No Referensi BCA. Manfaat, Fungsi dan Cara Cek

No referensi BCA – Saat melakukan transaksi transfer ke bank lain memakai SMS banking, internet banking atau melalui ATM pastinya sering menemukan nomor referensi. Nasabah BCA ataupun nasabah bank lain wajib untuk mengetahui nomor referensi tersebut agar nantinya tahu transaksi yang dilakukan gagal atau berhasil dilakukan.

No referensi BCA dan juga nomor referensi bank lain itu berbeda jadi kalau mengirimkan uang sebaiknya mengecek terlebih dahulu nomor referensi yang ada di kertas hasil transaksi atau dari keterangan transaksi sukses. Biasanya setelah melakukan transaksi pengiriman uang atau transfer uang bisa langsung memperoleh nomor referensi yang menyebutkan bahwa transaksi sudah berhasil dilakukan.

Tidak menyukai aplikasi pinjol dan lebih merasa aman meminjam di bank? coba Tunaiku. Platform pinjaman berbasis bank milik Amar Bank. Selengkapnya di : review Tunaiku.

Pengertian Nomor Referensi BCA

pengertian nomor referensi bca

Kalau ada yang bertanya apa itu no referensi BCA? Jawabannya adalah sebuah nomor seri yang bisa didapatkan secara acak dan juga sistematis oleh sebuah sistem untuk menjadi tanda kalau nasabah sudah sukses melakukan sebuah transaksi. Nomor referensi ini juga memiliki nama lain yaitu nomor identitas transaksi jadi kalau mendapatkan informasi nomor identitas berarti memperoleh nomor referensi.

Meskipun nomor referensi ini selalu ditemukan di setiap kali melakukan transaksi, tetapi banyak masyarakat yang masih mengira nomor referensi itu kode bank. Padahal nomor referensi dan juga kode bank itu jauh berbeda, kalau kode bank dipakai untuk transfer dari Bank BCA ke bank lain dan kode Bank BCA yang saat ini berlaku adalah 014. Tanpa menggunakan kode bank tersebut maka transfer uang tidak dapat dilakukan.

Cara Mudah Cek No Referensi Bank BCA

Untuk cek no referensi BCA bisa melalui layanan yang sudah disediakan Bank BCA, tetapi nasabah juga bisa mengecek nomor tersebut melalui bank lainnya. Contohnya, nasabah mengirim sejumlah uang dari Bank BRI ke BCA, saat mengirimkan uang tersebut pastikan nasabah memakai rekening BRI yang benar. Jika semua kolom yang sudah tersedia diisi semuanya lanjut menekan tombol kirim.

Untuk nasabah yang sudah melakukan itu semua nantinya bisa langsung mendapatkan informasi nomor referensi di layar laptop maupun layar smartphone yang digunakan untuk melakukan transaksi. Kalau informasi tersebut sudah muncul tinggal kirimkan saja data yang sudah diisi tadi dan tunggu sampai proses transfer atau pengiriman ke rekening lain berhasil. Selain bisa menggunakan cara tersebut bisa juga memakai cara mengecek no referensi BCA berikut ini.

cara cek no referensi bca

Cek Nomor Melalui BCA Mobile

Cara yang pertama ini terbilang cukup mudah untuk dipraktekkan dan hanya bisa dilakukan apabila nasabah sudah mengaktifkan BCA Mobile ke bank. Kalau aktivasi sudah dilakukan bisa langsung mempraktekkan beberapa langkah pengecekan nomor yang ada di bawah ini.

  • Membuka aplikasi BCA Mobile yang ada di smartphone
  • Nasabah harus memilih menu m-BCA
  • Setelah itu tinggal masukkan kode masuk di kolom yang sudah tersedia
  • Selanjutnya pilih menu login dan pilih menu m-transfer
  • Untuk nasabah yang ingin memeriksa bukti transfer BCA bisa memilih menu inbox yang letaknya ada di bagian bawah
  • Nasabah harus menunggu sebentar untuk mendapatkan informasi riwayat transaksi yang sudah dilakukan oleh nasabah.

Nasabah yang sudah memperoleh informasi tersebut Nantinya juga bisa mendapatkan informasi tentang nomor referensi BCA. Kalau sudah mengikuti cara cek no referensi BCA yang sudah dijelaskan tadi tidak mungkin akan mengalami masalah.

Cek Nomor Lewat Klik BCA

Selain menggunakan cara yang sudah disebutkan tadi juga bisa mencoba cara yang satu ini untuk mengetahui no referensi BCA. Untuk tahu caranya seperti apa bisa langsung baca ulasan cara tersebut berikut ini.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Klik BCA
  • Login menggunakan user ID dan juga password yang dimiliki
  • Setelah berhasil login lalu memilih menu history transaksi yang ada di menu tab bagian kiri
  • Selanjutnya tentukan waktu yang sesuai dengan waktu transaksi yang ingin dilacak
  • Nantinya akan muncul riwayat transfer yang sesuai periode waktu yang sudah dipilih
  • Untuk melihat detail transaksi tersebut bisa pilih tab Link yang ada di bagian kiri
  • Nasabah nantinya akan bisa melihat data lengkap transaksi yang sudah dilakukan di halaman tersebut

Dengan menggunakan cara tersebut nantinya nasabah bisa memilih sendiri Informasi transaksi yang ingin didapatkan tanpa harus datang ke kantor Bank BCA. Saat mempraktekkan cara ini harus mengecek ada koneksi internet atau tidak karena kalau sampai tidak ada tidak dapat mempraktekkannya.

Fungsi Utama Nomor Referensi BCA

Nomor referensi fungsinya untuk melacak transaksi uang yang dilakukan nasabah di periode sebelumnya. Nomor ini sangat dibutuhkan tetapi seringnya nasabah jarang mendapatkan bukti transaksi yang berisikan nomor referensi tersebut dikarenakan struk atau resi tidak keluar dari mesin ATM. No referensi BCA tersebut nantinya bisa didapatkan dengan memanfaatkan SMS banking ataupun iBanking yang sudah disediakan Bank BCA.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar