Perbedaan myBCA dan BCA Mobile. Cek Biar Gak Bingung Lagi

Jika kamu harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan myBCA dan BCA mobile sebelum memutuskan untuk menginstalnya, kamu bisa baca tulisan ini sampai selesai. Sebagai pengguna kedua aplikasi tersebut Krediblog mendapatkan pengalaman dan perasaan berbeda ketika menggunakannya. Sama-sama aplikasi mobile banking namun berbeda wajah dan rasanya.

Jika nanti setelah selesai membaca kamu memutuskan untuk mendaftar myBCA, step by step tutorialnya bisa kamu ikuti disini : cara daftar myBCA. Itu adalah dokumentasi pendaftaran yang mudah untuk diikuti. Krediblog sendiri sukses mendaftar dalam percobaan pertama.

6 Perbedaan myBCA dan BCA Mobile

5 perbedaan perbedaan mybca dan bca mobile

myBCA dan BCA mobile adalah sama-sama aplikasi mobile banking dari BCA. Keduanya memiliki fungsi yang sama dengan fitur perbankan yang mirip-mirip. Jika sama mengapa BCA repot-repot membuatnya? Tentu saja ada tujuan besar di belakangnya. Daftar perbedaan berikut bisa membantu untuk menjelaskannya.

Daftar perbedaan myBCA dan BCA mobile :

1. ID Akses

myBCA menggunakan sistem user ID yang mereka beri nama BCA ID. Yaitu sebuah username yang menyimpan identitas pengguna. BCA ID terdiri dari kombinasi huruf dan angka dengan minimal 6 karakter serta maksimal 21 karakter. Nantinya seluruh aktifitas di platform myBCA akan menggunakan BCA ID ini. Mudahnya, anggap saja BCA ID ini seperti username-mu di Instagram dimana kamu dikenal dan berinteraksi.

Pada BCA mobile sistem ID yang digunakan adalah kombinasi nomor rekening dan nomor Handphone. Identitas pada aplikasi BCA mobile dikenal dari nomor rekening dan nomor Hp. Nomor rekening ini dengan nomor Hp ini adalah milik nasabah A, nomor rekening itu dengan nomor Hp itu adalah milik nasabah B, begitu seterusnya. Kombinasi identitas ini satu paket kesatuan dan harus bersamaan untuk bisa digunakan.

2. Multi rekening

perbedaan mybca dan bca mobile rekening lebih dari satu

Penggunaan BCA ID sebagai sistem identitas memungkinkan pengguna memiliki lebih dari satu rekening. Ini bisa terjadi karena identitas utama pengguna adalah BCA ID nya, bukan nomor Hp maupun rekening. Multi rekening ini menjadi fitur utama dari myBCA yang paling membedakannya dari BCA mobile. Kemudahan mengelola lebih dari satu rekening dalam satu dasbor sudah menjadi dambaan nasabah perbankan sejak dulu dan kini sudah hadir dalam wujud myBCA.

Pada BCA Mobile satu rekening terikat dengan satu nomor Hp. Pengguna yang ingin membuat akun BCA mobile lagi untuk rekening lainnya harus menyiapkan satu nomor baru. Dan karena komunikasi seluler menggunakan jalur pada SIM 1 itu artinya pengguna harus menggunakan Hp lain. Jika kamu memiliki 3 rekening BCA dan ingin semuanya terhubung dengan BCA mobile, kamu butuh 3 nomor Hp dan 3 Hp baru.

3. Internet Transaction Journal

myBCA menyediakan internet transaction journal yaitu sebuah report transaksi yang dikirim setiap kali transaksi selesai dilakukan. Laporan ini dibuat otomatis oleh sistem BCA dan dikirim ke alamat email terdaftar. Krediblog pribadi sangat menyukai fitur ini karena membantu mengetahui secara realtime aktifitas yang terjadi di rekening kita tanpa perlu login ke m-Banking. Praktis, menghemat waktu dan berasa ada sekuriti yang akan langsung lapor saat terjadi sesuatu dengan dana di rekening kita.

Jurnal semacam ini tidak tersedia di BCA mobile. Kamu harus login ke aplikasi dan melakukan pengecekan di menu mutasi untuk melihat transaksi yang terjadi di rekening. Tidak ada yang salah dengan itu karena toh selama ini kita nyaman-nyaman saja melakukannya. Namun myBCA dengan internet transaction journal membuatnya lebih mudah.

4. Pengembangan aplikasi

Perbedaan myBCA dan BCA mobile berikutnya ada pada pengembangannya. myBCA bukan hanya aplikasi mobile banking. BCA mengembangkannya untuk tujuan yang jauh ke depan, yaitu menjadikannya platform perbankan. Dengan sistem baru ini BCA akan dengan mudah mengembangkan aplikasi keuangan pendukung untuk masuk ke ekosistem myBCA. Aplikasi myBCA akan terus berkembang mengikuti kebutuhan dan tren teknologi dengan tujuan akhir menjadikannya Super App.

BCA mobile sudah berusia 10 tahun lebih sejak pertama kali digunakan. Meski terus dilakukan update dan penambahan fitur, namun sebagai teknologi lama tetap akan memiliki batasannya. Untuk alasan keamanan dan kenyamanan pengguna, BCA mobile tidak bisa lagi dikembangkan lebih jauh.

5. Cross UI

tampilan ui sama disemua versi aplikasi

UI adalah User Interface yaitu antarmuka atau tampilan aplikasi yang kita gunakan. myBCA bisa diakses melalui aplikasi Smartphone maupun langsung dari browser internet. Yang menarik adalah tampilan di aplikasi sama persis dengan versi website. BCA memberikan UI yang konsisten di mobile banking dan internet banking. Pengguna akan merasakan rasa yang sama terlepas dari jalur mana ia mengaksesnya.

BCA mobile sebagai aplikasi m banking seolah terpisah dengan Klik BCA yang menjadi internet banking. Tidak saja pada UI-nya tetapi juga dari penamannya. Ini memberikan kesan bahwa pengguna mobile banking lebih modern dibanding internet banking.

6. Umur penggunaan

Perbedaan myBCA dan BCA mobile yang terakhir adalah pada umur pakai atau penggunaannya. myBCA akan berumur panjang karena ia adalah “bayi” yang baru lahir dengan harapan dan masa depan yang cerah. Jika tidak selamanya sekurang-kurangnya myBCA bisa bertahan 10-20 tahun dari sekarang.

BCA mobile akan sampai pada puncak kemampuannya. Semua hal yang bisa dilakukannya sudah bisa dikerjakan dengan baik oleh penerusnya. Kamu mungkin masih bisa menggunakan BCA mobile sampai 5 tahun ke depan tapi bersiaplah karena masa lalu akan selalu ditinggalkan.

Catatan perbedaan myBCA VS BCA Mobile

catatan perbedaan mybca dan m-bca

Apakah perbedaan myBCA dan BCA mobile di atas sudah bisa meyakinkanmu untuk menginstal dan mendaftar myBCA? Jika belum santai saja karena memang belum ada alasan untuk buru-buru. Khusus kamu yang hanya memiliki satu rekening BCA, untuk saat ini perbedaan myBCA dan m BCA tidak akan jauh terasa.

Namun sebagai teknologi masa depan kehadiran dan perkembangan myBCA ini perlu diapresiasi dan layak ditunggu. BCA sudah dari jauh-jauh tahun yang lalu mengembangkan banyak channel perbankan digital untuk kemudahan nasabah, myBCA ini sangat mungkin bukan karya mereka yang terakhir.

Kamu yang belum membutuhkan pengelolaan multi rekening atau masih betah menggunakan BCA mobile silahkan lanjutkan, mau mencicipi fitur unggulan myBCA juga dipersilahkan. Ini bukan myBCA VS BCA mobile sehingga harus memilih satu sebagai pemenang, melainkan ragam pilihan dengan ketersediaan fitur sesuai kebutuhan.

Ayo bagi informasi seru ini dengan teman :
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar