi pada pinjaman Kredivo dipotong langsung dari dana pinjaman. Dan karena hanya mengenakan satu biaya administrasi, perhitungan biaya di Kredivo lebih jelas sehingga menimbulkan kesan simpel dan tidak ribet.

Head to head pinjaman Akulaku vs Kredivo untuk kategori biaya administrasi, kembali Kredivo lebih unggul. Harusnya pinjaman Akulaku meniru apa yang Kredivo terapkan. Yaitu entah Akulaku mau menyebutnya dengan biaya apa, pastikan ia simpel dan mudah dimengerti.

pinjaman akulaku vs kredivo biaya administrasi

Head to Head: Kecepatan Proses

Saat kamu mengajukan pinjaman Akulaku, baik KTA Asetku maupun Dana Cicil, dana pinjaman yang kamu ajukan akan kamu terima dalam 10 menit setelah pengajuan terkirim. Pada Dana Cicil sebenarnya proses akan lebih lama karena ketika kamu pertama kali mengajukan pinjaman, kamu akan diharuskan melengkapi beberapa syarat tambahan. Namun untuk pengajuan berikutnya, proses akan lebih cepat. Baik KTA Asetku dan Dana Cicil, keduanya bisa diandalkan dalam hal kecepatan.

Pinjaman Kredivo juga tidak kalah dalam hal kecepatan, bahkan nyaris instan. Yah, sekitar 1-3 menit setelah pengajuan pinjamanmu terkirim, dana sudah ditransfer ke rekeningmu. Pinjaman Kredivo sangat bisa diandalkan jika kamu membutuhkan dana dalam kondisi mendesak.

Head to head pinjaman Akulaku vs Kredivo untuk kategori kecepatan proses, keduanya berimbang karena sama-sama menawarkan kecepatan proses yang nyaris instan. Kedua jenis pinjaman tersebut, bisa menjadi “dana cadangan” yang siap sedia untuk digunakan kapan saja.

pinjaman akulaku vs kredivo kecepatan

Pinjaman Akulaku vs Kredivo: Siapa Lebih Baik?

Berdasarkan 6 parameter yang sudah diuraikan diatas, pinjaman Akulaku mendapatkan 4 poin sementara pinjaman Kredivo 5 poin. Ini dengan sendirinya menunjukkan hasil untuk head to head pinjaman Akulaku vs Kredivo, Kredivo lebih baik. Adapun poin yang kurang pada Akulaku adalah dalam hal bunga yang terlalu besar dan perhitungan biaya lain-lain yang terkesan banyak dan ribet.

pinjaman akulaku vs kredivo kecepatan

Perlu dipahami bahwa hasil dari head to head ini tidak berarti pinjaman Akulaku itu buruk, ia hanya kalah baik dari Kredivo. Secara umum baik Akulaku maupun Kredivo keduanya merupakan jenis pinjaman online yang bisa dipercaya dan mengenakan bunga yang tergolong wajar khususnya jika dibandingkan dengan pinjaman online kebanyakan.

Jika kamu memiliki akun Akulaku dan Kredivo, pinjamlah di Kredivo terlebih dahulu. Akulaku baru digunakan ketika di Kredivo-mu tidak memiliki cukup saldo. Sedang untuk kamu yang baru berniat mendaftar, cobalah mendaftar terlebih dahulu di Kredivo. Syukur-syukur pengajuanmu diterima dengan limit saldo besar sehingga tidak perlu “nyabang” ke Akulaku. Namun jika ketatnya verifikasi membuat pengajuanmu ditolak, saatnya mengaktifkan Si Alternatif Akulaku.

Pinjaman Alternatif

Jika kamu kesulitan mendaftar di Kredivo dan kurang tertarik dengan Akulaku, berikut pinjaman alternatif yang bisa kamu coba :

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar