Cara Top up AstraPay Lewat BRImo. Transfer dari Bank BRI

Nasabah bank BRI yang sudah melakukan pendaftaran BRI Mobile atau BRImo bisa menggunakannya untuk beragam transaksi. Dari yang umum seperti melakukan transfer dana, membayar tagihan hingga melakukan top up e-Wallet. Kamu bisa mengisi saldo Gopay, LinkAja, OVO, ShopeePay dan DANA. Termasuk si anak baru AstraPay, kamu bisa top up AstraPay lewat BRImo.

Tulisan ini adalah bagian dari pembahasan top up AstraPay. Jika kamu ingin tahu metode apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan isi saldo di AstraPay, silahkan merujuk kesana.

Tutorial Top up AstraPay Lewat BRImo

tutorial cara top up astrapay lewat brimo

Berikut adalah tutorial step by step cara isi saldo AstraPay melalui mobile banking BRI. Krediblog beneran melakukan top up untuk penulisan ini. Langkah dan step by stepnya kurang lebih akan sama saat kamu mencobanya sendiri. Jika ada perbedaan karena versi update tinggal disesuaikan saja karena garis besarnya akan selalu sama.

Tutorial ini juga sesuai untuk kamu yang mencari cara transfer dari BRI ke AstraPay. Karena transfer BRI ke AstraPay dana transferan akan masuk sebagai saldo.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara top up AstraPay lewat BRImo :

  1. Buka AstraPay

    Jalankan aplikasi AstraPay. Klik menu “Top Up” di halaman utama. step 1 buka astrapay top up lewat brimo

  2. Pilih mobile banking

    Pada halaman metode top up, pilih “Mobile Banking”.step 2 pilih mobile banking

  3. Pilih Bank BRI

    Pada halaman Top Up Mobile Banking , pilih “Bank BRI”.step 3 pilih bank bri

  4. Salin nomor Virtual Account

    Kamu akan mendapatkan nomor Virtual Account tujuan transfer. Salin kode VA tersebut.step 4 salin nomor virtual account top up astrapay lewat brimo

  5. Buka BRImo

    Jalankan aplikasi BRImo (BRI Mobile) untuk melakukan proses transfer. Pilih menu “Transfer”.step 5 buka brimo

  6. Masukkan tujuan rekening

    Pada halaman Transfer pilih “Tambah Daftar Baru”. Bank tujuan pilih ‘Bank Permata', lalu masukkan nomor virtual account yang sudah disalin sebelumnya. Klik “Lanjutkan”.step 6 masukkan tujuan rekening

  7. Masukkan jumlah transfer

    Masukkan jumlah transfer atau nominal top up yang ingin dilakukan. Cek kembali detail transaksi yang tertera, jika sudah sesuai klik tombol “Transfer” untuk memproses dan masukkan PIN untuk autentikasi.step 7 masukkan jumlah transfer astrapay lewat brimo

  8. Top up berhasil

    Top up AstraPay lewat BRImo berhasil. Dana sudah masuk ke aplikasi.step 8 top up astrapay lewat brimo berhasil

Minimal top up

Minimal top up dari BRI ke AstraPay adalah Rp 10.000. Jadi kamu tidak bisa melakukan pengisian saldo kurang dari itu. Untuk jumlah maksimum top up dibatasi Rp 2.000.00 per transaksi. Jika kamu ingin melakukan pengisian 3 juta misalnya, maka harus melakukannya dua kali.

Kode Virtual Account transfer BRI ke AstraPay

Berapa kode VA untuk transfer dari BRI ke AstraPay? Format kodenya adalah 7788 + nomor Hp yang terdaftar di Astrapay. Jika nomor Hp mu adalah 081234567890 misalnya, maka kode transfernya menjadi : 7788081234567890.

Kamu tidak perlu repot-repot mengingat format di atas karena kodenya akan otomatis tertera saat kamu membuka menu top up. Kamu tinggal menyalinnya saja.

Biaya admin top up AstraPay lewat BRImo

biaya admin top up astrapay lewat brimo

Berapa biaya admin top up AstraPay via m banking BRI? Kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 jika menggunakan BI-FAST dan Rp 6.500 jika menggunakan metode Transfer Online. Biaya admin ini akan diambil dari saldo di BRI. Jadi jika kamu melakukan top up sebesar Rp 100.000 misalnya, maka saldo yang diambil dari BRI adalah sebesar Rp 106.500 dan yang masuk ke saldo AstraPay utuh sejumlah 100 ribu.

AstraPay kerap melakukan promo top up dimana untuk setiap promo dengan metode atau bank tertentu biaya adminnya bisa lebih murah atau bahkan gratis. Normalnya ada biaya admin yang harus kamu bayar saat melakukan top up, jika kamu mendapatkan lebih murah atau gratis kemungkinan besar itu adalah promo.

Error transfer dari BRI Mobile ke AstraPay

Pada beberapa kali percobaan, Krediblog mengalami error saat hendak melakukan top up. Error yang muncul berupa, “Sedang terjadi gangguan pada bank tujuan (Kode: MT36)”. Beberapa kali dicoba lagi hasilnya sama saja. Ternyata error ini hanya terjadi ketika menggunakan metode transfer BI-FAST. Terbukti setelah metode transfer di ganti menjadi Transfer Online proses lancar tanpa gangguan.

Jika saat top up AstraPay lewat BRImo kamu mengalami error “Sedang terjadi gangguan pada bank tujuan (Kode: MT36)”, coba ganti metode transfer ke Transfer Online. Pada kebanyakan kasus cara tersebut bisa menghilangkan error meskipun itu artinya kita terpaksa menggunakan metode transfer dengan biaya yang lebih mahal.

Catatan top up AstraPay lewat BRImo

catatan top up astrapay lewat brimo

Seperti yang kamu lihat pada tutorial di atas, metode yang digunakan untuk top up AstraPay lewat BRImo adalah transfer antar bank. Kamu melakukan transfer dari BRI ke bank tujuan milik AstraPay yaitu Bank Permata. Transaksi ini bukan sepenuhnya top up melainkan murni transfer dana.

Dampaknya adalah biaya admin yang mengikuti tarif transfer antar bank. Meski bisa menggunakan opsi BI-FAST dengan tarif yang lebih murah, tetap saja membayar Rp 2.500 hanya untuk mengisi saldo termasuk repot dan mahal. Jika tidak ada perbaikan yang lebih praktis dan murah, kemungkinan besarnya akan banyak pengguna yang menghindari top up melalui BRI.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar