KREDIBLOG » PINJAMAN ONLINE » SHOPEE PINJAM

Shopee Pinjam: Pinjaman Uang Tunai Cair dalam dalam 10 Menit

aplikasi pinjaman shopee pinjam

Review Shopee Pinjam
logo shopeepinjam

Nama: Shopee Pinjam

Deskripsi: Pinjaman uang tunai online melalui platform e-Commerce Shopee

Besar pinjaman: Hingga Rp 5.000.000

Tenor: 2 dan 3 bulan

Platform: Android, iOS

Nilai
4.3
  • Proses pendaftaran
  • Nominal pinjaman
  • Pilihan tenor
  • Bunga pinjaman
  • Biaya admin
  • Waktu proses

Kesimpulan ShopeePinjam

ShopeePinjam memungkinkan pengguna untuk meminjam uang tunai melalui aplikasi Shopee. Besar pinjaman yang bisa didapatkan adalah hingga Rp 5.000.000 dengan pilihan tenor 2 dan 3 bulan. Jika mau terus berimprovisasi, ShopeePinjam bisa menjadi penantang serius aplikasi pinjaman online yang sudah mapan. Kecepatan dan kemudahan yang dihadirkan menjadi nilai lebih dari Shopee Pinjam disaat aplikasi lain masih ribet dalam pendaftaran.

Kelebihan

  • Aktivasi pengajuan akun mudah
  • Pengajuan pinjaman cepat
  • Biaya administrasi ringan
  • Suku bunga relatif wajar
  • Bisa pinjam lebih dari satu kali (selama masih ada saldo)

Kekurangan

  • Pengajuan akun terbatas
  • Pilihan tenor singkat

Berikut review selengkapnya untuk ShopeePinjam. Untuk memberikan pandangan yang utuh dan objektif, Krediblog beneran melakukan pinjaman.

Review Pinjaman ShopeePinjam Real oleh Pengguna

Apa itu Shopee Pinjam?

Definisi mudahnya, Shopee Pinjam adalah pinjaman uang tunai melalui platform e-Commerce Shopee. Penjelasan yang lebih panjang, ShopeePinjam merupakan kerjasama antara Shopee selaku platform penyedia dengan PT LENTERA DANA NUSANTARA selaku pemberi dana. Kerjasama ini mirip dengan KTA Asetku di Akulaku. Dimana Akulaku sebagai platform penyedia memberikan pinjaman tunai dengan sumber dana yang berasal dari Asetku (PT Pintar Inovasi Digital).

Kerjasama semacam ini memang umum dan mulai banyak bermunculan. Dimana Fintech Lending dalam rangka memperluas jangkauan layanannya bekerjasama dengan platform digital lain yang memiliki pengguna masif. Fintech Lending akan dengan cepat kebanjiran permintaan karena layanan mereka di display di tempat yang ramai pengunjung. Sedang Shopee mendapat keuntungan dari kian banyaknya fitur layanan yang ditawarkan.

Sekilas Tentang Lentera Dana Nusantara

profil lentera dana nusantara shopee pinjam

Lentera Dana Nusantara adalah fintek lending yang menghubungkan penerima pinjaman (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Kamu yang memiliki dana berlebih bisa menginvestasikannya di Lentera Dana Nusantara untuk kemudian akan mendapatkan bunga sebagai keuntungannya. Uang yang kamu investasikan itulah yang kemudian akan dipinjamkan dalam bentuk layanan ShopeePinjam.

Selain ShopeePinjam, Lentera Dana Nusantara memiliki produk lainnya yang bernama ShopeePayLater, yaitu layanan pembiayaan yang memungkinkanmu untuk membeli barang di Shopee dengan cara kredit atau bayar nanti. Kamu bisa membaca review selengkapnya di: ShopeePayLater.

Untuk saat ini, kedua layanan Lentera Dana Nusantara tersebut berafiliasi dengan platform eCommerce Shopee dan belum ada pendaftaran mandiri. Artinya kamu yang ingin menggunakan Shopee Pinjam atau ShopeePayLater harus terlebih dahulu mendaftar diri di Shopee.

ShopeePinjam sendiri merupakan fitur perpanjangan dari ShopeePayLater yang terlebih dulu ada. Jika diperhatikan, yang mendapatkan undangan aktivasi ShopeePinjam adalah mereka yang aktif di ShopeePayLater. ShopeePinjam pada aplikasi Shopee dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Shopee Pinjam untuk penjual dan Shopee Pinjam untuk pembeli. Keduanya memiliki cara pengaktifan dan penggunaan yang sama, hanya berbeda pada peruntukan saja. Pada bahasan kali ini akan lebih banyak membahas ShopeePinjam untuk pembeli.

Kantor dan Call Center

Kantor pusat Lentera Dana Nusantara berada di Kuningan, Jakarta Selatan. Lentera Dana Nusantara berstatus terdaftar di OJK dengan nomor terdaftar S-1116/NB.213/2018.

Alamat kantor Lentera Dana Nusantara
PT. Lentera Dana Nusantara
Sopo Del Office Tower & Lifestyle, Lantai 28 Jl. Mega Kuningan Barat III Lot 10.1-6
Jakarta 12950, Indonesia

Telpon(021) 8086 4290
Emailcs@lenteradana.co.id
WebsiteLihat website
Prosedur pengaduanLihat petunjuk

Download

Seperti disebutkan sebelumnya, karena Lentera Dana Nusantara bekerjasama dengan Shopee, maka untuk bisa menggunakan layanannya kamu terlebih dahulu harus mendownload dan mendaftar di aplikasi Shopee. Aplikasi Shopee memiliki rating yang bagus baik di Google Play maupun App Store.

Rapor bagus yang dimiliki Shopee adalah buah karya dari banyaknya fitur dan baiknya layanan mereka. Rating 4,7 dan 4,6 masing-masing dari Google Play dan App Store membuktikan itu. Jika kamu membaca review ini melalui Hp Android, kamu bisa mendownload Shopee di link Shopee Android. Dan untuk kamu yang menggunakan perangkat iOS bisa mendownloadnya di link Shopee iOS.

Cara Mendaftar ShopeePinjam

Untuk saat ini, Shopee Pinjam hanya untuk pengguna terpilih saja. Kamu bisa mengaktifkan Shopee Pinjam hanya ketika mendapat “undangan” dari Shopee. Bentuk undangannya berupa munculnya menu baru “Shopee Pinjam” pada aplikasi Shopee pada tab “Saya”. Berikut tutorial untuk mengaktifkan Shopee Pinjam jika kamu merupakan pengguna terpilih:

  1. Buka menu Shopee Pinjam
    Pada aplikasi Shopee, klik tab “Saya” dan pilih menu “Shopee Pinjam” pada daftar menu.
  2. Klik Aktifkan Sekarang
    Klik tombol “Aktifkan Sekarang” pada menu Shopee Pinjam tadi.
  3. Masukkan nomor telpon
    Masukkan nomor telpon jika belum ada nomor telpon yang terhubung dengan aplikasi Shopee. Lalu masukkan kode OTP yang diminta.
  4. Lengkapi info kontak darurat
    Masukkan 2 nama dan nomor telpon untuk kontak darurat.
  5. Verifikasi wajah
    Lakukan verifikasi wajah melalui sarana yang disediakan.
  6. Selesai
    Jika pengajuan aktivasimu diterima akan muncul pop up notifikasi ucapan selamat beserta keterangan besar limit pinjaman yang didapat.

Jika di aplikasi Shopee mu tidak muncul menu “Shopee Pinjam”, berarti kamu belum terpilih. Tidak ada cara yang bisa dilakukan agar kamu menjadi yang terpilih. Krediblog pernah menghubungi CS Shopee untuk menanyakan hal ini, mereka menjawab bahwa kriteria pemilihan mutlak kehendak Shopee. Krediblog pribadi berpendapat bahwa pemilihan dilakukan secara random by sistem.

FAQ Shopee Pinjam

Apakah berarti mengajukan Shopee Pinjam itu sulit?

Bukan sulit tapi memang dibatasi pengajuannya. Jika kamu belum mendapatkannya itu hanya masalah kesempatan saja.

Bagaimana agar bisa terpilih untuk bisa mengajukan Shopee Pinjam?

Tidak ada. Namun kamu bisa memperbanyak transaksi di Shopee guna meningkatkan reputasi. Ini tidak menjamin berhasil, namun reputasi yang baik memberikan Shopee alasan untuk “memilih” mu.

Berapa limit saldo ShopeePinjam?

ShopeePinjam untuk Penjual hingga Rp 5.000.000, sedang Shopee Pinjam untuk Pembeli hingga Rp 3.00.000.

Apakah limit saldo tiap akun sama?

Kemungkinan berbeda tergantung profil resiko. Sistem ini juga yang digunakan untuk menentukan saldo pada ShopeePayLater.

Apakah bisa mengajukan kenaikan limit Shopee Pinjam?

Mungkin. Shopee Pinjam masih sangat baru sehingga setiap perkembangan masih dalam tahap evaluasi.

Customer Service Shopee minim info tentang Shopee Pinjam?

Bisa dimengerti karena Shopee Pinjam bukan produk asli Shopee melainkan hasil kerjasama dengan perusahaan lain. Kamu boleh bertanya langsung ke Lentera Dana Nusantara selaku Partner.

Perhitungan Bunga Shopee Pinjam

Pada bagian FAQ, tertulis bahwa ShopeePinjam menetapkan suku bunga 2,45% per bulan. Mereka juga mengenakan biaya penanganan sampai dengan 3% untuk setiap transaksinya. Sedang untuk keterlambatan pembayaran, akan dikenakan denda sebesar 5% dari besar cicilan tertunggak.

Untuk mencari tahu kebenarannya, Krediblog coba menghitug bunga Shopee Pinjam dari aplikasi langsung.

Berikut perhitungan bunga Shopee Pinjam untuk pinjaman sebesar Rp 1.000.000 :

ItemTenor 2 BulanTenor 3 Bulan
Jumlah didapatkan990.000990.000
Biaya Transaksi10.00010.000
Bunga78.964118.593
Cicilan per bulan539.482372.865

Krediblog juga menghitung dengan nominal pinjaman yang berbeda guna melihat perbandingannya. Kesimpulan yang bisa diambil:

  • Shopee Pinjam menetapkan biaya transaksi 1% dari besar pinjaman.
  • Jika benar suku bunga 2,45% per bulan, harusnya bunga untuk tenor 2 bulan adalah Rp 49.000 dan tenor 3 bulan Rp 73.500.
  • Besar bunga yang tertera pada tabel siatas adalah perhitungan dari kurang lebih 3,9% per bulan.

Tidak tahu perhitungan mana yang benar, namun meskipun mereka menetapkan bunga 4% per bulan masih tergolong wajar mengingat proses pengajuannya yang mudah dan pencairannya yang cepat.

Cara Menggunakan Shopee Pinjam

Krediblog akan meminjam sebesar Rp 800.000 dengan memilih tenor 3 bulan. Pada perhitungan aplikasi uang yang didapat adalah Rp 792.000 setelah dipotong biaya administrasi Rp 8.000, dan cicilan per bulan yang harus dibayar Rp 298.292. Pengajuan pinjaman diajukan pada 8 September 2020. Perhatikan tabel untuk detail perhitungan.

Jumlah didapatkan792.000
Biaya Transaksi8.000
Bunga94.875
Cicilan per bulan298.292
Perhitungan pinjaman Shopee Pinjam sebesar 800 ribu untuk tenor 3 bulan

Tutorial Meminjam di ShopeePinjam

Berikut langkah-langkah mengajukan pinjaman di ShopeePinjam:

  1. Buka aplikasi Shopee dan cari menu ShopeePinjam

    Menu Shopee injam ada pada tab “Saya” dan di bagian tengah menu.

  2. Pilih Ajukan

    Pada halaman Shopee Pinjam klik tombol “Ajukan”

  3. Pilih nominal dan tenor pinjaman

    Tentukan jumlah pinjaman dengan menggeser slider dan pilih tenor yang dikehendaki.

  4. Input informasi Bank tujuan transfer

    Masukkan Bank tujuan transfer. Bank yang diterima hanya BCA, BNI, BRI dan Mandiri. Nama pada akun Bank harus sama dengan nama yang digunakan untuk registrasi ShopeePayLater.

  5. Cek detail

    Pastikan kamu memeriksa perhitungan pinjaman yang ingin kamu ajukan. Berapa yang kamu dapat, besar bunganya dan nominal cicilan yang harus dibayar per bulannya. (screenshot: Detail)

  6. Ajukan pinjaman

    Jika sudah yakin semuanya sesuai, klik tombol “Ajukan Sekarang”.
    (screenshot: Pengajuan)

  7. Selesai

    Pengajuanmu sudah masuk dan dana akan dikirim ke rekeningmu.

  8. Dana pinjaman diterima

    Paling cepat dalam hitungan menit paling lama 2 hari kerja.
    (screenshot: Transfer)

tutorial pinjaman di shopee pinjam

Pembayaran tagihan ShopeePinjam jatuh tempo setiap tanggal 5 setiap bulannya. Jika pengajuan diajukan tanggal 8 September 2020, maka cicilan pertama sebesar Rp 298.292 harus dibayarkan pada 5 Oktober 2020. Cicilan berikutnya pada 5 November dan cicilan terakhir pada 5 Desember 2020.

Total waktu pengajuan dari melengkapi data yang dibutuhkan sampai aplikasi terkirim kurang lebih 5 menit. Dan dana ditransfer oleh ShopeePinjam dalam 10 menit. Artinya meminjam di ShopeePinjam selesai dalam 15 menit.

Catatan Shopee Pinjam

ShopeePinjam menambah panjang daftar pinjaman online berbasis aplikasi di Indonesia. Baik perusahaan Fintech yang berdiri sendiri maupun bekerjasama dengan platform populer lain. Di satu sisi ini adalah keuntungan karena sebagai pengguna kita diberikan banyak pilihan, namun di sisi lain ini bisa jadi boomerang jika kita tidak jeli dalam menghitung kemauan dengan kemampuan. Jangan sampai pinjaman online dengan segala fiturnya yang digadang-gadang menjadi solusi keuangan, malah jadi sumber masalah baru. So, bijaklah dalam meminjam.

Pinjaman Tunai Alternatif

Jika kamu tidak bisa meminjam di ShopeePinjam karena belum mendapatkan undangan, kamu bisa mencoba alternatif pinjaman berikut :

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
2 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Uwlndrrr

Sangat bermanfaat

Last edited 9 days ago by Uwlndrrr