Lupa BCA ID. Jangan Panik! Ini Solusi dan Cara Mengatasinya

Username lebih susah untuk diingat dibanding password atau PIN. Ini karena kebanyakan kita memberi perhatian lebih kepada password atau PIN tetapi tidak untuk username. Ini juga yang menjelaskan mengapa banyak pengguna yang lupa BCA ID miliknya. Buat-buat sendiri tetapi mendadak lupa saat mau digunakan. Bukan satu dua orang yang lupa melainkan ada cukup banyak pengguna yang mengalaminya. Antara kemampuan ingatan yang menurun atau format BCA ID yang memang sulit untuk diingat.

BCA ID ini menjadi salah satu pembeda antara m Banking lama (BCA mobile ) dengan yang baru (myBCA). Selain itu ada banyak pembeda lainnya baik dalam hal fitur maupun antarmuka aplikasi. Kamu bisa membaca detail lengkap perbedaannya disini : perbedaan myBCA dan BCA Mobile.

Penyebab lupa BCA ID

penyebab lupa bca id

BCA ID yang dibuat secara sembarangan akan dengan mudah dilupakan. Sembarangan yang dimaksud kita memilih kata yang tidak memiliki arti tertentu sehingga tidak meninggalkan kesan diingatan. Misalnya, “rudiasal, niaitem, bambangdong” atau variasi ngeyel lainnya.

BCA ID juga akan susah diingat jika menggunakan format yang sulit. Seperti, “rud1ilh4m, n14purwa711, b3mb3ng5u51lo”, atau bentuk njelimet lainnya. Jika kamu membuat BCA ID seperti format-format di atas maka bersiaplah mengalami kasus lupa atau typo saat melakukan login.

Menu lupa BCA ID tidak muncul di aplikasi

Kabar baiknya bank BCA aware terhadap masalah BCA ID yang sering dilupakan oleh para penggunanya. Mereka menyediakan menu khusus yang bisa diakses jika pengguna membutuhkan bantuan untuk mengingat. Melalui fitur ini pengguna akan diberitahu via email BCA ID milik mereka.

Namun pada saat Krediblog mencobanya, menu “Lupa BCA ID” tidak tersedia jika membuka myBCA melalui aplikasi (Android dan iOS). Ia baru muncul saat kita mengakses myBCA yang berbasis web yang beralamat di portal.mybca.bca.co.id/forget/bcaid.

Tutorial Cara mengatasi lupa BCA ID

tutorial cara mengatasi lupa bca id

Jika kamu termasuk yang lupa berikut tutorial untuk mengetahui kembali BCA ID mu. Jika tidak ada kendala prosesnya cepat tidak sampai 5 menit.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara mengatasi lupa BCA ID :

  1. Buka link lupa ID

    Buka link pemulihan disini : klik link.step 1 klik link lupa bca id

  2. Masukkan email

    Tulis alamat email yang terdaftar dengan BCA ID.step 2 masukkan email terdaftar

  3. Ulangi jika error

    Masukkan kembali alamat email jika muncul pesan error, “Terjadi kesalahan, silahkan coba lagi”. Lanjut dengan klik “Kirim”.step 3 ulangi jika lupa bca id error

  4. Email terkirim

    BCA sudah mengirimkan email berisi informasi BCA ID ke alamat emailmu.step 4 email lupa bca id terkirim

  5. Cek email

    Cek email untuk melihat BCA ID yang dikirimkan. Sekarang kamu sudah tahu BCA ID milikmu.step 5 cek email

  6. Login myBCA

    Silahkan login ke myBCA dan melanjutkan transaksi.step 6 login kembali setelah lupa bca id

Penting untuk diperhatikan

Menu reset atau pemulihat ini kerap error saat kamu memasukkan alamat email dan mengklik tombol kirim. Saat kamu mencobanya bisa saja lancar tanpa kendala tetapi seringnya error dengan memunculkan pesan, “Terjadi kesalahan, silahkan coba lagi”. Jika ini terjadi ulangi terus sampai muncul notifikasi bahwa informasi BCA ID sudah dikirim oleh bank BCA.

Catatan

catatan krediblog

Lupa BCA ID bisa menimpa semua pengguna. Meski langkah pemulihannya cepat tinggal beberapa klik tetapi tetap akan melelahkan juga jika harus terus melakukannya. Karena itu solusi yang lebih efektif adalah dengan mengingatnya dengan baik. Selain menggunakan ingatanmu sendiri ada banyak tool yang bisa digunakan untuk membantu mengingat. Kamu bisa menuliskannya di note khusus atau memanfaatkan fitur save password pada browser yang kamu gunakan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar