Cara Menaikkan Limit Akulaku untuk Kredit & Pinjaman

Cara menaikkan limit Akulaku – Baik kamu pengguna baru maupun Legend di Akulaku, limit saldomu yang sekarang bisa dinaikkan hingga ke batas maksimal. Untuk Paylater kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp 25.000.000 dan limit pinjaman hingga Rp 15.000.000. Jika dijumlah total dengan limit di KTA total maksimal limit yang bisa dicapai adalah Rp 43.000.000.

Mungkinkah Akulaku memberikan kepada penggunanya limit yang hampir 50 juta tersebut? jawabannya mengapa tidak. Jika transaksi yang kamu lakukan membuat Akulaku untung maka mereka tidak akan ragu memberimu stimulus berupa kenaikan limit agar transaksi yang terjadi lebih banyak lagi.

Kita mulai ini dengan Fair. Tidak seperti aplikasi sejenis yang sering janji palsu terkait kenaikan saldo, menambah limit Akulaku beneran bisa dilakukan. Meski limit Krediblog sendiri belum mencapai maksimal tetapi beberapa kali mendapatkan kenaikan limit. Pengalaman itulah yang akan dibagikan pada tulisan kali ini.

Menaikkan Limit Kredit Akulaku

cara menaikkan limit kredit paylater akulaku

Seperti pernah dibahas pada review Akulaku, mereka memberikan limit awal berdasar analisa data dan Credit Scoring. Berapapun yang kamu dapatkan itulah limit kredit atau limit paylater yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja. Seandainya kamu membutuhkan tambahan limit cara-cara berikut bisa kamu lakukan.

Cara menaikkan limit paylater atau limit kredit Akulaku :

1. Melalui Pusat Kenaikan Limit

Akulaku memiliki fitur khusus bagi pengguna yang ingin limit kredit atau paylater-nya bertambah, ia adalah Pusat Kenaikan Limit. Kamu bisa menyelesaikan tugas yang disediakan dan sebagai imbalan akan mendapatkan kenaikan limit dalam jumlah tertentu. Perhatikan tabel.

KategoriTugasKenaikan Limit
Otorisasi AkunKeamanan sosialRp 1.000.000
Pemeriksaan pajakRp 400.000
Melengkapi InformasiHubungkan kartu bankRp 40.000
Email perusahaanRp 5.000
Kartu keluargaRp 10.000
Informasi pernikahanRp 30.000
Alamat tinggalRp 50.000
Informasi perusahaanRp 15.000
Foto perusahaanRp 30.000
Informasi LainNPWPRp 40.000
Kontak daruratRp 50.000
SIMRp 40.000
Kenaikan limit kredit Akulaku melalui Pusat Kenaikan Limit

Total kenaikan limit kredit yang kamu dapatkan jika menyelesaikan semua tugas adalah Rp 1.710.000. Tidak terlalu besar tetapi lumayan memberi tambahan.

Cara mengakses menu Pusat Kenaikan Limit Akulaku :

  • Buka aplikasi Akulaku
  • Klik tab menu “PayLater”
  • Klik bagian atas pada tulisan ‘Limit Tersedia (Rp)'
  • Kamu sudah berada di Pusat Kenaikan Limit
  • Silahkan selesaikan tugas

2. Melakukan transaksi paylater sebulan sekali

Cara berikutnya untuk menaikkan limit kredit adalah dengan rutin melakukan transaksi menggunakan Paylater Akulaku. Rutin yang dimaksud adalah ada transaksi setiap bulannya walaupun itu cuma sekali. Jika tidak ada barang yang ingin kamu beli kamu masih bisa menggantinya dengan membeli pulsa, paket data, token listrik, bayar listrik atau BPJS menggunakan limit kredit yang kamu miliki.

Jika kamu terus mempertahankan kebiasaan ini akunmu akan masuk ke dalam daftar pengguna aktif dan peluang kenaikan limit akan lebih besar.

3. Membayar tagihan tepat waktu

Melakukan transaksi secara rutin baru satu sisi cerita, sisi lainnya adalah memastikan pembayaran dilakukan secara tepat waktu. Transaksi yang terus menerus namun riwayat pembayarannya macet dan sering telat tidak akan membantu bahkan bisa membuat limitmu berkurang. Kuantitas transaksi memang penting tetapi kualitas pembayaranlah yang akan memberi dampak pada reputasi akunmu (baca : kenapa paylater Akulaku tidak bisa digunakan).

Jika kamu bisa memadukan jumlah transaksi dengan riwayat pembayaran yang baik, kenaikan limit hanya masalah waktu.

4. Bangun histori kredit yang bagus

Kuantitas transaksi dan kualitas pembayaran adalah 2 faktor utama untuk membentuk histori kredit yang baik di Akulaku. Plus satu hal penting lainnya yaitu patuhi aturan. Karena histori yang baik akan hilang seketika saat akunmu terdeteksi melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan. Jadi jika kamu ingin menggunakan layanan Akulaku dalam waktu yang lama ikuti aturan mainnya.

Pengguna yang mendapatkan kenaikan limit besar dan berkala adalah mereka yang memiliki catatan histori kredit bagus selama penggunaan.

Menaikkan Limit Pinjaman Akulaku

cara menaikkan limit pinjaman akulaku

Berbeda dengan limit kredit, limit pinjaman Akulaku memiliki perhitungan terpisah dan berbeda. Krediblog beberapa kali mengalami limit pinjamannya turun drastis pada awal-awal penggunaan. Dan setelah sekian lama memperhatikan ada pola yang bisa dikenali jika ingin limit pinjamannya bertambah.

Cara menaikkan limit pinjaman Akulaku :

1. Lakukan pinjaman minimal 3-6 bulan sekali

Jika tidak ingin limit pinjamanmu dikurangi gunakan limit tersebut. Ajukan pinjaman tunai minimal 3-6 bulan sekali. Kamu bisa meminjam di KTA Akulaku maupun di Dana Cicil tergantung kebutuhan. Pastikan limit pinjamanmu terpakai karena pada pengguna yang tidak menggunakan layanan pinjaman sama sekali limitnya akan dikurangi hingga ditarik kembali karena dianggap non aktif (baca : pinjaman Akulaku hanya 300 ribu).

Hal pertama jika kamu ingin menaikkan limit pinjaman Akulaku adalah dengan menjadi pengguna aktif.

2. Bangun riwayat pembayaran yang baik

Perhitungan limit pinjaman lebih tegas karena saat kamu terlambat melakukan pembayaran limit akan langsung berkurang di periode berikutnya. Akulaku seolah tidak mau berurusan lama-lama dengan pengguna yang tidak menepati janji. Jika ingin limit pinjamanmu naik maka pastikan semua tagihan dibayar secara tepat waktu. Tak apa membayarnya pas di tanggal jatuh tempo, yang penting belum melewatinya (baca : pinjaman tunai Akulaku tidak bisa).

Jika saat meminjam pembayaran yang kamu lakukan tercatat baik, maka baik limit KTA maupun Dana Cicil akan dipertimbangkan naik di tiap periodenya.

3. Aktif menggunakan layanan Akucicil

Jika kamu jarang menggunakan layanan kredit atau paylater karena hanya butuh uang tunai, lambat laun akan berdampak pada limit pinjamanmu. Ingat, produk asli Akulaku adalah Paylater sementara untuk layanan pinjaman tunai mereka bekerjasama dengan beberapa partner. Bisa dimengerti mengapa Akulaku seolah memaksa semua penggunanya untuk aktif di Aku Cicil.

Krediblog adalah bukti bahwa Akulaku “menganakemaskan” pengguna paylater. Selama 6 tahun selalu melakukan transaksi kredit setiap bulannya namun jarang melakukan pinjaman (setahun atau dua tahun sekali). Limit pinjaman beberapa kali turun drastis namun transaksi kredit tidak pernah kendor. Pada akhirnya limit pinjaman kembali dan naik sendiri hingga nominal maksimal. Otomatis naik tanpa BPJS dan NPWP. Dan baru saja kemarin limitnya digunakan untuk meminjam tunai sebesar 12 juta (baca : pengalaman pinjam uang di Akulaku).

Catatan menaikkan limit Akulaku

catatan oleh krediblog

Seperti disinggung diatas bahwa menaikkan limit Akulaku itu mungkin tapi sebaiknya tidak perlu menjadi tujuan. Jika Akulaku bermanfaat bagimu dengan sendirinya kamu akan melakukan banyak transaksi dan berterimakasih dengan melakukan pembayaran tepat waktu. Keadaan tersebut pada gilirannya akan menghantarkanmu kepada kenaikan limit, baik kamu harapkan atau tidak.

Dilain sisi, kenaikan limit sendiri tidak selalu berdampak positif karena itu artinya godaan untuk melakukan kredit atau pinjaman menjadi lebih besar. Jalan tengahnya adalah gunakan Akulaku sesuai kebutuhanmu. Karena jika kamu menggunakan Akulaku dengan baik, manfaat dan limit saldo yang didapatkan akan berjalan beriringan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar