Julo Apakah Aman? Pandangan Pengguna yang Sudah 4 Tahun

Pertanyaan JULO apakah aman biasanya ditanyakan oleh pengguna yang belum mendaftar namun dalam pertimbangan untuk menggunakan. Ia melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan aplikasi pinjaman yang akan digunakan tersebut tidak membawa masalah di kemudian hari.

Krediblog menggunakan JULO sejak tahun 2020 atau kurang lebih sudah 4 tahun. Sebagai pengguna lama dan kebetulan cukup aktif dalam meminjam, bisa dibilang Krediblog lumayan tahu “dapurnya” JULO. Tidak lebih tahu dari orang dalam JULO tentu saja, tetapi cukup tahu untuk menjawab aman atau tidaknya aplikasi ini.

Aplikasi Pinjaman JULO Apakah Aman?

aplikasi pinjaman julo apakah aman

Aplikasi pinjaman JULO apakah aman? Jawaban cepatnya adalah aman. Merujuk ke KBBI, aman memiliki arti bebas dari bahaya, bebas dari gangguan dan terlindung. Secara umum JULO tidak berbahaya, mereka bukan pengganggu dan sebagai perusahaan profesional mereka berkomitmen untuk melindungi privasi para penggunanya.

Aman tidaknya JULO juga bisa ditinjau dari 2 aspek. Yaitu kelengkapan administrasi (izin usaha) dan praktek yang dilakukan selama ini (pengalaman pengguna). Berikut detail kedua aspek tersebut.

Aman dari sudut pandang legalitas

JULO aman dari sudut pandang legalitas karena sebagai perusahaan Fintech Lending mereka sudah memiliki izin resmi dari OJK. Berdiri pada tahun 2016 JULO resmi berizin 4 tahun berselang dengan Surat Tanda Berizin KEP-16/D.05/2020. JULO juga mendapatkan sertifikasi ISO 27001 Full Scope sejak April 2019 sebagai perusahaan yang akuntabel, aman dan menjaga kerahasiaan informasi.

Perusahaan dengan izin usaha resmi 99% aman. Selain karena mereka serius menjalankan bisnis, terdaftarnya mereka di OJK mengharuskan untuk mengikuti aturan main yang ada. Jika keluar dari pakem yang ditetapkan dan membahayakan pengguna maka sangsi pencabutan izin hingga pidana siap menanti.

Aman berdasar pengalaman pengguna

pengalaman pengguna

Selama 4 tahun menggunakan JULO, Krediblog belum pernah sekalipun bermasalah dari sisi keamanan. Sejauh ini data pribadi aman-aman saja. Aplikasinya sendiri tidak meminta akses ke Kontak jadi mereka tidak bisa melihat daftar kontak pengguna apalagi menagih ke mereka tanpa sepengetahuan kita. Pengalaman meminjam ini bisa kamu baca di pengalaman pinjam di JULO.

Bukan hanya Krediblog, sejauh ini juga belum ada keluhan dari pengguna lain yang spesifik menyasar isu keamanan. Ada beberapa keluhan yang disampaikan di Media Konsumen maupun platfom diskusi lain di internet, namun itu berhubungan dengan verifikasi pembayaran dan sistem penagihan.

Baca juga : Cara menaikkan limit JULO

Yang tidak aman dari JULO

Apakah JULO sesempurna itu? Tentu saja tidak karena perusahaan itu mirip seperti manusia yaitu sering melakukan trial and error. Ada 1 hal yang tidak Krediblog suka dari JULO. Ia adalah sistem marketing yang dijalankan. Mereka terbilang cukup sering menghubungi nomor pengguna untuk menawarkan pinjaman. Telemarketing sendiri itu normal namun melakukannya terlalu sering beresiko mengganggu.

Hal lain yang juga sering dikeluhkan oleh pengguna adalah bagaimana mereka menerapkan sistem penagihan. Dilakukan sangat aktif sehingga pada pengguna yang sibuk bisa membuat jengkel. Untungnya kedua hal tersebut tidak berhubungan langsung dengan keamanan dan sebagai sebuah kebijakan sangat bisa diperbaiki di kemudian hari.

Apakah JULO aman di galbay?

apakah julo aman di galbay

Bagaimana dengan gagal bayar, apakah JULO pinjaman online aman di galbay? Jawabannya adalah tidak. Semua transaksi di JULO tercatat di SLIK. Jika kamu melakukan galbay maka namamu akan ditandai di BI Checking. Jelas itu kondisi yang tidak aman karena selama namamu tercatat galbay maka peluangmu mendapatkan pinjaman atau kredit di lembaga keuangan lain akan tertutup.

Lebih jauh, tidak ada satupun aplikasi pinjol resmi yang aman di galbay. Terdapat prosedur ketat yang mengatur bahwa pengguna galbay akan semakin sempit ruang geraknya dalam mendapatkan layanan keuangan lain.

Catatan JULO apakah aman atau tidak

catatan julo apakah aman

Harap dipahami pandangan JULO apakah aman atau tidak di atas adalah berdasar status perusahaanya dan pengalaman selama penggunaan. Namun jangan lupakan bahwa pinjaman online sendiri adalah layanan yang beresiko. Ia bisa sangat membantu saat kita membutuhkan dana tunai dengan segera. Namun pengelolaan keuangan yang tidak tepat bisa berdampak sebaliknya. Pinjol bisa menjadi jebakan keuangan yang mematikan.

Layanan keuangan yang aman bukan berarti jaminan bahwa hal-hal buruk tidak akan terjadi karena resiko akan selalu ada. Namun dengan memastikan sebuah layanan adalah aman maka kita sudah menghilangkan separuh dari resiko tersebut. Setelah tahu bahwa JULO itu aman, dukung keamanannya dengan melakukan pembayaran secara lancar dan tepat waktu agar resikonya menjadi kian minim.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram