Cara Mudah Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang

Buku tabungan BCA hilang – Buku tabungan menjadi salah satu benda yang paling penting untuk nasabah bank, hal tersebut dikarenakan semua informasi mengenai arus uang akan tercatat di buku tabungan tersebut. Meskipun sekarang sudah bisa mendapatkan informasi mengenai laporan arus uang melalui Mobile Banking, tetapi buku tabungan tersebut tetap dibutuhkan karena ada beberapa urusan yang membutuhkan buku tabungan tersebut.

Peristiwa buku tabungan BCA hilang sudah sering sekali dialami nasabah dan kalau mengalami kejadian seperti itu wajib untuk segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak bank agar nantinya bisa mendapatkan buku tabungan yang baru. Kalau nantinya tidak segera diurus bisa-bisa buku tabungan yang hilang tersebut akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga : 2 rekening dalam 1 Mobile Banking BCA

Syarat Utama Mengurus Buku Tabungan Hilang

syarat mengurus buku tabungan bca hilang

Buku tabungan milik nasabah yang hilang memang wajib untuk segera diurus agar nantinya bisa mendapatkan buku tabungan baru. Jika buku tabungan BCA hilang dan mau mengurus buku tersebut sebaiknya penuhi dulu Beberapa syarat yang diajukan oleh pihak bank. Untuk tahu Apa saja persyaratan yang wajib dipenuhi oleh nasabah, baca terlebih dahulu penjelasan singkat yang ada di bawah ini.

  • Persiapkan identitas diri seperti SIM atau KTP
  • Nasabah diharuskan untuk membawa kartu ATM
  • Siapkan uang sebanyak 5 ribu untuk membayar biaya pembuatan buku tabungan baru

Persyaratan yang sudah disebutkan tadi jelas berbeda dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat ATM baru apabila kartu ATM hilang. Kalau mengurus buku yang hilang tidak perlu melaporkan kehilangan tersebut ke kantor Polisi untuk mendapatkan surat keterangan kehilangan. Jadi nasabah cukup datangi saja Kantor BCA terdekat membawa syarat-syarat yang sudah dipenuhi tadi.

Baca juga : Cara mengisi pulsa lewat m Banking BCA

Tata Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang

cara mengurus buku tabungan bca hilang

Nasabah BCA masih banyak yang mengabaikan atau menghiraukan buku tabungan BCA hilang, padahal tidak boleh melakukan hal tersebut karena buku tabungan tetap akan dibutuhkan untuk melengkapi beberapa persyaratan yang diminta instansi tertentu. Jadi untuk nasabah yang merasa bukunya hilang harus cepat-cepat mengurus kehilangan tersebut agar nantinya bisa cepat memperoleh buku yang baru.

Nasabah baru yang mengalami kejadian kehilangan buku pastinya masih merasa bingung bagaimana cara mengurusnya, untuk mengurus kehilangan tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit. Nasabah cukup mengikuti beberapa cara yang ada di bawah ini pasti bisa memperoleh buku baru dengan sangat cepat.

1. Hubungi Call Center BCA

Cara mengurus buku tabungan BCA hilang yang pertama adalah menghubungi call center terlebih dahulu. Nasabah harus melaporkan kehilangan tersebut kepada layanan bank melalui call center BCA dengan nomor 1500 888, kalau sudah melaporkan hal tersebut nantinya pihak bank akan membuat langkah antisipasi agar buku bank yang hilang tidak disalahgunakan.

Pihak bank nantinya akan langsung memblokir penggunaan buku tersebut setelah mendapatkan laporan dari nasabah. Kalau buku sudah diblokir maka buku tersebut tidak dapat dipakai untuk melakukan transaksi apa pun sehingga uang nasabah yang tersimpan di buku tabungan tidak hilang ataupun berkurang.

2. Datang ke Kantor BCA

Setelah melaporkan kehilangan tersebut tidak langsung bisa memperoleh buku baru karena nasabah diharuskan untuk mendatangi Kantor BCA terdekat. Untuk nasabah yang tinggal di desa bisa datangi kantor cabang yang mengeluarkan buku tabungan BCA hilang tidak usah mendatangi kantor pusat yang ada di kota karena jaraknya terlalu jauh.

Kantor cabang tersebut harus dipilih karena buku tabungan yang baru dibuat harus ditandatangani oleh pejabat bank yang dulunya mengesahkan buku tabungan milik nasabah yang hilang. Saat datang ke kantor tersebut wajib untuk membawa kartu identitas diri dan juga kartu ATM. Kartu-kartu tersebut harus dibawa agar nantinya pihak bank lebih mudah membuat buku yang baru.

3. Melaporkan Permasalahan

Setelah nasabah sampai ke kantor langsung saja mengambil antrian untuk pengurusan buku tabungan, setelah nomor antrian dipanggil langsung saja datangi petugas customer service yang sedang bertugas. Nasabah tinggal ungkapkan saja tujuan datang ke kantor tersebut dan nantinya petugas customer service akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mencocokkan data pemilik buku tabungan dan juga pihak yang melaporkan kehilangan.

Pertanyaan yang umumnya oleh petugas adalah lengkap pemilik tabungan, tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon dan juga nama ibu kandung. Kalau jawaban yang diberikan pelapor itu sesuai dengan data yang tersimpan di database Bank BCA maka kehilangan buku tersebut akan segera diproses.

4. Menunggu Buku Tabungan Baru

Setelah menjawab semua pertanyaan yang diberikan petugas, nasabah juga perlu memberikan data diri yang sudah dibawa. Nasabah diharuskan untuk menunggu 15 sampai dengan 20 menit untuk menyelesaikan proses pembuatan buku baru. Kalau proses pengurusan buku tabungan BCA hilang sudah selesai nantinya petugas akan memberikan buku tabungan yang baru dan nasabah diharuskan untuk membayar biaya administrasi.

Baca : Transfer gratis antar bank dengan Flip id.

Meski mengurus buku tabungan BCA yang hilang cukup merepotkan, tapi kamu harus tetap melalui itu jika tidak ingin ada kendala dalam transaksi di kemudian hari. Buku tabungan adalah bukti kepemilikan rekening, maka jagalah ia baik-baik.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar