myBCA Terblokir. Penyebab dan Cara Membuka Blokiran

Pesan error dari aplikasi myBCA yang terblokir biasanya berupa, “BCA ID terblokir, Hubungi Halo BCA di 1500888 untuk informasi lebih lanjut”. Saat pesan tersebut muncul aplikasi myBCA terkunci dan tidak bisa lagi digunakan untuk melakukan transaksi. Jika ingin aplikasi bisa digunakan kembali maka terlebih dahulu harus melakukan reaktivasi atau pembukaan blokir.

Meski mengadopsi teknologi terbaru dibanding pendahulunya (BCA mobile), untuk sistem keamanan myBCA masih menerapkan metode yang sama. Yaitu pemblokiran saat sistem mencurigai aktifitas mencurigakan. Namun selain itu hampir semuanya dari myBCA menawarkan pembaharuan. Kamu bisa membaca perbedaannya masing-masing di perbedaan myBCA dan BCA mobile.

4 Penyebab myBCA Terblokir

penyebab mybca terblokir

myBCA yang terblokir terjadi bukan tanpa sebab. Biasanya didahului aktifitas yang tidak biasa yang dilakukan oleh pengguna. Beberapa dari penyebab pemblokiran diantaranya :

1. Salah memasukkan Password BCA ID

Saat login ke myBCA baik melalui aplikasi maupun website, pengguna akan diminta untuk memasukkan BCA ID dan password. Salah atau lupa BCA ID tidak berdampak serius bahkan BCA bisa dengan cepat membantu mengingatkan. Namun jika yang lupa adalah passwordnya terlebih sudah salah 3 kali berturut-turut, maka pemblokiran akun adalah konsekuensinya.

2. Salah memasukkan PIN atau OTP

Pemblokiran menjadi respon pasti yang dilakukan oleh BCA saat pengguna salah memasukkan PIN transaksi sebanyak 3 kali berturut-turut. Asumsinya jika PIN sampai salah 3 kali kemungkinan besarnya transaksi dilakukan bukan oleh pengguna asli. Sebagai pencegahan sistem keamanan melakukan tindakan pemblokiran secara otomatis.

Pemblokiran juga dilakukan saat salah memasukkan OTP sebanyak 3 kali berturut-turut. Ini khusus untuk aktifitas yang membutuhkan OTP pada prosesnya.

3. Salah memasukkan Respon Appli KeyBCA

salah respon appli key

Sama seperti PIN, myBCA juga akan terblokir saat salah memasukkan Appli KeyBCA sebanyak 3 kali berturut-turut. KeyBCA adalah otorisasi yang digunakan untuk transaksi via myBCA web. Ia berfungsi layaknya PIN pada versi aplikasi. Hati-hati saat sudah 2 kali salah Appli KeyBCA, karena bersamaan dengan kesalahan ketiga akun akan diblokir.

4. Mengajukan permohonan pemblokiran BCA ID

Jika ketiga alasan sebelumnya disebabkan karena lupa maka yang keempat ini secara sengaja. Blokir akun myBCA bisa terjadi jika pengguna mengajukan permohonan untuk pemblokiran. Ini biasanya terjadi pada pengguna yang bermasalah dengan rekening BCA-nya. Bisa karena Hp hilang, ATM dicuri, data login terbagi maupun sebab keamanan lainnya.

Cara Mengatasi myBCA yang Terblokir

cara mengatasi mybca terblokir

Yang bisa mengatasi myBCA terblokir adalah pihak BCA selaku pemilik layanan. Prosedur umumnya pihak BCA akan terlebih dahulu melakukan verifikasi data pengguna. Jika data sesuai maka akan dilanjut pengaktifan myBCA dengan mereset password BCA ID atau PIN. Untuk proses pelaporannya kita bisa memilih dari 3 cara yang tersedia. Kamu bisa memilih cara mana yang paling mudah atau murah untuk dilakukan.

3 cara mengatasi myBCA yang terblokir :

1. Menghubungi CS BCA

Cara pertama adalah dengan menghubungi Call Center BCA di Halo BCA di nomor 1500888. Merupakan cara tercepat karena kamu akan langsung terhubung dengan tim yang siap membantu. Karena langsung terhubung masalahmu akan langsung diproses saat itu juga. Yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti setiap arahan yang diberikan.

2. Melalui aplikasi Halo BCA

Jika kamu menghindari menghubungi via telpon karena alasan hemat pulsa, maka bisa menggunakan jalur internet. Gunakan aplikasi Halo BCA untuk menghubungi Call Center. Halo BCA menyediakan beberapa cara untuk menghubungkan nasabah dengan tim BCA. Kamu bisa memilih jalur murah yang tidak menghabiskan pulsa. Aplikasi Halo BCA tersedia untuk platform Android dan iOS.

3. Mendatangi kantor cabang Bank BCA

Jika dua cara online diatas merepotkan dan kebetulan kamu tipe orang yang lebih senang berhadapan langsung, maka kamu bisa menyelesaikan myBCA terblokir dengan metode offline. Datangi kantor cabang BCA dan lakukan pembukaan blokir disana. Meski lebih lama karena pasti memakan waktu namun karena bertemu dengan CS BCA langsung ada jaminan masalah akan teratasi.

Baca juga : Cara mengaktifkan biometrik di myBCA

Catatan myBCA terblokir

catatan mybca terblokir

Aplikasi myBCA yang terblokir jelas merepotkan. Transaksi keuangan yang harus dilakukan terpaksa di pending karena alat untuk memprosesnya sedang error. Jika ada aplikasi yang ketika diblokir paling banyak memberikan dampak kerepotan, ia adalah aplikasi keuangan khususnya mobile banking.

Jangan pernah benci dengan sistem blokir semacam ini. Meski merepotkan namun berapa banyak akun BCA dan uang di rekening yang diselamatkan karena sistem keamanan ini?. Kita bukan tidak boleh lupa agar tidak terblokir, karena lupa adalah hal manusiawi. Yang tidak boleh adalah lupa sampai 3 kali berturut-turut dan tidak mencari solusi lain saat lupa di kali kedua.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram