Cara Mengaktifkan Biometrik di myBCA. Bisa Login Lebih Cepat

Kelebihan myBCA jika dibanding BCA mobile salah satunya adalah tersedianya fitur “Masuk dengan Biometrik”. Dengan fitur ini kamu bisa login ke aplikasi myBCA kurang dari 5 detik karena tidak perlu mengetikkan password secara manual. Tinggal sentuh dan dalam sekejap langsung masuk ke Beranda aplikasi. Karena fitur ini tidak otomatis aktif, maka kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan biometrik di myBCA.

Bagi Krediblog sendiri fitur ini memberikan pengalaman yang sangat berbeda jika dibanding BCA mobile. Pada aplikasi mobile banking versi lama setidaknya butuh 10 detik untuk bisa login. Belum lagi keharusan mengingat 6 digit kode akses dengan kombinasi huruf dan angka yang lumayan intimidatif. Jika tidak perlu lagi melakukannya namun tetap bisa masuk rasanya seperti menggunakan Fast Track di Dufan.

Fitur-fitur lain dari aplikasi myBCA bisa kamu baca selengkapnya pada tulisan Perbedaan myBCA dan BCA mobile.

Akses Masuk Lebih Cepat dengan Biometrik

login mybca lebih cepat dengan biometrik

Karena kemudahan yang ditawarkannya kemungkinan besar semua nasabah akan memanfaatkan fitur berguna ini. Syarat untuk mengaktifkan biometrik di myBCA hanya dua. Pertama adalah menyiapkan smartphone yang mendukung dan kedua mengaktifkannya di menu pengaturan.

Biometrik bisa wajah dan sidik jari

Merujuk ke Wikipedia, biometrik berasal dari bahasa Yunani bios yang artinya hidup dan metron yang artinya mengukur. Penerapan pada dunia teknologi informasi, biometrik digunakan sebagai otentikasi karakteristik fisiologis yang terkait dengan bentuk tubuh.

Proses identifikasi menggunakan biometrik ada beberapa cara. Salah dua yang paling populer diantaranya sidik jari dan pengenalan wajah. myBCA bisa menerima keduanya plus tambahan satu cara lagi. Jadi kamu bisa menggunakan biometrik dengan sidik jari, wajah maupun retina mata.

Minimal Smartphone harus mendukung Finger Print

Untuk bisa memanfaatkan dan mengaktifkan biometrik di myBCA, minimal kamu harus menggunakan Smartphone yang memiliki fitur Finger Print. Ini adalah fitur Hardware pada Smartphone dengan kemampuan membaca sidik jari. Biasanya ditanamkan di belakang body Smartphone namun bisa juga pada layar.

Berbeda dengan pengenalan wajah atau retina mata, fitur Finger Print sudah lebih umum. Jika dulu hanya ada pada Hp flagship sekarang hampir rata-rata Hp sudah dilengkapi dengan sidik jari. Itu artinya nasabah dengan Hp harga sejutaan tetap bisa memanfaatkan biometrik di myBCA.

Baca juga : Cara mengatasi myBCA terblokir

Tutorial Cara Mengaktifkan Biometrik di myBCA

tutorial cara mengaktifkan biometrik di mybca

Cara mengaktifkan biometrik di myBCA mudah dan cepat. Pengguna yang belum juga mengaktifkannya kemungkinan besar penyebabnya adalah tidak mengetahui adanya fitur tersebut atau tidak tahu dimana lokasi pengaturannya. Berikut panduan step by step-nya.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara mengaktifkan biometrik di myBCA :

  1. Login ke myBCA

    Buka aplikasi myBCA dan lakukan login dengan password.step 1 login ke aplikasi mybca

  2. Pilih Pengaturan

    Menu Pengaturan atau Setting terletak di pojok kanan atas.step 2 pilih menu pengaturan

  3. Nyalakan fitur biometrik

    Cari sub menu “Masuk dengan Biometrik” dan geser tombol ke arah On.step 3 aktifkan fitur biometrik mybca

  4. Setujui syarat & ketentuan

    Beri ceklist pada Syarat dan Ketentuan penggunaan yang muncul.step 4 setujui syarat dan ketentuan aktivasi biometrik mybca

  5. Tempelkan jari/wajah/mata

    Tempelkan jari/wajah/mata yang biasa kamu gunakan untuk proses biometrik.step 5 tempelkan jari wajah atau mata

  6. Masukkan PIN

    Masukkan PIN transaksi untuk otentifikasi.step 6 masukkan pin transaksi

  7. Biometrik sudah aktif

    Proses selesai. Sekarang kamu bisa login dengan sidik jari.step 7 mengaktifkan biometrik di mybca berhasil

Artikel terkait : Cara ambil uang di ATM BCA tanpa kartu

Cara login dengan biometrik

Halaman login dari aplikasi myBCA yang fitur biometriknya sudah aktif berbeda dengan yang belum. Pengguna yang sudah mengaktifkan biometrik di myBCA akan ada icon wajah dalam lingkaran disamping tombol “Masuk”.

Untuk login dengan biometrik klik icon wajah tersebut dan aplikasi myBCA akan mengeluarkan menu login biometrik. Login dengan biometrik yang sudah kamu daftarkan dan jika berhasil akan langsung diarahkan ke Beranda aplikasi.

Keamanan biometrik di myBCA

Selain lebih nyaman karena kecepatannya, login menggunakan biometrik juga lebih aman. Orang lain yang mengetahui password-mu mungkin masih bisa login ke aplikasi, namun dengan biometrik itu tidak bisa dilakukan karena biometriknya berbeda.

Berikut keunggulan yang dimiliki oleh sistem biometrik :

  • Lebih praktis
    Melakukan tap atau scan jauh lebih cepat dibanding mengetikkan password.
  • Lebih aman
    Yang bisa login hanya yang biometriknya sudah didaftarkan.
  • Akses Tunggal oleh User
    Berbeda denga password yang harus diganti secara berkala, biometrik bersifat tetap dan seterusnya.

Artikel terkait : Cara ganti nomor m banking BCA

Catatan mengaktifkan biometrik di myBCA

catatan cara mengaktifkan biometrik di mybca

Nasabah yang sudah mengaktifkan biometrik di myBCA harus menggunakan fitur tersebut minimal 30 hari sekali. Karena jika selama 30 hari berturut-turut tidak terdeteksi menggunakan fitur Masuk dengan Biometrik, maka secara otomatis fitur akan dinonaktifkan oleh sistem BCA.

Awalnya Krediblog juga tidak begitu tertarik dengan fitur biometrik ini. Selain bisa mengingat password dengan baik juga karena sudah kebiasaan login dengan mengetik. Namun setelah iseng mangaktifkan ternyata pengalamannya jauh lebih menyenangkan. Sudah sangat nyaman sehingga ketika tiba-tiba fitur biometrik ini error dan harus masuk dengan password, rasanya berat seperti harus mengentik 1.000 kata.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram