Kenapa Paylater Akulaku Tidak Bisa Digunakan?

Kenapa paylater Akulaku tidak bisa digunakan – Selama kurang lebih 5 tahun penggunaan, Krediblog setuju jika Paylater Akulaku disebut salah satu layanan kredit online terbaik di tanah air. Ada sekitar 20 jutaan pengguna yang dibantu proses kreditnya oleh Akulaku. Dari yang murah meriah kredit sepatu sampai yang harganya jutaan kredit Hp atau laptop.

2 hal yang diberikan Akulaku dengan paylaternya adalah kemudahan dan kecepatan. Mudah karena sistem pembayaran Akulaku bisa digunakan dibanyak merchant yang bekerjasama. Dan cepat karena proses pembelian secara kredit bisa selesai dalam 15 menit. 2 hal hebat yang tidak bisa kita temukan 5-10 tahun yang lalu.

Penyebab Paylater Akulaku Tidak Bisa Digunakan

Asiknya menggunakan Akulaku sedikit terganggu dengan beberapa error yang kerap muncul. Kendala yang sering dialami oleh pengguna adalah paylater Akulaku yang tidak bisa digunakan. Ini ditandai dengan pesan error semacam ini : “Maaf, untuk keamanan akun Anda, pesanan ini hanya mendukung pembayaran tunai.” Dalam lain kesempatan pesan errornya kadang seperti ini, “Pelanggan yang terhormat, kami mendeteksi adanya transaksi tidak biasa melalui sistem mitigasi resiko kami. Untuk sementara fitur cicilan tidak bisa dipakai. Anda masih bisa membeli barang ini dengan pembayaran penuh. Untuk informasi lebih lengkap hubungi customer service kami di 1500920.”.

Kedua pesan error diatas atau tipe lainnya jika ada, meski berbeda secara bahasa namun memiliki arti yang sama, yaitu kamu tidak bisa melakukan pembayaran dengan cicilan. Paylater Akulaku tidak bisa digunakan dan kamu tidak bisa melanjutkan transaksi. Paylater Akulaku di akunmu sedang error.

Kenapa paylater Akulaku tidak bisa digunakan? berdasar pengalaman, penyebab utamanya adalah akun sedang ditangguhkan. Pada akun yang ditangguhkan, beberapa fitur utama di Akulaku akan otomatis non aktif. Jika menu paylater yang tidak bisa digunakan, itu berarti akses mu ke layanan cicilan sedang dibatasi. Berikut beberapa penyebab kenapa paylater Akulaku tidak bisa digunakan :

penyebab paylater akulaku tidak bisa digunakan

1. Jarang belanja cicilan

Ini biasanya terjadi pada pengguna yang lebih sering meminjam uang tunai. Mereka menggunakan Akulaku hanya untuk meminjam uang dan jarang bahkan tidak pernah melakukan transaksi dengan cicilan. Sistem Akulaku menghendaki penggunaan fitur secara merata, penggunaan yang hanya salah satunya saja akan membuat fitur lainnya terkunci atau dibatasi.

2. Memiliki tunggakan tagihan

Jika kamu memiliki tunggakan tagihan yang belum dibayar maka fitur utama pada Akulaku (termasuk paylater) tidak bisa digunakan. Penangguhan semacam ini juga terjadi kepada pengguna yang baru saja melakukan pembayaran untuk tagihan yang sudah menunggak lama.

3. Melakukan pelanggaran

Pengguna yang terdeteksi melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan, hukuman awalnya adalah fitur-fitur yang tidak bisa digunakan. Tidak saja paylater tetapi juga layanan pinjaman tunainya. Sampai akhirnya akun tidak bisa digunakan sama sekali atau blokir permanen.

4. Penagguhan karena sebab internal

Jika kamu yakin tidak melakukan ketiga kesalahan diatas namun paylatermu tetap tidak bisa digunakan, kemungkinan besar kamu masuk ke nomor ini. Akunmu dibatasi karena sebab yang hanya tim Akulaku yang tahu. Ini termasuk indikasi penyalahgunaan akun, akunmu dalam peninjauan atau sebab internal lainnya.

Agar Paylater Akulaku Bisa Lagi Digunakan

Kabar baiknya penangguhan bukanlah pemblokiran. Akun yang ditangguhkan hanya di-hold sementara untuk kemudian normal lagi untuk melakukan transaksi setelah waktu penangguhan berakhir. Namun kamu bisa mempercepat waktu penangguhan dengan melakukan cara-cara berikut :

cara mengatasi paylater akulaku tidak bisa digunakan

1. Melakukan transaksi secara tunai

Sebenarnya saat paylater Akulaku tidak bisa digunakan, kamu masih bisa melanjutkan transaksi. Yaitu dengan melakukan pembayaran secara tunai (cash). Cara ini sekaligus “obat” jika kamu ingin paylatermu aktif kembali. Pengguna yang rutin melakukan transaksi di Akucicil, akan membuat sistem Akulaku percaya bahwa ia sudah aktif kembali dan siap diberikan layanan paylater.

2. Bangun reputasi kredit

Jika masalahmu tidak sederhana atau termasuk yang sudah tercatat “nakal” di sistem Akulaku, biasanya akan butuh waktu lebih lama lagi. Kamu harus membangun kredit skor lagi dari nol jika ingin kembali dipercaya. Lakukan transaksi apa saja yang bisa kamu lakukan di Akulaku, bayar tepat waktu jika ia cicilan (pinjaman tunai) dan terus bayar cash pada transaksi cicilan sampai reputasi baikmu kembali terbangun.

Catatan paylater Akulaku tidak bisa digunakan

catatan

Penyebab kenapa paylater Akulaku tidak bisa digunakan bisa variatif tergantung profil penggunanya. Namun uraian diatas bisa menjadi acuan untuk profil pengguna secara umum. Sebagai pemilik layanan, Akulaku berhak pilih-pilih pengguna mana yang diberi banyak kemudahan dan mana yang serba dibatasi berdasar kriteria yang mereka tentukan.

Bersama Kredivo, Akulaku menjadi layanan paylater yang paling sering Krediblog gunakan setiap harinya. Jika kamu memiliki kontrol yang tepat dalam penggunaannya, paylater bisa menjadi alat pembayaran yang tidak saja nyaman digunakan tetapi juga sangat membantu di tanggal-tanggal tua.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
8 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam

I have a question whether it will affect the loan if the peyleter cannot be used, please reply to me

hattt

kemarin bisa scan qr tapi kenapa hari ini engga bisa ya? apa harus nuggu 24jam?

Papoy

Saya punya mslah di akulaku waktu itu saya diberikan pulsa sbesar 15.000 saya masih awam ketika pulsa masuk karna itu reward saya tidak berfikir bahwa itu saya meminjam dulu paylater, akhirnya jarak waktu 3 bulan saya tidak membayar,lalu seketika notif datang suruh membayar saya teringat dengan pulsa yg diberikan akulaku

Apakah saya bisa memulihkan kredit skor dengan belanja, atau akun saya di blacklist dan tidak bisa pakai paylater lagi selamanya ??

Linda puspita safarila

Saya telat bayar akulaku paylater 4hari,tapi saya sudah melunasinya.
Tapi kenapa paylater saya sudah seminggu masih belum bisa digunakan kembali?