Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah? Ayo Cari Tahu.

Pinjol apa saja yang datang ke rumah – Debt Collector adalah tim penagih yang akan melakukan penagihan kepada nasabah atau konsumen yang terindikasi macet pembayarannya. Biasanya untuk pengguna pinjaman online atau pinjol yang sudah terlambat bayar seminggu atau lebih akan mulai banyak telpon berdering untuk menanyakan perihal pembayaran tagihan. Semakin lama kamu menunda, akan semakin sering telpon berdering. Dan semakin susah kamu ditagih akan semakin keras cara mereka melakukannya. Apakah itu termasuk dengan datang ke rumah?

Apakah pinjaman online akan menagih ke rumah?

Jawabannya, “Mengapa tidak”?. Debt Collector dalam hal ini DC lapangan hanya memiliki satu tujuan, yaitu agar peminjam membayar tagihannya. Meski secara prosedural mereka diikat oleh SOP yang harus dipatuhi, namun situasi dilapangan terkadang “memaksa” mereka untuk bertidak diluar prosedur. Maka sering kamu baca, dengar atau bahkan merasakan langsung Debt Collector yang menagih dengan cara kasar, intimidatif hingga pelanggaran pidana.

Mendatangi rumah adalah salah satu langkah yang sangat mungkin mereka tempuh. Biasanya ini baru dilakukan jika peminjam menunggak dalam jumlah yang besar dan sudah berlangsung lama. Mendatangi rumah menjadi satu-satunya opsi karena peminjam tidak ada kejelasan dan sangat susah ditagih, tidak mau mengangkat telpon bahkan untuk sekedar membalas WhatsApp pun ogah.

Apakah pinjaman online harus dibayar?

Sering sekali Krediblog mendengar saran, masukan, atau solusi dari diskusi masalah pinjol yang berakhir seperti ini, ” Ya sudah, tidak usah dibayar aja sekalian”. Bahkan pernah salah satu pengawas OJK berujar, ” Meminjam di pinjol ilegal tidak perlu dibayar”. Haruskah seperti itu? Itukah cara benar untuk menyelesaikannya?

Jika kamu bertanya kepada Krediblog apakah pinjaman online harus dibayar? tanpa berfikir dua kali akan Krediblog jawab, “Tentu saja”. Jika pinjol itu menagih dengan cara meneror sampai membagikan data pribadi?, “Kamu masih harus membayarnya”. Jika ternyata ia pinjol ilegal?, ” Kamu tetap harus membayarnya”. Ah jangan-jangan Krediblog adalah DC pinjol yang menyamar!. Mana argumennya untuk membuktikan Krediblog bukan musuh dalam selimut?.

Pinjaman adalah sebuah akad. Kamu meminjam dengan kesadaran keharusan untuk membayar. Jikapun terjadi sengketa dalam prosesnya, itu tidak membatalkan keharusanmu membayar. Satu-satunya cara kamu menyelesaikan akad pinjaman ini adalah dengan membayarnya atau jika pihak pemberi pinjaman mengangganya selesai. Bagaimana jika pemberi pinjaman melakukan teror dan perbuatan tidak menyenangkan lainnya? Tindakan tersebut jelas salah. Ia dengan tindakannya tersebut akan mendapatkan konsekuensinya sendiri, sedang konsekuensimu adalah membayar uang yang sudah kamu gunakan. Jika ternyata pembeli pinjaman adalah pinjol ilegal yang tidak berizin? Apakah kamu meminjam kepadanya karena ia berizin? Bukankah kamu meminjam karena ia memiliki uang yang kamu butuhkan dan kamu menerimanya sesuai akad?. Perizinan menjadi urusan dia dengan pemerintah, urusanmu dengan dia adalah bayar uang yang kamu pinjam.

Terkait hutang atau pinjaman, Krediblog tidak melihat cara lain untuk menyelesaikannya selain membayarnya atau meminta untuk dihanguskan. Atau jika ia telah beranak pinak karena bunga dengan jumlah yang tidak karuan, bayarlah minimal sejumlah uang yang sudah kamu pinjam.

Berapa Lama DC Pinjol Meneror?

pinjol apa saja yang datang ke rumah

Selama ia belum mendapatkan apa yang dicari. Dalam hitungan waktu bisa hanya satu minggu, hingga 3 Minggu atau bahkan berbulan-bulan. Yang sering peminjam lupa adalah fakta bahwa DC sebuah pekerjaan. DC melakukan pekerjaan tersebut tidak dalam rangka iseng melainkan untuk mendapatkan gaji dan insentif. Kurang lebih seperti kamu yang bekerja kemudian mendapatkan gaji, DC setelah berhasil menagih akan mendapatkan bayarannya. Jadi jika ia masih saja terus menagih, itu karena ada yang sedang diusahakannya.

Ketika membaca surat konsumen terkait konfliknya dengan DC pinjol, Krediblog sering bertanya siapa yang salah? apakah peminjam yang karena keadaan belum bisa membayar tagihannya atau DC yang kasar dalam menagih karena itu memang pekerjaannya?. Kalau boleh menyalahkan, keadaanlah yang salah. Kamu tidak seharusnya berada pada keadaan itu agar tidak berurusan dengan beragam rupa Debt Collector.

Daftar Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah

Tentu saja sulit menjawab pertanyaan pinjol apa saja yang datang ke rumah, karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, pinjol apa saja bisa datang ke rumah. Karena kemungkinan tersebut, akan lebih mudah menjawab pinjol apa saja yang tidak datang ke rumah. Pinjol yang tidak akan datang ke rumah adalah yang tidak memiliki kredit macet alias semua tagihannya lancar.

Mencari jawaban dari pinjol apa saja yang datang ke rumah mirip-mirip dengan mencari jawab untuk berbuat jahat apa yang tidak dipenjara. Ini bukan berarti Krediblog menyamakan keduanya, hanya untuk analogi saja. Pada perbuatan jahat, dipenjara tidaknya tergantung level kesalahanmu dan kemampuanmu membela diri. Sedang untuk pinjol, didatangi tidaknya tergantung level pinjamanmu dan itikadmu untuk menyelesaikannya. Karena semua pinjol mungkin untuk datang kerumah, kamu tidak akan menemukan daftar pinjol apa saja yang datang ke rumah pada tulisan ini.

Namun jika kamu membutuhkan daftar nama pinjol, berikut Krediblog kutipkan beberapa dari website OJK:

  1. DOMPET Kilat
  2. UANGTEMAN
  3. KTA KILAT
  4. Kredit Pintar
  5. Maucash
  6. PinjamanGO
  7. AdaKami
  8. RUPIAH CEPAT
  9. Indodana
  10. JULO, dll.

Untuk sedikit memberi gambaran terkait pinjol dan proses penagihannya, Krediblog sertakan daftar pinjol yang pernah Krediblog gunakan dan review. Dari sedikit uraian yang ada, kamu bisa menilai sendiri apakah DC pinjol tersebut memiliki potensi untuk menagih hingga mendatangi rumah atau tidak.

Kredivo

Mengenakan bunga pinjaman paling rendah dari semua fintek lending yang ada, yaitu hanya 2,6% per bulan. Dengan bunga yang kecil tersebut harusnya tidak banyak kredit macet yang terjadi karena nominal yang harus dibayarkan tergolong murah. Pinjol Kredivo mengggunakan sistem penagihan menggunakan telpon, SMS dan Email.

Profil selengkapnya: Pinjaman Kredivo.

Akulaku

Akulaku mengenakan bunga pinjaman hingga 4% lebih namun tidak sampai 5%. Bunga dibawah 5% tergolong murah untuk pinjaman online di Indonesia karena bunga yang diizinkan oleh asosiasi fintek lending adalah hingga 24% per bulan. Pinjol Akulaku menggunakan sistem penagihan melalui telpon dan Push Notification.

Profil selengkapnya: Pinjaman Akulaku.

Rupiah Cepat

Jangan kaget ya? Rupiah Cepat mengenakan bunga pinjaman yang Krediblog hitung sebesar 22% per bulan. Inilah jenis aplikasi online pertama yang mengejutkan Krediblog dengan besaran bunganya dan penjelas mengapa terjadi banyak peminjam yang terlilit hutang pinjol. Pinjol Rupiah Cepat menggunakan sistem penagihan dengan telpon langsung.

Profil selengkapnya: Pinjaman Rupiah Cepat.

UangMe

UangMe juga mengenakan bunga pinjaman yang tergolong besar yaitu hingga 9,6% per bulan. Bunga yang besar seperti itu sangat rawan membuat peminjamnya kolaps sehingga gagal bayar. Sistem penagihan UangMe menggunakan telpon. Yang sedikit horor adalah penagihan pada UangMe dikenal galak dan tidak sabaran.

Profil selengkapnya: Pinjaman UangMe

Pinjol Alternatif

Sedang mencari pinjaman alternatif namun tidak ada dari yang sudah disebutkan diatas? Beberapa nama berikut mungkin bisa kamu coba:

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar