Cek Identitas Lewat No Rekening Bank. Apakah Bisa?

Cek identitas lewat no rekening Bank – Pada setiap penipuan yang melibatkan uang, hampir pasti menyertakan nomor rekening bank dalam prosesnya. Entah itu penipuan berhadiah yang harus transfer dana dulu, pinjam di pinjaman online malah disuruh deposit, Seller nakal yang menjual barang rusak hingga beragam modus tipu-tipu lainnya. Para korban penipuan ini pasti penasaran siapa identitas para penipu ini.

Bukan hanya karena alasan penipuan, pencarian identitas melalui nomor rekening juga kerap dilakukan untuk tujuan penting lainnya. Pertanyaannya kemudian, bisakah kita yang hanya orang biasa ini melacak identitas seseorang melalui nomor rekening bank layaknya seorang detektif?

Identitas Nasabah di Bank

identitas nasabah di bank

Identitas setiap pemilik rekening tersimpan dengan baik di Bank. Coba ingat kembali saat kamu pertama kali membuka rekening di salah satu bank. Kelengkapan informasi yang diminta sangat banyak, bahkan hingga ke nama Ibu Kandung. Peluangmu memberikan data palsu sangat kecil jika tidak mau dibilang tidak ada. Bank selain menyimpan uang, mereka juga kolektor data pribadi.

Mengapa Harus Mengecek Identitas Rekening?

Seperti disinggung sebelumnya, mereka yang melakukan cek identitas lewat no rekening Bank dalam rangka pelacakan. Mereka ingin mengetahui siapa pemilik nomor rekening tersebut baik untuk tujuan verifikasi maupun mencari informasi tambahan.

Secara umum, pengecekan nomor rekening bank bermanfaat untuk :

1. Menghindari penipuan

Nomor rekening yang sudah diitenfikasi sebagai penipu tersimpan di database. Melakukan pengecekan nomor rekening bisa menghindarkanmu menjadi korban berikutnya. Ini berguna khususnya jika kamu ingin melakukan transaksi online dengan orang yang baru kamu kenal di internet.

2. Verifikasi Identitas

Untuk memastikan kamu tidak salah dalam mentransfer uang, terlebih dahulu perlu dilakukan verifikasi identitas. Apa benar nomor rekening yang kamu input sesuai atas namanya dengan tujuan pengiriman yang kamu maksud. Ini sangat membantu pada proses transfer ke nomor rekening yang baru pertama kali digunakan.

3. Validasi Data

Terlebih dahulu melakukan pengecekan nomor rekening yang pemiliknya kamu curigai akan membantumu terhindar dari keterlibatan tindak pidana. Kamu bisa membatalkan pengiriman dana kepada pemilik rekening yang setelah kamu cek terindikasi melakukan tindak pencucian uang, Fraud, Scam, investasi palsu, terorisme dan beragam tindak kejahatan lainnya.

Bolehkan Bank Memberikan Identitas Nasabah?

bolehkan bank memberikan identitas nasabah

Pernahkah kamu bertanya mengapa hampir semua orang mempercayakan uang mereka di bank? salah satu alasannya adalah karena bank bisa dipercaya. Bank dengan sistem dan prosedurnya yang ketat tidak saja akan menjaga uangmu dengan aman, melainkan juga menjaga rahasia yang terkait dengannya. Bisnis bank bukan saja mengelola uang melainkan juga menjaga kepercayaan nasabah.

Kaitannya dengan itu, cek identitas lewat no rekening Bank khususnya yang terkait dengan informasi pribadi tidak akan bisa kamu lakukan. Cobalah bertanya ke bank, yang akan kamu dapatkan adalah penolakan tegas bahwa informasi tersebut bersifat rahasia. Kamu tidak bisa memaksa karena apa yang dilakukan bank sudah sesuai dengan UU Perbankan yang mengharuskan mereka untuk merahasiakan keterangan tentang Nasabah Penyimpan dan Simpanannya. Peraturan OJK yang dikeluarkan untuk mendukung aturan ini dengan tegas melarang Bank dengan cara apapun untuk memberikan data dan atau informasi pribadi konsumen tersebut kepada pihak ketiga.

Singkat cerita, kamu tidak akan bisa melacak identitas berdasarkan nomor rekening. Secara metode itu mungkin untuk dilakukan, namun secara hukum perbuatan tersebut dilarang. Ini adalah jalan buntu dan sudah seharusnya kamu berhenti disini.

Cek Identitas untuk Kondisi Darurat

Namun pihak Bank juga tidak semutlak itu. Mereka masih diharuskan memberikan informasi rahasia tersebut jika dibutuhkan. Terlebih jika kebutuhannya menyangkut hal-hal yang penting. Diantaranya :

  1. Untuk kepentingan perpajakan
  2. Untuk penyelesaian piutang Bank
  3. Untuk kepentingan perkara pidana

Tutorial Cara Cek Identitas Lewat No Rekening

Cek identitas lewat no rekening Bank yang dimaksud adalah sebatas informasi yang masih bersifat umum semacam nama pemilik rekening. Sedang informasi pribadi lainnya sebaiknya jangan berharap.

Cara Mengecek Rekening Atas Nama Siapa

cek no rekening bank atas nama siapa

Jika yang ingin kamu cek adalah atas nama pemiliknya, itu mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya melaui Mobile Banking maupun ATM.

Cek Melalui Mobile Banking

  1. Buka aplikasi m Banking dari bank apa saja yang kamu miliki
  2. Pilih menu Transfer
  3. Tambahkan nomor rekening yang ingin kamu cek
  4. Setelah berhasil ditambahkan, akan tertera notifikasi sukses berikut keterangan atas nama pemilik rekening tersebut

Cek Melalui ATM

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  2. Pilih menu Transfer
  3. Tambahkan nomor rekening yang ingin kamu cek
  4. Sebelum lanjut transfer, akan tertera keterangan atas nama pemilik rekening tersebut

Cara Mengecek Identitas Rekening di Bank BCA, BRI, Mandiri dan BNI

cek identitas lewat no rekening bank bca bri mandiri bni

Cara diatas tidak akan banyak membantu jika yang kamu butuhkan adalah informasi lebih detail seperti alamat tempat tinggal, tanggal lahir hingga nomor telpon yang bisa dihubungi. Namun kamu bisa mencoba menggunakan pendekatan manual berikut. Cara ini tidak menjamin akan berhasil karena akan tergantung faktor nok teknis berupa kemampuan negosiasi atau level kedaruratan kebutuhan.

Cek identitas lewat no rekening Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI dan bank lainnya :

  1. Kunjungi kantor cabang bank tujuan. Jika yang ingin kamu cek adalah rekening BCA misalnya, maka kunjungi kantor BCA.
  2. Kunjungi bagian Customer Service.
  3. Sampaikan kamu ingin melakukan pengecekan nomor rekening.
  4. Permintaanmu akan diproses jika didukung alasan yang kuat mengapa mereka harus melakukannya.
  5. Tunjukkan bukti-bukti penguat jika ada.
  6. Kamu mungkin memperoleh informasi. Hanya sejauh yang bisa disampaikan, berupa potongan informasi atau malah tidak mendapatkannya sama sekali.

Cara Mengecek Identitas Rekening Online

cek identitas lewat no rekening bank online

Jika mendatangi bank saja belum tentu mendapatkan informasi apalagi secara online?. Pada tulisan lain yang kamu temui di jagat internet yang membahas cek identitas lewat no rekening Bank, hampir semuanya mengarah ke pembahasan mengecek di cekrekening.id. Apakah benar website itu bisa mengecek identitas lewat nomor rekening bank?

Cekrekening.id adalah website yang dibuat oleh Kemkominfo dan pertama kali meluncur pada 7 September 2021. Melalui website ini kamu bisa melihat nomor rekening mana saja yang terindikasi melakukan penipuan yang sudah dilaporkan oleh pengguna lain. Cekrekening.id mengumpulkan database nomor rekening bank para penipu sehingga calon korban berikutnya bisa lebih aware.

Yang bisa kamu lakukan di Cekrekening.id :

1. Periksa rekening

Menu ini akan menunjukkan kepadamu apakah sebuah nomor rekening bersih dan terverifikasi. Terverifikasi maksudnya nomor tersebut belum pernah dilaporkan melakukan indikasi penipuan atau dengan kata lain aman untuk melanjutkan transaksi.

2. Daftarkan rekening

Sebagai pembeli atau penyedia jasa yang pembayarannya dilakukan secara online, kamu bisa mendaftarkan nomor rekening pada menu ini. Nomor rekening yang berhasil didaftarkan akan mendapatkan verifikasi yang bisa membuat pelanggan merasa aman saat melakukan pembayaran.

3. Laporkan rekening

Ini adalah menu yang digunakan untuk melaporkan nomor rekening yang pernah melakukan tindak penipuan atau kejahatan lain. Karena prosesnya mengharuskan validasi dan penyertaan bukti, maka hasil pelaporannya bisa dipercaya.

Cara mengecek nomor rekening bank online di cekrekening.id :

  1. Kunjungi website cekrekening.id disini : Link website
  2. Pilih menu Periksa Rekening
  3. Pilih opsi Bank
  4. Pilih nama Bank yang ingin kamu cek
  5. Masukkan nomor rekening
  6. Kamu akan mendapatkan informasi status dari rekening tersebut.

Catatan

catatan oleh krediblog

Seperti yang kamu lihat, secara umum cara cek identitas lewat no rekening Bank menggunakan cekrekening.id hanya bisa memvalidasi apakah rekening tersebut “bersih” atau “kotor” saja”. Ia tidak bisa memberikan hasil lebih jauh semisal informasi alamat tempat tinggal atau nomor telepon pemilik rekening. Karena informasi tersebut bersifat rahasia dan hanya diberikan kepada mereka yang memiliki akses khusus.

Aksi detektifmu terpaksa batal karena tembok yang dibangun bank terlampau tinggi untuk bisa dipanjat. Jika kamu masih harus melakukan pengecekan rekening bank sebelum transaksi bisa dilanjutkan, sebaiknya batalkan transaksi tersebut. Transaksi yang menyelipkan kecurigaan didalamnya biasanya tidak berakhir Happy Ending. Kamu mungkin tidak selalu bisa mengambil keputusan dengan tepat, namun dengan meninggalkan apa yang meragukan itu artinya kamu melangkah dengan keyakinan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar